Ingin Membeli Bearded Dragon? Ketahui Fakta Ini Dahulu Sebelum Menyesal

Ingin Membeli Bearded Dragon? Ketahui Fakta Ini Dahulu Sebelum Menyesal

Membeli bearded dragon (BD) untuk dijadikan reptile peliharaan bisa menjadi pilihan yang baik, jika memahami cara merawat , cara mencari serta cara membeli bearded dragon yang tepat. Sobat Exotic akan senang mengetahui bahwa reptile yang dibeli dalam kondisi prima. Namun sebelumnya apakah sobat mengetahui fakta  lebih dalam tentang reptil unik ini?

Fakta Umum Tentang Bearded Dragons

  1. Bearded dragon adalah kadal dalam keluarga Agamidae
  2. Habitat alami- mulai dari gurun, hutan terbuka hingga daerah pesisir
  3. Umur – kira-kira 12 tahun di peternakan
  4. Panjang: berkisar antara 20 cm – 60 cm
  5. Makanan – mereka adalah omnivora yang berarti mereka makan apa saja termasuk, sayuran, buah, bunga, serangga dan bahkan tikus mencit.
  6. Merupakan reptile peliharaan keluarga dan aman untuk ditangani anak-anak.
Membeli Bearded Dragon

Bearded dragon juga terkadang menunjukkan perilaku yang unik, tetapi alami. Mereka terkadang mengembangkan janggut, menganggukkan kepala, melambaikan tangan dan menggulung ekor ke arah kepala.

Banyak variasi bearded dragon saat ini. Dalam banyak kejadian, ini merupakan hasil dari pembiakan selektif, namun seringkali warna-warna ini muncul secara alami sebagai akibat dari habitat, pola makan dan beberapa variasi warna telah diamati sebagai faktor genetik.

Saat ini, popularitas bearded dragon cukup meningkat dalam perdagangan hewan peliharaan. Disebabkan karena reptile ini relatif mudah dirawat, ideal untuk pemula maupun peternak mahir dan bearded dragon memiliki sifat yang sangat tenang.

Ini adalah sejumlah fakta lain yang tak kalah menarik :

  • Bearded dragon tidak bisa memutuskan ekornya seperti kebanyakan kadal lain.
  • Memiliki 2 jenis gigi yang berbeda, digunakan untuk mengunyah dan mencerna makanan. Gigi depan mereka dapat tumbuh kembali.
  • Dapat mengeluarkan urin kering. Karena mereka pada dasarnya adalah reptil yang tinggal di gurun, ini memungkinkan untuk menghemat cairan.
  • Menggunakan organ yang disebut Jacobson, memungkinkan mendeteksi objek di sekitar.
  • Memiliki penglihatan yang sangat baik
  • Memasuki keadaan tidak aktif yang disebut brumation (di musim dingin) dan aestivasi (di musim panas) di mana BD akan bersembunyi dan tampak tidur selama berminggu-minggu.
  • Membentuk hierarki saat diletakkan dengan banyak bearded dragon di kandang yang sama.
  • Bearded dragon bisa mati jika tidak sengaja memakan kunang-kunang.
Info Pets Selanjutnya  4 Jenis Reptil Yang Ada Di Dunia

5 Pertanyaan Penting Sebelum Membeli Bearded Dragon

Meskipun bisa mendapatkan banyak kepuasan dengan memelihara bearded dragon, sobat Exotic perlu memastikan bahwa telah membeli reptil yang bebas dari masalah kesehatan sebelum dibayar.

Kegagalan untuk melakukan cara ini bisa berakibat fatal. Lagi pula, sobat tentu tidak ingin menghabiskan banyak uang hasil jerih payah untuk mengobati reptile baru yang sakit atau kekurangan gizi.

Untuk menghindari hal ini, ada beberapa hal yang perlu sobat Exotic tanyakan kepada peternak sebelum membeli, terutama jika bearded dragon akan dikirim dari kota lain dan tidak dapat memeriksanya secara langsung.

Ingin Membeli Bearded Dragon?
  • Umur? Ini adalah pertanyaan pertama yang harus ditanyakan. Ini penting karena usia BD akan menentukan peralatan yang akan dibutuhkan dan apa yang harus disertakan dalam makanannya.

Lagi pula, sobat Exotic harus sangat siap sebelum bearded dragon sampai dan tidak ingin terlambat mengetahui kesalahan setelan kandang.

Ini juga akan menjadi indikasi kemungkinan masalah, seperti perilaku, kebiasaan makan dan interaksi sosial, dll.

  • Kebiasaan makan? Sobat Exotic harus menanyakan tentang makanan hariannya, seberapa lahap dan apa yang di makan.

Ini untuk memastikan BD makan dengan benar dan tidak akan rentan terhadap gangguan nutrisi di kemudian hari. Pastikan BD makan campuran protein (serangga) yang sehat, buah dan sayuran.

  • Pastikan meminta photo maupun video bearded dragon yang akan dibeli. Dengan cara ini sobat bisa mendapatkan gambaran tentang kesehatannya.

Apakah memiliki yang baik? Tidak kelebihan atau kekurangan berat badan? Apakah memiliki tanda luka, sakit, warna atau benjolan yang tidak biasa?

Apakah bearded dragon mengangkat kepalanya dan menutup mulutnya? Apakah semua anggota tubuhnya dalam kondisi lengkap, tidak ada luka jeratan maupun tembakan.

Info Pets Selanjutnya  Perbedaan 6 Jenis Iguana

Ini semua adalah hal yang perlu diwaspadai. Dan tentu saja, sebuah photo dan video tidak sama dengan melihat secara langsung, jadi akan lebih baik jika sobat Exotic dapat melihat sejumlah photo maupun video yang menunjukkan semua sisi.

  • Karena tidak dapat melihat secara langsung bearded dragon yang telah dibeli sebelum sampai, sobat Exotic harus memastikan bahwa peternak bearded dragon memiliki kebijakan garansi dan memeriksa syarat dan ketentuan pembelian.

EMI yakin bawah sobat Exotic tidak ingin kejutan buruk dengan mendapatkan bearded dragon yang tidak sehat atau mati namun dapat mengirimnya kembali atau mendapat penggantian.

  • Cek harga pasaran, karena tiidak semua bearded dragon memiliki harga yang sama, karena tergantung pada usia, ukuran, warna dan spesies.

Pewarnaan ini juga dikenal sebagai morph. Beberapa morph bisa sangat langka dan ada banyak variasi yang bias sobat pilih.  Morph yang langka tentu akan lebih mahal daripada warna biasa.

Ini adalah beberapa pertanyaan dasar yang harus sobat Exotic tanyakan sebelum membeli bearded dragon. Ingatlah untuk tetap mepelajari semua tentang bearded dragon dan menikmati interaksi dengan BD yang sehat untuk waktu yang lama.

Ivan

Top