Leopard Gecko Suka Menggali? Kenapa Begitu?

Akhir-akhir ini leopard gecko peliharaan sobat Exotic nampak menggali tanpa henti? Ini pasti menimbulkan rasa penasaran dan ini bisa menjadi pertanda alam bahwa ada yang salah dengan sang leopard gecko.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang aktivitas gecko ini, baca terus hingga akhir.

Mengapa Leopard Gecko Gemar Menggali?

Sobat Exotic, menggali adalah perilaku dan naluri normal dari kehidupan leopard gecko di alam liar. Cakar depan leopard gecko sebenarnya dirancang untuk tujuan seperti itu.

Leopard gecko menggali biasanya untuk menjauh dari panas matahari, untuk bersembunyi dari pemangsa atau untuk mencari sumber makanan.

Jika substrat alas kandang cukup dalam, bukan hal yang aneh jika leopard gecko peliharaan sobat Exotic mulai menggali jalur bawah tanah.

Namun secara umum kedalaman substrat alas kandang tidak tidak cukup dalam. Jika kegiatan penggalian terus berlanjut, teruskan membaca untuk mengetahui alasan lainnya.

Kandang terlalu panas

leopard gecko

Jika kandang terasa terlalu panas, leopard gecko akan mencoba melepaskan diri dari hawa panas. Cara tercepat adalah dengan mengecilkan daya lampu pemanas.

Sobat Exotic, cara terbaik mengatasi masalah ini adalah dengan memberikan kandang berukuran sedang yang dapat dibagi dalam dua zona suhu.

Leopard gecko senang dengan suhu sekitar 33 derajat celcius tetapi terkadang membutuhkan suhu yang lebih rendah untuk mendinginkan tubuh.

Periksa suhu kandang dan pastikan sobat Exotic memiliki dua area berbeda. Menggunakan termometer mahal namun akurat sangat penting dan merupakan investasi yang sepadan jika sobat ingin leopard gecko peliharaan merasa tentram.

Tidak ada tempat persembunyian

Leopard gecko aktif di malam hari dan lebih suka menghindari cahaya di siang hari. Untuk menduplikasi habitat alami, banyak breeder reptil menggunakan kotak persembunyian.

Ini mudah dibuat sendiri dengan menggunakan wadah plastik sederhana dengan lubang agar leopard gecko dapat masuk.

Substrat Alas Kandang Bermasalah

Leopard gecko milik sobat Exotic bisa terganggu perilakunya jika menggunakan pasir sebagai substrat, gecko akan kerap melakukan hal-hal yang tidak terduga.

Exotic Market Indonesia menyarankan untuk menghindari penggunaan pasir karena ada banyak bahan substrat alternatif di Indonesia seperti batu akuarium, kertas koran, handuk kertas atau kerikil kacang.

Info Pets Selanjutnya  Mengenal German Giant Bearded Dragons

Meskipun pasir mudah dibersihkan dan digunakan namun dapat menyebabkan banyak masalah.

Jika gecko terlalu banyak menelan pasir menyebabkan sistem pencernaannya mulai tersumbat atau bahkan rusak.

Leopard gecko menggali tanpa alasan jelas

Sobat Exotic, jika kegiatan penggalian terus berlanjut, sobat mungkin perlu memeriksa perilaku leopard gecko peliharaan. Periksa apa pun yang dapat menyebabkan stres dan memicu perilaku yang tidak terduga.

Perlu diingat, jika gecko tetap memiliki pola makan yang sehat dan normal setiap hari, sobat mungkin hanya ingin memberi waktu untuk leopard gecko dalam menyesuaikan diri.

Panduan Perawatan Leopard Gecko

Leopard Gecko yang sehat tentu menjadi hewan peliharaan yang mengagumkan. Mereka kecil, memiliki persyaratan perawatan minimal dan dapat dibiarkan sendiri selama beberapa hari. Mereka pendiam, tidak berbau dan tidak membutuhkan banyak perhatian. Leopard Gecko cukup murah dan mudah didapat dari toko hewan peliharaan dan peternak. Reptil jenis ini tidak membutuhkan tempat yang luas. Mereka memiliki berbagai variasi warna dan pola. Trah hewan kecil eksotis ini adalah kadal yang sempurna.

Perawatan sangat mudah dilakukan, tidak membutuhkan banyak hal. Hal pertama yang harus dimiliki dalam merawat Tokek adalah kandangnya. Ini adalah tempat di mana gecko peliharaan bisa tinggal. Yang paling umum digunakan adalah akuarium. Seekor bayi gecko dapat hidup dalam akuarium 5 liter. Gecko dewasa membutuhkan minimal ukuran akuarium 15 liter.

Leopard Gecko Tidak Bisa Memanjat Dinding

Dibutuhkan panjang daripada tinggi untuk setelan kandang. Beli akuarium dengan panjang 15 liter, bukan. Pastikan memiliki penutup yang aman karena gecko bisa keluar jika kandang tidak tertutup.

Shelter juga dibutuhkan karena Leopard Gecko suka tinggal dalam kegelapan. Dalam sebuah kandang, setidaknya harus memiliki tiga kotak. Letakkan dua kotak di setiap ujung tangki dan letakkan satu di tengah. Yang di tengah harus lembab dan bisa digandakan jika sobat Exotic berencana untuk membiakkannya. Gunakan substrat sesuai kebutuhan, diisi dengan lumut dan vermikulit. Pastikan semua kotak sembunyikan stabil. Kotak persembunyian yang roboh mungkin membuat gecko terluka atau bahkan lebih buruk, mati.

