Ular Gopher, Kelebihan Dan Kekurangan Memelihara Mereka

Ular Gopher, Kelebihan Dan Kekurangan Memelihara Mereka

Jika sobat Exotic merupakan keeper pemula atau sedang memikirkan untuk memelihara ular, sobat harus mempertimbangkan ular gopher. Ular gopher ada dalam daftar ular peliharaan terbaik untuk keeper pemula.

Alasannya karena jenis ular gopher sangat jinak, mudah dipegang, tidak memerlukan selubung khusus reptil dan pakan ular yang sederhana.

Ular gopher memiliki temperamen terbaik dari semua jenis ular tipe pemula. Ular gopher yang dibesarkan dengan tangan sobat akan sangat jinak dan sangat mudah ditebak perilakunya saat berada di luar kandang.

Ular juga akan terlihat senang berinteraksi dengan sobat. Ular gopher biasanya tidak memiliki masalah yang berhubungan dengan kesehatan dan  jarang sakit.

Sobat Exotic akan menemukan kenyataan bahwa ular gopher peliharaan tidak berbahaya bagi sobat atau orang lain. Meski ada kalanya ular gopher merasa ketakutan dan bisa menggigit.

Ini bukan masalah besar karena ular gopher tidak beracun dan gigi-nya relatif kecil.

Ular akan memberi kode ketika berencana untuk menyerang sehingga sobat dapat berhenti melakukan kegiatan apa pun yang membuat ular merasa tidak nyaman.

Bila ular gopher mengira tangan sobat adalah makanan, ular gopher bisa menggigit dan susah dilepaskan. Namun kejadian ini mudah ditangani, berikan sedikit alkohol kedepan mulut ular.

Jika sobat berencana untuk menunjukkan ular peliharaan kepada orang lain, ular gopher mungkin yang terbaik karena mereka sangat jinak. Perlahan perkenalkan kepada orang asing.

Tidak butuh waktu lama untuk membiasakan ular gopher untuk bisa dipegang orang lain dan sobat dapat memberi orang kesempatan pertama untuk memegang ular hidup.

Kandang dan Makanan Ular Gopher

Ular gopher

Ular gopher peliharaan sobat tidak akan rewel soal makanan. Ular gopher bisa memakan tikus yang dibekukan. Kelebihan lainnya adalah mereka hanya perlu diberi makan setiap sepuluh hari sekali.

Jangan memberikan makanan langsung menggunakan tangan sobat karena baunya dapat membuat ular gopher peliharaan berpikir bahwa tangan sobat adalah bagian dari makanan.

Kandang ular gopher tidaklah rumit. Syarat utama, luas dua pertiga dari panjang ular agar mereka bisa memanjang. Letakkan lampu pemanas dan biarkan sisi lain kandang cukup dingin.

Sobat Exotic harus memiliki tempat untuk ular peliharaan dapat bersembunyi. Ini bisa menggunakan kotak dengan lubang di dalamnya.

Info Pets Selanjutnya  Lima Jenis Kura-kura Darat Yang Ada di Indonesia

Pastikan bagian atas penutup kandang terpasang dengan baik agar hewan peliharaan sobat tidak melarikan diri.

Ular yang melarikan diri bisa sangat mengganggu beberapa anggota keluarga yang tidak menyukai ular.

Kekurangan

Seperti kebanyakan hewan, ada beberapa kekurangan dalam memelihara ular gopher. Ular buang air besar sesekali sehingga sobat harus membersihkan kandang, ini bukan masalah besar.

Kekurangan terbesar adalah ketika ular gopher terpancing, takut atau stres, ular gopher sering melepaskan aroma bersama dengan kotorannya yang sangat bau dan baunya sulit dihilangkan.

Satu kekurangan bagi sebagian keeper adalah ular biasanya memakan tikus atau mencit. Sementara beberapa jenis ular membutuhkan umpan hidup, ular gopher sobat  lebih senang dengan pakan yang beku.

Ular gopher mungkin mencoba untuk menggigit jika sobat tidak memegangnya untuk sementara waktu. Ini mudah diatasi dengan sering berinteraksi dengan ular peliharaan.

Lagipula ini gunanya hewan peliharaan? Semakin banyak sobat berinteraksi dengan ular peliharaan, semakin sobat Exotic akan menikmatinya dan itu akan membuat ular tetap ramah dan bersahabat.

Seperti yang sobat Exotic lihat, kelebihan lebih besar daripada kelemahan untuk memelihara ular gopher. Agar mendapatkan hasil terbaik dengan ular peliharaan.

Sobat harus mendapatkan ular gopher yang lahir dari peternakan. Karena temperamennya yang stabil, tidak rewel untuk masalah makan dan penanganan yang mudah, ular gopher akan menjadi hewan peliharaan yang sesuai bagi pemula maupun breeder yang berpengalaman.

Yang Perlu Sobat Exotic Ketahui Sebelum Membeli Ular Peliharaan

Hewan peliharaan adalah teman terbaik manusia karena mereka memahami sobat Exotic  lebih baik daripada manusia dan ini semua karena indra keenam yang berkembang dengan baik, mengimbangi perkembangan bicara atau otak hewan peliharaan yang lebih rendah dibandingkan dengan manusia. Jika sobat Exotic telah memutuskan untuk memiliki hewan peliharaan di rumah atau di kebun, Sobat akan mengetahui berbagai macam hewan yang bisa dipilih sebagai peliharaan, mulai dari burung, serangga bahkan reptil. Jka berencana untuk memiliki ular peliharaan, ini akan menjadi pengalaman paling mendebarkan yang pernah sobat alami dalam hidup.

