Cara Mudah Merawat Brazilian Rainbow Boa

Brazilian Rainbow Boa akan berkembang biak di penangkaran selama sobat Exotic menjaganya tetap bersih, aman dan diberi makan dengan baik.

Ukuran khas ular boa dewasa pada jenis ular ini adalah dari 1,5 meter hingga 2,5 meter meskipun ada beberapa yang tumbuh hingga 7 meter.

Oleh karena itu, ular boa ini membutuhkan banyak ruang agar dapat bergerak bebas.

Selain kandang yang besar, sobat perlu menjaga kelembapan di dalam kandang yang cukup tinggi dan selalu sediakan semangkuk air mineral segar di dalamnya.

Pada siang hari, ular-ular ini membutuhkan suhu rata-rata 26 hingga 29C dan meskipun sobat Exotic dapat menurunkan suhu di malam hari, tidak boleh lebih rendah dari 24C.

Box yang digunakan untuk menampung berukuran 200 liter sudah cukup memadai. .

Substrat yang digunakan di dalam kandang harus memiliki kelembapan yang cukup baik.

Lumut gambut Kanada adalah salah satu yang paling banyak digunakan herper dengan subspesies ular Brazilian Rainbow Boa.

Makanan dapat seluruhnya terdiri dari tikus yang sama dengan ukuran lingkar ular. Sobat Exotic juga bisa memberi makan berupa tikus mencit.

Jangan memberi makan ular dengan menggunakan pakan hidup karena kemungkinan bahaya bagi hewan peliharaan.

Jika mendapati bahwa ular boa peliharaan tampaknya tidak mau makan dan tidak makan seperti biasanya, cobalah membawanya keluar ruangan.

Para ahli menyarankan bahwa udara segar tampaknya mampu menghidupkan kembali nafsu makan ular boa.

Harga ular Brazilian Rainbow Boa

Harga ular Brazilian Rainbow Boa bervariasi tergantung pada jenis, umur, dan ukuran ular. Harga rata-rata untuk ular Brazilian Rainbow Boa berkisar antara Rp.3.000.000 hingga Rp.10.000.000 tetapi dapat mencapai hingga lebih dari Rp.15.000.000 untuk jenis yang langka atau yang telah dilatih. Selain itu, biaya tambahan seperti peralatan, makanan, dan perawatan kesehatan juga harus dipertimbangkan. Sangat disarankan untuk melakukan riset dan mencari sumber yang terpercaya sebelum membeli ular Brazilian Rainbow Boa.

Info Pets Selanjutnya  Cryptosporidiosis, Parasit Penyebab Diare Pada Reptil

Persiapan Breeding Ular Boa

Jika sobat Exotic ingin membiakkan ular boa, pastikan panjangnya setidaknya 2 meter.

Ular boa membutuhkan suhu yang sedikit lebih rendah pada minggu-minggu sebelum masa kawin, yang berarti sobat harus menurunkan suhu kandang menjadi sekitar 20c.

Kemudian baru masukkan jantan ke dalam kandang betina. Boa jantan sangat teritorial dan bukan praktik yang baik untuk memasukkan betina ke dalam kandang jantan karena dia akan melihat ini sebagai invasi wilayahnya daripada kesempatan untuk kawin.

Brazilian Rainbow Boa

Sobat Exotic bisa menggunakan koran atau kertas liner yang bagus sebagai penutup untuk bagian bawah kandang.

Alas ini mudah dilepas saat basah dan tinggal membuangnya ke tempat sampah.

Penting untuk membersihkan kandang secara teratur dan ganti alas kandang setidaknya seminggu sekali.

Karena tingkat kelembaban yang tinggi di dalam kandang, ini adalah tempat berkembang biak bagi jamur.

Namun, jika tidak memiliki kelembaban yang cukup, bisa berakibat fatal bagi ular peliharaan sobat.

Meskipun Brazilian Rainbow Boa tidak memiliki masalah untuk hidup di daerah basah, sobat harus memiliki area kandang yang selalu kering untuk mereka gunakan saat mereka memilih.

Ular peliharaan ini cukup aktif dan baby boa cenderung akan menggigit jika sobat memasukkan anggota tubuh ke dalam kandang atau saat memegangnya.

