Cara Merawat Lobster Air Tawar Di Akuarium

Semua spesies udang karang membutuhkan air yang bersih dan teroksigenasi dengan baik. Air harus disirkulasikan dengan filter yang baik atau sejenis batu udara setiap saat. Lobster air tawar (udang karang) atau Crayfish akan tenggelam di air yang tidak bergerak dalam 6 jam karena oksigen akan mengendap di bagian atas kolom air berada di luar jangkauannya. Parameter air harus mengandung Amonia 0, Nitrit 0 dan Nitrat 10.

Lobster Amerika Utara paling baik di akuarium dengan suhu antara 24C 25C. Crayfish Australia umumnya sama kecuali Cherax quadricarinatus (Australian Redclaw). Mereka dapat mengatasi suhu tropis karena berasal dari wilayah tropis Australia dekat Queensland. Memelihara udang karang di air yang lebih hangat dari biasanya di alam dapat menyebabkan udang karang stres, membuatnya tumbuh lebih cepat yang pada gilirannya akan menyebabkan umur lebih pendek.

Makanan Lobster Air Tawar

Semua udang karang pada dasarnya memiliki persyaratan yang sama dalam hal makanan. Mereka semua adalah pemulung di alam & akan memakan apa pun yang Sobat Exotic berikan atau apa pun yang mereka temukan di dalam Akuarium. Ini termasuk tanaman & ikan apa pun yang bisa mereka tangkap. Aturan umumnya adalah pelet udang berkualitas baik atau salah satu dari banyak makanan khusus yang tersedia.

Mereka juga menikmati kacang polong, kentang & wortel beku. Jika Sobat Exotic melakukannya dengan benar, ia juga dapat dilatih untuk memberi makan dengan tangan, mengambil makanan langsung dari jari Sobat Exotic. Mereka harus diberi makan maksimal sekali sehari atau dua hari sekali. Ingat di alam mereka tidak akan menemukan makanan setiap hari. Begitu mereka mencapai kira-kira. 6cm dalam ukuran jumlah ini dapat ditingkatkan.

Semua spesies udang karang mahir melarikan diri. Percayalah, itu sering terjadi ketika Kita pikir itu tidak mungkin. Mereka suka memanjat & akan menemukan celah kecil. Amankan semua bukaan di sekitar intake filter, dll. Maksud Kita aman seperti dengan lakban. Jika mereka keluar, mereka dapat bertahan hidup selama beberapa jam tetapi hanya selama insangnya tetap basah.

crayfish lobster air tawar

Secara umum dianggap ide yang buruk untuk memelihara lebih dari satu udang karang di Akuarium yang sama karena mereka akan bertarung & mungkin saling membunuh. Jika Sobat Exotic memutuskan untuk memelihara banyak udang karang bersama-sama, pastikan mereka memiliki banyak tempat persembunyian.

Mereka akan membutuhkannya saat berganti kulit agar tetap aman dari pemangsa. Crayfish Amerika Utara membutuhkan setidaknya 50 Liter per udang karang & Australia membutuhkan 100 Liter per kepiting tergantung pada spesiesnya karena Crayfish Australia bisa menjadi SANGAT besar.

Crayfish Biru Penghias Aquarium Sobat Exotic

Crayfish berasal dari Australia dan merupakan invertebrata air tawar. Kebanyakan orang menyebutnya ‘lobster biru’ dan ‘yabby’
Ada banyak spesies dalam komunitas Crayfish. Makhluk cantik ini kuat dan dapat hidup hingga lima tahun. Crayfish banyak dicari sebagai hewan peliharaan akuarium karena varietasnya yang mewah dan warnanya yang cerah.

Harga lobster hias

Harga lobster hias air tawar bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi lobster. Namun harga rata-rata untuk lobster hias air tawar berkisar antara Rp.300.000 – Rp.700.000 per ekor. Beberapa jenis lobster hias yang lebih langka atau unik dapat mencapai harga yang lebih tinggi. Selain itu, biaya tambahan seperti peralatan, makanan, dan perawatan kesehatan juga harus dipertimbangkan. Sangat disarankan untuk melakukan riset dan mencari sumber yang terpercaya sebelum membeli lobster hias air tawar. Jangan lupa memastikan kondisi lobster serta perawatan yang dibutuhkan, agar lobster dapat hidup dengan baik dalam akuarium Sobat Exotic.

