Iguana Badak Peliharaan Yang Mudah Dikawinkan

Iguana Badak Peliharaan Yang Mudah Dikawinkan

Iguana badak lebih sering disebut sebagai cyclura comuta yang merupakan nama binomialnya. Hewan yang berkerabat dekat dengan iguana badak adalah iguana laut Galapagos. Mereka paling sering ditemukan di Amerika Utara dan umumnya mendiami hutan tropis kering terutama di Pulau Hispaniola dan di Laut Karibia. Seekor iguana yang dianggap punah pernah terlihat di Pulau Navassa. Iguana khusus ini masih terkait dengan iguana badak.

Beberapa Fakta Penting Tentang Iguana Badak

  1. Tampilan Fisik.

Iguana badak dikenal dengan tubuh yang besar. Mereka cukup kuat dan memiliki tubuh yang ditutupi dengan deretan duri yang kaku. Kakinya yang panjang memungkinkan merekaa berjalan tanpa menyeret tubuh ditanah. Warnanya abu-abu kecokelatan. Seekor iguana badak jantan dewasa dapat memiliki bobot hingga lima belas kilogram dan memiliki panjang hingga tujuh puluh lima sentimeter.

Sisik epidermis pada kulit iguana badak memberikan tekstur yang kasar. Sisik yang membesar di kepala terkadang menyerupai tanduk dan inilah kenapa mereka dinamai mirip kata badak. Jantan memiliki tanduk dan ukuran tubuh yang jauh lebih besar daripada betina. Sobat Exotic mudah membedakan jantan dari betina melalui cara ini.

  1. Perilaku dan Makanan
iguana badak

Hewan ini berjenis herbivora. Makanan iguana badak adalah buah-buahan, bunga, daun dan biji-bijian meskipun makanan ini dapat bervariasi berdasarkan musim. Dialam liar, terkadang mereka memakan serangga, kepiting darat dan bahkan bangkai. Hewan kecil dan serangga lebih sering dimakan oleh iguana muda. Iguana badak akan mempertahankan area semak tertentu yang dianggapnya sebagai sumber makanan dari invasi iguana lain. Kebiasaan ini menunjukkan sifat teritorial dari iguana badak.

Makan dan berjemur di bawah sinar matahari adalah dua kegiatan utama yang mereka lakukan setiap hari. Iguana kemudian masuk dalam sarang mereka yang dapat berupa liang atau batang berongga pada malam hari. Sobat Exotic, Peran penjaga teritori dipegang oleh iguana badak jantan. Bisanya mereka mempertahankan area dengan batu-batu atau dan pohon-pohon yang tinggi di mana mereka bisa berjemur. Iguana badak jantan sangat teritorial dan agresif terhadap iguana jantan lainnya.

Info Pets Selanjutnya  Mengatasi Egg Binding Pada Iguana

Perkawinan Dan Penetasan Telur

Musim kawin Iguana badak dimulai pada bulan Mei atau sebelum musim hujan. Betina mampu bertelur hingga 44 telur kemudian mereka menggali terowongan sepanjang dua meter untuk meletakkan telur. Telur menetas dalam waktu hingga enam bulan, dialam liar. Sobat Exotic, Bayi Iguana dianggap sebagai penghuni pohon meskipun mereka sering mengikuti orang tua mereka. Rentang hidup mereka bisa mencapai empat puluh tahun. Iguana badak memasuki kematangan seksual di usia 3 tahun..

Sama seperti jenis iguana lain, iguana badak akan menggunakan sinar matahari untuk mengatur suhu tubuh. Sobat Exotic, jika dahulu iguana badak adalah sumber makanan bagi manusia, saat ini mereka dipelihara sebagai hewan peliharaan eksotis dan dibiakkan untuk tujuan ekonomi.

Ada banyak jenis kadal tetapi yang dianggap paling besar adalah keluarga Iguana. Meskipun iguana hijau adalah yang paling umum, ada beberapa dengan kulit berwarna cerah yang diidentifikasi sebagai iguana merah.

