Cara Merawat Kura-Kura Hamiltonii

Cara Merawat Kura-Kura Hamiltonii

Kura-kura Hamiltoni (Geoclemys hamiltonii) adalah kura-kura semi akuatik, berukuran sedang, panjang karapas maksimum hingga 41 cm, memiliki bintik-bintik kuning atau putih di kepala, kaki dan ekornya yang berwarna hitam.

Mereka memiliki kepala besar, moncong pendek, dan kaki berselaput yang membantu mereka berenang.

Sobat Exotic, karapas kura-kura Hamiltonii atau cangkang bagian atas umumnya berwarna hitam dengan pola cerah yang memudar seiring bertambahnya usia.

Jantan memiliki karapas cekung dan ekor yang lebih besar dan lebih tebal daripada betina.

Geoclemys hamiltonii merupakan hewan krepuskular, artinya mereka paling aktif disaat fajar dan senja hari. Rentang usia mereka 15-25 tahun jika di rawat dengan benar.

Info Singkat Sebelum Merawat Kura-Kura Hamiltonii

Kura-kura hamiltonii berbintik ditemukan di wilayah utara anak benua India, pada drainase sungai Indus dan Gangga. Jangkauan mereka mencakup bagian dari Pakistan, India utara, Bangladesh, dan Nepal.

Biasanya dapat ditemukan di perairan yang dangkal dan tergenang seperti danau tapal kuda, kolam dan rawa-rawa.

Sobat Exotic, dialam liar, mereka lebih suka air dengan vegetasi lebat, karena menyediakan perlindungan, serta tempat untuk berbaring dan berjemur.

Di musim panas, kura-kura ini menghabiskan sebagian besar waktunya untuk tetap terendam air.

Cara Merawat Kura-Kura Hamiltonii

Merawat kura-kura bisa menjadi kegiatan yang seru bagi pecinta reptil. Kura-kura Hamitonii adalah reptil yang tidak sulit untuk dipelihara dirumah.

Berikut langkah yang bisa sobat Exotic lakukan untuk merawat kura-kura agar tumbuh besar dan sehat.

Makanan Kura-kura

Hamiltonii adalah hewan karnivora dan memakan invertebrata air. Mereka menyukai memakan ikan, cacing, jangkrik, mencit, udang, kepiting, siput, amfibi, biji-biji sereal, rumput dan pelet kura-kura air sebagai variasi.

Berikan makanan yang seimbang dan bervariasi, yakinlah mereka akan tumbuh menjadi besar, cantik dan sehat.

Info Pets Selanjutnya  Morphs Ular Ball Python

Setelan Suhu Vivarium

cara merawat kura-kura hamiltonii

Tempatkan lampu UVB di atas kandang kura-kura kolam dan pasang lampu UVA 100 watt untuk area berjemur, suhu yang dibutuhkan berkisar 26 derajat celsius.

Sobat Exotic, suhu udara di dalam kandang harus berkisar antara 24-26 derajat celsius.

Gunakan pemanas rendam (submersible) 250 watt untuk menjaga suhu air pada kisaran 26-27 derajat celsius.

Tergantung pada lokasi, suhu udara dalam ruangan, lampu pemanas tambahan mungkin diperlukan pada malam atau siang hari sehingga kura-kura dapat mengatur suhu tubuh ke tingkat optimal untuk melancarkan pencernaan.

Paparan cahaya matahari alami atau sinar UVB memungkinkan kura-kura memproduksi vitamin D3 yang sangat penting dan memungkinkan tubuh kura-kura hamiltonii menyerap dan menggunakan kalsium yang tersedia.

Kura-kura Hamiltoni terbukti dapat beradaptasi dengan berbagai tingkatan suhu jika dipelihara di luar ruangan, tetapi jika suhu turun ke 15-18 derajat celsius, pindahkan kura-kura ke dalam ruangan atau berikan alat pemanas tambahan.

Berhati-hatilah jika menempatkan kura-kura di luar rumah.

Akuarium akan cepat menjadi panas di bawah sinar matahari dan dapat membunuh seluruh kura-kura peliharaan dalam hitungan menit. Selain itu, predator seperti burung, kucing, anjing dan bahkan semut dapat menyerang dan membunuh kura-kura.

Kura-kura air bisa sangat mahal dari sisi biaya pemeliharaan, karena mereka membutuhkan kandang yang besar, peralatan filtrasi, pemanas air dan mereka membutuhkan penggantian air yang rutin dan pemantauan kondisi habitat mereka.

Perkembang-biakan Kura-kura Hamiltoni

Kura-kura Hamiltonii mencapai kematangan seksual antara 3-8 tahun. Betina menggali sarang berbentuk mangkuk untuk meletakkan telurnya dengan kedalaman sekitar 6-10 sentimeter.

