Cara Memberi Makan Ular Gopher

Cara Memberi Makan Ular Gopher

Sobat Exotic, Pelajar disini semua tentang cara merawat dan memberi makan ular Gopher.

Kandang Ular Gopher

Jual Kandang ReptilUlar gopher tidak membutuhkan kandang yang rumit. Yang paling penting adalah adanya penutup yang kuat. Jika kandang ular ini tidak tertutup dengan kuat, ular gopher dapat mendorong dirinya sendiri mencari celah untuk keluar kandang. Ular gopher hanya membutuhkan celah yang bisa dilewati kepalanya. Ular gopher merupakan tukang kabur paling baik.

Jika sobat Exotic sering mengeluarkan ular untuk dipegang atau dibiarkan bermain, sobat Exotic bisa meletakkannya di dalam box berukuran 10 liter. Jika sobat Exotic tetap menutupnya hampir sepanjang waktu, sobat membutuhkan setidaknya kandang agar ular tidak stress. Ada info orang dalam tentang ular gopher yang tumbuh besar hingga 3 meter panjangnya, jadi pastikan sobat Exotic memiliki kandang yang cukup besar untuk jangka panjang.

Alas Kandang Ular Gopher

Ular gopher tidak membutuhkan substrat khusus. Selama kandang mampu memberikan kehangatan dan kenyamanan pada ular gopher. Namun, ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam kebutuhan substrat mereka. Penggunaan substrat berbahan kayu aras dapat menyebabkan masalah pernapasan serius pada ular gopher karena kandungan hydrocarbons, cedrene dan cadrol . Tanah juga bagus karena mudah dibersihkan. Pasir atau kerikil tidak dianjurkan karena bukan penyerap kotoran yang baik. Penggunaan pasir dan kerikil hanya akan mendorong banyaknya pertumbuhan bakteri. Kertas yang di robek boleh digunakan asal tidak ada tinta pada kertas.

Seperti kebanyakan ular, ular gopher peliharaan sobat Exotic membutuhkan heater yang tepat didalam  kandang. Cara mudah adalah dengan memasang heater pad di balik alas kandang. Dengan begitu, ular gopher akan memiliki area hangat dan area sejuk. Area yang hangat harus dijaga pada suhu dua puluh lima derajat Celsius. Ini adalah kebutuhan dasar ular gopher karena diperlukan untuk mencerna makanan. Pada malam hari, suhu kandang bisa turun sehingga harus diatur kembali.

Memberi Makan Ular Gopher

Ular gopher sangat mudah diberi makan karena mereka cukup memakan tikus hidup atau tikus yang sudah dibekukan dan hanya perlu diberi makan setiap 10 hari sekali. Meskipun ular gopher di alam liar memangsa makhluk hidup, mereka tidak diberikan pakan hidup dalam penangkaran.

Kebutuhan Air Untuk Ular Gopher

memberi makan ular

Ular gopher peliharaan sobat Exotic membutuhkan air mineral yang segar. Wadahnya harus cukup besar agar ular gopher bisa memasukkan tubuh karena ular gopher terkadang suka berenang. Ular gopher suka membuang air besar di air.

Memegang Ular Gopher

Saat memegang ular peliharaan sobat Exotic, Sobat harus waspada dan juga fleksibel. Bayi ular gopher bisa diangkat dengan menggunakan satu tangan, tetapi ular gopher dewasa harus diangkat dengan menggunakan kedua tangan. Mereka tidak melingkari lengan sobat Exoticseperti ular python tetapi mencoba mematuk. Untuk mengontrolnya, putar kepala ular gopher dengan lembut ke arah yang sobat Exotic inginkan

Kadang-kadang ketika sobat Exotic memiliki ular gopher, Sobat mungkin akan digigit. Ada 2 jenis gigitan ular. Pemberontakan adalah salah satu aksi di mana ular gopher tidak senang dengan sobat. Meskipun ini menyakitkan, gigitan ular gopher sama sekali tidak beracun dan hanya perlu didesinfeksi. Variasi kedua adalah gigitan makan dan sedikit lebih serius. Alasannya adalah karena ular gopher mencoba memakan bagian tubuh sobat menggunakan giginya. Semakin sobat mencoba untuk menarik, semakin keras gigitan ular gopher. Gunakan Listerine dan gosokkan ke mulut ular gopher. Hati-hati jangan sampai masuk ke hidung. Ular gopher jarang menggigit pemiliknya, jadi jangan biarkan hal ini menghalangi niat sobat untuk memelihara ular gopher.

