Kura-Kura Brazil, Semua Informasi Perawatan Mereka

Kura-kura Brazil adalah hewan peliharaan yang populer. Makhluk ini menggemaskan saat lahir dan terus bertambah besar seiring bertambahnya usia.

Kura-kura Brazil membutuhkan banyak perawatan dan tindakan higienis. Jika sobat Exotic adalah penggemar kura-kura ini dan ingin memeliharanya sebagai hewan peliharaan, sobat harus mengetahui hal-hal berikut tentang mereka.

Seperti apa kura-kura Brazil?

Kura-kura Brazil umumnya berwarna hijau zaitun gelap dengan garis-garis hijau/kuning di cangkang bagian atas, wajah dan kaki. Warna hijau kura-kura berubah menjadi pigmentasi hitam saat mereka mulai menua.

Kura-kura jantan biasanya berwarna hitam pekat tanpa tanda yang terlihat di tubuhnya.

Ekor kura-kura jantan lebih panjang dan lebih tebal dari pada betina. Kura-kura Brazil betina sedikit lebih besar dari kura-kura jantan. Kura-kura ini memiliki kaki berselaput yang memudahkan mereka untuk berenang.

  • Berikan kura-kura Brazil sedikit latihan

Tidak seperti kura-kura lainnya, kura-kura Brazil lebih gesit. Mereka suka mengejar, hidup dan berenang dengan bebas. Mengejar makanan dan berenang juga berfungsi sebagai olahraga yang sehat bagi mereka.

Jika sobat Exotic memperhatikan kura-kura dengan cermat, Sobat akan menemukan fakta bahwa mereka paling aktif di pagi hari, sore hari, dan selama dan setelah hujan.

Sobat Exotic dapat memberi kura-kura sedikit latihan dengan membiarkannya berkeliaran bebas di kandang. Perhatikan baik-baik kura-kura saat berada di luar untuk memastikan keamanan.

Kura-kura Brazil Sebagai Peliharaan Eksotis

kura-kura brazil

Kura-kura Brazil merupakan hewan peliharaan yang menggemaskan dan juga sebagai teman seumur hidup.

Mereka menyenangkan untuk dilihat dan berumur panjang jika dirawat dengan benar. Mereka tak ada bandingannya dan mempesona. Jika Sobat Exotic ingin membawa pulang hewan peliharaan kecil yang lucu ini, maka perlu mempersiapkan diri untuk tambahan anggota baru ini.

Info Pets Selanjutnya  Memelihara Kura-Kura Darat , 5 Poin Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli

Sobat Exotic harus ingat satu hal penting sebelum membeli bahwa baby kura-kura kecil yang lucu akan tumbuh menjadi kura-kura besar, berumur panjang dan yang terpenting, sangat berantakan.

  • Baby Kura-kura Bisa Menjadi Besar!

Tahukah Sobat Exotic bahwa kura-kura yang tampak mulus ini mampu tumbuh dewasa dengan ukuran hingga 30 Cm? Meskipun mereka membutuhkan beberapa tahun untuk tumbuh menjadi ukuran dewasa secara penuh,

Sobat harus tahu bahwa kura-kura Brazil membutuhkan area yang luas. Jangan membuat kesalahan dengan membeli tangki kecil untuk kura-kura dan hitung kira-kira 30 liter per 3 cm ukuran kura-kura.

  • Kura-kura Brazil Panjang Umur

Harapan hidup kura-kura Brazil hingga 40 tahun atau lebih. Saat membeli kura-kura, ingatlah bahwa Sobat Exotic berkomitmen untuk merawat kura-kura sepanjang hidupnya.

Selain itu, perlu memastikan bahwa kura-kura tidak dilepaskan ke alam liar saat sudah besar. Mereka akan sangat menderita karena kedinginan.

  • Jangan Membuat Kesalahan Memelihara Kura-kura Brazil di Mangkuk Plastik Kecil

Jangan dengarkan penjual ketika mereka memberi tahu bahwa sobat Exotic dapat memelihara kura-kura Brazil di mangkuk plastik, karena jika sobat melakukannya, kura-kura yang lucu tidak akan berkembang dalam mangkuk kecil. Yang perlu dilakukan adalah, membeli perlengkapan/kura-kura yang sesuai dengan ukuran tubuhnya.