Dengan penanganan yang tepat, mereka adalah salah satu ular boa yang paling mudah untuk dilatih.

Bagaimana Mereplikasi Habitat Alami Brazilian Rainbow Boa

Ular adalah hewan peliharaan yang sangat mudah dipelihara karena tidak memerlukan latihan harian di luar kandang.

Mereka mampu menghabiskan seluruh hidup di dalam kandang dengan cukup bahagia, oleh karena itu sobat Exotic harus membuat kandang semirip mungkin dengan habitat alami ular.

Info Pets Selanjutnya  Panduan Membeli Kura-kura Darat Bagi Pemula

Untuk melakukan ini, Sobat Exotic perlu penelitian tentang seperti apa habitat mereka di alam liar sehingga dapat memiliki fitur serupa di kandang.

Ada elemen tertentu dari habitat kandang yang sangat penting untuk menjaga kesehatan ular peliharaan.

Yang paling penting adalah suhu dan kelembaban kandang. Ular adalah reptil berdarah dingin, yang berarti mereka tidak dapat menghasilkan panas tubuh mereka sendiri untuk membuat mereka tetap hangat.

Tubuh mereka beradaptasi dengan suhu udara di sekitar

Jenis kandang apa pun yang sobat Exotic putuskan untuk digunakan harus memiliki kontrol suhu dan termostat sehingga dapat menaikkan dan menurunkan suhu saat dibutuhkan.

Di habitat alami, ketika mereka terlalu hangat, ular akan pindah ke daerah yang lebih dingin di mana mereka dapat mendinginkan diri.

Jika menjaga suhu di dalam kandang ular harus stabil di kisaran 25 – 26C, ini adalah suhu yang sempurna di siang hari dan turunkannya menjadi sekitar 24C di malam hari.

Sobat Exotic masih perlu memiliki tempat yang lebih sejuk di dalam kandang tempat ular dapat bergerak.

Heat pad di atas atau di bawah kandang dapat menyediakan sumber panas dan lampu pijar juga akan memberikan tujuan yang sama.

Elemen pemanas keramik juga cukup efektif. Sobat perlu memberikan naungan dari sumber panas sehingga melindungi ular.

Sangat berbahaya bagi ular jika bersentuhan langsung dengan sumber panas di dalam kandang.

Meskipun batu pemanas mungkin terlihat sangat bagus di dalam kandang, ini tidak cocok untuk habitat ular peliharaan karena mereka bisa terbakar dengan cara ini.

Beberapa spesies ular suka berjemur di panas. Jika sobat Exotic memiliki spesies seperti itu, sediakan tempat berjemur di dalam kandang dengan lampu pijar yang menyinari satu titik tertentu.

Info Pets Selanjutnya  Cara Mudah Budidaya Kura-Kura Hamiltonii

Masukkan potongan kayu apung untuk tempat ular berbaring, tetapi pastikan memiliki cukup pemanas yang sesuai untuk spesies ular yang dimiliki.

Pencahayaan di dalam kandang juga penting. Beberapa spesies ular membutuhkan jenis pencahayaan UV tertentu agar tetap sehat.

Spesies ini membutuhkan sinar UV untuk menghasilkan Vitamin D3 dan tanpa ini mereka dapat mengalami kekurangan kalsium dalam metabolism tulang mereka.

Sinar matahari alami adalah yang terbaik untuk ini, yang dapat diperoleh dengan menempatkan kandang di dekat jendela, tetapi jika menggunakan kandang kaca, kaca akan menghalangi sinar UV.

Untuk ular dengan spesies lain yang kebutuhan cahayanya tidak begitu penting, sobat Exotic perlu memiliki pencahayaan untuk meniru siang dan malam di alam liar.

Untuk memberikan tingkat kelembaban yang tepat, sobat dapat menggunakan misting kandang secara teratur.

Sobat dapat melakukan ini dengan menempatkan wadah plastik di dalam kandang dengan lubang di mana ular bisa masuk dan keluar.

Ini diperlukan selama periode shedding atau pergantian kulit ketika kelembapan membantu ular melepaskan semua kulitnya.