Dimana Tempat Membeli Kura-kura Darat?

Dimana Tempat Membeli Kura-kura Darat?

Jika sobat Exotic berpikir untuk membeli kura-kura darat, ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan. Yang tidak kalah penting adalah anggaran belanja, karena membeli kura-kura darat bisa berharga antara Rp.500.000 sampai Rp.400.000.000, tergantung pada usia dan jenis kura-kura darat.

Namun, ini bukan akhir dari cerita! Sobat juga harus memperhitungkan biaya untuk membuat habitat, pemanas, penerangan, menjaga kebersihan kandang kura-kura darat, dan tentu saja memberi makan kura-kura darat peliharaan.

Jadi, jika berpikir untuk membeli kura-kura darat, Sobat harus berpikiran terbuka tentang berapa budged untuk membeli kura-kura darat peliharaan baru.

Dari siapa Harus Membeli Kura-kura Darat?

Cara terbaik untuk membeli kura-kura darat adalah pergi ke penangkaran kura-kura darat yang bereputasi baik dan berpengalaman. Sobat biasanya dapat menemukan iklan ini di toko hewan peliharaan setempat atau bahkan di dokter hewan setempat. Iklan dan situs web harus memiliki tautan untuk diikuti sehingga sobat dapat menemukan penangkaran kura-kura darat terdekat.

Apa Yang Harus Ditanyakan Saat Membeli Kura-kura Darat?

Jika sobat menemukan penangkaran kura-kura darat lokal, ada beberapa pertanyaan yang harus diajukan. Pertama, sobat ingin melihat indukan kura-kura darat yang akan dibeli, melihat apakah kura-kura darat terlihat sehat dan dirawat dengan baik. Lingkungan di mana indukan dipelihara harus memberikan sobat sebuah gambaran yang baik tentang profesionalisme peternak kura-kura darat.

Jika sobat tidak dapat menemukan peternak kura-kura darat terdekat,sobat mungkin perlu membeli kura-kura peliharaan dari toko hewan peliharaan terdekat. Sobat dapat menanyakan beberapa pertanyaan kepada pemilik toko hewan tentang asal usul kura-kura darat tetapi mereka mungkin tidak memiliki banyak informasi untuk dibagikan. Jadi jika sobat ingin membeli kura-kura darat dari toko hewan peliharaan, sobat perlu tahu sedikit tentang cara mengenali kura-kura darat yang sakit.

Info Pets Selanjutnya  Liburan Ke Pulau Seychelles

Bagaimana Cara Mendeteksi Kura-kura Darat Yang Sakit?

Membeli Kura-kura Darat

Mata: Mata kura-kura darat harus cerah, bersih dan bebas dari kotoran berwarna.

Cangkang: Kondisi cangkang kura-kura darat harus keras.

Waspada: Kura-kura darat harus nampak aktif.

Hidung: Seharusnya tidak ada cairan atau gelembung yang keluar.

Mulut: Kura-kura darat harus bernapas dengan mudah melalui hidungnya, bukan melalui mulut.

Kesehatan Umum: Seharusnya tidak ada tanda-tanda luka yang jelas pada cangkang atau kaki dan tidak boleh ada kotoran di sekitar area anus kura-kura darat.

Kesimpulannya, jika sobat ingin membeli kura-kura darat, rencana terbaik adalah mencari peternak kura-kura darat terdekat di mana sobat dapat melihat langsung indukan kura-kura darat yang ingin dibeli dan melihat bagaimana kura-kura darat tersebut dipelihara. Namun, jika tidak dapat menemukan peternak kura-kura darat terdekat, sobat mungkin perlu membeli kura-kura darat dari toko hewan peliharaan setempat.

Dalam hal ini sobat Exotic harus melihat dari dekat kura-kura darat yang ingin dibeli. Cari tanda cedera yang jelas atau masalah kesehatan. Bahkan jika sobat tidak terbiasa menangani kura-kura darat peliharaan, sobat akan dapat mengetahui dengan cepat jika kura-kura darat yang sobat pegang sedang tidak sehat.

Idealnya, peternak atau pemilik toko hewan peliharaan harus memberi sobat jaminan. Ini mungkin tidak berlangsung lama, tetapi ini akan memberi sobat cukup waktu untuk membawa kura-kura darat peliharaan baru ke dokter hewan untuk pemeriksaan lengkap. Membeli kura-kura darat bisa menjadi tugas yang menakutkan mengingat harga kura-kura darat tetapi jika sobat Exotic mengikuti beberapa aturan sederhana ini, mudah-mudahan akan dapat membeli kura-kura darat yang sehat dan bebas dari penyakit dan parasit.

Merawat Kura-kura

Dalam merawat kura-kura ada banyak hal yang harus diperhatikan agar mereka bisa berumur panjang dan sehat. Kura-kura berbeda satu sama lain dan bahkan subspesies mereka memiliki kebutuhan yang berbeda juga. Dalam merawat kura-kura, Sobat Exotic harus terbiasa dengan semua kebutuhan penting seperti makanan, tempat tinggal bahkan obat-obatan mereka. Sobat Exotic harus tahu seberapa banyak seharusnya memberi mereka makan.

Info Pets Selanjutnya  Mengenal Penyu Belimbing Yang Hampir Punah

Kebanyakan kura-kura adalah omnivora yang berarti makanan mereka harus terdiri dari daging dan tumbuhan. Saat merawat kura-kura, beri makanan yang sehat dan seimbang untuk menghindari masalah kesehatan seperti obesitas yang dapat menyebabkan komplikasi pada ginjal dan hati. Saat merawat kura-kura, sobat juga harus memberi mereka tempat berlindung yang aman agar mereka berumur panjang.

Berikut adalah daftar yang ‘harus dilakukan’ saat merawat kura-kura agar tetap sehat dan panjang umur:

1. Sobat harus menuangkan 40 liter air tawar bebas klorin ke dalam akuarium mereka setiap kali mengganti air. Sobat juga dapat menambahkan beberapa tanaman, beberapa ikan hidup dan batu di dasar akuarium.

2. Kura-kura bergantung pada kehangatan lingkungannya agar dapat menjaga suhu tubuhnya sehingga sobat harus menyediakan lampu penghangat di akuarium mereka.

3. Bersihkan akuarium secara teratur dan ganti air mereka untuk minum setiap hari.

4. Beri mereka makanan berukuran gigitan seperti sayuran seperti peterseli, selada, wortel dan buah-buahan seperti apel, melon, stroberi dan pir.

5. Sobat Exotic juga bisa menambahkan beberapa daging ukuran gigitan seperti ayam, kalkun dan beberapa ikan hidup.

6. Taburkan vitamin dan suplemen pada makanan mereka setiap hari untuk melindungi sistem kekebalan tubuh dari penyakit tertentu yang bahkan dapat menyebabkan kematian sebelum waktunya.

Ingatlah bahwa ketika merawat  kura-kura, sobat Exotic harus mempertimbangkan bahwa mereka juga memiliki beberapa makanan favorit, jadi pastikan memberikannya untuk variasi makan mereka setiap hari.

Dian

Top