Ciri-ciri Fisik Sugar Glider

Ciri-ciri Fisik Sugar Glider

Ukuran Tubuh Sugar Glider

Ukuran tubuh sugar glider (SG) dibandingkan dengan mamalia lainnya cukup kecil, bahkan di usia dewasa. Sugar glider dewasa memiliki ukuran maksimal 18 Cm, mulai dari ujung moncong  sampai ke ujung ekor. Panjang rata-rata sugar glider dewasa di penangkaran hanya sekitar 13 Cm. Saat ukuran sugar glider (Petaurus breviceps) mencapai 15 Cm, Sobat Exotic sudah memiliki sugar glider yang siap diajak bermain.

Tipe Bulu Sugar Glider

Meskipun ada beberapa variasi bulu, Sugar glider secara umum memiliki bulu abu-abu di seluruh bagian atas tubuhnya. Bagian bawah sugar glider biasanya berwarna putih atau krem. Bagian bawah yang berwarna krem ​​dapat dengan mudah dilihat dari kejauhan karena cukup kontras antara bulu leher dan bulu di kepala.

Sugar glider adalah pengerat kecil yang memiliki garis-garis tebal membentang dari wajah sampai ke punggung. Ekor sugar glider merupakan kombinasi wana hitam dan perak. Bagian atas biasanya ditutupi dengan bulu berwarna hitam. Selain lembut dan manis jika dilihat, ekor sugar glider ternyata cukup penting untuk pergerakan hewan.

Ekor Sugar Glider

Beberapa keeper percaya bahwa sugar glider menggunakan ekor untuk mencengkram batang pohon dan menangkap mangsa. Tentu saja bukan, Ferguso! Ekor sugar glider sebenarnya lebih berfungsi sebagai penyeimbang dan kontrol. Saat sugar glider meluncur, ekor digunakan untuk menyeimbangkan berat dan pergerakan udara yang kemudian memungkinkan hewan itu mendarat dengan aman. Sugar glider juga dapat mengubah lintasan selama meluncur dengan menggeser arah ekor.

Wajah Sugar Glider

Wajah sugar glider cukup pendek dengan sebagian besar area wajah terisi oleh mata yang besar. Posisi dan ukuran mata ini cukup penting bagi sugar glider saat berada di alam liar, karena posisi mata ini memungkinkan sugar glider untuk memantau lingkungan dengan lebih efisien.

Mata sugar glider seperti lensa sudut lebar. Sugar glider tidak bisa melihat terlalu jauh tapi bisa melihat seluruh lanskap dengan lebih efektif dibandingkan jenis mamalia lain. Dengan pemindaian cepat di sekitar, sugar glider dapat menentukan apakah ada bahaya atau ada sumber makanan di dekatnya.

Info Pets Selanjutnya  Manfaat Klinik Dokter & Perawatan Hewan yang Berkualitas

Wajah sugar glider ditutupi dengan bulu, kecuali telinga. Telinga sugar glider berukuran pendek, lembut dan mampu bergerak sendiri. Kemampuan sugar glider untuk menggerakkan telinga ke arah yang berbeda secara bersamaan memungkinkan marsupial kecil ini untuk menangkap suara dari sekitar dengan lebih efektif.

Gabungan dari indra pendengaran yang tajam dan pandangan yang luas, sobat Exotic akan mulai memahami bagaimana sugar glider mampu bertahan dari tantangan seleksi alam dan muncul sebagai salah satu pemenang dalam evolusi mamalia modern.

Meskipun berukuran kecil, sugar glider mendapat berkat alam dengan seperangkat alat dan indera khusus yang memungkinkannya untuk mengecoh dan dengan mudah melarikan diri dari pemangsa.

Anggota Badan dan Kaki Sugar Glider Glider

Seperti manusia, sugar glider memiliki total dua puluh jari. Sugar glider memiliki total sepuluh jari kaki depan, kuku fleksibel dan memiliki cakar tajam. Vise versa untuk kaki belakang.

Cakar panjang memungkinkan sugar glider untuk mencengkeram tempat pendaratan setelah meluncur. Dengan mencengkeram, sugar glider dapat berpindah dari satu pohon ke pohon lain dengan relatif mudah dan tanpa cedera. Cengkraman mengurangi dampak pada pendaratan dan juga membantu mendistribusikan dampak dari pendaratan secara merata di tubuh sugar glider.

Kaki belakang sugar glider digunakan tidak hanya untuk bergerak, tetapi juga untuk memotong. Kaki belakang sugar glider secara fisik terkunci bersama, menciptakan sisir yang nyaman untuk menghilangkan parasit.

Selaput Geser Sugar Glider

sugar gliderSelaput geser adalah satu-satunya hal yang membedakan sugar glider dari posum (Didelphimorphia) sepupunya yang lebih tua. Meskipun sugar glider berukuran kecil namun tidak kekurangan mobilitas atau kelincahan.

Tidak seperti sayap kelelawar, selaput geser tidak memiliki ligamen dan tulang pada kerangka. Selaput geser hanyalah kulit fleksibel yang cukup tebal yang dapat melebar.

