Iguana – Perilaku dan Cara Perawatan

Iguana – Perilaku dan Cara Perawatan

Kebanyakan orang tahu bahwa iguana adalah reptile dan termasuk dalam keluarga reptil terbesar.

Habitat alami mereka adalah hutan hujan tropis, gurun panas dan tempat semi-akuatik.

Sobat Exotic dapat melihat iguana di Amerika Utara, Amerika Selatan serta Afrika Selatan, Kanada, Madagaskar dan di pulau Galapagos.

Habitat Asli Iguana

Iguana dapat beradaptasi dengan semua jenis lingkungan. Mereka berdarah dingin yang berarti iguana tidak dapat menghasilkan panas.

Mereka juga bertelur seperti banyak reptil lainnya.

Setiap iguana di berbagai belahan dunia berbeda karena mereka terbiasa dengan habitatnya.

Di tempat-tempat tertentu, iguana berbaring di pohon-pohon tinggi yang dapat melompat ke tanah tanpa cedera. Iguana Pulau Galapagos dikenal sebagai perenang yang sangat baik.

Spesies iguana berbeda dalam warna mereka – beberapa memiliki warna cerah di mana yang lain cukup kusam.

Beragam Ukuran Dan Perilaku

Iguana tumbuh cepat dan hampir 100 kali lebih berat daripada saat masih bayi hanya dalam dua setengah tahun. Ini hanya terjadi jika iguana diberikan perawatan yang benar, makanan yang cukup, ditambah sirkulasi udara dan sinar matahari yang cukup.

Iguana adalah kadal herbivora meskipun beberapa iguana adalah omnivora atau bahkan karnivora.

Ini tergantung pada habitat tempat mereka tinggal.

Iguana Penghuni darat adalah karnivora dan hidup dari ulat tepung dan cacing lilin di hutan. Iguana pohon adalah herbivora dan memakan kuncup bunga, buah, dan daun muda.

Sangat penting menjaga iguana makan dengan benar untuk memastikan kelangsungan hidup mereka. Makanan yang kurang nutrisi dapat menyebabkan beberapa penyakit. Asupan makanan yang tidak mencukupi dapat menyebabkan kembung dan obesitas. Seperti hewan peliharaan lainnya, awasi kesehatannya.

Perawatan Kesehatan Iguana

Bahkan jika iguana sobat Exotic kelebihan berat badan, ini tidak berarti tanda tidak sehat. Namun sobat Exotic perlu memastikan iguana mendapat makanan yang tepat seperti asupan kalsium tinggi dengan diet rendah fosfor. Pastikan iguana mendapat sinar matahari sebanyak mungkin.

Jika iguana menunjukkan tanda-tanda NSHP atau MBD, sangat penting untuk membawanya ke dokter hewan. Hyperparathrodism Sekunder Gizi, yang merupakan penyakit tulang metabolik adalah salah satu penyakit yang bisa diderita iguana.

Info Pets Selanjutnya  Daftar Berkala Perawatan Bearded Dragon

Misalkan tubuh iguana gemuk dengan rahang tampak bengkak, ini berarti iguana sobat Exotic berada dalam tahap kritis NHSP atau MBD. Penyakit ini menyebabkan tulang rapuh yang dapat menyebabkan kelainan bentuk dan kemungkinan patah tulang.

Berikan iguana makanan yang tepat bersama dengan olahraga dan pertahankan berat badan mereka. Iguana gemuk harus mengkonsumsi kalsium yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang.

Mengetahui Iguana Tumbuh Sehat

Ketika iguana baru menetas, biasanya akan berukuran tujuh hingga sembilan sentimeter mulai dari moncong sampai ke ujung ekor. Setelah iguana keluar dari cangkangnya, iguana akan tumbuh empat cm setiap bulan selama hampir tiga bulan.

Pertumbuhan melambat pada usia sekitar tiga bulan menjadi dua cm tetapi pada satu tahun pertumbuhannya kembali dan selama dua belas dan lima belas bulan, itu akan tiga kali lipat dari panjang aslinya. Selama beberapa tahun ke depan, iguana hanya akan tumbuh sedikit. Inilah saatnya memberikan pola makan yang sehat agar iguana tidak bertambah besar.

Jika sobat exotic tertarik dengan iguana dan ingin memilikinya, pastikan untuk membaca tentang lingkungan dan makanan mereka karena ini bisa menjadi perbedaan antara hidup dan matinya iguana.

Perilaku Iguana yang Agresif

Iguana adalah kadal peliharaan yang menarik yang ketika ditangani dengan benar dan lembut sejak diterima, tidak agresif sama sekali. Ketika seekor iguana menunjukkan agresi, dia menunjukkan tanda-tanda sindrom pertarungan atau lari dan akan bersembunyi atau mencoba melawan.

Seperti setiap makhluk hidup lainnya, agresi menunjukkan tanda-tanda ketidaknyamanan yang ekstrem sampai-sampai makhluk hidup percaya bahwa ia tidak punya pilihan lain selain melawan atau melarikan diri.

Ini hanyalah mekanisme pertahanan dan pada beberapa hewan, ini termasuk perilaku kawin. Iguana juga termasuk dalam kelompok ini karena iguana jantan akan menunjukkan agresi pada hormon tertentu tetapi itu akan dibahas nanti di artikel ini.

Menangani Iguana

Penanganan iguana memainkan peran penting dalam tingkat agresi dan perawatan harus dilakukan saat menangani mereka sejak pertama kali dibawa ke rumah.

