Karakteristik Kucing Savannah, Harga dan Perilaku Mereka

Karakteristik Kucing Savannah, Harga dan Perilaku Mereka

Kucing Savannah pertama kali diperkenalkan pada akhir abad ke-20. Savannah sebenarnya adalah hasil dari perkawinan antara kucing siam dengan kucing serval liar, hasil keturunan ini tetap memiliki telinga panjang, kaki yang panjang dan bulu berbintik warisan dari indukan kucing Afrika namun memiliki sikap jinak seperti peliharaan domestik.

Joyce Sroufe pada tahun 1997 membuat pedoman standar untuk proses persilangan kucing savannah kemudian diajukan ke TICA (asosiasi kucing internasional) dan disetujui.

Meskipun mereka diperkenalkan beberapa dekade yang lalu, kucing Savannah masih merupakan peliharaan yang lumayan langka namun permintaan kucing jenis ini sangat tinggi di Indonesia.

Karakteristik Kucing Savannah :

Kucing ini berukuran cukup besar. Kucing Savannah dewasa dapat tumbuh hingga 40 CM dan memiliki berat 15 Kilogram, ukuran ini tergantung pada generasi. Persilangan generasi pertama (disebut F1 dan F2) umumnya lebih besar dari persilangan selanjutnya dan memiliki bulu berbintik-bintik yang indah dalam nuansa cokelat, cokelat, dan hitam. Generasi selanjutnya semakin berbeda namun tetap mempertahankan warna dan pola generasi sebelumnya, biasanya berukuran lebih kecil dan sedikit lebih jinak.

 

Semua kucing savanna hasil budidaya di peternakan memiliki kode “F” dan nomor yang terkait dengannya untuk menunjukkan berapa generasi dari  indukan Servalnya.

  • F1 = generasi pertama (~50% Serval)
  • F2 = generasi kedua (~25% Serval)
  • F3 = generasi ketiga (~12,5% Serval) dll.

Setiap generasi akan mengalami penurunan ukuran tubuh tetapi kebanyakan kucing jantan akan lebih besar daripada kebanyakan kucing domestik. Namun betina bisa berukuran kecil dan bisa berukuran sama dengan kucing domestik tetapi dengan kepribadian yang berbeda. Jika sobat Exotic menginginkan kucing savanna berukuran besar, Sobat Exotic harus memilih jantan dari generasi F1 atau F2. Generasi selanjutnya tidak memiliki jaminan bahwa mereka akan menjadi kucing besar. Pastikan membeli kucing bersertipikat dari peternakan resmi untuk kepastian generasi F1 atau F2.

Warna bulu Savannah yang terkenal adalah hitam, berbintik coklat, berbintik perak. Bulu mereka berukuran pendek, lebat dan sangat mudah dirawat dengan penyisiran cepat. Ciri lain yang membedakan kucing Savannah dari ras lain: Mata mereka berbentuk almond dengan garis saluran air mata gelap, mata Savannah memberinya tatapan yang mencolok, ramah namun menusuk. Warna mata umumnya mencerminkan warna bulu, tetapi tidak selalu.

Perilaku Keseharian :

Jika sobat Exotic mencari tipe kucing yang malas, Savannah bukan pilihan terbaik. Kucing yang atletis dan aktif ini lebih cenderung melompat kesana-kemari daripada duduk diam di dekat mangkuk makanannya. Kucing yang lincah dan gesit ini juga menyukai air dan mudah dilatih.

Kebutuhan Habitat Kandang :

 

Ukuran kandang tidak menjadi masalah selama sobat Exotic menyediakan banyak tempat untuk bersembunyi, berlari, dan memanjat untuk membuat mereka tetap sibuk. Perlu diingat bahwa mereka juga dapat melompati pagar dengan mudah, jadi jangan pernah meninggalkan hewan peliharaan sobat di luar rumah tanpa pengawasan.

Catatan Penting :

Seperti semua kucing peliharaan, Savannah harus dikebiri segera setelah direkomendasikan oleh dokter hewan. Sterilisasi sangat disarankan untuk membantu mengurangi perilaku yang tidak diinginkan yang mungkin muncul dikemudian hari.

