Kura-kura Galapagos Nyaris Punah

Kura-kura Galapagos Nyaris Punah

Kura-kura Galapagos, langka dan terancam punah adalah spesies tortoise terbesar di dunia. Ditemukan oleh Joe de Berlanga selama penemuan Kepulauan Galapagos secara tidak sengaja pada tahun 1435, pulau-pulau ini dinamai menurut nama mereka. Galapago, yang berarti “pelana” dalam bahasa Spanyol, mengacu pada cangkang kura-kura yang berbentuk pelana.

Dengan panjang 1,5 meter dan berat sekitar 300 kg, vertebrata raksasa ini memiliki umur panjang yang mengesankan. Kura-kura darat Galapagos tertua dikatakan telah hidup selama 252 tahun. Tetapi umur pasti dari reptil raksasa ini belum bisa ditentukan karena belum cukup lama diamati. Fakta menarik lainnya tentang kura-kura raksasa Galapagos adalah ia akan terus tumbuh selama 30 hingga 40 tahun sebelum mencapai kedewasaan.

Sebuah populasi besar lebih dari 250.000 ekor pada awal abad ke-19, antara 10.000 sampai 15.000 kura-kura darat Galapagos tetap berada di alam liar hingga hari ini. Alasan lain penurunan populasi kura-kura darat Galapagos adalah pengenalan / masuknya spesies mamalia baru, seperti kambing, babi dan anjing yang memakan telur Kura-kura Galapagos atau memakan lebih banyak vegetasi makanan daripada tortoise, menyebabkan kekurangan rantai makanan.

Kura-kura Galapagos

Setelah hampir punah, hanya 11 dari 15 subspesies kura-kura darat yang saat ini ada di Galapagos. Meskipun penelitian menunjukkan kemungkinan hanya 13 subspesies, banyak ilmuwan percaya ada sekitar 15 spesies kura-kura Galapagos. Lima subspesies kura-kura darat ditemukan di Santa Cruz , sedangkan enam lainnya ditemukan di pulau Pinzón, Pinta, Española , San Cristóbal, Santiago, dan Isla Isabela. Subspesies kura-kura Isla Pinta kemungkinan besar akan segera punah karena hanya tersisa satu kura-kura jantan. Lonesome George, begitu ia akrab disapa, adalah kura-kura darat terakhir dari pulau Pinta. Saat ini diadakan Penelitian Charles Darwin di Pulau Santa Cruz untuk membantu-nya kawin. Tetapi semua upaya sejauh ini gagal.

Info Pets Selanjutnya  Tips Menjaga Kesehatan Iguana

Meskipun ada subspesies kura-kura yang berbeda di Galapagos, ada juga spesies yang berbeda. Tiga spesies kura-kura raksasa Galapagos yang berbeda dapat diamati, memiliki ciri-ciri berbeda dalam ukuran, warna dan bentuk cangkangnya. Kura-kura berbentuk kubah memiliki anggota badan dan leher yang pendek, sedangkan cangkangnya berbentuk bulat atau berkubah.

Di sisi lain, kura-kura punggung memiliki tungkai dan leher yang lebih panjang dengan cangkang yang terangkat. Jenis kura-kura ketiga, yang dikenal sebagai kura-kura perantara, merupakan campuran antara kura-kura punggung dan kura-kura kubah.

Hidup dengan pola makan buah-buahan, kaktus dan sayuran, kura-kura raksasa Galapagos adalah herbivora. Mereka dapat menyimpan air dan makanan dalam tubuh mereka dan memungkinkan mereka untuk hidup hingga satu tahun sebelum makan atau minum lagi. Terutama ditemukan di daerah yang lebih tinggi di mana kelembaban tinggi dan daerah berumput, banyak subspesies tortoise juga hidup di pulau yang lebih kering dan lebih hangat di mana ketersediaan rumput cukup langka.

Reptil berdarah dingin ini, yang secara alami suka bermain, menghabiskan sebagian besar hari di bawah sinar matahari, beristirahat di malam hari setengah berendam dalam lumpur atau air untuk mencari kehangatan.