Info Pets Selanjutnya  Penyakit Umum Pada Ball Python Dan Cara Mengobatinya

Sebelum memelihara ular, sobat perlu memastikan hal-hal tertentu untuk membantunya tumbuh dan hidup sejahtera. Pertama-tama, pikirkan kandang yang cocok untuk ular peliharaan sehingga ular dapat bergerak bebas dan nyaman. Kandang ini tidak lain adalah sangkar tempat hewan peliharaan akan meringkuk untuk hidup bahagia.

Kandang harus berventilasi dengan baik sehingga ular peliharaan  tidak mencekik dirinya sendiri dan agar suhu dapat dipertahankan pada pengaturan yang ideal. Kandang tidak hanya harus memuaskan ular tetapi juga harus mudah dan nyaman untuk dibersihkan.

Kandang ular bisa terbuat dari kayu, plastik, dll, sobat juga bisa menggunakan akuarium besar yang sangat cocok untuk ular peliharaan. sobat Exotic akan menemukan banyak pilihan yang tersedia untuk dibeli secara online tetapi lakukan riset terlebih dahulu untuk memastikan membeli produk berkualitas, aman dan tidak membahayakan ular.

Kebersihan Kandang

Sobat perlu membersihkan kandang ular secara teratur dan mengganti alas tidurnya setiap tujuh hari sekali. Jika mengabaikan hal ini, kotoran akan menumpuk dan menyebabkan situasi yang disebut Sindrom Keeper Pemalas.

Saat mencuci kandang ular, tambahkan sedikit karbol dalam air yang berfungsi sebagai desinfektan dan akan mengurangi bau tak sedap akibat kotoran. Luruskan dasar kandang ular dengan koran, sobat juga bisa mencoba melapisinya dengan serbuk gergaji.

Setelah memutuskan kandang yang sempurna untuk ular peliharaan, hal berikutnya adalah menyesuaikan suhu di mana ular akan hidup dengan nyaman. Biasanya suhu habitat alami ular berkisar antara 25 – 26 derajat C, jadi kandang harus selalu dijaga pada suhu ini, karena suhu yang lebih dingin atau lebih hangat menyebabkan ketidaknyamanannya dan menyebabkan ular akan berhenti makan apa pun. Selalu ingat bahwa malam biasanya sejuk jadi pertahankan suhu yang paling sesuai, suhu lebih rendah dari 24 derajat dapat menyebabkan masalah serius bagi ular peliharaan. Kandang harus 20cm dari tanah.

Setiap ular memiliki beberapa aspek unik dalam perawatan dan pemeliharaannya, jadi pastikan sobat Exotic mempelajari persyaratan khusus untuk jenis ular peliharaan. Tidak semua ular menyukai suhu yang sama misalnya.

Pencahayaan kandang ular tergantung pada spesies ular peliharaan, beberapa spesies mungkin memerlukan jumlah cahaya yang cukup sedangkan spesies lain mungkin tidak membutuhkan cahaya karena sinar ultraviolet dari cahaya mempengaruhi kesehatan ular. Sinar matahari sebenarnya cukup untuk sebagian besar spesies.

Info Pets Selanjutnya  Hog Island Boa - Panduan Cara Merawat

Makanan dan Suplemen

Ular suka makan tikus dan makanan seperti tanaman dan sayuran tidak berguna bagi mereka. Sobat hanya perlu memberikan pakan berupa tikus mati karena yang hidup dapat menyebabkan cedera pada hewan peliharaan.

Seekor ular dewasa perlu diberi makan hanya sekali setiap tujuh hari, sedangkan ular yang lebih muda mungkin membutuhkan lebih banyak makanan untuk membantunya tumbuh. Makanan beku juga dapat disajikan tetapi harus dicairkan secara menyeluruh sebelum disajikan. Hewan pengerat ini dibiakkan dan dibekukan oleh toko persediaan hewan peliharaan dan sobat Exotic bahkan dapat memesan makanan untuk ular peliharaan secara online yang dikirimkan langsung ke depan pintu rumah.

Beri mereka suplemen vitamin ekstra, ular betina dan bayi mungkin tidak membutuhkannya, tetapi jantan dewasa membutuhkan pil vitamin ekstra.

Beberapa ras ular akan hidup bahagia dengan diet telur dan sobat mungkin lebih memilih ular peliharaan dengan pola makan seperti ini daripada harus memberinya pasokan hewan pengerat mati.

Sobat Exotic juga perlu tahu bahwa ular peliharaan akan berganti kulit setiap tiga bulan dan proses ini hanya memakan waktu beberapa menit. Sobat dapat membantu ular peliharaan untuk merontokkan kulit sepenuhnya dengan merendamnya dalam air pada suhu kamar selama satu jam, jika ular peliharaan tidak mampu melepaskan kulit sepenuhnya dengan sendiri.

Seekor ular sangat rentan pada saat akan berganti kulit dan harus dibiarkan sendiri di sarangnya dan tentu saja tidak ada hewan pengerat hidup di dalam kandang untuk dimakan, pada saat ini ular dapat dengan mudah terluka.

Sekarang setelah sobat Exotic memiliki bayangan menyeluruh tentang cara merawat ular peliharaan dengan baik, tunggu apa lagi? Siapkan kandang dan belilah ular peliharaan yang sesuai dengan selera!

 

Gwen

Top