Jual Beli Burung: Lovebird, Anis kembang, Murai, Cucakrowo, Parrot, Parkit, Merak

Jual Beli Burung: Lovebird, Anis kembang, Murai, Cucakrowo, Parrot, Parkit, Merak

Semakin banyak juga tempat jual beli burung di mana-mana. Tapi pilih tempat jual beli hewan terpercaya, yang memberikan burung berkualitas baik, sehat dan harga yang terjangkau.

Pembahasan Lengkap Tentang Jual Beli Burung : Lovebird, Anis kembang, Murai

Untuk memelihara burung Lovebird sebaiknya kenali hal-hal berikut ini:

  1. Pilih Sangkar yang Berukuran Besar

Lovebird merupakan salah satu burung kecil yang lincah. Jenis burung ini memerlukan ruang yang cukup luas. Maka sebelum memutuskan untuk memeliharanya, pilih sangkar yang dimensi ukuran lebar, tinggi, dan panjangnya sekitar 2 – 2.5 kaki per burung. Jangan menggunakan sangkar yang dibuat dari kayu. Karena akan habis digerogoti dan dihancurkan oleh burung tersebut.

  1. Jenis Makanannya Campuran Biji-bijian

Ketahui juga jenis makanan yang bagus untuk Lovebird yaitu campuran biji-bijian. Milet menjadi jenis makanan yang paling disukai Lovebird. Tapi sebaiknya tidak terlalu sering memberinya makanan ini. Karena nilai gizinya tidak terlalu tinggi. Lovebird lebih suka jenis makanan olahan seperti sayuran dan buah segar.

  1. Proses Kembang Biak

Putuskan juga apakah Anda ingin mengembangbiakan burung ini atau tidak. Jika ingin mengembangbiakannya maka buat sangkar yang ukurannya jauh lebih besar.

Ciri Burung Anis Kembang dan Jenis Burung Murai

Kenali terlebih dulu ciri dari burung anis kembang.

Ukurannya hanya sekitar 16 – 18 cm saja. Kemudian warna bulunya pun beragam seperti warna putih, hitam, dan juga coklat berangan. Tengkuk dan mahkotanya berwarna coklat kemerahan, sedangkan di bagian punggung dan mantelnya berwarna abu kehitamann. Sayap, ekor, dan dadanya pun berwarna kehitaman.

Tapi ada dua buah garis putih yang cukup mencolok di bagian sayapnya. Pipinya berwarna abu dengan tanda berwarna putih, sedangkan perutnya putih dengan tambahan bintik hitam di samping tubuhnya.

Info Pets Selanjutnya  Ayam Hias Langka Favorit Para Peternak

Beralih ke burung murai, berikut ini jenis-jenis dari burung tersebut:

  • Burung Murai Batu Medan
  • Burung Murai Nias
  • Burung Murai Lampung
  • Burung Murai Batu Kalimantan
  • Burung Murai Jawa
  • Burung Murai Sabang
  • Burung Murai Irian
  • Burung Murai Borneo
  • Burung Murai Anakan
  • Burung Murai Bordan

Pembahasan Lengkap Tentang Jenis Burung Lainnya

Tak hanya burung Lovebird saja, tetapi tempat jual beli dan lelang burung juga menjual jenis burung lainnya seperti berikut ini:

  1. Burung Cucakrowo

Ciri-ciri dari burung yang satu ini adalah bentuk dan ukuran tubuhnya sedang, postur tubuh ramping dan kecil, leher pendek, dan ekornya yang memanjang. Warna bulu pada burung cucakrowo sangat bervariasi. Diantaranya yaitu warna merah, kuning, jingga, di bagian perut dan juga bagian dadanya.

Warna bulu pada burung betina dan juga jantan kurang lebih sama. Sehingga cara membedakan burung jantan dan betina pada cucakrowo memang cukup sulit. Habitat asli dari burung cucakrowo ini adalah tipe pemakan buah-buahan dan serangga. Burung cucakrowo yang tinggal di hutan, adalah tipe burung yang suka menjelajahi semak belukar. Mereka akan memetik buah-buahan berukuran kecil dan memakan serangga.

Populasinya adalah hidup berkelompok, dan pada saat bertelur burung betinanya akan mengeluarkan 2 – 3 butir telur.

