Kura-Kura Leopard Pardalis Mudah Terkena Sindrom Hidung Pilek

Kura-Kura Leopard Pardalis Mudah Terkena Sindrom Hidung Pilek

Kura-kura leopard pardalis lebih rentan terkena sindrom hidung pilek (Runny Nose Syndrome) daripada spesies lain. Penyakit ini dapat menyebabkan masalah besar bagi hewan peliharaan sobat Exotic jika tidak segera ditangani.

Pilek, keluar gelembung atau hidung yang berair tidak secara tegas mengacu ke penyakit tertentu tetapi secara umum gejala ini menggambarkan terjadinya infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Penyebabnya bisa bermacam-macam tetapi jika dibiarkan bisa menyebabkan pneumonia dan kematian!

Hal ini dapat terjadi pada semua spesies kura-kura tetapi paling sering terjadi pada leopard pardalis (Geocheelone Pardalis) karena ketidakmampuannya untuk mengatasi kelembaban dengan baik.

Selalu pastikan untuk menyelesaikan pengobatan apa pun yang disarankan oleh dokter hewan sobat, karena penyakit ini mudah kambuh.

Jangan pernah mengabaikan pilek pada kura-kura dengan berpikir akan sembuh dengan sendirinya, karena ini bisa berakibat fatal bagi kura-kura peliharaan sobat exotic yang berharga mahal.

Penyakit ini juga bisa terjadi bersamaan dengan stomatitis.

Kemungkinan penyebab sindrom hidung pilek:

  • Kondisi berdebu yang dapat mengiritasi selaput lendir
  • Segala jenis benda asing yang bersarang di lubang hidung.
  • Kelembaban terlalu tinggi
  • Fotoperiode yang tidak tepat atau kurangnya sinar matahari
  • Malnutrisi – pemberian makanan yang tidak tepat
  • Stress

Jika sobat Exotic tidak yakin apakah kura-kura leopard pardalis peliharaan sedang sakit atau sedang mengidap gejala penyakit ini, segera temui dokter hewan langganan.

Habitat Kura-kura Darat Sesuai Spesiesnya

Habitat kura-kura mengacu pada tempat di mana kura-kura darat hidup. Sebagai aturan umum, kura-kura menyesuaikan diri dengan lingkungan alami mereka. Namun, banyak spesies satwa liar membutuhkan lingkungan tertentu untuk terus eksis. Spesies ini lebih rentan terhadap kepunahan dan banyak dari mereka sudah punah. Hilangnya habitat yang sesuai adalah alasan utama penurunan cepat populasi kura-kura. Mereka sangat sensitif terhadap racun dan polutan dan menghilang dengan penurunan kualitas air.

Info Pets Selanjutnya  Cara Menentukan Jenis Kelamin Iguana

Berikut beberapa habitat kura-kura yang sesuai dengan spesiesnya masing-masing:

Habitat Kura-kura Gurun

Kura-kura gurun hidup di habitat yang berbeda mulai dari dataran hingga perbukitan berbatu. Mereka biasanya ditemukan di kipas aluvial, ngarai dan mencuci, di mana tanah cocok untuk pembangunan liang. Mereka juga dapat hidup di permukaan laut dan di ketinggian hingga 3500 kaki. Makhluk-makhluk ini memiliki akses mudah ke makanan dan air,serta sumber mineral lainnya.

Habitat Sulcata

Spesies kura-kura darat sulcata ini ditemukan di bagian tengah dan utara Afrika. Habitat mereka terbentang dari gurun Sahara hingga Ethiopia. Curah hujan di wilayah ini sangat sedikit atau bahkan tidak ada sama sekali, yang membuat hewan ini menjadi penggali yang sangat baik. Mereka pada dasarnya beradaptasi dengan kondisi berpasir dengan curah hujan rendah.

Habitat Kura-kura Rusia

Sobat Exotic dapat menemukan kura-kura ini di negara-negara seperti Pakistan, Afghanistan dan beberapa bagian Iran. Mereka tidak eksklusif untuk Rusia, terlepas dari nama mereka. Iklim sangat bervariasi dengan musim panas yang sangat panas dan kering, sedangkan musim dingin bisa sangat dingin. Kura-kura Rusia tetap terkubur sebagian besar waktu sebagai adaptasi terhadap lingkungan alami mereka, menikmati hibernasi. Mereka hanya keluar selama musim semi untuk mencari makan dan berkembang biak.

Habitat Kura-kura Leopard

Habitat kura-kura darat ini dapat ditemukan di benua Afrika. Ini biasanya ditemukan di daerah yang memiliki iklim kering. Mereka tinggal di bagian yang memiliki banyak rumput untuk dimakan.

Habitat Kura-kura Red Eared Slider

Habitat kura-kura red eared slider memiliki rentang yang luas. Mereka biasanya ditemukan di Negara Paman Sam, sebagian besar di Indiana, Alabama dan Georgia. Habitat mereka sangat bervariasi dalam ukuran, lokasi dan isi. Dari lubang lumpur, parit berumput, kolam, danau sungai. Kisaran habitat mereka sangat luas. Makhluk-makhluk ini memiliki preferensi untuk perairan tenang yang kaya dengan vegetasi air.

Info Pets Selanjutnya  Persiapan Sarang Bertelur Iguana, Peternak Wajib Tahu!

Komunitas sains menyadari pentingnya memantau dengan cermat berbagai situs habitat kura-kura karena penting untuk memastikan keberadaan mereka di masa depan di lingkungan alami mereka dan dalam siklus hidup alam yang kompleks. Sebagai pemilik kura-kura peliharaan yang bertanggung jawab, Sobat Exotic bertanggung jawab untuk melestarikan habitat kura-kura dari spesiesnya masing-masing.

 

Ivan S

Top