Mempermudah Proses Shedding Leopard Gecko

Mempermudah Proses Shedding Leopard Gecko

Kelembaban diperlukan untuk kesehatan kulit saat proses shedding leopard gecko. Shedding merupakan bagian penting dari siklus hidup leopard gecko.

Kelembaban, kandang yang dapat mempermudah proses ganti kulit pada leopard gecko.

Mengapa kelembaban itu penting, sobat Exotic mungkin bertanya. Nah, saat hewan bermutasi, peningkatan kelembapan di udara membantu leopard gecko menganti kulit dengan lebih mudah. Kelembaban terarium leopard gecko harus sekitar 45%.

Banyak toko hewan peliharaan menjual alat pengukur kelembapan kandang reptil.

Kelembaban di terarium dapat ditingkatkan dengan menyemprotkan kabut air (misting) ke udara. Suhu terarium harus sekitar 27 derajat Celcius pada siang hari dan dikombinasikan dengan kabut air (misting) yang disemprotkan ke udara akan membuat kandang menjadi lembab.

Kotak dengan bukaan yang cukup besar untuk menampung leopard gecko juga harus disediakan. Kotak harus berisi tisu basah dan lembap. Perhatikan bahwa reptil leopard gecko juga dapat menggunakan kotak ini sebagai sarang untuk bertelur atau sebagai tempat persembunyian.

Juga harus ada wadah minum air mineral dangkal di dalam kandang. Wadah air mineral harus dibersihkan dan diisi dengan air mineral baru setiap hari. Air mineral di wadah ini juga berfungsi sebagai tempat minum leopard gecko dan juga sebagai sumber penguapan agar kandang menjadi lembab.

Membantu Proses Shedding Leopard Gecko

shedding leopard gecko

Ketika leopard gecko sedang shedding, ini harus diawasi. Perhatikan baik-baik area di sekitar jari kaki dan kuku untuk memantau kulit yang belum terkelupas.

Jika ada kulit yang belum sepenuhnya terlepas di area ini, tingkatkan kelembapan di dalam kandang leopard gecko dan terus pantau situasinya.

Jika peningkatan kelembapan tidak membantu mengatasi area bermasalah tersebut, Sobat Exotic dapat mengambil wadah dangkal dan mengisinya dengan air hangat.

Info Pets Selanjutnya  Tempat Jual Makanan & Aksesoris Hewan yang Siap Membantu dalam Memenuhi Kebutuhan Hewan Peliharaan Anda

Tempatkan area tubuh leopard gecko dimana ada bagian kulit sheddingyang sulit dihilangkan ke dalam air hangat selama beberapa menit.

Pantau reptil leopard gecko untuk melihat apakah kulitnya  menjadi mudah terkelupas seiring waktu. Jika itu tidak berhasil, sobat Exotic mungkin perlu menemui dokter hewan terdekat.

Pemilik leopard gecko peliharaan harus mewaspadai dua fakta berikut ini. Tokek leopard gecko kerap memakan kulitnya yang terkelupas dan leopard gecko muda cenderung lebih sering mengelupas daripada leopard gecko dewasa.

Ini karena leopard gecko muda tumbuh dewasa. Shedding adalah proses alami pada tokek leopard gecko. Selain kandang, suhu, dan pakan, kelembaban yang memadai juga harus diperhatikan untuk membantu tokek leopard gecko dalam proses berganti kulit.

Penyebab dan Solusi Mudah Mengatasi Masalah Shedding

Shedding adalah salah satu masalah nomor satu dalam memelihara gecko. Banyak masalah Shedding leopard gecko memiliki penyebab dan solusi yang berbeda tetapi masalah apa pun dengan kemampuan gecko saat proses Shedding bisa sangat mematikan bagi hewan peliharaan. Apa saja penyebab masalah Shedding leopard gecko dan bagaimana cara mengatasinya agar hewan peliharaan kita dapat berganti kulit dengan aman dan tanpa masalah? Dalam banyak kasus, tiga hal yang menyebabkan masalah saat proses Shedding adalah: kekurangan air atau kelembapan, kekurangan vitamin dan gangguan parasit.

Alasan nomor satu di balik masalah Shedding leopard gecko adalah air,atau kurangnya kelembaban di dalam kandang. Memiliki kandang yang lembab akan menyelesaikan hampir semua masalah yang berkaitan dengan Shedding. Kelembaban ekstra ini membantu melonggarkan kulit hewan peliharaan. Hal ini membuat lebih mudah bagi gecko untuk Shedding tanpa banyak kesulitan.

Ini berlaku di area sekitar mata dan jari kaki. Kedua area ini bisa menjadi area masalah utama dalam proses shedding. Setiap kulit yang tidak terkelupas akan menyebabkan masalah sirkulasi yang dapat menyebabkan hilangnya penglihatan mata atau bahkan jari kaki. Jika hewan peliharaan memiliki kulit yang tidak diinginkan di area ini, sangat penting bagi sobat Exotic untuk tidak mencabutnya tetapi temukan cara untuk membantu gecko melepaskan kulit itu secara alami.

Info Pets Selanjutnya  Memegang Leopard Gecko - Bagaimana Memegang Leopard Gecko Yang Baru Dibeli

Apa yang dapat di lakukan untuk membantu gecko ketika mulai berganti kulit? Sediakan kandang yang lembab untuk melepaskannya. Jika ini tidak berhasil dan masih ada kulit yang belum terkelupas, sobat Exotic juga bisa memandikan gecko dengan air hangat selama sekitar 20 menit. Proses mandi ini akan melonggarkan kulit yang berpotensi menyebabkan masalah sirkulasi.

Kekurangan vitamin adalah penyebab lain masalah Shedding leopard gecko. Ini dapat dengan mudah diatasi dengan suplemen vitamin. Sering kali kekurangan Vitamin A dalam sistem antobodi gecko yang dapat menyebabkan masalah Shedding mereka. Cukup berikan dosis yang tepat seperti yang diarahkan oleh dokter hewan ke dalam makanan atau air minum hewan peliharaan.

Parasit juga menjadi perhatian ketika gecko mengalami kesulitan untuk Shedding. Tempat termudah untuk memeriksa parasit adalah di antara jari-jari kaki hewan peliharaan. Jika ada bukti parasit, maka sobat Exotic harus membawanya ke dokter hewan sehingga dokter dapat meresepkan antibiotik yang tepat untuk jenis parasit yang mereka temukan.

Seperti yang sobat Exotic lihat, tidak selalu mudah untuk mendiagnosis masalah Shedding leopard gecko. Jika mengikuti prosedur yang sangat sederhana ini dan menyediakan kandang yang lembab untuk gecko, mereka seharusnya tidak mengalami banyak masalah Shedding.

Gwen

Top