Cara Praktis Merawat Emerald Tree Boa

Emerald Tree Boa, secara ilmiah dikenal sebagai Corallus caninus adalah ular tidak berbisa, kebanyakan ditemukan di Amerika Selatan, jauh di dalam hutan hujan.

Ciri-ciri Emerald Tree Boa

Ada dua jenis ular ini: Emerald Tree Boa Lembah Amazon dan Suriname, dinamai sesuai habitat alami tempat mereka ditemukan. Meskipun mereka berdua memiliki nama ular sub-spesies yang sama, mereka benar-benar berbeda antara satu dan lainnya.

Varietas sub-spesies Suriname adalah ular yang panjang dan berwarna lebih hijau limau. Ada juga bercak dominan kuning pada kulit dan tanda punggungnya dengan warna putih pecah-pecah bercampur biru, memberikan pola gigi gergaji.

Mereka juga memiliki piring besar di kepala. Ular ini sangat mudah tersinggung dan lebih sulit dijinakkan daripada varietas Amazon Basin.

Emerald Tree Boa

Ular Amazon Basin, di sisi lain, memiliki warna zamrud sejati dan cenderung memiliki lebih banyak bentuk persegi pada tubuhnya.

Warnanya cenderung menjadi lebih gelap saat ular menjadi dewasa, sedemikian rupa sehingga beberapa ular boa dewasa dari sub-spesies ini tampak hamper sepenuhnya berwarna hitam.

Tanda punggung berwarna putih dan hampir terhubung serta ada warna kuning cerah di bagian bawah dan labial.

Daerah moncong kepala ditutupi dengan sisik kecil. Ular ini paling baik untuk dipilih sebagai hewan peliharaan karena sangat jinak dan mudah dilatih.

Apapun ular yang sobat Exotic miliki sebagai hewan peliharaan, ada beberapa aturan dasar yang harus dipatuhi agar ular tetap sehat.

Sobat Exotic harus hati-hati dalam memantau suhu di dalam kandang karena yang penting suhunya tidak terlalu panas. Siklus kelembaban harus dijaga dengan baik.

Meskipun harus memberi makan dengan ukuran yang tepat, Sobat Exotic tidak boleh memberi mereka makan terlalu sering.

Karena ular ini adalah ular pohon, diperlukan fitur memanjat di dalam kandang. Di hutan-hutan Amerika Selatan, suhu dan kelembaban tertinggi di lantai hutan dan lebih rendah di kanopi.

Beginilah seharusnya suhu di kandang diatur, suhu tinggi di bagian bawah dan rendah di bagian atas.

Ular ini berkembang biak di dalam kandang yang suhunya panas dan lembap di siang hari dan lebih sejuk, dengan kelembapan lebih rendah di malam hari.

Info Pets Selanjutnya  Iguana Badak Peliharaan Yang Mudah Dikawinkan

Saat menyemprot ular, lakukan di pagi hari. Jenis kelembaban terburuk yang dapat dimiliki di kandang adalah kelembaban yang stagnan.

Untuk alasan ini, sobat Exotic harus memiliki sistem misting air tawar di dalam kandang untuk menjaga tingkat kelembaban.

Ular muda dari sub-spesies ini harus diberi makan setiap sepuluh hingga empat belas hari. Jika ular boa tidak makan banyak dalam sekali makan, sobat Exotic bisa memberinya makan lebih cepat.

Hal yang sama berlaku jika aktif dan banyak bergerak. Ular boa dewasa tidak perlu sering melakukan ini sama sekali. Sobat hanya boleh memberi makan boa betina dewasa setiap dua minggu sekali.

Memberi makan ular terlalu sering akan menyebabkan regurgitasi, yang bisa mematikan.

Pakan harus sudah  mati dan tidak lebih besar dari ukuran boa zamrud. Satu tikus ukuran sedang setiap beberapa minggu adalah makanan yang cukup untuk ular boa dewasa.

Berikut Adalah Kebutuhan Dalam Merawat Emerald Boa

  • Vivarium

Karena Emerald Boa adalah ular yang sangat hidup di pohon, vivarium yang cocok membutuhkan ketinggian yang cukup dan cabang pohon yang kokoh agar ular dapat memanjat.

Mereka memiliki metabolisme yang sangat lambat dan akan menghabiskan waktu lama melilit satu cabang.

Oleh karena itu, kandang yang sangat besar tidak diperlukan. Gaya kubus 1 meter sangat ideal, dan kunci untuk berhasil memelihara dan membesarkan ular ini adalah kesederhanaan.

Gunakan substrat sederhana atau handuk kertas, tidak ada kotak persembunyian (karena boas ini bergulung di cabang alih-alih bersembunyi) dan semangkuk besar air untuk menjaga kelembaban.

  • Makanan

Emerald Tree Boa bayi membutuhkan pakan dengan ukuran yang sesuai (tidak lebih besar dari lingkar ular) setiap dua minggu. Bayi ular boa yang baru lahir membutuhkan buang air besar secara penuh setelah selesai makan.

Sebagai ular dewasa, Emerald Boa membutuhkan makanan setiap dua puluh hingga dua puluh delapan hari. Dalam hal ini, ular dewasa membutuhkan buang air besar yang lengkap setiap ketiga kali pemberian makan.

