Ciri-Ciri Kucing Serval, Harga Dan Makanannya

Ciri-Ciri Kucing Serval, Harga Dan Makanannya

Apa saja ciri-ciri kucing serval? Harga mereka dipasaran saat ini dan menu makanannya? Tentu hal ini perlu sobat Exotic ketahui lebih lanjut sebelum membeli dan memelihara mereka. Hewan ini sudah mulai umum dipelihara oleh para penggemar kucing di Indonesia.

Ciri-Ciri Fisik

kucing serval

Kucing Serval (Leptailurus serval) merupakan hewan liar asli dari Afrika, berukuran sedang dan bertubuh ramping dengan kaki yang panjang. Ia memiliki kepala kecil dan telinga oval. Panjang mereka sekitar 60-98 cm dengan berat 10-15 kg. Bulu dengan motif bergaris-garis mulai dari kepala hingga ke belakang leher dan tubuhnya berbintik-bintik. Warna bulu kuning kecoklatan dengan garis-garis hitam dan bintik-bintik. Telinga serval mampu bergerak hingga 180 derajat secara terpisah. Kemampuan mereka dalam melihat, mencium, dan mendengar sangat baik. Serval memiliki sifat yang mirip dengan cheetah namun bisa mendengkur seperti kucing rumahan. Jika dirawat dengan baik, mereka mampu hidup sampai usia 18 tahun.

Kucing ini biasanya berkembang-biak di alam liar tetapi juga biasa dibudidayakan melalui peternakan. Di alam liar, Kehamilan berlangsung sekitar dua hingga tiga bulan, biasanya indukan melahirkan 2 hingga 5 ekor anak. Induk betina akan membesarkan mereka di dalam sarang tertutup untuk menghindari ancaman pemangsa yang lebih besar. Anak kucing serval dapat menjadi dewasa dalam waktu 6 bulan saat mulai memiliki gigi permanen dan berburu untuk diri mereka sendiri. Mereka mencapai kematangan seksual pada usia 1 tahun dan mulai meninggalkan induknya.

Makanan Kucing Serval

Dialam bebas, Kucing Serval tinggal di sabana dan menyukai makanan berupa hewan pengerat, ikan, katak, burung, kelinci dan serangga. Sebagai peliharaan, sobat Exotic cukup memberikan mereka pakan berupa cat food. Serval adalah salah satu kucing pemburu terbaik di Afrika dengan tingkat keberhasilan berburu mencapai 60%. Kucing ini membutuhkan banyak air mineral untuk keberlangsungan hidupnya.

Info Pets Selanjutnya  Manfaat Klinik Dokter & Perawatan Hewan yang Berkualitas

Sebagai hewan nokturnal, serval lebih aktif di malam hari. Terkadang mereka akan memburu hewan yang berukuran jauh lebih besar seperti rusa. Serval diketahui sanggup melompat secara horizontal hingga 4 meter dan mendarat tepat pada sasaran untuk membunuh mangsa.

Harga Kucing Serval

Saat in banyak sekali peternak yang memasarkan kucing serval di Indonesia. Jika sobat Exotic berniat untuk memelihara, harap pastikan untuk membeli kucing serval hasil budidaya yang legal dan bersertifikat, hindari membeli hasil tangkapan alam. Biasanya binatang peliharaan eksotis ini dihargai Rp.25 Juta s/d Rp.60 Juta.

Perawatan Kucing Serval

  • Serval memiliki sifat sangat setia kepada pemiliknya dan sulit untuk dipindahkan ke pemilik lain.
  • Kucing ini dapat dikawinkan dengan kucing domestik dan menghasilkan keturunan yang di sebut Kucing Savannah.
  • Berikan habitat kandang yang luas agar kucing serval bisa bebas beraktivitas.

Merawat Kucing Besar Non Domestik

Pecinta kucing mungkin berpikir bahwa pengalaman pamungkas dalam hidup mereka mungkin adalah memiliki kucing besar non-domestik sebagai hewan peliharaan. Ide memiliki kucing besar dari satu jenis atau lainnya mungkin tampak menarik, memikat dan bahkan mungkin bermanfaat bagi hewan, tetapi ada sejumlah pertimbangan yang sangat serius untuk dipertimbangkan. Di sini kita melihat masalah utama.

Biaya

Mari kita mulai dengan yang benar-benar praktis, memelihara kucing besar sangat mahal. Membeli kucing saja sudah cukup mahal, misalnya dengan harga Serval atau caracal sekitar Rp,30 juta, anak harimau Rp.70 juta. Ini hanya untuk pengeluaran awal pembelian hewan itu sendiri dan tidak mencakup pengeluaran lain seperti kandang dan tentu saja yang lumayan besar, makanan.

Selain biaya untuk membeli hewan, sobat Exotic juga harus memiliki izin memelihara yang bisa menghabiskan banyak uang, sulit diperoleh dan butuh terus diperbarui, dengan biaya yang terkait . Jika izin tidak didapatkan dengan benar, hewan peliharaan sobat Exotic dapat disita. Sobat  juga memiliki kewajiban khusus jika kucing bisa menyebabkan kerusakan atau bahaya.

Info Pets Selanjutnya  Tempat Jual Makanan & Aksesoris Hewan yang Siap Membantu dalam Memenuhi Kebutuhan Hewan Peliharaan Anda

Lahan

Ada persyaratan khusus tentang luas lahan dan fasilitas lain yang dibutuhkan sebelum sobat Exotic dapat mempertimbangkan untuk memiliki kucing besar. Untuk sebagian besar perizinan, setidaknya 2000 meter persegi lahan ini harus memiliki pagar keliling di sekitarnya. Dinding ini juga tidak bisa menjadi bagian dari kandang jadi jika sobat memelihara di dalam kandang, ini harus berada di dalam dan terpisah dari pagar pembatas. Sobat Exotic juga harus memiliki atap di area tersebut untuk mencegah mereka melarikan diri.

Perawatan dokter hewan

Masalah lainnya adalah menemukan dokter hewan yang mampu dan mau menangani hewan jenis ini dan siapa yang akan dipanggil jika ada masalah. Sebagian besar dokter hewan tidak ingin mendapatkan risiko pada diri mereka sendiri atau staf. Sobat Exotic memerlukan peralatan yang disebut kandang cengkram agar dokter hewan dapat memeriksanya jika ada masalah dan ini dapat menghabiskan biaya hingga rp.10 juta. 

Makanan

Kucing besar membutuhkan daging yang banyak. Tidak ada makanan kucing besar komersial yang akan sobat Exotic temukan di supermarket, jadi ini berarti mencari tukang daging atau pemasok lain yang dapat memenuhi kebutuhan pakan. Kucing-kucing besar ini membutuhkan diet yang tidak dapat divariasikan tanpa membahayakan kesehatan fisik dan mental kucing. Berurusan dengan semua daging mentah itu juga merupakan bahaya kesehatan sehingga perlu dilakukan dengan hati-hati dan spesifik untuk melindungi kucing dan orang-orang di rumah.

 

Keanu

Top