Bagaimana Sobat Exotic memilih Lobster air tawar yang sehat?

Sobat Exotic harus menghindari toko tempat mereka memelihara semua udang karang di Akuarium yang penuh sesak dengan air yang sangat sedikit. Lobster ini cenderung menjadi stres dan akhirnya mati dalam kondisi seperti itu. Cari udang karang yang lincah dan penuh energi. Sobat Exotic juga harus memastikan bahwa mereka memiliki anggota tubuh yang lengkap. Sobat Exotic dapat mengujinya dengan menurunkan tangan Sobat Exotic ke punggungnya. Saat udang karang yang sehat merasakan tangan Sobat Exotic, reaksi alaminya adalah mundur dan mengangkat kedua capitnya dalam posisi bertahan. Jika udang karang hanya berbaring diam dan tidak menanggapi sentuhan Sobat Exotic, bisa dipastikan itu tidak sehat.

Info Pets Selanjutnya  Cara Memelihara dan Budidaya Ikan Mas Koki

Capit mereka digunakan untuk menangkap mangsa dan melindungi diri mereka sendiri. Kadang-kadang Sobat Exotic mungkin memperhatikan bahwa beberapa udang karang memiliki penjepit yang lebih kecil dari kebanyakan udang karang lainnya di dalam Akuarium, atau mereka mungkin memiliki penjepit yang ukurannya tidak sama. Bisa jadi penjepit yang lebih kecil baru tumbuh saat menggantikan yang lama.

Agak sulit untuk menangkap udang karang. Sobat Exotic harus mendekatinya dari belakang dan memegang ujung karapasnya dengan ibu jari dan jari telunjuk Sobat Exotic.

Crayfish tidak seperti beberapa ikan. Mereka bersifat teritorial, jadi Sobat Exotic tidak boleh terlalu banyak memelihara mereka. Jadi seberapa besar seharusnya sebuah Akuarium? Yah, 2x1m akan cukup besar untuk membuat udang karang bahagia.

Crayfish suka tempat persembunyian. Sobat Exotic dapat menempatkan objek di dalam Akuarium. Benda-benda seperti pipa PVC atau batu akan dapat memberi mereka banyak tempat persembunyian yang baik.

Untuk aerasi, filter gelembung sudah cukup. Dan perhatikan bahwa udang karang tidak membutuhkan pencahayaan yang kuat dan tidak tumbuh dengan baik di air asam.

Dalam hal memberi makan, itu yang paling mudah! Crayfish memakan apa saja yang bisa mereka temukan. Itu bisa berupa kotoran, sisa-sisa yang tidak diinginkan, dan ikan pengumpan, pelet yang tenggelam atau hanya beberapa udang. Apa pun, semuanya berlaku untuk makhluk-makhluk ini. Lobster berburu di malam hari, jadi matikan lampu akuarium sebelum Sobat Exotic memberi mereka makan.

Crayfish cenderung tumbuh dengan membuang cangkang lamanya. Mereka akan mendorong dirinya keluar dari cangkang lama melalui ruang tepat di belakang karapas yang akan terbelah. Ketika mereka melepaskan cangkangnya, mereka hanya akan ditutupi dengan jaringan lunak. Jaringan lunak ini akan mengeras menjadi cangkang baru setelah beberapa hari.. Dan biasanya udang karang akan memakan cangkang lamanya.

Perubahan Air Aquarium Crayfish

Cara terbaik untuk memikirkan air akuarium adalah seperti udara yang kita hirup dengan benar. Tapi berapa lama waktu yang dibutuhkan udara untuk berubah melalui pengaruh kita, kalikan dengan 100+. Pikirkan panas misalnya. Saat tempat Sobat Exotic terlalu dingin, nyalakan pemanas atau nyalakan api di lantai ruang tunggu (tergantung seberapa putus asa Sobat Exotic) dan itu menjadi hangat dengan baik dalam waktu satu jam.

Ambil air dengan volume yang sama dengan rumah Sobat Exotic dan coba panaskan dalam satu jam.