Kucing  Savannah dapat hidup antara 12–20 tahun. Harga kucing savannah mulai dari Rp.10 juta-Rp.20 Juta.

Jika sobat Exotic masih bingung membedakan antara savanna dengan kucing Bengal atau kucing chausie. Perbedaan yang Nampak adalah kucing Savannah cenderung lebih energik sepanjang hari. Mereka suka bermain, mengikuti sobat berjalan. Kucing Savannah adalah kucing yang setia, cerdas dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi tetapi mungkin bukan pilihan terbaik bagi pecinta kucing pemula.

Hidup Bersama Kucing Savannah

Hanya sedikit yang pernah mendengar tentang kucing Savannah dan banyak orang yang tidak memiliki akses untuk memiliki kucing ini.

Tetapi apakah sobat Exotic sedang mencari hewan peliharaan baru atau ini adalah pertama kalinya mendengar tentang kucing Savannah? Berikut adalah beberapa informasi yang harus sobat ketahui tentang jenis kucing savannah. Mereka lucu untuk dibaca dan bahkan lebih lucu untuk dipelihara.

Kucing sabana membutuhkan waktu 3 tahun penuh untuk mencapai kedewasan. Dua tahun pertama biasanya mereka tumbuh, sedangkan tahun ketiga adalah ketika kucing mengembangkan otot. Meskipun ada kasus di mana mereka tumbuh hingga 4 tahun.

Sobat Exotic tidak akan pernah bisa sepenuhnya mengetahui ukuran pasti, tetapi dari generasi f1-f3, sobat Exotic dapat mengharapkan mereka mencapai setidaknya dua kali lipat ukuran kucing rumahan biasa. Sebagian besar mencapai bobot 12 Kg. Meskipun ada banyak kucing yang menjadi sebesar itu, kucing Savannah jarang kelebihan berat badan. Semua berat badan mereka adalah otot, tidak ada usus berlebih pada mereka.

Kucing savannah juga terlihat lebih berat daripada yang sebenarnya, saat berjalan-jalan mereka bisa terlihat agak besar. Mereka dapat dengan mudah masuk ke tempat-tempat yang tidak pernah sobat Exotic duga karena ukurannya dan kemudian mereka dapat melompat dari tanah ke atas meja dapur dengan mudah.

Kucing Savannah rukun dengan kucing bahkan lebih baik dengan anjing. Itu hanya menunjukkan bahwa mereka lebih suka bermain dengan anjing, Mereka sangat menyukai anjing. 

Mereka umumnya hanya baik kepada orang-orang yang tinggal bersama mereka, mereka dengan cepat bersikap hangat kepada orang-orang yang ada di sekitarnya selama berhari-hari. Tetapi jika orang itu kembali sebulan kemudian, lupakan saja, mereka harus memulai dari awal lagi untuk mendapatkan perhatian dari kucing Savannah. 

Semua Savannah memiliki naluri liar juga, karena mereka memiliki beberapa kucing liar, Serval. Jadi mereka sulit ditangkap, tidak seperti kebanyakan kucing, mereka tidak hanya melihat ke kiri, ke kanan, dll. Mereka terus-menerus melihat ke mana-mana, di atas, di bawah, di belakang, selalu tahu apa yang terjadi di sekitar mereka, sehingga mereka tidak mudah tertangkap.

Mereka umumnya bukan kucing yang suka digendong atau dipeluk. Meskipun mereka menikmatinya, tetapi hanya ketika mereka menginginkannya, bukan ketika sobat Exotic melakukannya.

Secara keseluruhan kucing Savannah adalah hewan peliharaan yang cantik untuk dipelihara, mereka akan belajar trik dengan cepat, bermain sepanjang hari dan mereka akan ada di mana-mana di seluruh rumah tidak ada tempat yang terlarang bagi mereka.

 

Keanu

Info Pets Selanjutnya  Menu Makanan Kura-kura Red Eared Slider Dijamin Jitu
Top