  1. Burung Parrot

Ciri fisik yang utama pada burung parrot adalah mempunyai bentuk paruh yang bengkok dan cakar kaki yang bentuknya zygodactyl. Sebagian besar burung parrot habitatnya berada di daerah tropis termasuk di Negara Indonesia. Terdapat 393 spesies burung parrot yang tersebar di dunia.

Burung parrot dikenal sebagai salah satu jenis burung yang cerdas. Dan memiliki tampilan warna bulu yang memesona. Ada beberapa jenis burung parrot yang memiliki warna bulu tercantik di dunia.

Info Pets Selanjutnya  Kenali Berbagai Varietas Lovebird Afrika

Salah satunya yaitu Bronze Winged Parrot dengan warna bulu terunik. Jenis burung ini berasal dari wilayah Amerika Selatan. Biasanya ia akan membuat beberapa sarang di lubang pohon yang ada di hutan. Kombinasi warna bulunya yaitu ungu gelap, dengan warna perunggu pada bagian sayapnya, dan warna tenggorokannya yang merah muda, menjadi kombinasi warna paling cantik.

  1. Burung Parkit

Burung parkit juga sering kali menjadi jenis hewan peliharaan di rumah. Dengan perawatan yang benar, usia burung parkit ini bisa mencapai 20 tahun lamanya. Burung ini sangat populer sebagai hewan peliharaan, karena memiliki warna bulu yang mencolok dan juga jinak. Parkit merupakan jenis burung sosial yang sangat suka hidup dengan kelompoknya.

Jika ingin memelihara burung ini sebaiknya perhatikan cara perawatannya yang benar. Seperti misalnya melakukan pemangkasan pada bulu sayap dan juga kukunya dengan teratur. Bisa dibawa ke dokter hewan untuk perawatan yang ini. Apabila tidak makan dalam waktu 24 jam maka burung parkit bisa langsung mati. Karena burung ini mempunyai metabolisme tubuh yang sangat aktif.

  1. Ayam

Jenis burung lainnya yang juga bisa dipelihara selain burung adalah ayam. Bahkan ayam juga menjadi salah satu sumber pangan favorit banyak orang. Jika Anda ingin memelihara ayam maka pilih jenis ayam hias yang unik dengan harga tidak sembarangan. Ada jenis ayam hias yang harganya pun mencapai puluhan juta rupiah.

Salah satu jenis ayam hias peliharaan adalah ayam cemani. Ayam ini berasal dari daerah Jawa Tengah tetapi menarik perhatian banyak orang bahkan dari luar negeri. Keunggulan dari ayam cemani terlihat dari warna tubuhnya yang hitam secara menyeluruh. Tak hanya bagian bulunya saja, tapi warna kuku, organ tubuh, serta dagingnya pun berwarna hitam.

Info Pets Selanjutnya  African Grey Parrot - Wajib Tahu Sebelum Memelihara!

Itulah keunikan dari ayam cemani, yang dijual dengan harga 28 juta sampai 40 jutaan. Sebagian masyarakat menganggap bahwa ayam tersebut mengandung magis tersendiri. Sehingga sering dipakai untuk sesajen atau kegiatan ritual suatu keagamaan.

  1. Burung Merak

Burung merak juga sangat dikenal sebagai jenis burung dengan warna dan corak tubuhnya yang sangat indah. Bulunya warna warni cemerlang dengan pola yang unik dan menarik. Ada tiga jenis spesies burung merak, diantaranya yaitu merak biru atau India, merak hijau atau Jawa, dan merak kongo.

Burung merak jantan mempunyai ekor yang panjang dan bulu yang memesona. Kegunaan dari ekor tersebut adalah untuk menarik perhatian merak betina. Mereka akan melebarkan ekornya ke samping lalu mengangkat bagian ekornya. Sedangkan untuk burung merak betina tidak memiliki warna bulu yang mencolok seperti pada burung merak jantan.

Karena merak betina harus sembunyi dari jenis hewan predator pada saat ia mengerami telur anak-anaknya.

Untuk memperoleh jenis-jenis burung di atas, maka Anda bisa mendapatkannya di tempat-tempat jual beli burung yang terpercaya.

Top