Makhluk luar biasa, kura-kura raksasa Galapagos saat ini telah memainkan peran kunci dalam membantu kita memahami bagaimana dunia berevolusi. Makhluk lembut dan menyenangkan ini harus dibesarkan agar generasi mendatang dapat mengenalnya.

Breeding Kura-kura Galapagos

Kura-kura adalah hewan yang menyenangkan, jadi banyak orang suka memelihara kura-kura di rumah mereka. Namun umumnya orang-orang memiliki sedikit pengetahuan tentang bidang ini. Pada artikel kali ini kami akan memberikan pengenalan sederhana mengenai salah satu jenis kura-kura yaitu kura-kura Galapagos.

Info Pets Selanjutnya  Kura-kura Darat Yang Bisa Di Pelihara & Beli di Indonesia

Kura-kura Galapagos dapat hidup selama 150 tahun tetapi mencapai kedewasaan pada usia yang lebih awal yaitu sekitar 20 hingga 25 tahun untuk yang berkembang biak di kebun binatang dan 40 tahun di alam liar. Ketika mereka mencapai kedewasaan, mereka mulai mencari pasangan. Musim kawin dapat berlangsung dari Januari hingga Agustus. Ada yang menarik dari cara mereka mencari pasangan.

Di beberapa film dokumenter hewan liar, sobat Exotic bisa melihat beberapa adegan perkelahian antar pejantan. Ini juga bisa terjadi di antara kura-kura, tetapi aturan mereka sangat aneh. Ketika pertarungan ini pecah di antara para pejantan, kedua belah pihak saling berhadapan, membuka mulut mereka dan merentangkan kepala mereka ke langit setinggi mungkin. Pemenangnya akan mendapatkan betina.

Setelah kawin, betina akan pergi ke daerah bersarang beberapa kilometer jauhnya mencari tempat yang sesuai untuk bertelur. Tempat ini harus kering dan berpasir, sehingga betina bisa menguburkan telur. Setelah menemukan tempat yang tepat, Kura-kura Galapagos betina akan membutuhkan waktu lama untuk menggali lubang sedalam sekitar 30Cm, di mana betina meletakkan telur bercangkang keras yang terlihat seperti bola bilyar.

Biasanya betina bisa bertelur 5 sampai 26 butir sekaligus. Kemudian menutupinya dengan pasir. Setelah itu, betina akan membuat sumbat berlumpur yang dicampur dengan air seni untuk menutup lubang sarang telur. Selanjutnya betina akan menekannya dengan kuat menggunakan plastronnya. Setelah menyelesaikan semua pekerjaan ini, kura-kura betina galapagos akan meninggalkan telur-telur ini untuk diinkubasi oleh matahari yang hangat. Jenis kelamin bayi kura-kura ditentukan oleh suhu. Jika suhunya rendah, lebih banyak jantan yang menetas

Kehamilan dapat berkisar dari 3 hingga 6 bulan. Berbeda dengan kura-kura dewasa, bayi kura-kura Galapagos sangat kecil, beratnya hanya 50 gram dan berukuran 6 sentimeter. Ketika bayi kura-kura keluar dari cangkangnya, makhluk kecil ini harus menggali jalan sendiri ke permukaan, yang bisa memakan waktu hingga satu bulan. Biasanya, selama 8-10 tahun pertama, kura-kura Galapagos muda akan tinggal di daerah dataran rendah yang lebih hangat untuk berlatih menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Beberapa tahun kemudian, ketika kura-kura mencapai kedewasaan dan dapat membiakkan keturunan mereka sendiri.

Info Pets Selanjutnya  Tips Merawat Ular Untuk Pemula

Sekarang, sobat Exotic memiliki pengetahuan yang cukup tentang kura-kura Galapagos. Sobat dapat pergi ke kebun binatang atau langsung menuju kepulauan Galapagos untuk melihat hewan ini. Pasti sobat Exotic akan mendapatkan lebih banyak kebahagiaan.

 

 

Top