Lakukan pengujian sebelum Sobat Exotic melakukan apa pun. Ingatlah bahwa apa pun yang Sobat Exotic lakukan pada air sekarang akan membutuhkan waktu untuk memberikan efek. Bahkan menyesuaikan pH (tergantung pada gH dan kH) akan memakan waktu.

Uji air yang akan Sobat Exotic masukkan kedalam Akuarium

Sobat Exotic melihat lobster air tawar peliharaan terlihat murung di sudut .

Memberi tambahan air saja bukanlah jawabannya dan hanya boleh digunakan setelah pengujian dan Sobat Exotic yakin tengah mengalami krisis yang bergantung pada waktu. Sebagian besar paparan terhadap hal-hal seperti Amonia dan Nitrit akan memakan waktu lebih dari 92 jam untuk diterapkan, kecuali jika Sobat Exotic memiliki lonjakan yang berlebihan lebih dari 5,5,100 dalam larutan pH tinggi. Hanya kekurangan Oksigen total di dalam air dan racun kimia dari luar air akan membutuhkan tindakan segera.

Apa yang dapat Sobat Exotic lakukan dalam situasi ini?

Pertama tenang. Periksa kembali bacaan untuk memastikan benar-benar ada masalah dan lakukan pengujian dengan benar.
Nitrite, yaitu garam dari Nitrious Acid yang merupakan HNO2 bukan NO2 karena larut dalam air dan berikatan dengan ion Hidrogen (tidak baik). Ikatan dengan ion Hidrogen ini menurunkan jumlah yang dibutuhkan untuk mempertahankan pH normal atau netral sehingga pH Sobat Exotic harus terbaca rendah (asam).

Jika pH rendah biarkan di sana dan jangan menambahkan air.

Ini adalah penurunan pH yang tiba-tiba yang akan membunuh mereka sebelum Nitrit membuatnya sulit untuk memetabolisme oksigen sebagai akibat dari banyak sekali radikal bebas yang berkeliaran dalam sistem yang disebut (RNS) Spesies Nitrogen Reaktif. Ini adalah kelompok radikal nitrogen- molekul berbasis dan salah satu yang indah ini adalah Nitrous Acid go figure.

Info Pets Selanjutnya  Cara Budidaya Ikan Diamond Tetra

Lalu apa yang lobster Sobat Exotic derita disebut Stres Nitrosatif yang menyebabkan reaksi nitrosilasi pada lobster Sobat Exotic yang akan mengubah struktur protein sehingga menghambat fungsi normal seperti Metabolisme Oksigen.

Sobat Exotic juga dapat mengalami Stres Oksidatif yang berlawanan dari radikal kecil yang hebat seperti oksida nitrat tetapi tidak demikian di sini. Hanya ingin mencatat bahwa udang karang bukan ikan dan tidak memiliki kepekaan yang sama seperti kebanyakan ikan. Sobat Exotic akan menemukan mereka jauh lebih kuat daripada ikan.

Netralkan asam terlebih dahulu jika mendapatkan pembacaan Nitrit lebih dari dua secara konsisten selama 2 hari pengetesan pagi dan malam jadi total 4 pengetesan sebelum melakukan apapun. NaHCO (garam natrium karbonat atau bikarbonat) akan menetralkan sebagian besar asam lemah dalam air, di mana mereka akan tetap ada namun tidak lagi bermuatan negatif, begitulah.
Nitrit yang tersisa masih akan terbaca pada tes Nitrit Sobat Exotic yang berarti bakteri nitrifikasi dapat melanjutkan fungsi normalnya karena Sobat Exotic belum menghapus sepenuhnya makanan yang mereka sukai.

Tes sebenarnya ada di pH Sobat Exotic. Jika nitrit dan nitrat Sobat Exotic terbaca tinggi, pH Sobat Exotic harus terbaca rendah. Jika asam dinetralkan dan masih terbaca tetapi pH Sobat Exotic netral atau tinggi maka pekerjaan selesai dan nitrit tidak menimbulkan ancaman lebih lanjut bagi kerak.

