Iguana Laut Peliharaan Mewah Namun Mudah Berkembang-biak

Iguana Laut Peliharaan Mewah Namun Mudah Berkembang-biak

Iguana Laut (Amblyrhynchus cristatus) memang sangat menarik untuk dipelihara dan mereka mampu berumur panjang jika dirawat dengan benar. Kebutuhan habitat dan makanan mereka yang unik banyak tersedia di negara tropis seperti Indonesia.

Habitat yang baik dan pemberian makan yang tepat perlu diperhatikan dalam perawatan iguana Laut peliharaan sobat Exotic.

Gerakan Iguana laut cukup lamban dan tidak secepat tetapi mereka adalah perenang yang lebih baik dan mereka tinggal di garis pantai air laut sebagai rumah mereka karena mereka hidup dengan memakan alga.

Iguana hanya dapat ditemukan hanya di Kepulauan Galapagos Seluruh garis pantai dihuni oleh iguana laut. Kemampuan mereka unik di antara kadal modern, untuk hidup dan mencari makan di laut.

Ia telah menyebar ke seluruh pulau di nusantara dan kadang-kadang disebut Iguana Laut Galapagos. Ia hidup di bebatuan pantai Galapagos dan dapat dilihat di rawa-rawa atau pantai bakau.

Iguana laut sebagian besar berwarna hitam tetapi yang muda memiliki warna kulit yang lebih terang dan garis punggung. Iguana dewasa muncul dengan warna keabu-abuan. Panjang iguana jantan dewasa bisa mencapai 1,8 m sedangkan betina bisa sekitar 1 m. Beratnya bisa mencapai 2,5 kg.

Perkembang-biakan Iguana Laut

Pada usia 3-4 tahun, iguana laut betina akan mencapai kematangan seksual, sedangkan kematangan seksual iguana jantan akan dimulai pada usia 5-6 tahun.

Indikator kematangan seksual yang baik adalah melihat tulang mereka tumbuh besar dan tebal. Iguana laut dapat hidup hingga 80 tahun di peternakan.

Musim kawin dari bulan Desember hingga Maret dan periode bersarang mulai dari bulan Januari hingga April. Namun jika mereka diberi banyak makanan, iguana laut betina mampu berkembang-biak sepanjang tahun.

Proses kawin akan dimulai dengan aksi pejantan yang mengangguk pada betinan. Jika betina menerima anggukan ini, Pejantan akan mengunci sambil menyentuh bagian leher betina. Perkawinan mereka tidak akan lebih dari 15 menit.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Snapping Turtle Baby

Jantan iguana laut dapat kawin dengan banyak betina sementara betina akan tetap setia dengan kawin hanya sekali. Sebulan setelah perkawinan berhasil, iguana betina akan bertelur sebanyak 4-9 butir.

Betina mempersiapkan tempat bertelur dengan cara menggali pasir dengan kedalaman 40-70cm. Telur akan mulai menetas setelah proses inkubasi selama 3 bulan.

Makanan Iguana Laut

Iguana laut peliharaan akan memakan sebagian besar sayuran yang disajikan namun mereka lebih menyukai memakan ganggang laut dan tubuh mereka dirancang untuk mengeluarkan garam melalui kelenjar hidung.

Lapisan garam yang dikeluarkan inilah yang membuat wajah iguana laut menjadi putih.

Sobat Exotic bisa menambahkan sawi, lobak, selada, brokoli, labu, dan kacang hijau. Buah-buahan juga akan menjadi tambahan makanan yang baik seperti stroberi, blueberry, pisang, apel, dan melon.

Pelet kering yang telah diformulasikan secara komersial juga dapat diberikan. Dokter hewan biasanya akan menyarankan agar sobat Exotic membasahi pelet terlebih dahulu agar mudah dikonsumsi.

Pengaturan Kandang

Di alam liar, Iguana Laut dapat terlihat hidup bersama. Di peternakan, iguana laut tidak boleh ditempatkan bersama karena mereka dapat berkelahi dan melukai satu sama lain. Sobat exotic dapat mencoba menempatkan beberapa iguana di ruangan yang sama, tetapi mereka tetap harus ditempatkan di kandang yang berbeda.

Kandang iguana harus dibersihkan secara teratur untuk memastikan kesehatan mereka. Ganti substrat yang kotor setiap minggu.

Di Mana Membeli Mereka?

