Kenapa Tikus Beku Bagus Untuk Pakan Ular

Kenapa Tikus Beku Bagus Untuk Pakan Ular

Memberi pakan menggunakan tikus beku untuk ular peliharaan sobat Exotic adalah pilihan yang lebih baik daripada menggunakan makanan hidup. Ada beberapa manfaat utama menggunakan pakan beku dibandingkan dengan pengumpan hidup. Pakan beku lebih aman, lebih mudah dibeli dalam jumlah besar dan sobat Exotic lebih mudah menyimpan stok untuk untuk beberapa bulan.

Menggunakan hewan pengerat hidup sebagai pakan bisa menjadi upaya berisiko bagi pemilik ular. Seperti hewan lainnya, hewan pengerat lebih suka tidak dijadikan santapan hewan lain. Tikus akan menyerang balik jika memiliki alternatif untuk bertahan hidup. Tikus bisa mencakar dan menggigit. Ini dapat menyebabkan luka yang tidak perlu untuk hewan peliharaan sobat Exotic jika ular peliharaan sobat Exotic tidak memiliki insting pemburu dan segera memakan pakan hidup. Ini tidak menjadi masalah dengan menggunakan tikus beku sebagai pakan.

tikus beku

Kemungkinan yang lebih buruk adalah jika sobat memberikan pakan berupa tikus jantan hidup. Tikus jantan lebih agresif daripada tikus betina. Saat tikus jantan hidup diletakkan dalam kandang bersama dengan ular yang tidak tertarik makan, tikus jantan dapat saja malah memakan bagian tubuh ular peliharaan sobat Exotic. Tikus jantan hidup bisa mulai menggigit bagian ekor ular peliharaan sobat Exotic jika ada kesempatan.

Membeli pakan dalam jumlah besar merupakan nilai lebih dari penggunaan tikus beku. Saat sobat Exotic berbelanja di toko hewan peliharaan, persediaan pakan yang bisa sobat Exotic dapatkan jauh lebih sedikit dan mungkin hanya bertahan selama satu minggu sebelum sobat harus kembali berbelanja. Harganya juga cenderung lebih mahal dibandingkan jika sobat Exotic membeli dalam jumlah banyak sehingga bisa menghemat anggaran.

Jika sobat Exotic membeli dalam jumlah besar, sobat bisa menyimpan pakan ular untuk beberapa bulan dan menghindari berbelanja setiap minggu. Tikus putih yang dibekukan biasanya dikemas menggunakan kemasan vakum dan dibekukan dengan cepat dan mudah disimpan dalam freezer.

Info Pets Selanjutnya  Cara Menentukan Jenis Kelamin Iguana

Sobat Exotic dapat melihat bahwa ada banyak manfaat menggunakan tikus beku untuk memberi makan ular. Ini adalah cara terbaik untuk menjaga hewan peliharaan sobat Exotic tetap aman dan berhemat.

Perlengkapan Reptil Untuk Ular Peliharaan

Memiliki ular peliharaan tidak hanya luar biasa, tetapi juga pengalaman seru untuk Anda dan orang-orang di sekitar Anda. Jika sobat Exotic telah membaca artikel di website Exotic Market Indonesia, sobat akan tahu bahwa merawat ular lebih dari sekadar memberi makan tikus atau menggantung ular di leher. Dari kandang reptil, suhu di sekitarnya hingga semua yang dimakannya, sobat Exotic harus memperhatikan kebutuhan sehari-harinya dengan cermat,  dimulai dengan perlengkapan reptil.

Kandang ular, misalnya, harus berupa kandang atau akuarium besar yang terasa nyaman. Ini berarti ular harus bisa bergerak bebas, dengan ruang yang cukup untuk meluncur dan melingkar sesuka hati. Tutup kandang harus cukup kuat sehingga tidak bisa lepas dan lantai harus dilapisi dengan koran sobek. Jangan pernah melapisi lantai kandang dengan apa pun yang mengeluarkan amonia atau tidak cepat kering. Lakukan penelitian tentang jenis ular yang akan sobat exotic beli sehingga tahu apakah ular perlu menggali liang. Jika demikian, sobat harus melapisi kandang dengan tanah pot atau pasir. Beberapa toko perlengkapan reptil bahkan menjual karpet reptil yang cocok untuk beberapa jenis ular.

Ular berdarah dingin sehingga suhu kandang harus dijaga dengan baik. Hal yang harus dilakukan adalah melakukan penelitian di Internet atau di toko hewan peliharaan tentang jenis iklim tempat ular terbiasa  tinggal untuk memastikan sobat Exotic mendapatkan suhu yang tepat. Sebagian besar ular hidup di daerah dengan suhu 23 hingga 27 derajat celcius, jadi belilah termometer dari toko perlengkapan reptil untuk memastikan lingkungan habitat ular peliharaan mencerminkan suhu tersebut.

Info Pets Selanjutnya  Apa Jenis Kadal Terbaik Untuk Dipelihara?

Dalam hal sinar matahari atau jenis cahaya apa pun, beberapa ular sensitif terhadap cahaya dan mungkin menjadi sakit atau marah jika terkena cahaya yang tidak seharusnya. Sobat Exotic juga harus ingat bahwa ular menikmati privasi . Selalu pastikan bahwa wadah air minum untuk ular selalu terisi hingga dapat memberikan kelembapan. Kekeringan atau dehidrasi dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi ular peliharaan.

Makanan ular, sobat Exotic dapat memberi makan ular berupa tikus hidup maupun tikus beku. Toko perlengkapan reptil sebenarnya menjual tikus beku. Memberi makan sekali seminggu sudah cukup untuk membuat ular pelihraaan bahagia dan sehat. Jangan lupa membeli suplemen  untuk ular  yang menurut dokter hewan akan membantu ular peliharaan menjalani hidup bahagia dan sehat.

Top