Manfaat Jamur Cordyceps

Manfaat Jamur Cordyceps Untuk Hewan Peliharaan

Film fiksi ilmiah adaptasi dari game playstation The Last of Us yang berkisah mengenai mutasi jamur cordyceps  yang menyerang secara agresif dan mampu membuat manusia menjadi zombie. Kenyataannya, apa Sobat Exotic tahu bahwa banyak manfaat jamur Cordyceps untuk manusia dan hewan peliharaan seperti kucing dan anjing.

Cordyceps sinesis digolongkan sebagai jamur obat di Asia dan dianggap sebagai sebagai jamur eksotis. Umumnya dikenal di Asia sebagai tanaman musim panas atau cacing musim dingin, dahulu hanya tersedia untuk Kaisar saja dan penggunaannya telah dicatat sejak tahun 620 M.

Ada hampir 900 spesies di bawah genus Cordyceps dan banyak varietas telah digunakan secara teratur dalam pengobatan tradisional China sejak tahun 1600-an untuk penyembuhan serta digunakan sebagai jamur kuliner, sering ditambahkan ke dalam sup. Namun dari genusnya, hanya ada dua yang paling terkenal yaitu Cordyceps sinesis dan Cordyceps militaris.

Habitat alami jamur Cordyceps berada di Himalaya atau pegunungan lain di Tibet, Cina dan Nepal. Meskipun Cordyceps dikenal sebagai jamur, namun sebenarnya mereka adalah parasit atau jamur yang tumbuh pada ulat, serangga lain terutama ngengat kelelawar.

Pengobatan Trandisional

Seiring meningkatnya kesadaran seputar Cordyceps sinesis sebagai obat dan permintaan yang meningkat, jamur ini telah dieksploitasi secara berlebihan sehingga menaikkan biaya dan menciptakan peluang budidaya buatan.

Dalam pengobatan tradisional China (PTC), Cordyceps terkenal dengan manfaat modulasi kekebalan dan kemampuannya untuk meremajakan energi vital, membantu tubuh melawan patogen sekaligus membantu pemulihan.

Dipercaya mampu meningkatkan energi Yang (Yin/Yang) dan bekerja dengan meridian paru-paru dan ginjal. Dalam pengobatan herbal, Cordyceps mendukung sistem utama dalam tubuh sekaligus membantu mengatur fungsinya.

Kisaran kandungan kimia yang ditemukan di Cordyceps sangat luas dan jamur khusus ini memiliki kemampuan untuk membantu pengobatan berbagai macam penyakit. Baik Cordyceps sinesis maupun Cordyceps militaris memiliki banyak sifat yang mirip sehingga Cordyceps militaris dapat digunakan sebagai alternatif pengganti Cordyceps sinesis.

Perbedaan utama antara kedua jenis jamur ini yaitu Cordyceps militaris umumnya dibudidayakan menggunakan substrat beras atau substrat lain yang bukan dari ulat atau serangga lainnya.

Cordyceps sangat bermanfaat bagi kesehatan hewan peliharaan Sobat Exotic baik sebagai pengobatan alternatif atau digunakan sebagai suplemen makanan yang manjur karena sangat bergizi dan obat pencegahan.

Info Pets Selanjutnya  Cara Perawatan Kucing Scottish Fold

Manfaat Cordyceps Bagi Manusia

Jamur Cordyceps juga dikenal sebagai Jamur Ulat. Jamur yang digunakan sebagai obat tradisional ini memiliki sifat antibakteri, antijamur dan antivirus. Mampu memperbaiki fungsi hati, memurnikan ginjal, mendetoksifikasi darah dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Manfaat lain yang dipercaya adalah :

