Malayan Painted Frog

Malayan Painted Frog

Malayan Painted Frog atau juga dikenal sebagai Asian Painted Frog dapat menjadi hewan peliharaan yang menarik dan merupakan bagian dari famili mikrohylid, katak paling umum yang dijual pada toko hewan peliharaan. Microhylids populer karena ukuran tubuh katak yang kecil, beberapa berukuran sekitar 3 Cm panjangnya. Malayan Painted Frog dapat tumbuh hingga tujuh Cm, ini masih cukup kecil menurut ukuran standar katak.

Nama ilmiah untuk katak Malayan Painted Frog adalah Kaloula pulchra dan karena bentuknya yang nampak kekar, kadang-kadang disebut sebagai katak macho. Seperti semua katak, Malayan Painted Frog tidak memiliki ekor,  tetapi Malayan Painted Frog memiliki ekor hanya saat masih berada di fase berudu. Jika Malayan Painted Frog tidak kehilangan ekornya di usia dewasa,tentu Malayan Painted Frog tidak akan bisa menghibur sobat Exotic dengan melompat di vivarium.

tomato frog

Meskipun disebut katak berlukis, corak Malayan Painted Frog sebenarnya cukup biasa-biasa saja, terutama jika dibandingkan dengan sepupu microhylid-nya, Tomato Frog dari subfamili Dyscophinae, kodok endemik Madagaskar. Malayan Painted Frog bercorak lumpur dan berwarna coklat muda pada pita dorsolateralnya. Di bawah pita dorsolateral, warnanya menjadi lebih gelap.

Jika sobat Exotic memutuskan mencari tantangan dan mencoba beternak kodok Malayan Painted Frog , sobat Exotic akan menemukan kenyataan bahwa hal ini tidak terlalu sulit untuk dilakukan. Telur katak Malayan Painted Frog akan mengambang dan menempel pada hampir kesemua benda di dekatnya dan ketika berudu menetas, hanya membutuhkan waktu dua minggu dari fase berudu menjadi katak dan sobat Exotic perlu memindahkan mereka ke terarium yang lebih besar.

Cara Merawat Malayan Painted Frog

Mereka mendapat julukan sebagai Katak Gemuk karena tubuhnya yang montok dan bulat. Dikenal sebagai Malayan painted frog karena habitat asalnya dan fakta bahwa mereka memiliki dua garis di punggungnya yang berwarna hitam atau coklat tua, memberikan penampilan seperti dilukis. Nama ilmiah katak ini adalah Kaloula pulchra. Semua katak Kaloula pulchra dalam perdagangan hewan peliharaan ditangkap secara liar dari berbagai habitat alami yang meliputi hutan rindang, sawah dan bahkan kota-kota kecil. Pada siang hari, katak ini bersembunyi di bawah dedaunan dan puing-puing. Mereka muncul untuk makan di malam hari.

Info Pets Selanjutnya  Merawat Katak African Dwarf Frog

Cara Memilih Katak

Pastikan sobat Exotic memilih Malayan painted frog yang sehat di toko hewan peliharaan. Pertama, pastikan katak ini benar-benar gemuk. Tubuhnya harus berisi dan bulat. Jika berat katak dirasa kurang, sobat akan melihat tulang mencuat. Periksa mata untuk kejelasan dan kulit untuk melihat jika ada luka terbuka atau lecet. Jika ke toko hewan peliharaan pada siang hari, katak seharusnya bersembunyi. Jika sobat Exotic menemukannya di tempat terbuka, itu bisa menjadi tanda penyakit. Tapi ini juga bisa menjadi tanda bahwa ada orang lain sebelum sobat yang baru-baru ini memeriksa mereka. Pastikan untuk bertanya kepada pemilik toko hewan peliharaan apakah seseorang baru saja menangani katak ini. Kecuali katak ini merasa terganggu atau sakit, mereka akan tetap bersembunyi di siang hari.

Kandang Malayan Painted Frog :

Sebuah terarium 10 sampai 15 liter akan memberikan katak ruang yang dibutuhkan. Jika sobat Exoric ingin menampung 2 ekor katak, disarankan menggunakan terarium 20 liter. Pastikan untuk menggunakan terarium dengan penutup kasa yang rapat dan cukup aman untuk mencegah mereka meloloskan diri. Katak ini adalah pemanjat yang hebat.

Bagian bawah kandang harus dilapisi dengan substrat, setidaknya dengan kedalaman 10cm agar mereka dapat menggali. Hindari kerikil, serpihan kayu, pasir, vermikulit atau perlit. Substrat terbaik untuk Malayan painted frog adalah campuran gambut, tanah pot, mulsa organik dan sabut kelapa.

Malayan Painted Frog

Lengkapi terarium dengan tanaman pot, kayu apung dan barang-barang lain yang dapat digunakan katak untuk bersembunyi atau memanjat. Untuk mencegah katak mencabut tanaman saat menggali, Sobat Exotic mungkin perlu menanam tanaman hidup dalam pot daripada langsung di substrat.

Katak akan membutuhkan suhu antara 20 dan 24 derajat celsius. Gunakan lampu pemanas atau pemanas di bawah tangki untuk menjaga suhu. 24 derajat C. di siang hari dan tidak lebih dingin dari 20 derajat C di malam hari.

Info Pets Selanjutnya  Tips Membeli Amfibi Sebagai Hewan Peliharaan

Beberapa kali seminggu, semprot bagian dalam tangki dengan air. Kelembaban penting untuk katak, Air musti 100% bebas klorin.

Info Tambahan

  1. Katak harus bisa membedakan waktu antara siang dan malam. Untuk alasan ini, pemanas di bawah tangki mungkin lebih baik daripada lampu pemanas. Dengan begitu, sobat Exotic bisa menjaga suhu di malam hari tanpa harus menyalakan lampu terang di kandang katak. letakkan terarium katak di lokasi yang secara alami dapat menerima cahaya di siang hari dan gelap di malam hari. Usahakan untuk menyimpannya di ruangan yang tidak terlalu sering terkena lampu di malam hari.
  2. Jenis katak ini pemakan serangga. Katakg dewasa harus makan 6-15 ekor jangkrik setiap 2 atau 3 hari, sedangkan katak muda makan 4-8 jangkrik setiap hari. Semua jangkrik harus ditaburi suplemen kalsium untuk mencegah mereka kekurangan nutrisi. Karena katak bisa hidup hingga 10 tahun, sobat Exotic mungkin bosan membeli jangkrik, pertimbangkan untuk membiakkan jangkrik sendiri.
Top