Iguana populer dari keluarga ini adalah kadal sisi merah. Mereka adalah kadal air dan terestrial beraneka warna yang cukup asli di habitat hutan terbuka Afrika Selatan dan Timur dan stepa berbatu.

Sangat umum untuk memiliki iguana ini sebagai hewan peliharaan. Mereka dapat dibeli di beberapa toko hewan peliharaan dan sekarang terlihat di kebun dan terkadang di rumah.

Cara Merawat dan Memberi Makan Iguana badak

Seperti halnya memelihara kucing, anjing, burung dan hewan lainnya, ada lima hal yang diperlukan agar reptilia tumbuh besar dan kuat.

1. Kandang Yang Layak Untuk Iguana

Satu ekor Iguana badak, dapat tinggal dalam kandang ukuran 3×3 meter. Meskipun habitat mereka dapat memiliki bentuk, ukuran, dan gaya yang berbeda, kandang dapat terbuat dari kaca atau kayu.

Info Pets Selanjutnya  Kura-kura Red Eared Slider, Peliharaan Sejuta Umat.

Untuk membersihkan kandang iguana, sebaiknya letakkan koran di bagian bawah atau gunakan rumput buatan.

Sediakan wadah makanan dan air yang harus didesinfeksi seluruhnya dan dibersihkan secara teratur. Tambahkan ranting, kulit kayu, dahan, dan batu ke dalam kandang ntuk bahan panjat.

2. Memberi Makan Iguana

Tahukah sobat Exotic bahwa Iguana bukan karnivora? Mereka adalah herbivora dan perlu diberi makan sayur dan buah.

Sebagian besar makanan mereka harus terdiri dari sayuran berdaun hijau termasuk sawi, escarole, kangkung dan bayam.

berikan campuran sayuran seperti paprika hijau, labu, sayuran beku, dan kacang hijau. Buah-buahan juga baik termasuk pisang, mangga dan apel.

Mereka juga harus memiliki jumlah protein yang cukup.

Mereka harus, seperti hewan peliharaan rumah lainnya, diberi makan setiap hari.

3. Iguana membutuhkan Air

Semua orang tahu air adalah kebutuhan dasar kehidupan dan iguana tidak berbeda dari bagian dunia lainnya. Untuk alasan ini, mereka harus memiliki akses air di dekatnya. Biasanya, iguana mendapatkan pasokan air melalui tanaman yang mereka makan atau memakannya dari kayu. Menempatkan mereka di lingkungan pagi hari benar-benar dapat mencegah dehidrasi.

Iguana yang diberi piring air akan melatih diri untuk menggunakannya. Untuk alasan ini, sangat penting untuk membersihkannya setiap hari untuk mencegah berkembangnya kuman dan bakteri.

4. Iguana dan Perawatan

Mandi adalah sesuatu yang harus dilakukan iguana. Ini adalah cara bagi Iguana  untuk mendapatkan air dan  membersihkan diri. lakukan dengan menggunakan air hangat dalam wadah dangkal sekitar tiga kali seminggu. Perlu diingat bahwa tidak semua iguana menyukai air.

5. Cara Menangani Iguana

Iguana perlu diberikan perhatian dan penanganan secara teratur. Setidaknya  dua sampai tiga kali sehari, kurang lebih 15 menit setiap kali. Usap punggung dan leher mereka dengan lembut. Ini membuat mereka terbiasa ditangani dan dipegang.

Info Pets Selanjutnya  Leopard Gecko Albino Dalam 3 Variasi Genetik

Iguana bisa menjadi agresif sehingga harus sangat berhati-hati saat mencoba menangani iguana.

Mengikuti cara yang disebutkan di atas, Iguana badak dapat hidup bahagia dan panjang umur. Mereka harus dijaga dengan baik seperti anak kecil

 

Keanu

 

Top