Cara Perawatan VIP Untuk Kura-Kura

Cara Perawatan VIP Untuk Kura-Kura

Ketika sobat Exotic membawa pulang kura-kura untuk dipelihara, sobat perlu memiliki pengetahuan tentang kura-kura dan cara merawatnya dengan benar. Ada banyak jenis kura-kura peliharaan dan masing-masing jenis memiliki kebutuhan serta perawatan berbeda.

Tiga Cara Perawatan VIP Untuk Kura-Kura

Berikut adalah lima cara yang dapat digunakan untuk semua jenis kura-kura, membantu sobat Exotic memberikan perawatan VIP untuk kura-kura peliharaan dan memastikan bahwa mereka akan berumur panjang dan sehat.

  1. Makanan Yang Sesuai

Pastikan sobat Exotic memberi makan kura-kura peliharaan dengan apa yang mereka butuhkan untuk mempertahankan hidup dan menjadi sehat. Sebagian besar jenis kura-kura membutuhkan sayuran segar seperti selada agar tetap sehat. Namun, sobat harus membudayakan banyak membaca untuk mengetahui persyaratan makanan khusus kura-kura peliharaan.

2. Pengelompokan Kura-kura

Mengetahui apa yang disukai kura-kura sobat Exotic dalam habitat merupakan faktor penting. Beberapa jenis kura-kura lebih suka hidup berkelompok sementara jenis yang lain lebih suka menyendiri. Untuk peternakan kura-kura yang berkelompok, sobat harus teliti dalam memastikan bahwa semua kura-kura memiliki ukuran dan proporsi yang sama.

3. Habitat Yang Sesuai

Penting bagi sobat Exotic untuk menyediakan habitat yang sesuai untuk kura-kura. Kura-kura memiliki kebutuhan habitat yang berbeda, tergantung jenisnya. Beberapa jenis kura-kura membutuhkan lingkungan yang basah, ada yang membutuhkan habitat yang kering dan yang lain mungkin membutuhkan kedua jenis habitat ini. Sobat perlu menyiapkan kolam atau atau habitat yang tepat dan pastikan pengaturan suhu dengan hati-hati. Daerah basah dan kering habitat harus terjaga dengan suhu yang sesuai. Ini adalah kunci agar kura-kura peliharaan tetap sehat.

Cara Lain Yang Tidak Kalah Penting

Cara Perawatan VIP Untuk Kura-Kura

Kura-kura peliharaan memiliki rentang hidup yang panjang. Dalam banyak kasus bisa antara lima puluh sampai delapan puluh tahun, kadang-kadang sampai dua ratus tahun, jadi sobat Exotic perlu memastikan komitmen untuk merawat dan memelihara kura-kura selama bertahun-tahun mendatang.

Info Pets Selanjutnya  Mempermudah Proses Shedding Leopard Gecko

Seperti jenis hewan peliharaan lainnya, kura-kura perlu dirawat setiap hari dan sobat harus menyadari setiap perubahan perilaku dan kesehatan yang mungkin ditunjukkan oleh kura-kura.

Kura-kura memang hewan peliharaan yang luar biasa selama sobat Exotic menyadari akan kebutuhan dasar dan perawatan yang mereka butuhkan.

Apa Beda Terrapin dan Turtle?

Sobat Exotic mungkin pernah mendengar tentang terrapin, tetapi  mungkin tidak yakin apa itu dan bagaimana mereka bisa berbeda dari turtle peliharaan sobat? Terrapins adalah sejenis kura-kura air yang hidup di air payau atau tawar.

Mereka biasanya memiliki cangkang yang lebih kecil dan lebih ringan daripada kebanyakan kura-kura darat dan mirip dengan kura-kura laut, memiliki kaki berselaput. Kesamaan antara terrapin dan kura-kura laut cukup tipis, bagaimanapun mereka berasal keluarga kura-kura yang berbeda.

Terkadang tidak ada perbedaan antara terrapin dan turtle (kura-kura air) karena ini hanya masalah nama, tergantung di mana sobat Exotic berada di dunia. Di Inggris, terrapin mengacu pada semua jenis kura-kura air yang biasa dipelihara sebagai hewan peliharaan, sedangkan turtle biasanya berarti kura-kura laut atau kura-kura samudera yang tidak dipelihara sebagai hewan peliharaan. Ada banyak jenis kura-kuraair yang dijadikan hewan peliharaan tetapi kebanyakan memiliki harapan hidup sekitar enam puluh tahun.

Beberapa jenis kura-kura darat (tortoise) tidak memerlukan habitat yang sangat rumit karena hanya membutuhkan kandang luar yang aman saja sudah cukup bagi mereka.

Kura-kura air atau terrapin lainnya membutuhkan lingkungan kering dan lingkungan basah. Kebanyakan kura-kura darat dan air, membutuhkan makanan serupa yang terdiri dari sayuran berdaun hijau segar. Mereka berdua juga membutuhkan pasokan air tawar yang konstan yang harus disediakan dalam mangkuk dangkal untuk memudahkan mereka mengakses dan minum.

Info Pets Selanjutnya  Dimana Tempat Membeli Kura-kura Darat?

Memelihara turtle atau terrapin sebagai hewan peliharaan membutuhkan komitmen seumur hidup dari pemiliknya. Harapan hidup rata-rata mereka harus menjadi pertimbangan utama ketika sobat Exotic berpikir untuk memiliki hewan peliharaan kura-kura air. Sebaiknya pastikan juga ada dokter hewan lokal di kota yang ahli dalam menangani turtle, karena tidak semua dokter hewan nyaman menangani kura-kura air.

Sobat Exotic  perlu mewaspadai penyakit dan penyakit tertentu yang rentan berkembang pada turtle dan terrapin dan ini mengharuskan sobat untuk mengamati dengan cermat setiap perubahan perilaku mereka dan memeriksanya, terutama cangkangnya untuk mencari kelainan atau perbedaan yang terjadi.

Merawat kura-kura bisa sangat bermanfaat dan menyenangkan. Jika Asobat Exotic mencari hewan yang damai dan tenteram untuk dimiliki sebagai hewan peliharaan, Sobat pasti harus mempertimbangkan turtle atau terrapin.

Sebagian besar pemilik pada akhirnya sangat senang telah membuat keputusan ini dan selama sobat bersedia berkomitmen dan merawat mereka, Sobat Exotic dapat menikmati hidup yang panjang dan bahagia dengan turtle atau terrapin peliharaan.

 

 

Ivan

Top