Daftar Hewan Peliharaan ( Reptil, Hewan Pengerat, Burung, Ikan, Kucing, Anjing ) Yang Menyenangkan Dipelihara di Rumah

Daftar Hewan Peliharaan ( Reptil, Hewan Pengerat, Burung, Ikan, Kucing, Anjing ) Yang Menyenangkan Dipelihara di Rumah

Mempunyai hewan peliharaan (Reptil, Hewan Pengerat, Burung, Ikan, Kucing, Anjing) memang bisa menjadi sebuah hal yang membahagiakan bagi anda serta keluarga. Disamping itu, dengan mempunyai hewan peliharaan ternyata bisa memberikan Efek positif terutama bagi anak-anak.  Dilansir dari healthline,  terdapat sejumlah manfaat saat memelihara hewan di rumah.

Manfaat untuk anak-anak Salah satunya yaitu bisa mendapatkan pelajaran hidup dari memelihara hewan kesayangan.  Disamping itu dengan memelihara  hewan kesayangan juga akan mengajarkan tentang tanggung jawab serta kemandirian dengan tetap dilakukan pengawasan orang tua. Rasa kasih sayang anak juga akan bisa distimulasi saat mereka memelihara hewan.

Hewan peliharaan memang banyak jenisnya, akan tetapi yang cocok untuk dipelihara anak-anak tentu harus dipikirkan. Jangan sampai, niatnya ingin bermain dengan hewan tersebut,  namun malahan bisa berbahaya. Oleh karena itu, kami akan memberikan rekomendasi jenis hewan peliharaan apa saja yang bagus dirawat bersama-sama dengan anak.

Daftar Hewan Peliharaan (Reptil, Hewan Pengerat, Burung, Ikan, Kucing, Anjing) Yang Cocok Dipelihara Untuk Anak

Bagi Anda yang ingin mengajarkan nilai-nilai ini kepada anak, kami memberikan beberapa rekomendasi hewan  peliharaan yang cocok untuk Anda besarkan dirumah:

1. Ikan

ikan menjadi hewan peliharaan yang cocok  sebagai hewan pertama bagi anak. Memang tidak semua ikan bisa dipilih karena pakan hewan yang cukup rentan.  Salah satu jenis ikan yang mungkin cocok dipertimbangkan sebagai hewan peliharaan adalah ikan mas. Namun sebenarnya memang lebih sulit dipelihara daripada ikan cupang.

Jadi, ikan cupang cocok juga untuk dipelihara karena mampu beradaptasi di dalam lingkungan isolasi. Selain itu, tidak harus dipelihara dalam jumlah banyak dan juga air yang dibutuhkan tidak terlalu menyulitkan. Bahkan, Anda juga tidak membutuhkan beberapa peralatan seperti aerator, pemanas, maupun bahan kimia.

Memelihara ikan cupang bisa dilakukan pada bak, botol, maupun akuarium kecil. Hal yang paling penting adalah jangan sampai mencampur beberapa ikan cupang karena ikan ini sifatnya Mandiri atau sendiri.  Ganti air secara teratur dan dan jaga suhunya di Kisaran 24 -28 derajat Celcius.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Kura-Kura Radiata Selalu Sehat Dan Produktif

2. Kura-Kura

Jenis kura-kura pemakan tumbuhan menjadi hewan yang bisa hidup lama, bahkan mencapai 50 tahun.  Kura-kura dapat menjadi binatang peliharaan yang aman juga untuk anak-anak, jika ukurannya relatif kecil. Tetapi, hal yang perlu diingat adalah bagaimana cara cara menjaga kebersihan nya. Alasannya, berdasarkan American Academy of pediatrics memberikan informasi bahwa reptil sebagai peliharaan anak juga bisa menularkan  bakteri salmonella.  Oleh karena itu, jika ingin memelihara kura-kura sebaiknya juga penting memelihara kebersihan dan meneliti persyaratannya.

3. Hamster

Jenis mamalia kecil ini memang relatif mudah dipelihara. Disamping itu, tempat yang dibutuhkan untuk merawatnya juga tidak terlalu besar dan cara memeliharanya juga sangat mudah. Perawatan yang teratur serta lembut akan membuat hewan semakin bersahabat dengan anak. Akan tetapi memang perlu diperhatikan juga bahwa meskipun lucu, namanya hewan pengerat memiliki gigi yang bisa menggigit juga walaupun tidak terlalu signifikan.

4. Burung

Burung dapat menjadi hewan peliharaan  ramah dan baik untuk anak-anak. Meskipun memang cara perawatannya lebih sulit dibandingkan kura-kura maupun ikan. Beberapa jenis burung dianggap cerdas dan suaranya bagus sementara yang lain lebih bersifat sosial. Setiap harinya, burung hampir memerlukan perawatan.

Salah satu jenis burung yang relatif mudah dipelihara adalah parkit.  Burung yang lebih mahal misalnya kakatua adalah jenis peliharaan yang memang baik namun perawatannya jauh lebih sulit dibandingkan kenari maupun parkit. Jadi untuk anak-anak, sebaiknya memelihara burung  relatif kecil dan tidak membutuhkan biaya besar.

