Hog Island Boa – Panduan Cara Merawat

Salah satu ular domestik yang paling populer dan umum dipelihara belakangan ini adalah hog island boa atau Boa Pulau Hog. Mereka biasanya ditemukan di Kepulauan Hog, ​​di Honduras.

Ular ini hipomelanistik, yang berarti mereka memiliki tingkat melanin yang lebih rendah di dalam tubuh dan warnanya kurang cerah daripada kebanyakan ular boa jenis lainnya.

Warna ekor yang bervariasi , mulai dari merah muda ke oranye dan memiliki kemampuan untuk mengubah warna tergantung pada waktu hari.

Pada malam hari, warnanya menjadi lebih terang, sedangkan kepala dan lehernya menjadi hampir putih. Tubuh mereka memiliki rona kebiruan yang unik.

Boa pulau babi sangat umum di kalangan pecinta dan kolektor reptil, tetapi populasi di alam liar telah mengalami penurunan secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir.

Bahkan, dilaporkan bahwa Hog Island Boa tidak muncul di pulau itu selama empat atau lima tahun terakhir dan dikhawatirkan telah punah, tetapi untungnya mereka mudah dikembangbiakkan di peternakan.

Sementara beberapa dari spesies ini mungkin masih hidup bebas di alam liar, sangat penting menjaga kelestarian mereka.

hog island boa

Bisa jadi spesimen yang dipelihara oleh penghobi adalah satu-satunya Boa Pulau Hog yang tersisa dan mereka pada akhirnya dapat diperkenalkan kembali ke alam liar jika pembiakan di peternakan terus berhasil.

Para ahli juga mengatakan bahwa menjaga kemurnian darah atau garis keturunan ular sangat penting untuk kelangsungan hidup spesies ini.

Ada banyak fakta dilapangan bahwa beberapa pemilik cenderung menyilangkannya  atau melakukan cross breeding dengan boa ekor merah untuk mendapatkan warna ekorn yang terang, tanpa mengabaikan pentingnya menjaga ular itu tetap asli dan unik.

Harga

Harga untuk ular Hog Island Boa bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin dan kondisi ular tersebut. Harga rata-rata berkisar antara Rp7.000.000 hingga Rp30.000.000. Namun, harga dapat lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada faktor-faktor tersebut.

Info Pets Selanjutnya  Cara Mengetahui Jenis Kelamin Ular Ball Python

Cara Breeding

Berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya ular Hog Island Boa:

  1. Tempat tinggal: Hog Island Boa membutuhkan kandang yang besar dan nyaman. Rekomendasi ukuran kandang adalah minimal 6 kaki panjang x 3 kaki lebar x 3 kaki tinggi.
  2. Suhu dan Kelembaban: Hog Island Boa membutuhkan lingkungan dengan suhu rata-rata sekitar 26°C – 29°C dan kelembaban sekitar 60% – 70%. Pastikan untuk menjaga suhu dan kelembaban yang stabil dan memantau secara teratur menggunakan termometer dan kelembaban meter.
  3. Peralatan: Sediakan peralatan seperti lampu, termometer, dan kelembaban meter. Lampu yang dianjurkan adalah lampu inframerah atau lampu konsentrator panas.
  4. Makanan: Hog Island Boa adalah ular pemakan tikus. Rekomendasi untuk memberikan makan setiap 1-2 minggu sekali. Pastikan untuk memantau berat badan ular dan membatasi jumlah makan jika diperlukan.
  5. Pemeliharaan: Berkala melakukan pembersihan kandang dan peralatan untuk menjaga kesehatan ular. Pastikan untuk membuang sampah dan membersihkan sisa makan secara teratur.
  6. Perawatan Medis: Kunjungi dokter hewan secara berkala untuk memastikan kesehatan ular tetap baik. Jika terjadi masalah kesehatan, segera membawa ular ke dokter hewan.
  7. Peraturan Perdagangan: Pastikan untuk memenuhi peraturan perdagangan hewan liar yang berlaku.

Catatan: Budidaya ular Hog Island Boa memerlukan pemahaman dan pengalaman yang baik dalam hal perawatan ular. Sebaiknya berkonsultasi dengan ahli herpetologi atau dokter hewan sebelum memulai budidaya.

Cara Merawat Hog Island Boa

Perawatan ular boa Pulau Hog sama sekali tidak berbeda dengan boa umum jenis lainnya  misalnya boa constrictor imperator.

Mereka relatif mudah dirawat jika sobat Exotic mengetahui kebutuhan khusus dari spesies ini. Hog Island Boa berukuran kecil dibandingkan ular boa dan paling besar mencapai 5-6 kaki, hal ini salah satu faktor kenapa popularitas mereka sebagai hewan peliharaan cukup meningkat.

Info Pets Selanjutnya  Perawatan Ular Jagung - Tips Memberi Makan Ular Jagung

Hog island boa membutuhkan suhu dikisaran 23-27C dan mereka harus hidup di lingkungan dengan kelembaban sekitar 50 – 60%.

Mereka dengan mudah dapat diberikan pakan berupa tikus beku di peternakan. Seperti semua ular, ukuran mangsanya tidak boleh melebihi lingkar tubuhnya.

Hog boa cukup jinak dan biasanya enggan menggigit. Meskipun bayi ular ini cenderung sedikit lebih waspada, mereka akan tenang dengan penanganan yang teratur.

Jika sobat Exotic merawatnya dengan baik, mereka tumbuh menjadi ular yang benar-benar dapat diandalkan dan jinak. Boa pulau babi juga akan mengalami sedikit perubahan warna saat dewasa.

Saat masih bayi, warna tubuh mereka lebih keabu-abuan dan akan memiliki warna merah muda seiring bertambahnya usia.

Mereka adalah ular yang fantastis dan meskipun tidak umum, mereka biasanya tidak terlalu sulit ditemukan di toko penjual hewan peliharaan.

Mereka adalah boa pertama atau ular yang sangat baik untuk peternak yang tidak ingin memelihara ular sepanjang 3 – 4 meter atau memiliki lahan yang terbatas.

Boa constrictor imperator umumnya dikenal sebagai Common Boa, atau Boa Kolombia. Boa Constrictor Imperator muncul dalam literatur dengan banyak nama yang berbeda, di antaranya adalah: Sonoran boa, Hog Island boa, Central American Boa tergantung pada lokasi geografis, namun jangan disamakan dengan Boa Constrictor Constrictor yang populer atau Red Tailed Boa, yang merupakan subspesies tersendiri.

Pola: Boa Kolombia memiliki penampilan yang mirip dengan Red Tailed Boa. Sebagian besar boa biasa memiliki ekor kemerahan, dengan bagian tubuh lainnya berwarna coklat muda dengan pelana yang lebih gelap.

Ukuran: Common Boa, atau boa Kolombia, meskipun jelas merupakan ular besar, relatif kecil untuk boa constrictor. Ciri khasnya adalah perbedaan mencolok dalam ukuran antara leher dan kepala, tubuhnya terkompresi sedangkan ekornya sangat panjang. Boa Kolombia dewasa memiliki berat sekitar 45 pon dan yang betina  yang secara umum lebih besar dan lebih kuat, beratnya sekitar 50 pon. Sementara boa ekor merah dewasa dapat mencapai 12 kaki, kebanyakan boa jarang melebihi 9 kaki panjangnya.

Info Pets Selanjutnya  Ular Pohon Boomslang Paling Beracun di Afrika

Ivan S