Iguana Mengalami Impaksi? Ini Solusinya

Impaksi pada iguana terjadi ketika usus binatang peliharaan tersumbat oleh benda yang tidak dapat dicerna. Ini adalah kondisi yang sangat serius.

Iguana peliharaan sobat Exotic akan mati jika tidak segera diobati. Jadi apa penyebabnya?

Penyebab Impaksi

Menurut Kartika Myrnandari Geoputri dari fakultas kedokteran hewan Universitas Brawijaya,

Iguana mengalami impaksi saat memakan bahan yang tidak dapat diproses oleh sistem pencernaan dan menghalangi intestine.

Iguana peliharaan sobat Exotic tertelan benda asing secara tidak sengaja saat menjulurkan lidah untuk mengumpulkan informasi lingkungan.

Substrat alas kandang jenis tertentu juga bisa berbahaya bagi kesehatan iguana.

Gejala Impaksi

Iguana peliharaan yang terkena impaksi sering menunjukkan tanda-tanda yang sangat mirip dengan gejala pilek, perut kembung, muntah dan sembelit.

Sobat Exotic akan melihat iguana berhenti buang air besar secara teratur.

Kotoran yang keluarpun cenderung lebih kecil.

Diagnosa Impaksi

Jika sobat Exotic menduga iguana peliharaan mengalami impaksi, sobat harus segera membawanya ke dokter hewan. Dokter hewan kemungkinan besar akan melakukan proses x-ray untuk memastikan impaksi.

Acapkali dokter hewan dapat mengetahui apakah iguana peliharan terkena impaksi hanya dengan melakukan pemeriksaan fisik saja.

Pengobatan Impaksi

Untuk penanganan pertama, gunakan beberapa tetes minyak zaitun lalu letakkan iguana kedalam baskom yang berisi air dingin dan lakukan gerakan memijat pada bagian perut.

Jika tidak berhasil, metode terakhir pengobatan yang tepat untuk impaksi adalah melalui operasi untuk mengeluarkan benda asing kearah lubang pembuangan.

Semua jenis operasi memiliki risiko karena penggunaan anestesi pada reptil. Namun seperti yang telah Exotic Market Indonesia sebutkan diatas, iguana peliharaan sobat akan mati jika kondisi ini tidak segera ditangani dengan benar.

Info Pets Selanjutnya  Cara Menjinakan Blue Tongue Skink Untuk Pemula

Pencegahan Impaksi

Penting bagi sobat exotic untuk memantau keseharian iguana peliharaan dengan cermat. Iguana mungkin mencoba memakan segala macam benda asing yang di temukan. Sobat tidak boleh menggunakan substrat alas kandang kasar untuk iguana. Sebaiknya cukup menggunakan substrat karpet.

Tips Aman Membiarkan Iguana Berkeliaran Didalam Rumah

Iguana sangat ingin tahu dan dapat menyebabkan banyak kerusakan pada perabotan rumah atau diri mereka sendiri jika dibiarkan berkeliaran tanpa pengawasan. Jika sobat Exotic ingin iguana dan rumah tetap utuh, sementara harus menahan iguana didalam rumah. Berikut tips yang bisa di ikuti:

Melarikan diri

Pertama dan terpenting, sobat Exotic tidak ingin iguana melarikan diri ke luar rumash. Pastikan semua pintu dan jendela di areanya tertutup rapat. Jika memiliki kadal yang lebih kecil, mungkin dapat dengan mudah masuk ke bawah pintu. Karena itu,  perlu menggunakan handuk atau penghalang lain jika ingin mengurungnya di satu ruangan.

Kebersihan

Sangat penting bagi untuk menjaga kebersihan lantai di ruangan tempat iguana akan berkeliaran. Mereka akan makan apa saja. Makan hal-hal tertentu dapat menyebabkan impaksi yang dapat dengan mudah mengancam jiwa. Jadi, bersihkan semua rambut, benang, kain atau apa pun yang mungkin tertelan.

Tanaman

Iguana suka makan tanaman. Sayangnya, tanaman tertentu sangat beracun bagi mereka. Jika sobat Exotic memiliki tanaman di rumah, pastikan bahwa tanaman tersebut tidak beracun bagi kadal. Bahkan jika tanaman hidup itu sendiri tidak beracun, kotoran yang ada di dalamnya dapat menyebabkan impaksi. Yang terbaik adalah tidak memiliki tanaman di sekelilingnya sama sekali.

Kabel

Masalah umum lainnya adalah kabel listrik. Tak perlu dikatakan, iguana akan kesetrum jika mencoba menggigit kabel yang beraliran listrik. Selain menggigit, Iguana mungkin juga mencoba memanjat kabel listrik. Hal ini dapat menyebabkan benda berat jatuh dan melukai iguana. Objek itu sendiri mungkin juga akan rusak. Ingatlah hal ini saat melepaskan Iguana didalam rumah.

Info Pets Selanjutnya  Memelihara Kura-Kura Darat , 5 Poin Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli

Hewan peliharaan lain

Hewan peliharaan eksotis ini tidak cocok dengan hewan peliharaan yang lebih umum. Ini adalah hal yang perlu sobat Exotic pikirkan jika memiliki hewan kecil atau burung di rumah. Yang terbaik adalah mereka tidak berada di sekitar, satu sama lain. Jika membiarkan mereka di sekitar satu sama lain, sobat Exotic harus memperhatikan mereka dengan sangat cermat. Salah satunya bisa dengan mudah terluka parah.

Masih ada lebih banyak hal yang perlu sobat Exotic pelajari tentang cara perawatan iguana yang benar

Ivan S