Ikan Koi Putih

Warna koi tidak hanya cantik tetapi juga penting untuk skema klasifikasi yang membantu kita mengetahui siapa yang ada di kolam koi. Pertimbangkan memelihara ikan koi putih, misalnya, salah satu favorit pribadi kami. Kembali ke puluhan tahun lalu, ingatlah bahwa hanya ada beberapa pilihan warna koi saja.

Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang mulai tertarik untuk memelihara dan beternak ikan koi. Untuk membantu memenuhi minat dan tuntutan basis konsumen yang berkembang, budidaya selektif menghasilkan lebih banyak pilihan watna koi.

Sebagai latar belakang, ketahuilah bahwa koi pada umumnya sebenarnya adalah hasil pembiakan selektif dari ikan mas. Seiring waktu, peternak mampu menghasilkan varietas ikan koi yang stabil. Kemudian, seperti disebutkan, mereka dibiakkan secara strategis untuk mendapatkan warna koi tertentu.

Saat ini, penggemar koi dapat memilih koi warna merah, putih, kuning, hitam, cokelat dan bahkan hijau. Sobat Exotic pasti akan menemukan beberapa variasi dalam polanya, tetapi setiap jenis warna koi akan memiliki sifat stabil tertentu, termasuk koi putih.

Mari kita bahas secara singkat beberapa jenis ikan koi yang dinilai paling tinggi. Pertimbangkan Kahaku koi. Ikan ini memiliki warna merah dengan dasar putih. Ada koi Hikarimono dan ini adalah ikan yang tampak berwarna metalik, tunggal dan berwarna solid. Bagian “mono” dari namanya tentu saja hanya berarti “satu”. Bagian Hikari dari namanya adalah singkatan dari “metalik”.

Ikan ini terkadang disebut Ogon koi juga. Misalnya, ada Yamabuki Ogon, yang merupakan ikan koi berwarna kuning dengan kilau metalik. Mereka juga ditemukan dalam warna putih atau perak. Pewarnaan ini adalah Platium Ogon dan koi putih yang kami bicarakan.

Warna Koi Yang Solid

Selain terminologi teknis, kunci utamanya adalah mengetahui apa yang Sobat Exotic cari saat memilih ikan. Ikan satu warna ini idealnya memiliki tampilan yang konsisten di seluruh tubuh ikan. Dengan kata lain, Sobat Exotic menginginkan warna yang sama di seluruh tubuh ikan.

Karena ikan ini hanya memiliki satu warna, beberapa orang lebih suka memilih spesimen yang memiliki sirip lebih besar dan lebih indah. Ini membantu membuat mereka terlihat lebih cantik.

Seperti yang telah disebutkan, Platinum Ogon atau ikan koi putih dapat memiliki kemilau sisik yang indah bagi mereka. Bisa terlihat putih mutiara atau bahkan bersinar seperti logam mulia. Ikan Koi putih pertama kali muncul di tahun 1950-an. Diperkirakan, meski tidak sepenuhnya diketahui, mungkin ikan koi putih dihasilkan dari persilangan antara Kigoi dan Nezu Ogon.

Koi putih sangat kuat. Mereka menjadi favorit di kolam luar ruangan yang pemiliknya kesulitan menjaga kebersihannya. Warna putih cerah terlihat dengan baik di air keruh atau kolam yang memiliki cukup banyak ganggang.

Info Pets Selanjutnya  Jual Beli Ikan:  Koi, Cupang, Arwana, Ikan Predator,Ikan Koki, Louhan, Discus, Guppy

Koi putih memiliki kelebihan dari evolusi terkontrol melalui pembiakan selektif. Orang-orang yang memelihara ikan ini telah mampu membiakkan sisik Ginrin, yang membuat ikan nampak lebih berkilau dari sebelumnya.

Sisiknya berbeda dari yang ditemukan pada ikan koi yang lebih metalik, yang umumnya mendapatkan kilau dari bahan reflektif di dalam sisik. Namun sisik Ginrin sebenarnya memiliki lapisan reflektif di atas sisik.

Ada cara untuk mengukur apakah ikan koi dapat dianggap sebagai Ginrin. Untuk memenuhi syarat ini,  koi harus memiliki begitu banyak sisik reflektif sehingga seseorang tidak dapat menghitung semuanya saat dia berenang, yang umumnya sekitar 20 buah sisik atau lebih.