5. Kucing

Hewan peliharaan (Reptil, Hewan Pengerat, Burung, Ikan, Kucing, Anjing) kucing tentu menjadi favorit baik anak-anak maupun dewasa. Perawatannya juga relatif lebih mudah dibandingkan anjing, namun memang untuk urusan komitmen masih kalah dengan anjing. Agar higienis, kucing juga memerlukan imunisasi maupun pemeriksaan ke dokter hewan dengan teratur.

Info Pets Selanjutnya  4 Jenis Reptil Yang Ada Di Dunia

Hal yang penting juga diperhatikan adalah memilih kucing yang cocok untuk dipelihara anak-anak. Hewan ini memang lebih  tempat dipelihara untuk Anda yang punya tempat tinggal terbatas. Selain itu, perhatikan juga di lingkungan sekitar jika memang berpotensi banyak tetangga yang kurang suka, akan lebih baik memelihara kucing dibanding anjing.

6. Anjing

Banyak yang menganggap anjing merupakan  sahabat terbaik manusia. Mencintai anjing lebih dari sekedar memeliharanya saja karena butuh komitmen yang besar. Sebelum mengadopsi, pastikanlah anjing bersosialisasi dengan nyaman baik di lingkungan sekitar maupun anakanda. Pada ras tertentu juga memerlukan biaya lebih besar untuk perawatannya.

Anak anjing harus dirawat dengan baik dan perlu berolahraga setiap harinya. Selain itu, Anda juga harus secara rutin memeriksakan ke dokter hewan atau petshop supaya memastikan tidak membawa bibit penyakit atau kuman yang membahayakan. Anjing memiliki ras yang berbeda-beda, namun beberapa yang dianggap ramah terhadap anak mulai dari Labrador Retriever, Boxer, beagle, dan juga Golden Retriever.

7. Sugar Glider

Hewan peliharaan (Reptil, Hewan Pengerat, Burung, Ikan, Kucing, Anjing) yang satu ini memang relatif mudah dibawa kemanapun. Bahkan, bisa dimasukkan ke dalam kantong maupun duduk di atas pundak.  Sugar glider adalah hewan kecil yang mirip dengan tupai terbang, dan masuk ke dalam pak marsupial  seperti kangguru atau koala yang memiliki kantung.

Sesuai namanya, hewan ini sangat suka dengan makanan manis misalnya madu atau nektar. Salah satu kemampuannya yaitu meluncur dan oleh karena itu dinamakan sugar glider. Ternyata, hewan ini  relatif lebih lama dibandingkan kucing.  Hewan ini cocok untuk Anda yang yang ingin mengusir rasa bosan dan tentu aman di pelihara untuk anak-anak juga.

8. Landak

Saat mendengar kata landak, mungkin anda  berpikir 1000 kali untuk  memelihara nya di rumah. Banyak orang yang menganggap bahwa landak ini hewan yang berduri dan beracun. Padahal, ada jenis landak yang lucu dan bisa dipelihara. Ukurannya pun relatif kecil dibandingkan landak hutan. Disamping itu, perawatannya sederhana.  Anda cuma perlu memandikan dan rajin membersihkan kandang. Selain itu ajaklah anak untuk bermain dengan landak ini bersama orang tua.

Info Pets Selanjutnya  Memelihara Fennec Fox

9. Kelinci

Kelinci juga menjadi salah satu daftar hewan peliharaan (Reptil, Hewan Pengerat, Burung, Ikan, Kucing, Anjing) yang relatif aman dan mudah.  Anda cukup membeli kandang serta rutin memberinya air serta sayuran. Untuk menjaga kebersihannya agar terhindar dari kotoran atau jamur. Selain mudah dirawat, tentu semua orang setuju bahwa kelinci sangat lucu dan menggemaskan.

Ada beberapa jenis kelinci yang cocok dipelihara di rumah antara lain kelinci rex, kelinci anggora, kelinci satin dan kelinci lop.  Meskipun mudah dirawat dan lucu, Anda harus tetap mengajarkan anak-anak bertanggung jawab untuk ikut serta merawatnya.

Dari sejumlah hewan peliharaan tersebut, tentu anda ingin memberikan yang paling menyenangkan, mudah dirawat, serta diperoleh dari tempat terpercaya. Salah satu tempat untuk membeli hewan peliharaan dan yang direkomendasikan adalah http://exoticmarketindonesia.com/.  Berbagai jenis hewan lucu dan kebutuhannya tersedia lengkap.

Jadi, memberikan hewan peliharaan (Reptil, Hewan Pengerat, Burung, Ikan, Kucing, Anjing) untuk anak adalah salah satu hal positif yang bisa dilakukan untuk mengajarkan tanggung jawab dan mengasihi sesama makhluk hidup. Anda yang mulai berniat melakukannya dan mencari di mana tempat memperoleh hewan peliharaan terbaik, maka http://exoticmarketindonesia.com/  adalah jawabannya.

Top