Kura-Kura Darat Sulcata, Bagaimana Cara Merawat Kura-Kura Raksasa Afrika

Kura-Kura Darat Sulcata, Bagaimana Cara Merawat Kura-Kura Raksasa Afrika

Kura-kura Darat Sulcata (African Spurred Tortoise), saat masih baby, nampak lucu, ramah dan sangat jinak. Ini alasan kenapa penggemar reptil ingin memeliharanya. Tapi kura-kura Afrika ini mungkin bukan pilihan terbaik untuk dijadikan hewan peliharaan karena sulcata mampu tumbuh sangat besar dan menjadi sangat kuat.

Sekilas Info Mengenai Kura-Kura Darat Sulcata

Kura-kura sulcata adalah kura-kura terbesar dari benua Afrika dan terbesar ketiga di bumi. Sulcata akan membutuhkan ruang yang besar dan banyak makanan. Lebih penting lagi, kura-kura ini membutuhkan banyak waktu dan biaya.

Dinamakan African Spurred Tortoise karena memiliki taji di bagian kaki belakang. Kerap ditemukan pada semak belukar yang panas dan kering di Afrika tengah bagian utara, kura-kura sulcata betina dewasa dapat tumbuh hingga 60 cm, sementara jantan dewasa dapat tumbuh lebih besar lagi, dengan panjang karapas berkisar hingga 80 cm.

Sulcata memiliki karapas oval yang lebar, plastron berwarna putih pucat dan kepala berwarna coklat. Warna tubuhnya bervariasi dari kekuningan hingga coklat keemasan. Spesies ini juga memiliki kulit yang sangat tebal.

Kura-kura sulcata membutuhkan makanan berserat tinggi. Makan salad yang terdiri dari sayuran setiap hari, dengan  kalsium dari waktu ke waktu. Secara signifikan, setiap kura-kura sulcata cenderung menjadi gemuk karena gemar makan berlebihan.

Pemilik kura-kura sulcata harus memastikan bahwa makanan cukup berlimpah. Kura-kura juga dapat diberi makan buah-buahan seperti melon dan apel, selama cuaca panas.

Kura-kura sulcata membutuhkan lingkungan yang hangat dan kering. Di kandang luar ruangan, substrat berupa campuran tiga perempat pasir dan seperempat tanah sangat penting. Tambahkan lapisan rumput  ke bagian lain untuk memberikan keteduhan.

Sobat Exotic juga harus menyediakan tempat untuk bersantai, dengan pemanas antara 30 sampai 35 ° C. Pastikan untuk memiliki ruang untuk kolam air. Untuk keamanan tambahan, pastikan kandang bebas dari ancaman predator.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Kadal Anole Hijau

Kebutuhan Lain

Sebagai pemilik, jika sobat Exotic memutuskan untuk memelihara kura-kura sulcata di dalam ruangan, tempatkan mereka di terarium besar, bukan akuarium. Kedua pilihan kandang ini sebenarnya sangat berbeda. Instruksi ini hanya berlaku untuk kura-kura sulcata berukuran kecil atau sedang.

Perlu ingat jika kura-kura sulcata, seperti kebanyakan anggota keluarga reptil, membutuhkan pancaran UVB dalam jumlah besar untuk sintesis vitamin D3 (diperlukan untuk metabolisme kalsium) dan suka berada di luar ruangan.

Oleh karena itu dianjurkan untuk membuat habitat luar ruangan untuk mereka bila memungkinkan.

Kesimpulan

Memiliki dan merawat spesies kura-kura darat membutuhkan banyak waktu dan uang. Sobat Exotic perlu membuat keputusan berdasarkan informasi mengenai kebutuhan kura-kura yangakan dibeli. Jangan menjadi salah satu dari pemilik yang merasa bersemangat sebagai pemelihara kura-kura pemula, tetapi akhirnya menjual atau lebih buruk lagi, membuang mereka ke habitat lokal. Hewan peliharaan akan terlantar, tidak mampu bertahan hidup di alam liar.

Panduan Penangkaran Kura-kura Darat

Jika sobat Exotic berharap untuk meniru peternak kura-kura sukses lainnya, penting untuk mengetahui apakah kura-kura betina milik sobat sedang hamil atau gravid. Sangat penting bagi setiap peternak kura-kura untuk mengetahui tanda-tanda dan indikasi bahwa kura-kura betina sedang hamil karena produksi telur dapat memiliki implikasi serius bagi kesehatan kura-kura peliharaan.

Cangkang kaku berarti bahwa tidak seperti hewan lain, kura-kura tidak menunjukkan tanda-tanda fisik jika sedang hamil. Oleh karena itu, diagnosis kehamilan hanya dapat dilakukan dengan mengamati perubahan perilaku atau dengan membawa kura-kura peliharaan ke dokter hewan untuk dirontgen. Untuk alasan ini, penting untuk mengetahui kondisi kura-kura dan memahami apa perilaku normal dan abnormal.

Kematangan seksual pada chelonian tergantung pada usia. Dalam habitat liar, hal ini tidak akan terjadi sampai kura-kura berusia 15 atau 20 tahun, membiakkan kura-kura yang masih sangat muda tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan komplikasi kesehatan.

Info Pets Selanjutnya  Kura-Kura Leopard Pardalis Mudah Terkena Sindrom Hidung Pilek

Ketika mereka berada di alam liar, sebagian besar bertelur pada musim semi atau awal musim panas. Ini memungkinkan bayi kura-kura tumbuh sebelum hibernasi pertama mereka. Namun di penangkaran, tidak ada musim untuk berkembang biak dan ini berarti sebagian besar pembiakan dan produksi telur dapat terjadi setiap saat sepanjang tahun.

Kura-kura betina memiliki dua ovarium di rongga coelimic, telur dilepaskan oleh ovarium dan kemudian melakukan perjalanan ke saluran telur berpasangan. Kura-kura mampu menyimpan sperma di saluran telur, sehingga telur yang subur dapat diproduksi hingga tiga tahun setelah kawin. Adanya penyimpanan sperma berarti mereka tidak harus kawin sesering mungkin untuk mempertahankan populasi di habitat aslinya yang liar.

Dengan cara ini pembuahan dapat terjadi karena perkawinan baru atau karena pembuahan internal oleh sperma yang disimpan. Hal ini dapat dipicu oleh perubahan suhu atau peningkatan ketersediaan makanan. Telur dibuahi di saluran telur yang juga merupakan tempat kuning telur dan cangkang  diproduksi.

Kura-kura betina juga terkadang menghasilkan telur meskipun mereka tidak pernah kawin. Untuk alasan ini, penting bagi sobat Exotic untuk mengetahui tanda-tanda bahwa betina mungkin sedang mengandung telur.

Peternak kura-kura perlu menyadari banyak aspek yang berbeda untuk merawat kura-kura peliharaan mereka tetapi sangat penting bahwa mereka memahami kura-kura dalam perawatan mereka sebaik mungkin, Jika tidak mampu atau tidak berpengalaman, kura-kura mungkin akan menderita, untuk alasan ini sobat Exotic harus berpikir dengan hati-hati sebelum memutuskan untuk membiakkan kura-kura peliharaan.

 

Ivan

Info Pets Selanjutnya  Cara Membersihkan Akuarium Kura-Kura
Top