kadal hijau

Cara Merawat Kadal Anole Hijau

Kadal Anole hijau (Anolis carolinensis) adalah kadal yang paling sering terlihat di peternakan. Mereka secara teratur diekspor dari Amerika dan negara-negara tetangga. Harganya murah tetapi bertentangan dengan kepercayaan populer, kadal ini sebenarnya tidak cocok untuk pemula.

Kadal anole hijau cukup temperamental terhadap lingkungan kandang, membutuhkan suhu, kelembaban dan lingkungan yang tepat agar tetap sehat.

Kadal berumur pendek, rata-rata berusia sekitar 4 tahun di peternakan, namun diketahui mampu hidup hingga 10 tahun. Ukuran jantan dewasa lebih besar dari betina, mencapai kurang lebih 20cm, betina hanya 15cm.

Banyak orang menyebutnya sebagai Chameleon Lizards, karena kemampuannya untuk berubah warna. Namun, tidak seperti bunglon, anole hijau tidak dapat benar-benar mengubah warna sesuai dengan lingkungan.

Anole akan berubah warna menjadi hijau atau coklat yang lebih gelap saat mereka stres atau melakukan pemanasan.

kadal anole hijau

Warna yang lebih gelap akan meningkatkan suhu tubuh anole lebih cepat saat melakukan pemanasan; begitu mereka mencapai suhu ideal, mereka akan mulai berubah  lagi menjadi hijau.

Kebanyakan kadal anole adalah spesies komunal, yang hidup di daerah koloni padat yang mungkin terdiri dari ratusan ekor kadal.

Jantan sangat agresif terhadap satu sama lain ketika dikurung di terarium kecil dengan beberapa betina. Namun, terarium yang lebih besar dengan rasio 1 jantan berbanding 5 betina sangat sesuai.

Harga

Harga kadal Anole Hijau bervariasi tergantung pada faktor seperti umur, jenis kelamin, dan kondisi kesehatan. Secara umum, harga kadal Anole Hijau berkisar antara Rp100.000 – Rp500.000. Namun, harga dapat berbeda di setiap tempat dan dapat mengalami fluktuasi. Sebaiknya berkonsultasi dengan pet shop atau pedagang hewan peliharaan untuk informasi harga terbaru.

Kandang Kadal Anole

Info Pets Selanjutnya  Bagaimana Merawat Bayi Iguana

Banyak penggemar reptile yang menyatakan bahwa anole hijau dapat hidup di terarium kecil dengan persyaratan minimal.

Ini jauh dari kebenaran dan akan menyebabkan kadal peliharaan berumur pendek, tidak bahagia dan tidak sehat. Meskipun anole adalah spesies kadal kecil, mereka adalah makhluk yang sangat aktif dan penuh rasa ingin tahu.

Anole perlu mengatur suhu tubuh mereka dan memiliki akses ke sinar UVA dan UVB yang biasanya didapatkan oleh matahari. Kelembaban adalah faktor penting lainnya, ini akan membantu pengelupasan kulit atau shedding kadal dan umumnya mendukung kesehatan kadal.

Disarankan agar seekor jantan dipelihara dengan minimal tiga ekor betina. Alternatifnya, jika sobat Exotic hanya menginginkan dua atau tiga ekor hewan, belilah hanya betina saja.

Anole hijau adalah spesies komunal dan harus dipelihara dalam kelompok. Memelihara satu spesimen akan menghilangkan stimulasi yang sangat dibutuhkan oleh kadal.

Sebuah kelompok koloni anole yang ideal terdiri dari satu jantan sampai betina. Kelompok ini harus ditempatkan di terarium L90cm x T90cm x P45cm. Semakin besar terarium, semakin bahagia koloni kadal.

Kelompok lebih besar yang terdiri dari dua jantan hingga 10 betina harus dipelihara di terarium berukuran L120cm x T90cm x P45cm.

Banyak peternak memilih untuk menempatkan anole hijau mereka dengan spesies lain, seperti anole coklat (Anolis sagrei) dan banyak spesies gecko diurnal (Phelsuma sp.). Ini tidak dianjurkan karena beberapa alasan.

Anole coklat, misalnya, lebih kuat daripada anoles hijau dan akan mendominasi terrarium dan bahkan dapat mendorong anol hijau ke samping selama pemberian makan.

