Daftar Berkala Perawatan Bearded Dragon

Daftar Berkala Perawatan Bearded Dragon

Untuk perawatan bearded dragon yang tepat, jadwal rutin ini harus dijalankan secara berkala, harian, mingguan, bulanan, semester dan tahunan. Berikut ini adalah daftar perawatan reptil, daftar penting untuk menjaga bearded dragon sehat dan sentosa.

Perawatan Bearded Dragon Harian :

  • Beri makan bearded dragon dan ganti wadah air dengan air mineral
  • Keluarkan wadah makan dan bersihkan setelah makan
  • Sterilkan area makan dari  sisa makanan
  • Bersihkan substrat dari kotoran apa pun
  • Periksa bearded dragon, apakah ada tanda-tanda visual muncul penyakit atau masalah dengan shedding kulit
  • Luangkan waktu dengan hewan peliharaan di luar kandang.

Mingguan :

  • Mandikan bearded dragon
  • Potong kuku kaki
  • Sterilkan kandang secara menyeluruh, bersihkan semua benda seperti ranting dan batu
  • Bersihkan lingkungan kandang, termasuk bagian bawah dan belakang
  • Pastikan semua peralatan pemanas dan penerangan berfungsi dengan baik (UVA/UVB)
  • Bawa bearded dragon ke luar untuk berjemur di bawah sinar matahari

Bulanan :

  • Lepaskan semua komponen kandang dan cuci tangki dengan disenfektan. Biarkan hingga benar-benar kering di bawah sinar matahari.

Semester :

  • Ganti substrat

Perawatan Bearded Dragon Tahunan :

  • Kunjungi dokter hewan terdekat. Bawa hewan peliharaan beserta sampel kotoran untuk memeriksa adanya parasit atau penyakit lain.

Pemberian Pakan Bearded Dragon Baby Dan Dewasa :

Daftar Berkala Perawatan Bearded Dragon

Sobat Exotic harus menyadari kebutuhan nutrisi bearded dragon baby dan dewasa. Di bawah ini adalah daftar proporsi makanan dasar dan variasi yang dibutuhkan agar mereka sehat dan panjang umur.

  • 50 persen: – Serangga yang terdiri dari jangkrik, ulat, cacing dan sekali-sekali diberikan tikus mencit.
  • 30 persen: – Sayuran hijau yang kaya kalsium misalnya alfalfa, sawi, bayam, kubis, brokoli dan kacang hijau.
  • 10 persen : – sayur lainnya contoh paprika, parutan wortel, tomat dan taoge.
  • 10 persen: – makanan lain seperti roti, sereal dan pelet khusus bearded dragon.
Info Pets Selanjutnya  Cara Memelihara Corn Snake Ala Penghobi Berpengalaman

Bearded dragon dewasa dapat diberi makan sekali sehari dan baby dua kali sehari. Sayuran sebaiknya dipotong kecil-kecil dan diberi serangga yang lebih kecil agar mudah dimakan.

Untuk bearded dragon baby, karena pertumbuhannya cepat, sebaiknya diberi lebih banyak protein dan diberi makan dua kali sehari.

Rasio makanan mereka harus terdiri dari 60 persen protein, 25 persen sayuran kaya kalsium dan 15 persen makanan lainnya.

Dengan membuat daftar perawatan untuk bearded dragon, sobat Exotic mengurangi risiko lupa melakukan salah satu tugas dan mengabaikan hewan peliharaan.

Bearded dragon harus dikeluarkan dari kandangnya sesekali .

Tidak Boleh Dilakukan :

  • Memegang ekor atau anggota tubuhnya.
  • Menangkap bearded dragon secara tiba-tiba.
  • Jangan letakkan jari sobat Exotic di bawah dagu bearded dragon.
  • Jangan menekan dan meremas bagian tubuhnya.
  • Jangan pegang dengan kepalan tangan jika bearded dragon tiba-tiba melarikan diri.

Memiliki Bearded Dragon Yang Sehat

Perawatan bearded dragon dapat dikelola dengan beberapa panduan dasar ini. Agar berhasil membesarkan hewan peliharaan, sobat Exotic harus benar-benar menyadari kondisi kehidupan mendasar seperti pemanasan kandang dan pemberian makan. Ini tidak dianggap rumit, meskipun konsistensi dalam rutinitas harian sobat akan memungkinkan bearded dragon menjalani gaya hidup yang nyaman dan sehat hingga 25 tahun.

