Cara Merawat Indian Star Tortoise, Pengaturan Suhu Dan Setelan Kandang

Jika sobat Exotic mempertimbangkan untuk memelihara kura-kura darat seperti Indian Star, langkah pertama yang wajib dilakukan adalah mempelajari cara merawat indian star tortoise dengan benar.

Kura-kura Indian Star (Geochelone elegans) berasal dari Asia Selatan, terutama India, Pakistan, dan Sri Lanka. Di India, dapat ditemukan di wilayah barat, seperti Gujarat, Rajasthan dan Uttar Pradesh.

merawat indian star tortoise

Kura-kura ini juga ditemukan di Asia Tenggara, di tempat-tempat seperti Karnataka, Kerala, Tamil Nadu, Pakistan Tenggara di gurun Thar. Habitat alami kura-kura Indian Star dapat bervariasi, mulai dari hutan gersang dan padang rumput hingga hutan dataran rendah semi-kering dan gurun.

Indian star tortoise dapat beradaptasi di daerah dengan musim kering atau basah yang panjang, termasuk iklim yang rentan terhadap angin muson.

Mereka adalah kura-kura yang nampak pemalu tapi cantik dan telah menjadi hewan peliharaan yang populer. Terancam punah di alam liar, kura-kura Indian star mampu beradaptasi dengan baik untuk berkembang biak di peternakan.

Karakteristik Kura-Kura Indian Star

Tidak seperti spesies kura-kura lain, kura-kura Indian star tidak bersifat teritorial atau agresif. Kura-kura jantan dan betina dapat dipelihara bersama dengan aman asalkan kandangnya cukup besar. Kura-kura indian star tidak suka menggali dan pendaki seperti banyak jenis kura-kura lain.

Alasan utama mengapa kura-kura ini begitu populer adalah coraknya yang indah. Kura-kura Indian star memiliki karapas berwarna coklat tua atau hitam dengan pola punggungan di sepanjang bagian belakang dan samping.

Masing-masing punggungan ini ditandai dengan garis-garis kuning cerah, membentuk pola bintang. Kepala, ekor dan kaki kura-kura bintang India ditutupi dengan sisik warna coklat muda.

Ada tiga varian terpisah dari kura-kura Indian star, tergantung di mana mereka ditemukan. Kura-kura ini berasal dari India, Pakistan dan Sri Lanka. Varietas Bintang India dari Pakistan dan India utara cenderung lebih besar dan berwarna lebih gelap daripada yang berasal dari India selatan.

Kura-kura Sri Lanka Star lebih besar dari varietas India selatan dan biasanya memiliki lebih banyak warna kuning pada cangkangnya.

https://youtu.be/7dG3UWVSoYQ

Cara Merawat Indian Star Tortoise

Kura-kura Indian star bisa sedikit sulit untuk dirawat. Meskipun kebutuhan mereka tidak terlalu rumit, mereka tidak akan mentolerir jika tidak memiliki kondisi hidup yang tepat dan mungkin akan menjadi sakit atau tidak sehat.

Jika sobat Exotic tinggal di kota dengan iklim yang hangat, kura-kura Indian star akan dengan senang hati tinggal di kandang luar ruangan berukuran 6 x 6. Pagar yang mengelilingi kandang hanya perlu setinggi sekitar 1 meter karena kura-kura ini bukanlah pemanjat yang baik.

Info Pets Selanjutnya  Kura-Kura Common Snapping Turtle: Kalem Di Air, Galak Di Darat!

Di dalam kandang, kura-kura membutuhkan kotak persembunyian, gunakan pemanas jika diperlukan. Juga harus ada area berumput, termasuk rumput tinggi untuk bersembunyi, serta area tanah kosong untuk berjemur atau bertelur.

Juga, pastikan untuk menyediakan wadah air dangkal yang cukup besar agar kura-kura bisa berendam.