Gecko diurnal sangat agresif dan bisa menggigit anole hijau. Beberapa gecko juga aktif di malam hari, yang berarti pada malam hari gecko ini benar-benar dapat berjalan di atas anole hijau yang sedang tidur.

Info Pets Selanjutnya  King Kobra Asia - Ular Pemalu Namun Mematikan

Ini akan menambah banyak tekanan pada anole hijau dan harus dihindari dengan cara apa pun. Namun, ada satu hewan yang menurut saya akan berguna untuk tangki anole hijau, yaitu merupakan katak pohon hijau Amerika (Hyla cinerea).

Ini adalah katak nokturnal yang akan membantu membersihkan serangga yang tidak dimakan anole, mereka hidup bersama dengan anole hijau di alam liar dan membutuhkan fluktuasi suhu dan kelembaban yang sama.

Anole hijau, bila dipelihara di lingkungan yang ideal, berkembang biak dengan mudah dan karena itu akan membutuhkan substrat dalam yang mudah digali. Tanah pot sangat ideal dan benar-benar alami.

Dengan substrat ini juga memungkinkan untuk menempatkan tanaman hidup langsung di substrat daripada menempatkannya dalam pot di dalam terarium. Penting untuk menyeimbangkan penanaman dan dekorasi dengan ruang.

Anole hijau umumnya suka ke tempat terbuka di sepanjang ranting dan di atas daun terbuka agar tetap hangat dan melihat sekelilingnya dengan baik. Namun adanya semak-semak untuk berlindung juga merupakan keharusan.

Pastikan sobat Exotic menggunakan tanaman hidup.

Setelan Suhu dan Pencahayaan

kadal hijau

Seperti yang telah disebutkan, Anole hijau adalah spesies diurnal dan berjemur di bawah sinar matahari. Oleh karena itu, mereka membutuhkan tempat pemanas (basking) untuk mencapai suhu ideal dan cahaya yang memancarkan sinar UVA dan UVB.

Idealnya, 2 atau 3 lokasi berjemur harus dipasang kandang. Ini harus berupa lampu sorot 60W. Suhu basking harus mencapai sekitar 30-35°C, memungkinkan lebih banyak suhu udara umum 27-29°C dan lebih jauh ke dalam ruangan, area sejuk sekitar 24-26°C.

Dimungkinkan untuk menggunakan lampu sorot UV. Lampu UV harus diganti setiap 6-8 bulan sekali, terlepas dari masih memancarkan cahaya atau tidak.

Info Pets Selanjutnya  Panduan Membeli Kura-kura Darat Bagi Pemula

Kelembaban

Berasal dari Amerika dan negara bagian tetangga, kisaran kelembaban yang tinggi adalah suatu keharusan. Kisaran ideal adalah 60-70%.

Menyemprot terarium dengan air dingin sekali sehari, sebaiknya pada pagi hari, tentu akan membantu kelembapan dan pada saat yang sama memungkinkan kadal anole untuk meminum tetesan air yang menumpuk di permukaan daun. Jika sobat Exotic memiliki anggaran yang lebih besar, sistem misting berjangka waktu akan sempurna.

Makanan Kadal Anole

Anole hijau merupakan insektivora (pemakan serangga). Namun mereka juga dikenal suka memakan serbuk sari, nektar dan buah-buahan lezat lainnya.

Menawarkan berbagai serangga akan merangsang respons makan alami anole dan membantu kesehatan hewan peliharaan secara keseluruhan.

Jangan hanya menawarkan jangkrik sepanjang waktu. Berikan campuran antara jangkrik, belalang kecil, ulat, cacing tanah kecil, kecoak dubia,, ngengat, kupu-kupu dan laba-laba.

Variasi ini tidak hanya menawarkan makanan yang lebih seimbang dan bergizi, tetapi juga akan membuat anole menyesuaikan metode berburunya dengan setiap jenis makanan.

Kadal anole tidak harus mengejar ulat, tetapi akan berlari seperti orang gila untuk mengejar lalat atau laba-laba berkaki panjang.

Ini akan memberi anole kesempatan untuk berolahraga dan membantu kesehatan dan umur panjang..

Penting untuk melengkapi makanan dengan bubuk kalsium dan mineral setiap dua atau tiga kali seminggu.

Selama dikombinasikan dengan makanan yang tepat dan sinar UV, anole akan menjadi benar-benar sehat.

Ivan