Info Pets Selanjutnya  Pelihara Dart Frog, Trend Koleksi Kodok Exotic

Ukuran pakan yang ditawarkan harus berukuran kecil, tentunya lebih kecil dari lingkar ular. Setelah hewan kecil itu diberikan kepada ular, sobat exotic seharusnya tidak dapat melihat apa pun selain pembesaran kecil di tubuh boa.

Makan berlebihan dengan mangsa besar atau terlalu banyak makan akan menyebabkan obesitas dan masalah pencernaan yang sangat rentan terhadap spesies ini.

  • Suhu

Dalam hal suhu, ada tiga siklus yang harus sobat Exotic pertimbangkan. Salah satunya adalah siklus pemeliharaan, yang dimulai enam hari setelah pemberian makan dan berlangsung hingga pemberian pakan berikutnya.

Suhu dalam hal ini harus bervariasi antara 23C dan 29C. Siklus kedua adalah siklus pemberian pakan. Suhu rata-rata untuk siklus ini juga harus sekitar 28C.

Bagaimanapun, suhu tidak boleh naik di atas 33C sebelum dan sesudah waktu makan. Siklus ketiga dan terakhir adalah siklus kawin. Selama periode pembiakan dan reproduksi, suhu harus 30C pada siang hari dan mendekati 22C pada malam hari. Siklus ini berlangsung selama 12 minggu. Setelah ini, itu harus kembali ke siklus perawatan normal.

  • Kelembaban

Kelembaban sangat penting untuk semua reptil, tetapi terutama untuk emerald tree boa. Pada siang hari kelembaban harus mendekati 70-80% dan pada malam hari mendekati 45-60%.

Vivarium boa zamrud harus dijaga cukup lembab selama semua siklus hidupnya, untuk memastikan kesehatan yang baik.

Boa ini cenderung mengering dan kelembaban yang turun di bawah 50% untuk waktu yang lama, dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius dan bahkan kematian.

Selama siklus kawin, dianjurkan untuk meningkatkan kelembaban harian, hingga 70-90% dan pada malam hari hingga 55%.

Tingkat kelembaban di malam hari harus dijaga tetap rendah, karena ini menyebabkan vivarius mengering, yang meminimalkan kemungkinan infeksi bakteri.

  • Periode Shedding

Boa Zamrud biasanya berganti kulit tanpa kesulitan selama kelembaban dijaga pada tingkat yang optimal.

Jika boa mengalami kesulitan untuk shedding, sobat Exotic harus memasukkan boa ke dalam kantong ular, bersama dengan handuk yang dibasahi dengan air hangat.

Tempatkan kantung dengan ular di bak plastik dan letakkan di tempat yang hangat – sekitar 30C.

Info Pets Selanjutnya  Ular Pohon Boomslang Paling Beracun di Afrika

Biarkan ular dalam kondisi ini selama beberapa jam agar tetap lembab. Cara ini dapat diulang sesuai kebutuhan.

Harga Emerald Tree Boa

Harga untuk ular Emerald Tree Boa bervariasi tergantung pada usia, jenis kelamin, dan kondisi spesies tersebut. Harga rata-rata berkisar antara Rp12.000.000 hingga Rp50.000.000. Namun, harga dapat lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada faktor-faktor tersebut.

Cara Budidaya

Berikut adalah langkah-langkah untuk budidaya ular Emerald Tree Boa:

  1. Tempat tinggal: Tentukan tempat tinggal yang memenuhi syarat kondisi lingkungan yang sesuai untuk spesies ini, seperti suhu dan kelembaban yang stabil.
  2. Perlengkapan: Sediakan peralatan yang dibutuhkan, seperti kandang, lampu, termometer, dan pengatur kelembaban.
  3. Makanan: Sediakan makan yang sesuai dengan jenis makan ular, seperti tikus atau lemak. Berikan makan secara teratur.
  4. Suhu dan Kelembaban: Pastikan lingkungan memiliki suhu dan kelembaban yang stabil dan sesuai dengan spesies.
  5. Pemeliharaan: Berkala melakukan pembersihan kandang dan peralatan untuk menjaga kesehatan ular.
  6. Perawatan Medis: Kunjungi dokter hewan secara berkala untuk memastikan kesehatan ular tetap baik.
  7. Peraturan Perdagangan: Pastikan untuk memenuhi peraturan perdagangan hewan liar yang berlaku di kota Sobat Exotic.

Catatan: Budidaya ular Emerald Tree Boa memerlukan pemahaman dan pengalaman yang baik dalam hal perawatan ular. Sebaiknya berkonsultasi dengan ahli herpetologi atau dokter hewan sebelum memulai budidaya.

Emerald Tree Boa adalah hewan yang menakjubkan

Meskipun tidak cocok untuk pemula, pemilik ular yang berpengalaman akan menikmati melihat ular yang luar biasa ini.

Mereka tidak mentolerir penanganan dan memiliki gigi besar yang tidak takut digunakan, jadi penting untuk menggunakan kail ular.

Jika sobat Exotic menginginkan ular yang dapat dipegang, pilihlah Boa Constrictor, tetapi jika menginginkan ular yang benar-benar unik dan luar biasa dan sobat dapat memenuhi tuntutan perawatannya, Emerald Tree Boa mungkin cocok untuk sobat.