Ular Gopher Sebagai Hewan Peliharaan

Sementara ular jagung/corn snakes dan ular ball python mungkin lebih populer sebagai peliharaan, Sobat Exotic harus mempertimbangkan juga ular gopher. ular gopher memiliki temperamen terbaik dari semua jenis ular. Ular gopher mudah diberi makan karena mereka memakan tikus beku dan hanya perlu diberi makan setiap sepuluh hari sekali. Ular gopher tidak keberatan dipegang dan hanya menggigit saat terpancing atau lapar. Bahkan orang asing pun dapat memegang ular gopher yang terlatih.

Info Pets Selanjutnya  Kura-Kura Darat Sulcata, Bagaimana Cara Merawat Kura-Kura Raksasa Afrika

Perawatan VVIP Ular Peliharaan

Banyak pemelihara ular tidak benar-benar memikirkan masalah psikologis ular peliharaan. Sudah diketahui secara umum bahwa sejumlah besar spesies ular adalah makhluk yang pemalas, mereka hanya keluar dari persembunyian hanya untuk mencari makanan, air atau pasangan. Ini adalah fakta untuk banyak spesies dan kebiasaan ini pasti akan sama di alam liar maupun di peternakan. Di alam liar, ular mungkin menghabiskan waktu berjam-jam atau mungkin berhari-hari untuk berburu makanan, menemukan air, mencari betina dan mungkin melawan pejantan lain dalam proses ini. Exotic Market Indonesia menjelaskan banyak cara yang mungkin bisa sobat Exotic gunakan untuk menjaga ular peliharaan tetap sehat dan aktif, memastikan sedikit kemungkinan obesitas atau masalah perilaku yang disebabkan oleh kebosanan atau ketidakaktifan.

Poin pertama dan terpenting adalah memiliki vivarium berukuran memadai, tingkat suhu yang sesuai untuk termoregulasi, tingkat kelembaban yang memadai, makanan dan air yang cukup serta  tempat persembunyian di mana ular dapat mengamankan diri. Setelah semua ini ada, dimungkinkan untuk memperluas setiap area, membuat hidup lebih menarik bagi ular Anda dan akan menjadi pengalaman yang lebih menyenangkan untuk diri sobat Exotic sendiri.

Banyak ahli di industri reptil pasti akan menghabiskan banyak waktu untuk menjelaskan kepada pemula dan orang-orang yang tertarik bahwa ular sebenarnya tidak membutuhkan banyak ruang. Sudah diterima secara luas bahwa ular akan hidup bahagia di terarium yang lebih kecil dari panjangnya sendiri, dan kami tidak sepenuhnya setuju dengan pernyataan ini, walaupun banyak juga individu ular menderita ketika ditempatkan di terarium yang terlalu besar.

Ular sering menjadi sangat stres sehingga tidak mau makan, menjadi sangat pemalu, jarang keluar dari tempat persembunyiannya, menjadi terlalu agresif dan tidak dapat mengontrol suhu tubuh mereka secara memadai sehingga menyebabkan masalah lebih lanjut. Penting untuk mengubah ukuran terarium ular  peliharaan.

Semakin besar ukuran vivarium, semakin banyak area persembunyian dan dekorasi yang harus ada. Ini akan memungkinkan lebih banyak minat dan kesempatan bagi ular untuk beraktifitas. Jika ular peliharaan tidak bergerak dengan baik dan menolak makanan, jangan langsung memindahkan ular kembali ke kandang aslinya. Sebagai gantinya, cobalah selama 2-4 minggu dengan membiarkan ular menetap, memastikan tingkat panasnya sesuai dan ada cukup area persembunyian. EMI menyarankan sebagai langkah awal, letakkan dekorasi dan area persembunyian dari terarium lama ke terarium baru. Ini akan membuat ular peliharaan merasa lebih nyaman dan mempercepat masa transisi.

Perhatikan Perlengkapan Terarium

Perlengkapan terarium akan memainkan peran yang sangat penting dalam perawatan VVIP ular peliharaan. Sobat Exotic dapat mencoba berbagai kedalaman, jenis, dan level substrat. Misalnya membuat substrat sedalam 30 cm di salah satu ujung terarium, mungkin ditopang oleh kulit kayu atau batu alam dan kemudian memiliki lapisan bawah sedalam 5 cm ke arah ujung lainnya.

Menggunakan lebih dari satu substrat di dalam terarium akan memungkinkan ular untuk bergerak di permukaan bertekstur yang berbeda. Mungkin untuk spesies hutan hujan, kulit kayu bisa dicampur dengan tanah dan daun kering. Tanaman palsu sangat cocok untuk kandang ular karena dapat dicuci dengan mudah dan tidak terjepit jika ular yang berat memutuskan untuk berada di atasnya. Tanaman ini dapat menggantung dari langit-langit atau dinding belakang, menggantungkan dan membungkus tongkat yang bertengger di terarium atau dapat dengan mudah ditempatkandi tanah untuk meniru semak-semak.