Ketika sugar glider dewasa melompat dari titik tinggi untuk meluncur ke bawah, sugar glider meregangkan kaki depan dan belakangnya untuk mengaktifkan selaput geser. Kombinasi gerakan ini dengan gerakan ekor sugar glider menciptakan luncuran sempurna, siap untuk meluncur dari pohon ke pohon.

Info Pets Selanjutnya  Tempat Jual Makanan & Aksesoris Hewan yang Siap Membantu dalam Memenuhi Kebutuhan Hewan Peliharaan Anda

Catatan penting:

Banyak keeper percaya bahwa sugar glider merupakan versi lain dari tupai terbang (Pteromyin). Meski sekilas kedua hewan ini mirip, namun secara biologis mereka sangat berbeda. Di satu sisi, marsupial umumnya mempertahankan sisa evolusi masa lalu. Karakteristik dasar mempengaruhi perilaku umum sugar glider, kemampuannya untuk beradaptasi dengan lingkungan, karakteristik fisik dan sebagainya.

Apakah sobat Exotic khawatir bahwa sugar glider tidak mampu hidup cukup lama untuk dipelihara oleh anak-anak sobat? Jangan khawatir, Ferguso!  Seekor sugar glider yang terawat mampu hidup hingga dua belas tahun di penangkaran.

Cara Mudah Budidaya Sugar Glider

Langkah pertama sebagai breeder yang berkomitmen adalah memahami cara yang benar untuk merawat induk sugar glider dan anak-anaknya sehingga menghasilkan keturunan yang sehat dan berumur panjang. Sobat Exotic juga harus memiliki pengetahuan dasar tentang asal-usulnya, naluri alami, kebutuhan hidup dan perilakunya. Sugar glider adalah spesies mamalia yang berasal dari Australia, keturunan kanguru dan koala. hewan kecil ini telah mendapatkan popularitas di Indonesia sebagai hewan peliharaan domestik dan memicu tren peternak baru.

Sugar glider secara alami adalah hewan yang suka bermain. Nama mereka menunjukkan tujuan sebagai mamalia yang dikenal aktif melompat dan terbang. Untuk alasan ini, sobat Exotic harus menggunakan kandang dengan dimensi tertentu agar memberikan ruang yang cukup bagi glider untuk melompat dan meluncur. Minimal diperlukan kandang berukuran 50 kali 100cm untuk menampung seekor sugar glider.

Pilih berbagai mainan dan perangkat panjat untuk menghias interior kandang dan berikan hiburan saat glider bermain di dalamnya. Saat waktu istirahat tiba, siapkan kotak bersarang yang nyaman untuk glider untuk memungkinkan tidur yang cukup, bersarang dan bereproduksi. Satu-satunya hal yang perlu  diganti di dalam kandang adalah kotak sarang. Karena glider terkadang menandai bagian di luar kotak mereka dengan urin,

Proses Kawin

Proses kawin dan reproduksi alami antara sugar glider jantan dan betina jarang terjadi, mereka hanya kawin sekali atau dua kali setahun. Namun di penangkaran, sepasang sugar glider diketahui kawin dan bereproduksi pada tingkat yang lebih konsisten. Saat induk sugar glider mengandung janinnya selama 15 hingga 17 hari, peternak harus menyediakan sejumlah besar protein bagi induk betina untuk memastikan dia dan bayinya tetap sehat.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Bayi Ferret Dan Daftar Makanannya

Periode di mana janin sugar glider tumbuh, induk mereka membutuhkan peningkatan kebutuhan nutrisi untuk memastikan tetap sehat hingga pada akhirnya melahirkan bayi yang sehat. Setelah lahir, bayi joey glider atau joeys akan tampak tidak berbulu dan buta, sekitar satu atau dua bayi setiap kelahirannya. Keadaan rapuh saat lahir ini akan membuat bayi joey untuk masuk kembali ke dalam kantong induk mereka untuk perlindungan dan menyusui untuk melengkapi pertumbuhan mereka dari bayi baru lahir hingga anak-anak yang mandiri. Mata sugar glider muda tidak sepenuhnya terbuka sampai 12 hingga 14 hari setelah keluar dari kantong induknya.

Perkembangan Bayi Sugar Glider

Setelah induknya membiarkan anak-anaknya terkena kontak dan ikatan manusia saat meninggalkan kantong, ini adalah waktu terbaik bagi glider muda yang sudah berkembang untuk mulai menjalin ikatan dengan pemilik manusia. Periode penting dalam memilih sugar glider karena menjadi independen dari induknya akan memastikan sobat Exotic membentuk ikatan yang tepat dengannya, membuat sugar glider muda menjadi hewan peliharaan yang ideal.

Pada usia empat bulan, bayi glider telah menjadi dewasa sepenuhnya dan siap untuk hidup mandiri terpisah dari induk mereka, periode yang ideal untuk ditempatkan kepada pemilik baru.

Selama sobat Exotic mengikuti langkah-langkah yang diperlukan dalam membiakkan sugar glider melalui proses perkembangan alaminya melalui reproduksi, kelahiran, nutrisi dan pertumbuhan, ini adaah kunci sukses menjadi breeder sugar glider.

Ivan

Top