  1. Anti tumor
  2. Anti-metastatik
  3. Antioksidan
  4. Antiinflamasi
  5. Insektisida
  6. Antimikroba
  7. Hipolipidemia
  8. steroidogenik
  9. Hipoglikemik
  10. Anti-penuaan dan meningkatkan fungsi kognitif memori
  11. Efek neuroprotektif dan renoprotektif
  12. Digunakan untuk pengobatan penyakit pernapasan dan paru-paru, termasuk pencegahan dan pengobatan asma
  13. Digunakan untuk mengobati gangguan kekebalan tubuh
  14. Digunakan dalam pengobatan penyakit kardiovaskular
  15. Digunakan dengan perawatan kemoterapi.
  16. Melindungi hati, ginjal, dan paru-paru serta digunakan dalam pengobatan kelainan dan masalah seperti gagal ginjal kronis, hepatitis dan sirosis
  17. Mengurangi kolesterol tinggi
  18. Meningkatkan libido

Anti Infeksi

Jamur Cordyceps dianggap adaptogenik dan membantu hewan peliharaan Sobat Exotic mempertahankan kesehatan dan mengurangi stres.

Cordyceps adalah jamur langka yang unik dengan kekuatan super. Jika dikonsumsi,dapat membantu tubuh menyerap lebih banyak oksigen ke dalam aliran darah. Jika Sobat Exotic memiliki anjing atau kucing dengan masalah paru-paru atau asma, menambahkan Cordyceps ke dalam makanannya dapat meredakan gejala.

Peningkatan oksigen ke aliran darah juga mendukung kesehatan jantung. Ironisnya, jamur ini bersifat anti jamur dan juga anti bakteri yang berarti dapat melawan berbagai macam infeksi.

Di antara manfaat ini, salah satu kontribusi Cordyceps yang paling terkenal adalah peningkatan energi. Jika hewan Sobat Exotic memiliki energi yang lemah, Sobat Exotic mungkin dapat membantu mengembalikan kondisi dengan suplemen Cordyceps. Telah terbukti membantu kondisi usus bocor, hati kronis, jantung dan ginjal.

Manfaat Jamur Cordyceps Untuk Kucing Dan Anjing

Cordyceps adalah obat alternatif yang aman dan meskipun jamur obat sangat bermanfaat bagi kucing dan anjing, jangan pernah memberikan jamur mentah kepada mereka, sistem pencernaan hewan peliharaan tidak memungkinkan mereka untuk mencerna jamur mentah dengan baik, jadi dalam keadaan mentah, jamur ini bisa sangat beracun untuk hewan peliharaan.

Selalu masak, gunakan bentuk bubuk, sirup atau tingtur sebagai metode untuk pemberian ke hewan peliharaan. Konsultasikan dengan dokter hewan herbalis langganan Sobat Exotic jika hewan peliharaan menggunakan obat-obatan farmasi.

Info Pets Selanjutnya  Standar Perawatan Kucing Persian

Pilih produk murni yang tidak dicampur dengan apa pun, termasuk jamur obat lainnya. Hindari produk atau suplemen apa pun yang mengandung bahan pengisi, pengikat atau aditif. Beli bubuk atau ekstrak cordyceps 100%.

Efek samping

Cordyceps umumnya aman dan memiliki sedikit efek samping yang diketahui, tetapi jika hewan peliharaan Sobat Exotic alergi terhadap jamur, jangan berikan karena kemungkinan akan memicu reaksi.

Jangan berikan ke hewan peliharaan yang sedang hamil atau menyusui

Mungkin ada sedikit ketidaknyamanan gastrointestinal ringan saat memulai karena flora usus akan berubah.

Cordyceps menghangatkan jadi perhatikan jika kucing atau anjing Sobat Exotic secara alami merasakan kepanasan karena akan meningkatkan panas tubuh dan sirkulasi darah mereka.

Jika terjadi reaksi yang berbahaya, hentikan penggunaannya dan konsultasikan dengan dokter hewan herbal atau holistik langganan Sobat Exotic.

Dosis Cordyceps untuk Hewan Peliharaan

Manfaat Jamur Cordyceps

Memasukkan jamur obat ke dalam makanan hewan peliharaan Sobat Exotic adalah salah satu cara terbaik yang dapat dilakukan untuk kesejahteraan dan kesehatan hewan peliharaan untuk jangka panjang.

