Kura-kura Red Eared Slider, Peliharaan Sejuta Umat.

Kura-kura Red Eared Slider, Peliharaan Sejuta Umat.

Kura-kura Red Eared Slider mendapatkan julukan berdasarkan bentuk telinga merah berwarna cerah yang merupakan ciri khas dan membedakannya dari jenis kura-kura slider lain. Ada berbagai alasan mengapa kura-kura red eared slider (RES) menjadi pilihan paling populer di antara para penggemar kura-kura peliharaan.

RES cukup jinak dan tenang di kolam peternakan, memiliki sifat toleran serta dapat beradaptasi dengan berbagai kondisi, mampu hidup untuk waktu yang sangat lama, memiliki kebutuhan hidup yang sangat sederhana jika sobat Exotic mampu memberikan habitat yang sesuai.

Red Eared Slider merupakan spesies kura-kura air tawar dan sangat produktif dalam bertelur. Beberapa morph jenis ini sangat indah dan menarik seperti leucistic, pastel dan albino.

Persebaran Kura-kura Red Eared Slider

Kura-kura Red Eared Slider dapat ditemukan di negara bagian Florida hingga Virginia, sebelah barat Kansas, New Mexico, Texas dan Oklahoma. Ini adalah habitat alami mereka. Namun saat ini, mereka mudah ditemukan di seluruh penjuru dunia melalui intervensi dan perdagangan global reptil.

Ada 14 jenis Kura-kura Red Eared Slider (Trachemys) yang dapat ditemukan di hutan belantara Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Membeli Kura-kura Red Eared Slider

Sobat Exotic dapat membeli kura-kura ini melalui toko online, pameran reptil dan toko hewan peliharaan. Mereka sangat umum dan populer. Sobat memerlukan pengaturan yang tepat dan sesuai untuk menyediakan habitat alami bagi kura-kura agar mereka dapat bertahan hidup.

Masalah Kesehatan

Red Eared Slider

Jangan meletakkan terlalu banyak kura-kura dalam bak kecil atau tangki berisi air basi, tidak bersih, penuh bakteri yang tidak diangin-anginkan karena akan menyebabkan infeksi dermatologis, infeksi tempurung dan abses telinga.

Ketika masalah ini terjadi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengeluarkan Kura-kura Red Eared Slider dari kolam air yang tercemar, mengeringkan dan membersihkan area yang terkena dan mengoleskan krim Silvadene pada area tersebut.

Info Pets Selanjutnya  Iguana Badak Peliharaan Yang Mudah Dikawinkan

Biarkan kura-kura mengering sendiri di atas handuk hangat selama beberapa jam sebelum sobat Exotic mengembalikannya ke kolam air mineral yang bersih, bebas bakteri dan sehat. Proses ini harus diulang setiap hari selama 9 hari atau sampai luka tersebut telah sembuh.

Catatan Harian

Kura-kura Red Eared Slider tidak akan menolak saat sobat Exotic menyentuh dan memegang mereka sesekali, memakan makanan dari tangan dan berenang ke arah sobat. Sifat penasaran RES sangat menonjol. Mereka akan mengamati semua orang dengan rasa ingin tahu dan berharap diberikan makanan.

Biaya Memelihara Terrapin

Apakah sobat Exotic berencana untuk membeli terrapin (kura-kura air, semi akuatik) sebagai peliharaan? Sebaiknya sobat berpikir tiga kali dan jangan gegabah karena merawat terrapin bukanlah hal yang mudah. Tetapi jika sobat Exotic sudah bertekad bulat untuk memiliki makhluk kecil dan imut ini, maka beberapa informasi sangat diperlukan.

Pengetahuan yang baik tentang kebiasaan dan habitat terrapin, keunikannya, pola makan, ritual kawin, hibernasi dapat membantu menawarkan kehidupan yang sehat kepada kura-kura. Tidak salah jika disebutkan bahwa terrapin adalah reptil berdarah dingin dan bertahan lama di penangkaran (sekitar 60 tahun), asalkan sobat Exotic merawatnya dengan penuh kasih.