  • Kura-kura Brazil Sangat Menyukai Makanan

Bagian yang menyenangkan dari memelihara kura-kura ini adalah mereka sangat menyukai makanan. Begitu mereka melihat sobat Exotic membawa makanan, mereka akan bersemangat. Namun, obesitas adalah masalah besar bagi kura-kura dan sobat tidak boleh memberi mereka makan. Mereka akan melakukan hal-hal gila agar diberi makanan. Mereka akan terus berenang bolak-balik tetapi jangan tertipu oleh tindakan mereka.

  • Kura-kura Brazil Sangat Jorok
Info Pets Selanjutnya  Cara Memelihara Kura-Kura Semi Akuatik

Seperti kura-kura lainnya, kura-kura brazil menghasilkan banyak kotoran yang dapat membuat tangki menjadi bau dan menyebabkan tumbuhnya alga.

Membersihkan tangki harus menjadi prioritas. Tangki harus memiliki filter yang dapat menampung 2-3 kali jumlah air di dalam tangki. Sobat Exotic juga harus memberi makan kura-kura dalam wadah berisi air di luar tangki.

Makanan Yang Tepat Untuk Kura-kura Red Eared Slider (Brazil)

Apa saja makanan yang tepat untuk kura-kura Brazil atau red eared slider, sobat Exotic harus memastikan telah memberi dengan jumlah yang tepat antara pakan tumbuh-tumbuhan dan protein hewani.

Saat masih kecil, kura-kura Brazil perlu makan banyak protein hewani karena insting karnivora mereka masih berperan besar, jadi jangan heran jika mereka tidak memakan banyak tumbuhan sampai mereka dewasa.

Sobat Exotic bisa memberikan makanan berupa pelet yang memiliki campuran vitamin dan mineral dalam jumlah yang tepat. Ini lebih praktis bagi pemilik kura-kura red eared slider (Brazil).

Sebaiknya sobat mencampur menu makanan agar kura-kura tidak menjadi bosan makan dan semua nutrisi yang mereka butuhkan telah tercukupi.

Daftar Makanan Untuk Kura-kura Brazil

Saat memberi makan baby kura-kura, berikan pakan berupa cacing tanah, ikan hidup misalnya ikan mas, guppy, minnow, jangkrik, siput air, cacing daphnia, cacing tanah, ulat sutra dan cacing darah. Kura-kura dewasa harus memakan hewan yang lebih besar.

Saat memberi makan kura-kura, vegetasi menempel dengan collard, kangkung, bok choy, sawi, dandelion hijau, dan daun selada hijau tua.

Jika kura-kura tinggal di kolam atau akuarium, sobat Exotic selalu dapat menambahkan tanaman air untuk memberi makan mereka. Mereka suka mengemil tanaman terendam seperti enceng gondok, selada air, azolla, anakharis, dan duckweed.

Info Pets Selanjutnya  Panduan Merawat Iguana Di Rumah

Masa Inkubasi Kura-kura Brazil

Masa inkubasi kura-kura tergantung pada suhu dan kondisi musim, dengan periode biasanya 9 sampai 11 minggu. Mereka bertelur 3 sampai 11 telur selama masa inkubasi ini.

Hewan peliharaan mungkin memiliki masalah kesehatan: hati-hati! Kura-kura ini biasanya rentan terhadap bakteri Salmonella dan infeksi bakteri lainnya.

Sobat Exotic harus selalu mencuci tangan dengan bersih sebelum dan sesudah memegang kura-kura untuk menghindari infeksi bakteri ini.

Pastikan membeli kura-kura yang memiliki mata yang jernih, gesit, dan kulit yang berkilau. Kura-kura yang apatis saat jam makan dan malas biasanya berisiko terkena infeksi ini.

Exotic Market Indonesia [http://exoticmarketindonesia.com/] adalah situs informasi untuk perawatan kura-kura peliharaan. Sobat perlu tahu bagaimana cara merawat hewan peliharaan untuk memastikan mereka tetap sehat.