Pencahayaan dan Pemanasan

Jenis lampu yang dibutuhkan

Perawatan bearded dragon akan membutuhkan lampu spektrum penuh (UVB) dan lampu berjemur (UVA). Suhu yang tepat diperlukan untuk menjaga kesehatan bearded dragon sehingga dapat mengatur suhu tubuh. Jika terlalu dingin, BD akan kesulitan mencerna makanannya dan jika terlalu hangat, BD bisa mati karena dehidrasi. Cobalah untuk menggunakan termometer digital untuk mengukur lingkungan BD peliharaan. Dengan begitu sobat Exotic tidak perlu memainkan tebak-tebakan tentang pembacaan suhu.

Info Pets Selanjutnya  Cara Memelihara Tarantula Untuk Pemula

Bisakah menggunakan lampu belajar saja?

Tentu saja bisa,  pastikan lampu belajar mampu mengeluarkan 60 hingga 100 watt pancaran putih terang dan lihat apakah panas di bawah bohlam 25 hingga 26 derajat celsius. Jika lampu belajar tidak memenuhi persyaratan dasar ini, belilah lampu berjemur yang sebenarnya, kadang-kadang disebut lampu panas atau lampu UVA. Sobat exotic ingin bearded dragon bahagia, bukan?

Berapa lama membiarkan lampu menyala?

Biarkan lampu spektrum penuh (UVB) dan lampu berjemur (UVA) menyala selama 12 hingga 14 jam. Ini dapat disesuaikan untuk mensimulasikan kondisi pencahayaan alami. Artinya, selama musim hujan akan ada lebih sedikit panas di waktu siang hari yang tersedia dan di musim kemarau, sobat Exotic akan memiliki lebih banyak mendapatkan cahaya matahri di waktu siang. Jika bisa, gunakan timer, dengan begitu lampu UVA dan UVB akan menyala dan mati secara bersamaan meskipun sobat Exotic sedang pacaran.

Kebutuhan Nutrisi

Berapa banyak ?

Perawatan bearded dragon membutuhkan pemberian nutrisi yang tepat. Sebagai aturan umum, beri makan hewan peliharaan dengan potongan makanan kurang dari ukuran celah di antara matanya. Tergantung pada usia, semakin tua spesimen, semakin sedikit memberinya makan. Mungkin hanya dua sampai tiga kali per minggu untuk BD dewasa. Pemberian makan harian mungkin diperlukan untuk BD muda.

Makanan yang ideal

Sobat Exotic dapat memaksimalkan nutrisi dengan menawarkan rotasi menu teratur ulat sutera, ulat lilin, cacing phoenix dan jangkrik yang ditaburi suplemen vitamin dan mineral. Suplemen bahkan mungkin dalam bentuk multivitamin yang ditujukan untuk anak balita.

Selain cacing dan jangkrik, makanan harus mencakup sebagian kecil sayuran berdaun hijau tua, rumput segar, bunga, sawi, labu, dan kangkung.

Info Pets Selanjutnya  Ciri-Ciri Kucing Serval, Harga Dan Makanannya

Perawatan Bearded Dragon – Tanda Kadal Sehat dan Sejahtera

Ciri BD sehat

Bearded dragon menunjukkan perut yang terlihat terisi dengan baik dan memiliki postur tegak dengan sikap waspada, ciri ini biasanya menunjukkan bahwa sobat Exotic telah melakukan pekerjaan yang baik dalam membesarkan BD peliharaan. Tanda-tanda lainnya bisa berupa kebiasaan makan yang sehat, keinginan untuk berjemur dan tidak ada pembengkakan di bagian ekor atau jari kaki. Jika sobat Exotic menemukan karakteristik ini, tepuk dada sobat karena sudah melakukan pekerjaan yang luar biasa!

Gejala Penyakit

Bagaimana tanda BD sakit?

Bersiaplah untuk pergi ke dokter hewan spesialisasi reptil jika ada tanda-tanda penyakit. Mengetahui masalah sedini mungkin akan meningkatkan peluang bearded dragon untuk pulih dengan cepat.

Jika melihat kurangnya nafsu makan, kehilangan minat pada kandang atau lingkungannya, mata yang sering tertutup, anggota badan yang tampak tidak bernyawa, rahang yang terlihat seperti tidak digunakan atau tinja yang tidak normal, maka segera konsultasikan dengan dokter hewan untuk mendiagnosis dan merawat bearded dragon dengan benar.

Perawatan bearded dragon dapat dilakukan dengan sukses jika di berikan tambahan informasi yang tepat. Persyaratan lingkungan dan nutrisi  BD peliharaan adalah aspek terpenting dalam perawatan bearded dragon yang tepat.

Gwen

Top