Memilih Kandang Kura-kura Darat

Memilih Kandang Kura-kura Darat

Memilih kandang kura-kura darat yang tepat sangat penting untuk kesehatan dan kesejahteraan jangka panjang kura-kura darat.

Saran dalam artikel Exotic Market Indonesia ini didasarkan pada kura-kura darat yang ditemukan dari Eropa selatan hingga Mediterania, di mana iklimnya panas dan kering.

Seperti semua reptil, kura-kura darat berdarah dingin. Di alam liar, mereka bergerak masuk dan keluar dari matahari di siang hari untuk mengatur suhu tubuh mereka. Pada malam hari, ketika suhu turun, mereka menggali ke dalam tanah yang dihangatkan matahari.

kandang kura-kura darat

Kura-kura darat juga membutuhkan sinar ultraviolet tingkat tinggi yang mereka terima dari sinar matahari, ini membantu kura-kura darat memproduksi vitamin D3 sendiri, yang membantunya menyerap dan mendistribusikan kalsium dalam kadar yang tepat.

Tanpa paparan UVA dan UVB yang memadai, kura-kura darat akan mengalami kesehatan yang buruk dan kurang nafsu makan.

Kura-kura darat bukanlah hewan peliharaan yang sesuai di Indonesia kecuali ada kandang kura-kura darat yang sesuai; ini bisa berupa rumah kaca dengan kandang luar untuk melindungi dari angin dan hujan dan memberi kura-kura darat suhu yang diperlukan untuk tumbuh berkembang. Sebaiknya sediakan tempat yang teduh jika suhu terlalu tinggi, sediakan tempat air minum yang segar, serta tempat mandi kura-kura darat yang suka mandi.

Kandang Kura-kura Darat

Cuaca di Indonesia tidak cukup stabil untuk kura-kura darat sepanjang waktu, bahkan di musim panas. Sobat harus memiliki kandang kura-kura darat dalam ruangan yang sesuai di mana kura-kura darat sobat Exotic dapat disimpan jika terlalu dingin dan lembab untuk tinggal di luar ruangan.

Disarankan untuk meletakkan kura-kura darat muda di luar semalaman untuk memudahkan adaptasi.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Golden Greek Tortoise

Kami menyarankan menggunakan kandang kaca untuk kura-kura darat karena lembab dan baik untuk pernapasan kura-kura darat. Kami juga merekomendasikan menggunakan meja kura-kura berukuran tepat.

Sobat harus menyediakan pencahayaan UV yang cukup selama sekitar 14 jam sehari serta pemanas, ingat kura-kura darat suka masuk dan keluar ke area hangat untuk mengatur suhu tubuhnya sehingga kandang harus memiliki gradien suhu. Hotspot atau zona istirahat harus sekitar 35 ° C dan zona terdingin sekitar 18 ° C. Juga harus ada naungan di mana kura-kura darat sobat bisa bersembunyi dan merasa aman.

Ada banyak substrat berbeda yang dapat sobat Exotic gunakan. Kami menggunakan campuran pasir dan tanah dan mengisi meja hingga kedalaman sekitar 15 cm.

Panduan Merawat Kura-kura Darat

Jika sobat Exotic mempertimbangkan untuk memelihara kura-kura darat sebagai hewan peliharaan, ada beberapa hal penting yang perlu dipikirkan sebelum sobat benar-benar memutuskan memilih spesies tertentu.

Cari buku referensi reptil atau di situs resmi chelonian untuk informasi spesifik tentang kura-kura darat pilihan. Perhatikan baik-baik di mana habitat alaminya untuk menentukan apakah mereka akan beradaptasi untuk tinggal bersama sobat dan keluarga? Di sini saya telah menguraikan beberapa hal yang harus sobat pikirkan sebelum membuat langkah yang sangat serius dalam memilih chelonian. Mereka adalah makhluk yang sangat istimewa dan sobat Exotic harus menyadari hal ini sebelum mulai membelinya.