Dimana membeli terrapin

  • Toko hewan peliharaan terdekat adalah pilihan yang baik, sebagai ahli mereka dapat menunjukkan langsung bagaimana menangani terrapin serta dapat memberikan tips pemeliharaan.
  • Sobat Exotic bisa juga membeli secara online. Jelajahi internet dan pilih yang terbaik. Tapi diskusikan dengan mereka agar pengiriman bisa dilakukan dengan aman dan nyaman. Pastikan sobat Exotic tidak tertipu dengan membeli terrapin yang sakit.
  • Peternak tahu yang terbaik; Membeli dari peternak adalah alternatif  yang aman untuk mendapatkan baby terrapin yang sehat. Mintalah beberapa tips yang berguna dari peternak.
  • Tanyakan kepada dokter hewan, terrapin apa yang baik dengan pedoman pemeliharaan.
Info Pets Selanjutnya  Cara Mudah Merawat Brazilian Rainbow Boa

Pilih spesies yang tepat

Spesies  hardy terrapin

  • European pond terrapin atau European pond turtle (Emys orbicularis), kura-kura dalam famili Emydidae dengan habitat asli dari Eropa Tengah, Asia Barat dan sebagian Afrika Utara.
  • Striped-neck terrapin atau Caspian turtle (Mauremys caspica), keluarga Geoemydidae (Bataguridae), merupakan kura-kura dengan habitat asli dari Mediterania bagian timur.

Spesies half-hardy terrapin

  • Red-eared terrapin (Trachemys scripta elegans), anggota famili Emydidae, dan sangat populer dijadikan sebagai binatang peliharaan.
  • Yellow-bellied terrapin atau Yellow-bellied slider (Trachemys scripta scripta),, keluarga Emydidae dengan habitat asli dari Amerika Utara bagian selatan.
  • Mexican spotted terrapin atau Mexican spotted wood turtle (Rhinoclemmys rubida), kura-kura testudino dalam famili Geoemydidae dengan habitat asli dari Meksiko
  • Bengal eyed terrapin dikenal sebagai Burmese eyed turtle atau Burmese peacock turtle (Morenia ocellata) merupakan kura-kura dalam famili Geoemydidae dengan habitat asli di Yunnan, China dan Burma.
  • Diamondback terrapin (Malaclemys terrapin),  keluarga Emydidae yang merupakan kura-kura asli  dari Amerika Utara dan Bermuda.
  • Indian pond terrapin atau Indian black turtle (Melanochelys trijuga), kura-kura dalam famili Geoemydidae  dengan habitat asli dari Asia Selatan.
  • Northern river terrapin (Batagur baska) ,famili Geoemydidae, dengan habitat asli dari Kamboja.
  • Painted terrapin (Batagur borneoensis) , kura-kura air Geoemydidae dengan habitat asli dari Brunei, Indonesia, Malaysia dan Thailand.
  • Serrated hinged terrapin (Pelusios sinuatus), kura-kura air  dari keluarga Pelomedusidae, dengan habitat asli dari Afrika bagian selatan.
  • Black terrapin (Pelusios seychellensis), kura-kura air dari keluarga Pelomedusidae, dengan habitat asli dari kepulauan Seychelles.
  • Smiling terrapin atau black marsh turtle (Siebenrockiella crassicollis), masih dalam famili Geoemydidae, dengan habitat asli dari Asia Tenggara.
  • Southern river terrapin (Batagur affinis), famili Geoemydidae, kura-kura dengan habitat asli dari Kamboja.

Info Pets Selanjutnya  Cara Mudah Budidaya Kura-Kura Hamiltonii

 Terrapin yang biasa dipelihara adalah Red eared slider, Yellow bellied Terrapin, Map terrapin, dll. Sobat Exotic juga dapat mencari breed semi-akuatik.

Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan

  1. Baby terrapin yang awalnya seukuran uang logam mamou tumbuh dengan cepat, jadi rencanakan ukuran terrapinarium dengan tepat (3′ x 1′ x 1′ untuk dua baby terrapin). Ketinggian air harus moderat.
  2. Suhu air satbil antara 23 hingga 27ºC dengan bantuan pemanas termostatik.
  3. Sobat Exotic akan membutuhkan filter air, siphon dan jaring untuk menjaga air tetap bersih.
  4. Lampu neon UV-A dan UV-B harus dipasang.
  5. Buat area berjemur yang ditinggikan dengan lampu sorot putih, di dalam terrapinarium.
  6. letakkan beberapa batang kayu kecil dan kerikil di dalam akuarium.
  7. Makanan harus merupakan kombinasi seimbang dari 25% sayuran segar, 50% daging dan 25% suplemen.

Kura-kura harus berat, tampak sehat dengan mulut yang bersih dan dapat dengan bebas membuka dan menutup, mata cerah tanpa keluar cairan, aktif dengan kepala dan anggota badan yang mudah digerakkan. Hindari membeli terrapin yang memiliki retakan atau luka pada kulit dan cangkangnya.

 

 

Valezka

Top