Ikan Koi Putih Bisa Mempermudah Perawatan Kolam Sobat Exotic

Platinum Ogon yang biasa disebut Koi Putih, telah menjadi salah satu ikan yang paling dicari oleh peternak, pemilik kompetisi dan penghobi Koi. Semua varietas Ogon Koi menarik karena berbagai alasan. Mereka tumbuh dengan cepat dan bisa menjadi sangat besar, membuat pemandangan jauh lebih memuaskan. Mereka dikenal cerdas dan lincah dan jujur saja, mereka sangat cantik.

Platinum Ogon Ikan Koi Putih

Daya tarik Platinum Ogon selangkah lebih maju. Sesuai dengan namanya, ikan ini memiliki kilau metalik yang menyerupai logam mulia. Sebagian besar dibudidayakan untuk memiliki sisik Ginrin. Sisik ini memantulkan cahaya satu per satu sehingga tampak berkilau. Warna putih salju mudah dilihat di kolam yang suram.

Koi Putih sering menjadi pusat perhatian dari koleksi Koi tetapi nilainya melebihi penampilan. Ikan ini dapat membantu Sobat Exotic menjaga kesehatan semua Koi dikolam Sobat Exotic.

Pemilik koi tahu bahwa salah satu kunci untuk menjaga kesehatan ikan mereka adalah pengamatan. Koi yang sakit atau infeksi akan memberi tahu pemiliknya tentang kondisi ini. Adalah tugas dari pemilik untuk memperhatikan. Seekor ikan Koi Putih bisa lebih cepat berkomunikasi daripada yang lain dan seperti yang kita semua tahu, deteksi dini adalah kuncinya.

Ada beberapa cara koi yang hidup dalam kondisi air yang tidak memadai atau yang menderita penyakit atau infeksi akan menunjukkan kepada pemiliknya bahwa ia sedang mengalami masalah.

Perubahan warna Ikan Koi Putih

Koi yang sehat menunjukkan warna yang kuat dan pola yang jelas. Ikan yang tidak sehat dapat menunjukkan perubahan warna, bintik-bintik atau memudar. Platinum Ogon memberikan keunggulan yang pasti di bidang ini.

Mungkin sulit untuk melihat pencampuran pada ikan bermotif atau bahkan mengingat dengan tepat warna apa yang seharusnya memudar seiring waktu. Platinum Ogon harus selalu berwarna putih bersih seperti salju.

Info Pets Selanjutnya  Begini Cara Merawat Ikan Glass Bloodfin Tetra

Tanda Ikan Koi Putih Terinfeksi

Bintik seperti apapun bisa memprihatinkan. Koi Putih akan paling mudah terlihat perubahannya. Jika infeksi terlokalisir pada satu atau beberapa ikan, Sobat Exotic dapat mengkarantina ikan tersebut, merawatnya dan mengembalikannya ke kolam sebelum yang lain terpengaruh.

Nafsu makan

Koi suka makan. Mereka akan terus melakukannya hampir tanpa batas waktu. Jadi jika Koi Sobat Exotic tidak mau makan, beberapa penyelidikan perlu dilakukan. Karena Koi Putih adalah yang paling mudah untuk dilihat, seharusnya mudah untuk melihat apakah dia sedang mencari makan atau tidak tertarik makan.

Ogon Koi tumbuh dengan cepat dan menjadi cukup besar sehingga pertumbuhan yang lambat karena penyakit atau nutrisi yang buruk akan sangat mudah terlihat pada ikan ini.

Perilaku

Ikan koi penuh energi dan menikmati interaksi dengan pemiliknya. Koi Putih dikenal sangat lincah. Jika Sobat Exotic melihat Koi Sobat Exotic menjauh dari Sobat Exotic, bersembunyi di perairan yang lebih dalam, berpura-pura mati atau terlihat lesu, Sobat Exotic mungkin memiliki ikan yang sakit.

Seekor ikan yang beristirahat di dekat dasar kolam untuk waktu yang lama adalah tanda yang jelas dari suatu masalah. Sekali lagi, kemudahan melihat Koi Putih di kolam yang gelap akan membantu mempercepat proses perawatan ikan Sobat Exotic.