Beberapa importir reptil privat mampu mendatangkan Iguana Laut, tetapi seperti yang telah EMI sebutkan, sobat perlu memastikan bahwa habitat mereka dalam kondisi optimal. Meniru habitat alami jika telah mantap memutuskan untuk memiliki iguana laut sebagai hewan peliharaan.

Kebiasaan Berjemur

Iguana laut mampu menyelam selama setengah jam. Sehabis menyelam, mereka akan kembali ke pantai dan berjemur di bawah sinar matahari untuk menormalkan suhu tubuh.

Info Pets Selanjutnya  Ular Inland Taipan Paling Beracun di Dunia Tidak Berbahaya

Saat dingin, iguana laut cenderung lebih agresif. Sebenarnya ini hanya mekanisme pertahanan diri karena saat suhu tubuh mereka dingin akibat penyelaman, iguana tidak bisa bergerak cepat dan menghindari predator.

Mengenal Iguana Laut Lebih Dalam

Salah satu jenis kadal yang hidup di laut adalah iguana laut (Amblyrhynchus cristatus), reptil ini sangat banyak terdapat di Kepulauan Galapagos dan berkerabat dengan iguana darat yang juga terdapat di kepulauan ini. Iguana laut bisa ditemukan di seluruh penjuru pulau, terutama bebatuan laut dan jumlahnya jauh lebih banyak daripada makhluk lain di daerah itu.

Panjang tubuh iguana jantan dewasa bisa mencapai 1,5 meter, sedangkan betina bisa mencapai 0,6 meter. Beratnya antara 0,5 kilogram dan 1,5 kilogram. Iguana ini terlepas dari jenis kelaminnya, berwarna hitam atau abu-abu gelap. Selama musim kawin, warna jantan bisa berubah menjadi merah dan hijau.

Sinar ultraviolet yang dapat berbahaya bagi manusia  mampu ditepis oleh reptil ini karena pigmen gelap yang melindungi kulit mereka dan juga menghangatkan mereka. Apalagi mereka memiliki ekor yang seperti baling-baling dan membuatnya betah di atas atau di bawah laut. Mereka memiliki cakar tajam yang dapat melengkung dan memungkinkan mereka untuk berpegangan pada batu dalam gelombang berat atau jika mereka berada di bawah permukaan. Mereka juga memiliki rentang hidup hingga delapan  puluh tahun.

Iguana laut mungkin terlihat menakutkan dan mereka tidak cantik, terutama dengan matanya yang besar, wajah yang tampak aneh, sisik punggung yang tajam dan kepala yang dipenuhi garam. Namun demikian, hewan yang tidak sedap dipandang ini dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungannya.

Reptil ini terlihat seperti monster, tetapi merupakan reptil lembut yang suka memakan ganggang dan rumput laut yang ditemukan di bawah permukaan. Herbivora ini juga dapat merobek ganggang dari bebatuan dan bergerak seperti buaya dengan ekor yang khusus. Perairan di sekitar Kepulauan Galapagos sangat dingin, tetapi iguana bebas berenang dan kulit abu-abu gelapnya yang terkena air dingin dapat menyerap sinar matahari. Hebatnya, mereka secara khusus bisa membuat kelenjar yang dikeluarkan dari hidung mereka untuk menghilangkan kelebihan garam dari darah mereka, saat makan.

Info Pets Selanjutnya  Melatih Bearded Dragon Makan Sayur

Banyak dari Iguana laut suka mengekspos diri mereka di bawah sinar matahari, mereka harus sering berjemur di bawah sinar matahari agar memiliki kekuatan untuk menemukan makanan karena mereka tidak dapat  melakukan termoregulasi. Reptil berwarna gelap ini dapat menyerap panas dengan sangat baik. Namun, kekurangannya menurunkan suhu tubuh mereka dan membuat mereka sangat lesu. Ketika ini terjadi, mereka berada di bawah belas kasihan banyak pemangsa yang ingin memangsa mereka. Untuk melawan ancaman, mereka menunjukkan sikap agresif untuk menakut-nakuti calon pemburu dengan harapan memberikan jalan keluar.

Berabad-abad yang lalu, reptil ini memiliki jumlah yang besar, tetapi saat ini, populasinya turun hingga ratusan ribu ekor saja. Ancaman terus-menerus dari hewan seperti kucing liar, tikus dan anjing yang memakan telur dan keturunannya mendorong mereka ke tepi jurang kepunahan. Untungnya, iguana laut dilindungi di seluruh pulau.

 

 

Ivan

 

Top