Info Pets Selanjutnya  Kura-kura Red Eared Slider, Peliharaan Sejuta Umat.

Substrat juga penting dalam perawatan karena mereka aktif di malam hari. Jika menggunakan substrat yang besar, Gecko mungkin akan menelannya saat berburu jangkrik atau mencari makanan. Ini lebih mengkhawatirkan pada bayi daripada gecko dewasa. Penggunaan handuk kertas memudahkan untuk dibersihkan dan diganti tanpa menyakiti gecko peliharaan.

Suhu juga merupakan bagian penting dalam perawatan leopard gecko. Mereka berasal dari tempat dengan suhu yang cukup tinggi sehingga harus dijaga pada suhu yang sama dengan tempat asalnya. Tempat berjemur mereka harus 27ºC, menempatkannya di bawah pemanas bekerja paling baik. Leopard Gecko menyerap panas lebih banyak dari perutnya daripada punggungnya. Lampu pemanas juga berfungsi dengan baik.

Kandang leopard gecko tidak perlu disemprot karena habitat aslinya kebanyakan gurun. Sediakan mangkuk air sudah cukup untuk menjaga gecko tetap terhidrasi.

Juga bagian dari perawatan Leopard Gecko adalah pembersihan. Membersihkan kandang leopard gecko sangat mudah. Pastikan untuk membersihkan dan membuang kotoran  3-4 kali seminggu. Cuci atau ganti karpet reptil setiap 1-2 minggu sekali.

Proses Breeding Leopard Gecko

Breeding leopard gecko bisa menjadi kegiatan menghibur dan mengasyikkan jika tahu apa yang sobat Exotic lakukan. Mereka harus ditempatkan di akuarium 20 liter. Jangan pernah menyatukan dua jantan karena mereka akan bertarung sampai mati. Sobat Exotic dapat meletakkan dua betina dan satu jantan sekalipun.

Betina akan membutuhkan kotak bertelur yang bisa berupa kotak plastik berisi vermikulit. Pastikan betina dapat dengan mudah melewati pintu masuk dan ada banyak ruang untuk menggali. Leopard Gecko betina akan bertelur dalam dua clucth. Setelah bertelur seminggu, sobat akan mendapatkan  rata-rata 12 telur. Setelah telur diletakkan, jangan diputar saat mengambil. Melakukan ini akan membunuh embrio di dalam telur.

Saat menempatkan telur di inkubator, Sobat dapat memutuskan apakah ingin menetaskan jantan atau betina melalui pengaturan suhu. Jika menginginkan jantan, inkubasi pada 27ºC, jika Anda menginginkan betina, suhu harus diatur pada 24ºC dan campuran jenis kelamin dapat diinkubasi pada 26ºC.

Info Pets Selanjutnya  Kura-Kura Darat Sulcata, Bagaimana Cara Merawat Kura-Kura Raksasa Afrika

Persiapkan enclosur bayi sebelum mereka menetas. Pastikan memiliki makanan, tempat tinggal, tempat berteduh dan substrat.

Yang terakhir pada perawatan Leopard Gecko adalah penetasan. Baiklah, gecko telah berkembang biak, bertelur dan akan menetas. Bayi gecko tidak akan makan setelah satu minggu. Beri mereka makan jangkrik atau ulat kecil. Pastikan untuk memberi mereka makan setiap hari. Bayi gecko dapat disimpan secara terpisah dalam kotak sepatu plastik yang berventilasi baik sampai mereka tumbuh sepanjang 7 cm.

Kesimpulan

Leopard gecko dikenal sebagai reptil yang suka menggali, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor sebagai berikut:

  1. Insting alami: Leopard gecko termasuk hewan burrowers, yang artinya mereka secara alami membuat lubang untuk berlindung dan berkembang biak. Menggali adalah cara alami untuk membuat tempat yang aman dan nyaman.
  2. Suhu lingkungan: Leopard gecko memerlukan suhu yang stabil dan konstan untuk menjaga kesehatan mereka. Menggali dapat membantu mereka mengontrol suhu tubuh mereka dengan bergerak ke dalam lubang yang lebih dingin atau lebih hangat.
  3. Kelembaban: Leopard gecko juga memerlukan tingkat kelembaban yang tepat untuk menjaga kesehatan kulit dan cangkang mereka. Menggali dapat membantu mereka mengontrol tingkat kelembaban dengan bergerak ke dalam lubang yang lebih lembab atau lebih kering.
  4. Perlindungan: Leopard gecko juga dapat menggali untuk melindungi diri dari predator atau untuk mencari perlindungan dari lingkungan yang tidak nyaman.
  5. Ketertarikan: Leopard gecko juga dapat menggali karena ketertarikan terhadap media tanam yang digunakan atau objek yang digali, seperti batu atau kerikil.

Perlu diingat, jika leopard gecko diberi tempat yang cukup untuk menggali dan lingkungan yang sesuai dengan kebutuhannya, mereka akan merasa nyaman dan sehat. Namun jika terlalu sering atau terlalu dalam menggali, dapat menyebabkan masalah pada kesehatan kulitnya.

 

Referensi :

Eublepharis macularius (BLYTH, 1854)