Tidak yakin apakah Kita menjelaskannya dengan sangat baik karena kecenderungan Kita untuk bertanya-tanya tentang garis singgung ketika berbicara tentang bahan kimia dan reaksi karena mereka tidak pernah benar-benar berhenti. Kesimpulannya adalah, jika Sobat Exotic menambahkan air baru, Sobat Exotic akan menambahkan lebih banyak masalah dan bahkan lebih banyak reaksi. Air membutuhkan waktu untuk bergerak daripada udara sehingga perubahan yang Sobat Exotic lakukan tidak instan – luangkan waktu Sobat Exotic dan uji terlebih dahulu.

Kualitas Air Untuk Lobster Air Tawar

Ini tidak berarti konklusif karena akan tergantung pada jenis filter karbon yang Sobat Exotic gunakan dan Kita tidak akan memberikan detail pada setiap jenis yang berbeda dan hanya menggeneralisasi subjek. Kita sarankan Sobat Exotic memeriksa dengan produsen filter Sobat Exotic terlebih dahulu dan kemudian mengolah air Sobat Exotic dengan tepat.

Filter karbon aktif menghilangkan sebagian dan mengurangi banyak bahan kimia organik yang mudah menguap (VOC), pestisida dan herbisida, serta senyawa klorin, benzena, trihalometana (THM), radon, pelarut, dan ratusan bahan kimia buatan lainnya yang ditemukan di air keran Sobat Exotic.

Beberapa filter karbon aktif cukup efektif untuk menghilangkan sebagian, tetapi tidak semua, logam berat. Selain itu, filter blok karbon padat secara mekanis menghilangkan partikel hingga 0,5 mikron, termasuk Giardia dan Cryptosporidium, kekeruhan dan partikulat.

Meskipun beberapa besi, mangan, dan hidrogen sulfida akan dihilangkan dengan filter karbon aktif berkualitas tinggi ini, filter reduksi mangan hijau dan besi umumnya lebih disukai untuk menghilangkan kontaminan ini karena efektivitas filter karbon terhadap besi dan mangan umumnya berumur pendek jika konsentrasi kontaminan tinggi.

Filter karbon umumnya tidak berhasil menghilangkan kontaminan anorganik atau logam terlarut seperti mineral/garam (kontaminan penyebab kekerasan atau kerak), antimon, arsenik, asbes, barium, berilium, kadmium, kromium, tembaga, fluorida, merkuri, nikel, nitrat /nitrit, selenium, sulfat, thallium, dan radionuklida tertentu. Menghilangkan kontaminan ini memerlukan sistem filter air reverse osmosis atau penyuling, yang tidak disarankan untuk situasi akuarium.

Banyak yang akan mengklaim segala macam hal luar biasa yang dapat mereka hilangkan dan salah satu kesalahpahaman utama adalah penghilangan Klorin (Cl) atau Kita harus mengatakan pengurangan Klorin karena benar-benar tidak dapat dihilangkan sepenuhnya karena Klorin masih tertinggal. Susunan Klorin pada dasarnya adalah Amonia dan Klorin.

Saring Air Akuarium

Chloramine (monochloramine) zat beracun (NH2Cl) yang dibuat oleh reaksi kimia amonia dalam Akuarium Sobat Exotic dan natrium hipoklorit (pemutih klorin) yang tersisa di air keran Sobat Exotic, bahkan jika disaring melalui filter karbon. Reaksi ini lebih kuat ketika dalam situasi basa seperti Akuarium pH tinggi.

Info Pets Selanjutnya  Mengenal Ikan Koi Putih Platinum Ogon

Sobat Exotic dapat membeli filter karbon katalitik yang dirancang khusus untuk menghilangkan Chloramine yang terbukti lebih baik daripada filter berbasis arang (karbon). Sobat Exotic selalu dapat menggunakan salah satunya untuk langsung memasok air dari keran ke Akuarium, tetapi Sobat Exotic akan mengalami masalah nitrat dan nitrit yang serius. Klorin dari air keran akan bereaksi terhadap amonia dalam air Sobat Exotic dan menghasilkan Kloramina, lalu filter akan menghilangkan Kloramina. Jelas tidak direkomendasikan.

Belum lagi Nitrat dan Nitrit yang sulit dipahami, karena sangat banyak terdapat pada air ledeng yang disaring maupun tidak. Sangat efektif, jika Sobat Exotic menambahkan air keran apa pun ke akuarium Sobat Exotic, air itu harus diolah sebelum Sobat Exotic memasukkannya. Untuk menghilangkan Klorin, Sobat Exotic bisa merebus airnya. Sobat Exotic dapat menghapus Chloramine (NH2Cl) dengan Sodium metabisulfite (Na2S2O5) alat sterilisasi.