Lima langkah yang perlu diperhatikan

1. Seberapa besar kura-kura darat akan tumbuh? Harus seberapa besar kandangnya? Untuk kura-kura kecil, sobat membutuhkan setidaknya 2 meter persegi ruang untuk setiap 20cm panjangnya. Bisakah sobat menyediakan cukup ruang untuk kandang Kura-kura peliharaan sobat di rumah ? Ini bukan ukuran yang tidak signifikan dan meskipun sobat mungkin bisa menggunakan kandang dengan ukuran yang lebih kecil untuk baby kura-kura namun mereka akan tumbuh dewasa dan membutuhkan ruang yang lebih besar.

Info Pets Selanjutnya  Cara Memilih Leopard Gecko Yang Sehat

2. Jenis lingkungan apa yang dibutuhkan? Sobat Exotic harus memiliki sumber cahaya untuk berjemur dan memastikan tortoise peliharaan mendapatkan fotoperiode yang benar. Jika mereka tidak mendapatkan cukup cahaya atau panas, kura-kura darat akan menderita, menjadi sakit dan stres. Apa yang dibutuhkan kura-kura darat peliharaan di dalam kandangnya? Batu, pasir, tanah? Semua ini dapat memainkan peran mereka tetapi spesies tertentu membutuhkan tempat untuk menggali dan bersembunyi. Apakah vivarium kura-kura darat pilihan sobat Exotic menyediakan ini?

3. Jenis makanan apa yang dibutuhkan agar kesehatannya tetap optimal? Daun selada tidak cukup untuk memberikan nutrisi terbaik. Setiap spesies kura-kura darat membutuhkan nutrisi tertentu agar tetap sehat. Ada tanaman yang bisa berakibat fatal bagi chelonian dan sobat Exotic harus menyadarinya, terutama jika berencana untuk memelihara kura-kura darat di kandang luar untuk waktu yang lama.

4. Jika sobat memiliki spesies lain, bisakah keduanya hidup bersama? Sangat penting untuk tidak mencampur spesies kura-kura darat yang berbeda. Karena mereka dapat memiliki parasit tertentu dan rentan terhadap penyakit tertentu yang dapat berakibat fatal bagi jenis lain. Mereka juga bisa bertarung jika dua spesies berbeda ditempatkan dalam satu kandang bersama. Kandang karantina sangat penting bahkan jika sobat Exotic berencana memelihara jenis kura-kura darat yang sama. Ini penting untuk memastikan hewan peliharaan baru tidak memiliki parasit atau penyakit yang dapat membahayakan hewan peliharaan yang sudah ada.

5. Apakah spesies pilihan sobat Exotic bisa berkembang di lingkungan penangkaran? Pastikan untuk membeli kura-kura darat dari peternak yang memiliki reputasi baik. Kemungkinan membeli spesies tertentu yang tidak akan berkembang di lingkungan penangkaran tetapi peternak atau pedagang yang tidak bereputasi  baik, tidak akan peduli tentang hal ini. Mencari banyak informasi akan sangat berguna untuk memastikan sobat Exotic memilih jenis kura-kura yang tepat.

Info Pets Selanjutnya  Kura-kura Russian Hewan Peliharaan Populer

Memelihara kura-kura darat memerlukan banyak elemen berbeda yang bekerja bersama. Sobat tidak dapat melihat salah satu dari elemen ini secara terpisah karena kesejahteraan hewan peliharaan adalah yang terpenting. Makhluk-makhluk ini mungkin pada pandangan pertama tampak membutuhkan perawatan yang sangat sedikit, tetapi pada kenyataannya sobat Exotic adalah arsitek dari takdirnya. Ini berarti sobat Exotic  harus menyediakan semua yang dibutuhkan kura-kura darat untuk hidup. Sobat Exotic tidak bisa membiarkannya secara asal-asalan dan berharap kandang ayam akan cukup.

Namun, jika sobat Exotic memutuskan untuk membeli kura-kura darat, mereka akan memberikan pesona dan kesenangan tanpa akhir. Kura-kura darat benar-benar makhluk yang luar biasa!

 

Top