Memiliki sejumlah tempat berjemur di dalam terarium sangat penting untuk spesies diurnal. Ini harus menjadi area terbuka di bawah sumber panas, sebaiknya lebih dari satu area dan dapat diarahkan pada batu datar, cabang gantung atau bahkan di atas area persembunyian. Setiap barang dekorasi berukuran berat yang ditempatkan di terarium harus dipasang dengan aman. Namun, membiarkan sedikit gerakan pada objek yang lebih ringan seperti cabang kecil dan tanaman adalah hal yang wajar dan pasti akan merangsang respons alami ular peliharaan.

Info Pets Selanjutnya  Ball Python Rewel Makan? Ini Strategi Pemberian Pakan

Penting untuk mengetahui tidak hanya pada suhu berapa ular peliharaan harus terpapar tetapi juga dengan cara apa panas buatan ini bisa diberikan. Di alam liar, panas diperoleh dengan menggunakan matahari tetapi ini tidak berarti bahwa ular harus memiliki area berjemur dengan panas atau cahaya dari arah atas. Pertama-tama sobat Exotic harus mencari tahu dari mana ular berasal dan kebiasaan sehari-hari yang dilaluinya secara alami.

Hampir semua ular diurnal akan berjemur di bawah sinar matahari.  Oleh karena itu, wajar saja jika sobat Exotic menggunakan jenis lampu bohlam spot. Ini akan meniru matahari dan akan memungkinkan ular untuk berjemur langsung di bawah area yang ditunjuk bohlam.

Matahari juga bergerak sepanjang hari, artinya berkali-kali ular juga harus bergerak. Seringkali spesies ular diurnal tidak berjemur di tengah hari; sebaliknya mereka akan berjemur di pagi dan sore hari. Dengan menempatkan 2 lampu sorot di berbagai area terarium yang terhubung ke pengatur waktu, sobat Exotic dapat meniru efek matahari dan memberi ular kesempatan untuk mencari tempat berjemur baru yang lebih baik.

Gunakan Pengaturan Kandang Otomatis

Jika sobat Exotic memiliki anggaran besar dan terarium untuk bermain, buatlah area berjemur lebih lanjut untuk waktu yang berbeda dalam sehari. atur lampu pemanas menggunakan pengaturan termostat otomatis sehingga keluaran suhu dapat berkurang atau bertambah tergantung pada setelan.

Banyak spesies yang tinggal di malam hari atau hutan hujan tidak akan berjemur di bawah sinar matahari langsung tetapi harus terkena suhu siang hari yang lebih tinggi. Meskipun disarankan agar sobat Exotic memberikan suhu yang bervariasi, harus ada suhu udara secara keseluruhan. Ini dapat dicapai dengan menggunakan heat tape.

Heat tape adalah pemanas 125Watt yang dipasang di langit-langit terarium dan memberikan jangkauan panas yang lebih luas dari atas, sehingga lebih efisien dalam menaikkan suhu udara aktual dibandingkan pemanas lainnya. Pencahayaan tetap harus digunakan untuk spesies ini meskipun dalam bentuk tabung neon. Pada malam hari bohlam merah atau bohlam bulan dapat digunakan sebagai panas latar belakang dan untuk tampilan ular yang lebih baik.

Spesies terestrial nokturnal yang tidak hidup di lingkungan hutan hujan akan sering mendapatkan panasnya dari permukaan tanah, biasanya di bebatuan datar yang telah terkena sinar matahari pada siang hari dan dibiarkan memanas. Panas ini dipertahankan selama beberapa jam sepanjang malam. Batuan panasdiperlukan untuk meniru perilaku ini, meskipun hanya disarankan agar sobat Exotic menggunakannya selama beberapa jam pada waktu yang tepat, umumnya karena lampu padam sampai 4 jam kemudian.

Perhatikan Suplai Air

Air umumnya diberikan dalam wadah air kecil yang bahkan tidak memungkinkan ular untuk menenggelamkan dirinya sepenuhnya. Meskipun ini lebih disukai untuk banyak spesies yang tinggal di gurun, spesies lain akan secara teratur melakukan perjalanan ke sungai, kolam atau genangan air untuk minum, mandi dan berenang.

Menyediakan air di wadah yang lebih besar, jauh dari sumber panas akan merangsang ular peliharaanuntuk mandi dan berenang lebih sering, memungkinkan untuk lebih banyak berolahraga. Pastikan untuk memperhatikan kotoran di dalam air, karena banyak ular biasanya akan mengeluarkan kotoran saat mandi.

Untuk spesies yang tinggal di hutan hujan, khususnya spesies arboreal, sistem tetes atau sistem gerimis akan mensimulasikan curah hujan di alam liar. Ini mungkin sangat penting untuk beberapa spesies yang sebagian besar akan minum dari tetesan air yang berkumpul di atas daun atau cabang pohon.