Detail mengenai budidaya kura-kura Hamiltonii mereka bisa dibaca lebih lanjut pada artikel sebelumnya.

Info Pets Selanjutnya  Kura-Kura Brazil, Semua Informasi Perawatan Mereka

Tips Tambahan Cara Merawat Kura-kura Hamiltonii

Meskipun seiring waktu, kura-kura Hamiltonii akan mengenali pemiliknya dan mungkin akan berusaha mendekat untuk meminta makanan, kebanyakan kura-kura air bukanlah hewan peliharaan yang cocok untuk anak kecil dan harus jarang disentuh.

Kura-kura muda cenderung pemalu dan akan menghabiskan banyak waktu dengan bersembunyi di balik tanaman air dan di bawah area sembunyi.

Bila dibuat dengan benar, kolam kura-kura hamiltonii bisa menjadi tambahan interior yang indah dan menarik dirumah.

Bayangkan salah satu kura-kura terindah di dunia di rumah Anda, di kolam yang bersinar dengan air tawar yang bersih dan tanaman air yang rimbun.

Dimana Tempat Membeli Kura-Kura Hamiltonii

Sobat Exotic, karena sebagian besar kura-kura hamiltonii semi-akuatik India telah memasuki ambang kepunahan, perdagangan atau perburuan kura-kura ini telah di-ilegalkan melalui Undang-Undang Spesies Terancam Punah, CITES Appendix I.

The Convention on International Trade in Endangered Species of Wild Fauna and Flora (CITES) telah disahkan dan diberlakukan oleh pemerintah India sejak tahun 1975.

Undang-undang tersebut melarang dan menghukum perdagangan komersial atau internasional dari kura-kura hamiltonii.

Pastikan sobat membeli kura-kura Geoclemys hamiltonii yang dilengkapi sertifikat dan microchip dari peternak legal untuk menghindari masalah hukum dikemudian hari.

Pilih hewan peliharaan sobat Exotic dengan bijak dan lakukan riset sebelum membeli. Hewan eksotis tidak selalu menjadi hewan peliharaan yang hebat. Banyak yang membutuhkan perawatan khusus dan hidup untuk waktu yang lama.

Reptil tropis sering diperdagangkan secara internasional dan mungkin menjadi korban perdagangan hewan peliharaan ilegal.

Keluarga Pond Turtle

Clemmys adalah salah satu jenis pond turtle dengan hanya satu spesies Amerika Utara.

Berikut adalah beberapa Clemmy yang termasuk dalam spesies pond turtle:

Info Pets Selanjutnya  Ular Peliharaan Tidak Mau Makan? Segera Lakukan Ini.

1. Spotted Turtle suka hidup di perairan dangkal, rawa-rawa, padang rumput basah dan aliran hutan di Amerika Timur. Meskipun kura-kura ini dapat dipelihara sebagai hewan peliharaan, namun sekarang dianggap melanggar hukum karena jenisnya mulai punah.

2. Wood Turtle dinamai seperti kebiasaan mereka menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat berhutan sehingga juga semi-akuatik, mereka juga  senang berenang di sungai, kolam dan sungai.

3. Western Pond Turtle, juga dikenal sebagai Pacific Pond Turtle, Warna normalnya coklat kusam sampai zaitun dan kura-kura ini berasal dari Baja California, Mexico.

4. Bog  turtle adalah penyu asli Amerika Utara. Salah satu hewan berdarah dingin terkecil sehingga sekarang dianggap terancam punah.

Pond turtle ini terkadang sangat pemalu dan mereka sering menyembunyikan kepala di bawah karapas ketika didekati oleh manusia. Kemudian hanya dalam beberapa detik, mereka perlahan-lahan akan mengeluarkan kepala kecilnya dari cangkang dan akan memeriksa area jika ada makanan di sekitar, ingatlah bahwa pemberian makan berlebihan dapat menyebabkan obesitas dan  kematian sebelum waktunya.

Beberapa jenis kura-kura ini sudah mulai punah karena kelalaian manusia dan perawatan yang tidak tepat. Mereka mungkin memiliki spesies yang berbeda tetapi mereka semua membutuhkan satu hal dari kita, dan itu adalah perhatian. Ingatlah bahwa mereka semua membutuhkan perawatan dan perhatian kita agar mereka dapat hidup sehat dan panjang umur. Kura-kura ini bisa menjadi teman yang baik untuk jangka waktu yang lama.

 

 

Referensi : https://cites.org/eng/app/appendices.php

 

Ivan

Top