Namun penggunaan Sodium metabisulfite TIDAK direkomendasikan karena menghasilkan sulfur dioksida (SO2) saat dimasukkan ke dalam air. Bagus untuk mensterilkan botol untuk minuman rumahan.

Pilihan apa yang Sobat Exotic punya?

Biarkan saja:

Klorin akan menghilang dalam 2 hingga 3 hari duduk di suhu kamar. Untuk mempercepat proses “penuaan” ini, Sobat Exotic dapat menambahkan aerasi ke dalam ember atau drum untuk mengaduk air dan membantu melepaskan gas Nitrat pada saat yang bersamaan.

Tambahkan beberapa bahan kimia di dalamnya:

De-Klorinator Kimia bekerja dengan baik meskipun jika Sobat Exotic menggunakan yang dasar Natrium tiosulfat (Na2S2O3) maka Sobat Exotic masih akan memiliki banyak Amonia. misalnya:

Pedoman EPA menetapkan tingkat Klorin maksimum yang diperbolehkan sebesar 4ppm. Sebagian besar pasokan air menargetkan 2-4 ppm Klorin. Perhatikan bahwa 4ppm Chlorine sebenarnya adalah 5.8ppm Chloramine. (Klorin adalah 69% dari molekul kloramin, amonia adalah 31%) lainnya Jadi, dengan kemungkinan Kloramin 5,8ppm, Sobat Exotic memiliki Klorin 4ppm, dan amonia 1,8ppm.

Ada De-Chlorinators (bahan kimia) yang juga akan mengubah Amonia menjadi Amonium (NH4+ tidak beracun) ini adalah asam konjugasi dari basa amonia dan hanya memiliki ion Hidrogen ekstra. Amonium dalam larutan berair (Akuarium Sobat Exotic) akan larut untuk membuat Amonium hidroksida (NH4OH) yang merupakan senyawa lain dari Amonia dan masih merupakan asam lemah.

Karena Amonium dianggap sebagai asam lemah maka akan menurunkan pH Sobat Exotic. Hasil penambahan produk yang disebut “Seachem Prime” yang akan mencapai hal di atas, akan berbeda pada tingkat pH yang berbeda, jadi pastikan untuk memeriksanya terlebih dahulu sebelum aplikasi.

Catatan Samping – Sejauh berurusan dengan Amonia, jika Sobat Exotic cukup berpengalaman, Sobat Exotic selalu dapat menambahkan beberapa asam sulfat ke batuan kalsium fosfat untuk membuat beberapa Asam Fosfat untuk dicampur dengan Amonia Sobat Exotic sehingga mengubahnya menjadi Amonium Fosfat yang akan memberi makan bakteri Sobat Exotic. dalam proses bio-oksidasi untuk menghasilkan karbon dioksida dan air.

Tapi itu adalah masalah yang sama sekali berbeda.

Permintaan maaf Kita. Kita mendapatkan efek samping. Ya, bagus untuk menggunakan filter karbon (sebaiknya karbon aktif butiran GAC) meskipun tidak disarankan untuk mengandalkannya secara total karena kadar Klorin dalam air keran Sobat Exotic akan sering berubah. Belum lagi beberapa pabrik pengolahan mulai menggunakan Chloramine daripada Chlorine, karena lebih stabil dibandingkan. Jadi jika itu terjadi dan Sobat Exotic tidak mengetahuinya, udang karang dan ikan Sobat Exotic akan mati.

Dengan segala cara gunakan filter karbon pada air keran Sobat Exotic. Namun Kita akan merekomendasikan agar Sobat Exotic juga membiarkannya setidaknya selama 24 jam pada suhu kamar dengan batu udara di dalamnya. Hanya untuk memastikan. Kita bahkan akan melangkah lebih jauh dengan menyaring air kemudian menambahkan sesuatu seperti “Seachem Prime” dan kemudian membiarkannya diangin-anginkan selama 24 jam. Tapi Kita bertele-tele dalam hal reaksi kimia dalam air dan semakin sedikit yang harus Kita tangani semakin baik.