Stimulasikan Cara Memberi Makan Ular

Salah satu bagian utama dari kehidupan semua ular adalah makan. Di alam liar, ular harus berburu berbagai macam mangsa hidup. Beberapa ular mungkin menyergap mangsanya, yang lain akan menggunakan penglihatan dan mengejar mangsanya, sementara yang lain akan menggunakan aroma. Di penangkaran, memberi makan berupa mangsa hidup tidak disukai kecuali dalam keadaan ekstrem di mana ular menolak semua metode pemberian makan lainnya. Memberi makan berupa mangsa hidup ke ular peliharaan tentu saja akan merangsang perilaku makan alami mereka, namun ini bisa berbahaya dan hampir pasti tidak diperlukan. Meskipun mungkin, untuk menciptakan kembali beberapa respons makan alami ular dan membuatnya bergerak untuk mencari makanan.

Info Pets Selanjutnya  Mencegah Kematian Iguana Karena Suhu Yang Panas

Sayangnya, sebagian besar penghobi reptil tidak cukup menyadari pentingnya stimulasi reptil melalui pemberian makan. Ular mendapatkan sebagian besar aktifitas mereka melalui berburu dan berkembang biak, jadi jika ular peliharaan tidak digunakan untuk berkembang biak dan diberi makan dengan menempatkan hewan pengerat mati ke depan  mulutnya,ular hampir tidak akan mendapatkan banyak aktifitas.

Hal ini menyebabkan sejumlah besar reptil di penangkaran menjadi kelebihan berat badan dan obesitas, biasanya tanpa disadari oleh pemiliknya. Ada sejumlah metode yang dapat digunakan untuk merangsang indra alami berburu dan juga memaksa ular bergerak di sekitar kandang untuk mencari makan.

Jika terarium memiliki banyak dekorasi dan area persembunyian, coba sembunyikan makanan di bawah dedaunan atau di area persembunyian. Dengan menggosok makanan di sepanjang permukaan terarium yang berbeda, sobat Exotic dapat membuat jejak aroma. Cobalah dan buat jejak ini sedetail mungkin, ini pasti akan membingungkan ular tetapi akan membuatnya lebih banyak bergerak. Sobat Exotic juga bisa mencoba menggantung makanan dari atap terarium.

Atur Pola Memberi Makan Ular

Jika ular peliharaan memiliki pola makan rutin, misalnya setiap malam minggu, ada kemungkinanular akan mulai mengasosiasikan waktu ini dengan makanan. Ini perilaku umum pada ular sanca besar dan merupakan situasi yang sangat berbahaya, karena dapat menyebabkan ular menyerang apa pun yang memasuki kandang pada waktu tertentu, bahkan tangan sobat Exotic.

Lebih alami memberi makan ular peliharaan dengan interval acak dan pada waktu yang berbeda di siang atau malam hari (tergantung pada apakah ular peliharaan diurnal atau nokturnal). Cobalah untuk mengawasi ular secara teratur, jika malas dan hanya bersembunyi sepanjang hari, jangan memberinya makan. Tunggu sampai ular mulai keluar dan mencari makanan tanpa benar-benar ada makanan, ini akan mendorong ular untuk mencari makanan lebih sering jika sobat Exotic hanya memberi makan saat ular berkeliaran.

Memberi makan dengan cara menggoda adalah metode yang sangat baik untuk menciptakan kembali gerakan insting liar. Dengan sepasang forsep panjang, sobat Exotic bisa menjepit makanan dan memindahkannya, mensimulasikan gerakan hewan di alam liar. Jika ular menunjukkan minat, pindahkan lebih jauh dan di sekitar kandang, bujuk ular untuk mengejar dan berburu makanan. Begitu ular itu menyerang, gerakkan makanan dengan cukup keras untuk mensimulasikan situasi perjuangan.

Pada titik ini, ular harus melingkari makanan dan mengerahkan banyak energi untuk membuat mangsanya sesak. Metode ini adalah yang paling dekat yang bisa sobat Exotic lakukan untuk melihat metode makan alami ular dan bisa sangat menarik untuk ditonton.

Penanganan Ular Peliharaan

Menangani ular secara teratur adalah situasi yang mirip dengan membawa anjing berjalan-jalan. Ini adalah cara mengeluarkan ular dari lingkungan enclosur untuk memberikan latihan dan berbagai bau yang tidak biasa.

Ular peliharaan yang ditangani secara teratur akan menikmati interaksi dengan manusia dan kesempatan untuk bergerak di sekitar permukaan yang berbeda. Pada hari yang hangat, bawa ular ke luar di taman dan biarkan ia berkeliaran di rerumputan.

Top