Pengaturan Kandang Dalam Ruangan

Jika memelihara kura-kura Indian star di dalam ruangan, satu ekor kura-kura dewasa membutuhkan setidaknya kotak 2×1 meter untuk hidup dengan nyaman. Pastikan kandang memiliki ventilasi yang dapat disesuaikan.

Gunakan 15 cm substrat seperti lumut gambut atau tanah pot organik di bagian bawah kandang. Sobat Exotic bisa menambahkan batu atau dekorasi lain.

Tambahkan beberapa tanaman hidup ke dalam kandang tetapi pastikan aman untuk dimakan kura-kura.

Temperatur Udara

Indian star tortoise hidup dalam kondisi yang sangat hangat. Kandang membutuhkan tempat berjemur dengan suhu 35 derajat C.

Selain lampu pemanas, heat pad dapat digunakan untuk menjaga kandang kura-kura tetap nyaman dan hangat. Gunakan termometer yang mahal untuk membantu menjaga suhu dalam kisaran batas yang aman.

Kelembaban

Kura-kura Indian star juga membutuhkan kelembaban yang tinggi. Kelembaban kandang harus dijaga sekitar 40%. Kondisi kandang yang kering dapat menyebabkan masalah pernapasan, jadi ini adalah salah satu kondisi kehidupan yang perlu dijaga agar kura-kura tetap sehat.

Memasang higrometer di kandang adalah cara terbaik untuk memantau kelembapan dan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan.

Pencahayaan

Kura-kura Indian star tortoise membutuhkan sinar UV agar tetap sehat. Kura-kura istar yang dipelihara pada kandang luar ruangan akan mendapatkan pancaran UV dari sinar matahari, tetapi sobat Exotic harus tetap menyiapkan lampu UVB 10% untuk kandang dalam ruangan dengan pemakain 8-12 jam setiap harinya.

Makanan Kura-kura Indian Star

Kura-kura Indian star adalah herbivora dan pencari makan alami, mereka memakan berbagai jenis tanaman dan sayuran. Agar kura-kura istar tetap sehat, sobat Exotic harus memberi makan makanan yang kaya serat dan kaya kalsium dengan variasi sebanyak mungkin.

Beberapa pilihan makanan sehat untuk kura-kura istar antara lain:

  • Rumput, termasuk alfalfa, Bermuda, dan ryegrass
  • Sayuran hijau seperti selada, bayam, kangkung, sawi, atau sayuran dandelion
  • Daun kaktus pir berduri
  • Sayuran seperti wortel, labu atau paprika
Info Pets Selanjutnya  Merawat Kura-Kura Darat Di Luar Ruangan

Beri makan kura-kura sebanyak yang mereka bisa makan dalam 15-30 menit setiap hari.

Cara Merawat Indian Star Tortoise Agar Tetap Sehat

Menyediakan kondisi hidup yang benar dan memberi makanan sehat adalah langkah terbaik yang dapat di ambil untuk menjaga kura-kura Indian star tetap sehat.

Dua masalah kesehatan yang paling umum pada kura-kura Indian star tortoise berhubungan langsung dengan pola makan dan kondisi hidup yang tidak tepat.

  • Masalah Pernapasan

Kura-kura Indian star dapat mengalami masalah pernafasan jika kandang terlalu dingin atau kering. Sobat Exotic akan melihat pembengkakan dan keluarnya cairan dari mata, hidung dan mulut kura-kura istar jika ini terjadi.

  • Penyakit Tulang Metabolik (MBD)

Jika kura-kura Indian star tortoise mendapatkan cukup sinar UV atau makanan kaya kalsium, istar dapat mengalami masalah dengan tulang dan cangkangnya. Tidak mendapatkan cukup kalsium menyebabkan tulang rapuh dan lemah serta timbulnya penyakit kulit.

Cangkang kura-kura akan retak atau berlubang, sehingga berisiko mengalami masalah kesehatan lainnya. Untuk menghindari masalah dengan kalsium, pastikan kura-kura mendapatkan jumlah sinar UV harian yang disarankan.

