Membuat Habitat Kelomang

Membuat Habitat Kelomang

Habitat kelomang yang sering disebut sebagai crabitat, membutuhkan perawatan dan perhatian khusus agar kelomang sobat Exotic nyaman di rumah barunya. Kelomang, umang-umang atau ada pula yang menyebutnya sebagai ketam pertapa atau kepiting pertapa (hermit crab), adalah krustasea dekapod dari superfamilia Paguroidea. Kelomang peliharaan ketika dibawa masuk kerumah, mungkin mengalami banyak stres. Pemindahan mereka dari alam liar ke toko hewan peliharaan dan kemudian ke rumah sobat bisa sangat menegangkan, jadi pastikan bahwa rumah barunya cukup sempurna untuk mereka.

Hal Yang diketahui Saat Membuat Habitat Kelomang.

Habitat. Kelomang harus memiliki habitat yang berventilasi baik dan lembab, menggunakan akuarium plastik atau kaca dengan penutup jala merupakan pilihan terbaik untuk mereka. kelomang sangat aktif di malam hari jadi pastikan membeli kandang terbesar untuk mereka sesuai budged sobat. Bagian bawah crabitat harus lembab, tidak basah dan harus ditempatkan di ruangan yang hangat.

Suhu. Pertahankan suhu habitat di 24 C untuk menjaga kelembapan konstan. Apa pun di bawah atau di atas suhu ini dapat membunuh kelomang peliharaan sobat. Pastikan crabitat memiliki nuansa paling tropis dan ini akan membuat hewan peliharaan sobat eksotic lebih bahagia dan sehat.

Kawanan. Meletakkan beberapa ekor kelomang kedalam crabitat akan membuat para kelomang jauh lebih bahagia. Jangan terkecoh dengan nama kepiting pertapa. Kelomang adalah hewan yang sangat ramah dan suka hidup berkelompok dengan kelomang lain.

habitat kelomang

Alas Kandang. Setelah memilih crabitat, gunakan substrat. Penggunaan pasir memiliki nuansa yang lebih alami. Sobat Exotic dapat membeli substrat dan pasir di toko hewan peliharaan. Bahan lain yang dapat digunakan sebagai substrat selain pasir adalah sabut kelapa dan batu koral. Hindari penggunaan serutan kayu dan kerikil karena ini bukan bahan yang baik untuk alas crabitat.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Kura-Kura Hamiltonii

Hiasan. Hiasi crabitat dengan mainan. Kelomang adalah kepiting yang sangat lincah. Di alam liar mereka memanjat batu dan pohon untuk mencari makanan. Beri mereka pernak-pernik yang bisa mereka panjat seperti kayu atau tunggul. Taruh beberapa batu dan kerang di dalam crabitat untuk membuatnya lebih nyaman bagi kelomang sobat.

Tempat bersembunyi. Memiliki tempat persembunyian untuk hewan peliharaan kelomang adalah suatu keharusan. Sobat Exotic dapat menggunakan tempurung kelapa kerang besar, pot atau apa pun yang dapat mereka gunakan sebagai tempat persembunyian. Pastikan ukurannya cukup besar dan kelomang tidak akan tersangkut di dalam dan mereka dapat menggali jalan keluar jika mereka terjebak.

Karakteristik dan Cara Merawat Kelomang

Bahkan pemilik kelomang yang baru pertama kali  memelihara dapat melakukannya dengan baik dalam merawat hewan peliharaan jika mengikuti panduan tentang habitat yang baik untuk kelomang.

Kepiting hermit sebagai hewan peliharaan menjadi semakin populer karena keunikan dan karakternya yang lucu. Kelomang berukuran kecil dan sangat mudah dirawat. Semua kebutuhan mereka tidak begitu mahal dibandingkan dengan hewan peliharaan eksotik lainnya. Untuk mempelajari lebih lanjut tentang hewan cantik ini, berikut adalah beberapa fakta dan tips merawat Kelomang.

Sebagian besar kelomang hidup selama satu tahun, sementara ada beberapa yang dapat mencapai usia 15 tahun. Sama seperti manusia, hewan ini adalah omnivora. Mereka akan memakan apa pun yang sobat Exotic berikan kepada mereka. Kelomang menyukai buah-buahan, sayuran, steak, keju, popcorn, bakso, kepala ikan, telur orak-arik, dan banyak lagi. Mereka memiliki selera dan preferensi yang berbeda dalam hal makanan.

Jika sobat Exotic menemukan kelomang cakar ungu, Kelomang ini sangat kuat dan bahkan bisa mematahkan pensil menjadi dua bagian. Mereka juga berukuran lebih besar dari kebanyakan kelomang, beratnya mencapai seperempat pon.

Info Pets Selanjutnya  Tips Merawat Iguana Rhinoceros

Kelomang memiliki sekitar 800 spesies. Ini memberi sobat Exotic pilihan tanpa akhir tentang jenis apa yang hendak dijadikan peliharaan.

Meskipun Kelomang memiliki 5 pasang kaki, mereka hanya menggunakan pasangan kedua dan ketiga untuk bergerak atau berjalan. Mereka suka bersembunyi di bawah puing-puing. Kelomang yang belum ditemukan itu artinya mereka masih liar dan masih berkeliaran di alam bebas, mereka suka bersantai di bawah akar pohon, dedaunan, dahan dan bebatuan. Mereka juga membuat liang untuk bersembunyi. Inilah alasan mengapa sobat Exotic juga harus meletakkan ranting dan dahan serta pasir laut agar kelomang dapat melakukan apa yang mereka sukai yaitu menggali.

Meskipun kebiasaan mereka bersembunyi di bawah objek yang berbeda atau masuk ke dalam cangkang mereka. Kelomang sebenarnya suka bermain dan akan bosan jika diabaikan.

Sobat Exotic mungkin bertanya-tanya mengapa mereka terlihat seperti laba-laba atau lobster. Alasan untuk ini adalah karena mereka adalah sepupu. Kepiting pertapa, seperti laba-laba dan lobster, disebut artropoda, artinya kaki mereka memiliki bagian. Arthropoda biasanya kecil dibandingkan dengan hewan lain tetapi mereka adalah kelompok terbesar di dunia hewan. Serangga juga termasuk di sini.

Sobat Exotic tidak boleh meletakkan Kelomang di dalam air untuk waktu yang lama. Mereka mungkin tidak bisa bernapas di bawah air untuk waktu yang lama dan akhirnya akan mati. Sangat sulit untuk mengidentifikasi jenis kelamin hewan ini. Jadi taruhan terbaik adalah merawat kelomang sebanyak mungkin.

Kelomang menggunakan cangkang hewan lain untuk melindungi diri mereka sendiri. Jika cangkang menjadi terlalu kecil, kelomang akan pindah ke cangkang baru yang lebih luas. Seperti halnya kura-kura, cangkang juga berperan sebagai rumah mereka.

Info Pets Selanjutnya  Cara Mudah Merawat Brazilian Rainbow Boa

Meskipun disebut kepiting, makhluk ini tidak termasuk dalam kelompok kepiting sejati. Seperti semua arthropoda, Kelomang memiliki penutup luar untuk melindungi tubuh lunak mereka yang disebut eksoskeleton.

 

Keanu

Top