Lima Jenis Kura-kura Darat Yang Ada di Indonesia

Lima Jenis Kura-kura Darat Yang Ada di Indonesia

Kura-kura darat adalah salah satu reptil paling sederhana yang dapat memicu rasa ingin tahu dan kekaguman dari pemilik reptil, tua maupun muda. Entah itu karena sifatnya yang slow tapi pasti atau karena corak dari cangkang di punggung mereka, kura-kura darat telah menemukan jalan ke rumah dan hati kita. Sobat exotic Market Indonesia akan melihat lima kura-kura terbaik yang dijual di pasaran saat ini dan beberapa alasan mengapa mereka ada di dalam daftar.

Kura-kura Sulcata Afrika

Kura-kura Sulcata atau dikenal juga sebagai African Spurred tortoises adalah salah satu kura-kura darat yang paling sering dipelihara. Sulcata adalah salah satu kura-kura darat berukuran sedang hingga besar yang mudah dipelihara dan relatif murah untuk dibeli. Sulcata jantan dewasa mencapai ukuran yang sangat mengesankan dari lima puluh sampai delapan puluh kilogram. Sulcata adalah kura-kura stepa, jadi pakan diet jerami dan sayuran serta makanan berpa pelet kura-kura darat akan membuat Sulcata bahagia dan sehat selama bertahun-tahun yang akan datang.

 

Kura-kura Darat Redfoot

Redfoot adalah salah satu kura-kura darat berukuran sedang yang terlihat paling eksotis karena namanya, kaki dan kepala nampak bersisik merah, dan karapas berwarna indah yang biasanya hitam dan kuning. Kura-kura Darat Redfoot juga salah satu kura-kura termurah di pasaran, membuat mereka menjadi reptil peliharaan yang sangat populer. Kura-kura Darat Redfoot merupakan hewan asli bagian utara dari Amerika Selatan dan hidup di pinggiran hutan di mana mereka memakan makanan yang bervariasi dari sayuran, buah-buahan, serangga kecil, telur dan bangkai. Di penangkaran, mereka dapat disimpan di dalam ruangan di kandang kura-kura besar atau di luar ruangan pada sebidang tanah yang teduh. Kura-kura kaki merah dan kerabat dekatnya, kura-kura kaki kuning, merupakan bagian terbesar dari pengalaman memelihara reptil.

Info Pets Selanjutnya  Dimana Tempat Membeli Kura-kura Darat?

Kura-kura Darat Rusia

Kura-kura Rusia adalah salah satu kura-kura terkecil yang ditemukan di alam liar dan hidup di dataran rendah kering Pakistan di seluruh Asia Tenggara. Makhluk-makhluk tangguh ini dapat menahan berbagai suhu dan dapat bertahan hidup dengan pola makan yang konstan dari tumbuh-tumbuhan, jerami, dan makanan penyu yang sudah dicampur sebelumnya. Karena kemampuannya untuk menahan kondisi cuaca yang keras, mereka dapat beradaptasi dengan sebagian besar lingkungan dalam ruangan serta menyesuaikan diri dengan kelembaban. Kura-kura Rusia jarang melebihi delapan sampai sepuluh inci panjangnya, membuat mereka sangat mungkin calon kura-kura domestik.

Kura-kura Darat Mediterania

Negara-negara Mediterania adalah rumah bagi banyak kura-kura darat peliharaan kecil berpola indah. Ini termasuk kura-kura Yunani, kura-kura Hermann, dan kura-kura marginata. Makhluk kecil yang hidup ini memiliki persyaratan suhu dan kelembaban yang lebih spesifik daripada kura-kura Rusia, tetapi jauh lebih menarik dan diinginkan dalam banyak hal. Harga mencerminkan hal ini dan kura-kura kecil ini berada pada tingkat nilai berikutnya.

Kura-kura Bintang / Star Tortoise

Kura-kura bintang/Star Tortoise adalah kura-kura berukuran kecil yang mendapatkan namanya dari karapas kuning dan hitamnya yang berwarna cerah yang ditutupi dengan pola berbentuk bintang multi-segi. Mereka datang dari berbagai negara antara lain India, Sri Lanka, Madagaskar dan Burma. Hewan cantik ini sangat diminati oleh pemiliknya di Kanada, juga di China dan Jepang, menjadikannya salah satu kura-kura peliharaan termahal di pasaran.

Setelan Vivarium Kura-kura Darat

Jika  berpikir untuk membeli vivarium kura-kura darat untuk menampung chelonian baru, ada beberapa hal yang perlu sobat Exotic pertimbangkan. Vivarium bisa sangat mahal dan sejujurnya mungkin bukan pilihan terbaik.

Info Pets Selanjutnya  Memelihara Kura-kura Darat yang Lucu

Tergantung pada spesies kura-kura darat yang akan dipelihara, sobat perlu mempertimbangkan ukuran kandang yang di perlukan dan juga di mana meletakannya. Jika memilih spesies yang lebih kecil seperti Horsfield atau kura-kura Hermanni, Sobat dapat dengan mudah memelihara di vivarium kecil, tetapi untuk kesehatan yang optimal, sebaiknya gunakan ini hanya untuk memajang hewan peliharaan  dalam waktu singkat. Vivariums cukup fantastis untuk memamerkan chelonian berharga mahal kepada teman-teman sobat Exotic, tetapi bukan pilihan terbaik untuk kandang permanen.

Kaca menurut definisi adalah terbuka dan tembus pandang, tetapi kura-kura darat akan menjadi terlalu stres dan karena itu berpotensi tidak sehat jika dibiarkan berada di vivarium terbuka untuk waktu yang lama. Semua spesies membutuhkan tempat persembunyian di mana mereka dapat mundur agar tidak terlalu stres

Sobat Exotic juga akan membutuhkan lampu panas untuk berjemur serta lampu reptil untuk kura-kura darat. Ini akan memungkinkan sobat untuk memantau waktu kura-kura darat tidur dan bangun. Ini disebut fotoperiode dan sangat penting untuk kesehatan kura-kura darat karena ketidakseimbangan akan menyebabkan kesehatan yang buruk bagi kura-kura darat peliharaan sobat yang berharga.

Menempatkan kura-kura darat peliharaan  membutuhkan pemikiran dan pemahaman tentang apa yang dibutuhkan hewan peliharaan agar tetap bahagia dan sehat.

Vivarium kura-kura bukanlah pilihan terbaik untuk kandang jangka panjang tetapi bisa seperti yang Exotic Market Indonesia katakan menjadi etalase fantastis untuk kura-kura darat peliharaan dan membuat iri teman-teman sobat. Pastikan menyediakan tempat persembunyian dan bahkan menutupi tiga sisi kaca untuk memungkinkan chelonian bersembunyi. 

Jika sobat Exotic mampu menyediakan lingkungan yang aman untuk kura-kura darat, mereka berpotensi menjadi pendamping seumur hidup.

Info Pets Selanjutnya  Kenapa Tikus Beku Bagus Untuk Pakan Ular

 

Ivan

 

Top