Jika Sobat Exotic sedang mengobati penyakit pada hewan peliharaan, bersabarlah untuk melihat hasilnya. Tergantung pada kondisi kesehatan kucing atau anjing, diperlukan waktu mulai dari dua bulan hingga enam bulan bagi Sobat Exotic untuk melihat hasil secara fisik. Ini mencerminkan bahwa tingkat penyembuhan yang memengaruhi fungsi metabolisme pada tingkat sel.

Jamur Cordyceps membantu dan bekerja dalam memperbaiki organ internal hewan peliharaan Sobat Exotic dari penyakit, yang bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Cara Memberikan Cordyceps Untuk Kucing Dan Anjing

Salah satu cara terbaik untuk memberikan jamur Cordyceps ke dalam makanan hewan peliharaan Sobat Exotic adalah melalui bubuk alami yang diformulasikan dengan benar.

Dosis bervariasi bergantung pada produsen, produk dan apakah Sobat Exotic menggunakan produk sebagai suplemen makanan atau sebagai pengobatan.

Cara Umum

Produk berbahan dasar bubuk: Bubuk dapat dicampur dengan makanan hewan peliharaan Sobat Exotic atau dicampur dengan sedikit air dan disuntikkan (tanpa bagian jarum) langsung ke dalam mulut hewan peliharaan.

Dosis berdasarkan ukuran tubuh hewan peliharaan:

kucing dan anjing kecil 1/16 sdt setiap hari

Info Pets Selanjutnya  Kucing Bombay Peliharaan Langka

anjing sedang 1/8 sdt setiap hari

anjing besar 1/4 sdt setiap hari

anjing ekstra besar 1/2 sdt setiap hari.

Tingtur:

Tergantung pada produk pabrikan tetapi satu hingga dua tetes, sekali sehari tergantung pada ukuran hewan dan jika Sobat Exotic menggunakannya sebagai suplemen atau obat.

Sebagai panduan untuk digunakan sebagai suplemen:

kucing dan anjing kecil 0,5ml setiap hari

anjing sedang 1,0ml setiap hari

anjing besar 2,0 ml setiap hari

Sobat Exotic mungkin perlu menghitung jumlah berdasarkan ml/kg berat badan yang diberikan “X” kali per hari untuk penyakit kronis seperti kanker, penyakit ginjal, dll.

Teh: Teh harus dididihkan selama sekitar satu jam atau sampai airnya menjadi gelap. Setelah dingin, Sobat Exotic dapat menuangkan “teh” obat ini ke atas makanan hewan peliharaan Sobat Exotic dan mencampurnya. Gunakan kira-kira 1/2 sdt setiap hari untuk kucing dan anjing kecil, 1 sdt untuk ras sedang hingga 2 sdt untuk ras ekstra besar.

Aturan Pemakaian

Untuk hasil terbaik sebagai suplemen, berikan sekali sehari. Untuk kondisi kesehatan yang lebih serius, konsultasikan dengan dokter hewan holistik Sobat Exotic untuk menentukan frekuensi yang tepat untuk kondisi kesehatan hewan peliharaan Sobat Exotic.

Kesimpulan :

Jamur cordyceps dikenal memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan hewan peliharaan seperti:

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi risiko infeksi
  2. Meningkatkan kualitas hidup dan aktivitas fisik
  3. Membantu mencegah dan mengatasi masalah pernapasan
  4. Meningkatkan kualitas sperma pada hewan peliharaan jantan. Namun perlu diingat bahwa penelitian tentang manfaat jamur cordyceps pada hewan peliharaan masih terbatas. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter hewan sebelum memberikan jamur cordyceps kepada hewan peliharaan Sobat Exotic.
Info Tambahan :

Manfaat Jamur Cordyceps The Last Of Us

*Hewan peliharaan Sobat Exotic tidak akan berubah seperti Clicker terinfeksi tahap ketiga seperti pada film The Last Of Us, namun tidak ada salahnya mencoba, bukan?