Ada hal yang sangat luar biasa tentang iguana yang terlalu sedikit orang ketahui dan itu adalah mata ketiga yang mereka miliki di bagian belakang kepala.

Info Pets Selanjutnya  Mengenal Iguana Gurun

Mata ketiga ini terkadang berperan dalam agresi hewan peliharaan karena ketika sobat Exotic meraih iguana dari belakang, ia menganggapnya sebagai ancaman karena yang ia lihat dari mata ini hanyalah bayangan.

Dekati iguana dari depan dan bicaralah dengan lembut karena perlakuan kasar tidak mempengaruhi iguana secara positif, bahkan tidak berpengaruh pada mereka kecuali untuk memprovokasi agresi. Untuk menghindari agresi pada iguana, selalu cobalah untuk mengambilnya atau mengelusnya dari depan.

Betina dan Agresi Iguana

Meskipun mungkin terdengar aneh, iguana jantan dan betina dapat menunjukkan tanda-tanda agresi selama siklus menstruasi wanita.

Kedengarannya gila tapi itu benar. Hal ini diyakini karena feromon tertentu yang dipancarkan oleh wanita selama ini. ‘Aroma’ yang dirasakan iguana dan menyebabkan agresi dapat diredakan dengan pasangan pengganti di lingkungannya seperti boneka mainan kecil atau bahkan sarung tangan karet akan menenangkannya dan dia akan menjadi kurang agresif.

Iguana yang menunjukkan agresi dapat diajarkan untuk merasa nyaman dengan sedikit kesabaran dan seperti yang dinyatakan sebelumnya, mendekatinya dari depan.

Saat iguana mengizinkan sobat Exotic untuk mengangkatnya, selalu biarkan ia duduk di lengan bawah atau punggung tangan Anda sehingga ia berada dalam posisi yang terasa aman.

Perawatan Iguana | Apakah Kadal Peliharaan Mendapatkan Makanan Yang Tepat?

Iguana adalah herbivora, tetapi mereka akan memakan hampir semua yang sobat Exotic berikan seperti berbagai macam sayuran dan buah-buahan seperti kemangi, bit bayam, daun ara (pilihan), bit, ubi jalar, wortel, saus . semanggi, pisang, pir, apel, damask, stroberi, kiwi Kadang-kadang mungkin diberikan ruff, bayam, tauge, mentimun, plum, telur keras, macaroni atau keju.

Variasi adalah hal yang paling penting, pastikan mereka makan sesuatu yang sedikit berbeda setiap hari. Namun perlu diingat bahwa iguana tidak boleh makan selada, karena kontribusinya kecil dalam hal nutrisi dan dapat membahayakan metabolisme.

Dimungkinkan untuk memberikan pakan seimbang yang disiapkan khusus untuk iguana. Makanan iguana harus dicuci, dipotong, dicampur dan disimpan pada suhu kamar.

Info Pets Selanjutnya  Kura-kura Russian Hewan Peliharaan Populer

iguana

Saat memberi mereka makan, sobat perlu memastikan bahwa telah memotong makanan dengan ukuran yang dapat dikonsumsi hewan tersebut.

Iguana muda mungkin memakan serangga seperti jangkrik, kecoa, yang semuanya merupakan tempat berkembang biak karena apa yang kita temukan di rumah atau di jalan mungkin memiliki sisa racun.

Juga mamalia kecil (bayi tikus) yang ukurannya disesuaikan dengan hewannya.

Air minum harus diganti setiap hari. Hewan peliharaan seperti iguana terbiasa minum dari wadah yang cukup besar untuk memungkinkan hewan itu mandi di dalamnya. Jika hewan tidak terbiasa dengan sistem ini, harus disediakan sistem tetes yang meneteskan air dari tempat ia akan minum ke daun dan cabang.

Kepedulian dan Keingintahuan

Ketidaktahuan pemilik tentang perawatan hewan peliharaan iguana dan informasi yang tidak memadai atau langka yang disediakan di toko hewan peliharaan meningkatkan risiko penyakit terkait pada hewan ini hampir secara eksklusif karena perlakuan buruk.

Iguana hijau bukanlah hewan peliharaan dan membutuhkan perawatan khusus. Perhatian besar harus diberikan pada hewan peliharaan ini, karena tanda atau perubahan minimal pada warna atau perilakunya dapat mengindikasikan penyakit atau stres.

Mereka sangat mudah stres. Jika ada anjing, kucing, atau reptil lain di rumah, perlu untuk menggandakan perawatan.

Jika tidak dirawat dengan benar, mereka dapat menyebabkan lecet yang dalam, bulu mata yang sangat kuat dengan ekornya, dan bahkan gigitan.

Hewan peliharaan iguana dapat hidup antara 7 dan 20 tahun. Ini adalah spesies yang terancam oleh perusakan habitat dan perburuan terselubung (eksploitasi berlebihan).

Ini adalah breed yang dapat didukung di penangkaran karena fekunditas dan kemampuan bersosialisasinya yang tinggi; ini mungkin membantu melindunginya sedikit.

Reproduksinya adalah seksual. Musim kawin terjadi antara Januari dan Februari. Mereka bertelur untuk melahirkan. Masa inkubasi rata-rata adalah 84 hari pada suhu 30 C. Jumlah bayi tergantung pada iklim dan berkisar antara 13 hingga 30 ekor.

 

Top