Ganti bohlam di lampu UV setiap 3 bulan untuk memastikan selalu berfungsi. Beri makanan yang bervariasi dan tanyakan kepada dokter hewan terdekat apakah Sobat Exotic perlu menambahkan suplemen kalsium atau vitamin ke makanan kura-kura.

Budidaya Kura-Kura Indian Star

Kura-kura Indian star berkembang biak dengan baik di peternakan. Mereka biasanya berkembang biak dan bertelur dalam kondisi hangat dan basah.

Kura-kura dalam ruangan dapat berkembang biak dan bertelur sepanjang tahun jika kondisinya sesuai.

Kura-kura betina menggali ke dalam pasir atau tanah untuk bertelur, jadi mereka harus memiliki akses ke area substrat yang cukup dalam untuk menggali sarang telur. Kura-kura istar dapat bertelur 1-4 kali per tahun, menghasilkan 6-12 telur setiap clutch.

Agar berhasil menetaskan telur kura-kura Indian star tortoise, direkomendasikan agar telur diinkubasi antara 100 hari pada suhu 25 derajat C. Jenis kelamin bayi kura-kura ditentukan oleh suhu di mana mereka diinkubasi.

Suhu yang lebih tinggi akan menghasilkan telur yang lebih cepat menetas dan mejadi bayi betina. Bayi kura-kura jantan dihasilkan dengan suhu inkubasi yang lebih dingin.

Bayi istar yang baru menetas harus diletakkan di dalam ruangan untuk keamanan saat mereka tumbuh. Habitat dan kebutuhan makanan mereka mirip dengan kura-kura Indian star dewasa meskipun bayi istar mungkin membutuhkan lebih banyak kalsium untuk tumbuh dengan baik.

Info Pets Selanjutnya  Menu Makanan Kura-kura Red Eared Slider Dijamin Jitu

Konsultasikan dengan dokter hewan untuk memastikan telah memberikan nutrisi yang tepat untuk kura-kura yang sedang tumbuh.

Apakah Kura-kura Indian Star Cocok Dipelihara?

Memelihara kura-kura Indian star sebagai hewan peliharaan mungkin merupakan pilihan yang tepat jika sobat Exotic bersedia mencurahkan waktu setiap hari untuk menjaganya agar tetap sehat.

Jika dapat menyediakan kandang yang aman untuk kura-kura Indian star, serta rajin menjaga agar tetap bersih, hangat, dan lembab, sobat Exotic mungkin saja menjadi pemilik yang cocok untuk salah satu tortoise cantik ini.

Harga Kura-kura Indian Star Tortoise

Kura-kura ini berkembang biak dengan baik di peternakan sehingga ada banyak kura-kura Indian star yang tersedia untuk dijual.

Harga untuk membeli kura-kura Indian star dapat berkisar antara Rp.4.000.000 hingga Rp.10.000.000, tergantung pada usia, ukuran serta reputasi penjual kura-kura. Harga ini dapat lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kondisi yang disebutkan sebelumnya.

Sebagai catatan, Indian Star Tortoise merupakan jenis kura-kura yang dilindungi di beberapa negara dan memerlukan izin khusus untuk ekspor atau impor. Sehingga perdagangan atau pembelian harus sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia. Memelihara kura-kura juga harus memperhatikan kondisi perawatan yang baik agar tetap sehat dan hidup dalam kondisi yang baik.

Penutup

Kura-kura Indian star tortoise memang reptil peliharaan yang indah. Memelihara segala jenis hewan peliharaan adalah tanggung jawab besar dan tidak boleh dianggap enteng. Pastikan sobat Exotic tahu apa yang akan hadapi dengan dan mempelajari semua hal mengenai kebutuhan kura-kura Indian star tortoise sebelum berkomitmen untuk memelihara di rumah

Juga perlu di ingat, bahwa kura-kura Indian star hidup secara signifikan lebih lama daripada hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, rentang usia istar sekitar 30-55 tahun, jadi ini bisa menjadi komitmen memelihara yang sangat panjang.