Platinum Ogon jelas dapat menguntungkan kolam apa pun. Jika Sobat Exotic memilih ikan dengan hati-hati, memastikan tidak ada bekas luka atau kelainan bentuk, Sobat Exotic akan dapat mengenali perubahan pada ikan Sobat Exotic dengan cepat dan mengobatinya dengan tepat.

Ogon Koi – Ikan Berwarna Terang

Jika Sobat Exotic termasuk orang yang suka memelihara ikan hias, maka kami anggap Sobat Exotic sudah tidak asing lagi dengan ikan koi. Jenis ikan ini termasuk dalam keluarga ikan mas. Ia juga dikenal memiliki sejarah dan fakta yang hebat. Dibandingkan dengan jenis ikan hias atau tropis lainnya, jenis ikan ini sangat cantik jika dilihat dari warnanya.

Sobat Exotic dapat melihat pola warna ini di sepanjang tubuhnya. Namun tidak semua ikan koi memiliki warna yang berbeda karena ada juga varietas yang hanya memiliki satu warna saja. Mereka dikenal sebagai Ogon koi.

Ya, ada beberapa varietas ikan koi yang bisa Sobat Exotic pilih. Seperti Kohaku koi, Sanke koi, Showa koi, Bekko koi, Utsurimono, Asagi koi, Tancho koi, Goromo, Matsuba, Hikarimono dan lain-lain. Namun dari varietas ikan koi ini, salah satu yang paling populer yang dimiliki sebagian besar pemelihara adalah koi Ogon.

Info Pets Selanjutnya  Tips Perawatan dan Budidaya Ikan Neon Tetra

Seperti disebutkan di atas, mereka adalah jenis koi satu warna. Warnanya bisa kuning, merah, oranye, putih, platinum dan krem.

Tapi warna-warna ini bisa berupa warna biasa atau metalik. Ogon koi juga diklasifikasikan sebagai Hikarimono koi.

Koi Populer

Seperti disebutkan di atas, sekali lagi, Ogon koi dikenal populer di antara varietas tersebut. Warna paling umum yang dimiliki koi Ogon ini adalah putih dan kuning. Sekarang, untuk memastikan bahwa Sobat Exotic dapat menentukan apakah itu benar-benar koi Ogon yang dibiakkan murni, itu karena mereka hanya memiliki satu warna di seluruh tubuhnya. Jika Sobat Exotic dapat melihat bercak warna lain di tubuhnya, maka itu mungkin bukan koi keturunan murni.

Contoh, jika Sobat Exotic memiliki Ogon koi berwarna kuning, maka seharusnya ikan ini hanya memiliki warna kuning di seluruh tubuhnya. Pastikan warnanya seragam, karena jika tidak, maka mungkin ikan ini juga bukan koi keturunan murni.

Sekarang, jika Sobat Exotic akan memutuskan untuk memelihara ikan koi, Sobat Exotic sudah memiliki gambaran tentang bagaimana membedakan satu dari yang lain. Sobat Exotic kemudian dapat dengan mudah mengidentifikasi varietas koi mana yang ingin Sobat Exotic pelihara, terutama varietas koi Ogon.

Ikan ini dikenal memiliki rentang hidup yang lebih lama dibandingkan dengan ikan lainnya. Selain fakta itu, mereka juga mudah berkembang biak. Sobat Exotic hanya perlu memiliki kolam ikan yang bagus di mana mereka bisa berenang dengan bebas. Nah, untuk perawatan dan pemeliharaan koi dan kolam ikan Sobat Exotic tidak perlu khawatir karena sumbernya luas untuk itu. Yang perlu Sobat Exotic miliki adalah komitmen dalam memelihara koi dan semuanya akan baik-baik saja.

Harga ikan platinum ogon koi

Harga ikan platinum ogon koi bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan tersebut. Ikan platinum ogon koi adalah jenis ikan koi yang memiliki warna perak atau putih yang unik dan dianggap sebagai salah satu jenis ikan koi yang paling langka dan mahal. Harga rata-rata untuk ikan platinum ogon koi berkisar antara Rp.2.000.000 hingga Rp.8.000.000 atau lebih, tergantung pada ukuran dan kualitas ikan. Namun, harga dapat lebih tinggi jika ikan tersebut adalah spesimen yang sangat langka atau memiliki warna yang sangat indah. Harga juga dapat berbeda berdasarkan tempat dan waktu pembelian.