Ikan Koi

 Cara Merawat Ikan Koi

Ikan koi memang menakjubkan, pintar, berumur panjang dan memberikan kepuasan besar bagi setiap penghobi ikan. Jangan hanya memiliki tato ikan Koi, miliki ikan Koi asli. Berikut adalah tips penting untuk memulai hobi Koi.

Mulai Memelihara

Jelas, alasan pertama Sobat Exotic harus memulai hobi adalah jika itu membuat Sobat Exotic bahagia. Ikan koi itu indah, menarik dan merawatnya bisa menjadi pengalaman yang sangat memuaskan. Menyaksikan mereka berenang dikolam dengan gembira dalam warna-warna cerah dan bervariasi dapat membantu Sobat Exotic menjadi rileks dan menghilangkan stres.

Jika dilatih dengan baik, mereka bahkan akan memakan makanan ikan dari tangan Sobat Exotic. Sementara itu para pembudidaya ikan Koi mengatakan bahwa mereka memiliki kepribadian yang unik.

Pertimbangkan Biaya Perawatan

Sobat Exotic juga membutuhkan kolam berukuran layak, karena dapat tumbuh hingga 1 meter. Sobat Exotic membutuhkan setidaknya kolam koi berukuran 2.000 liter air per ikan, dengan kedalaman kolam minimal 1 meter. Kolam membutuhkan sistem filtrasi untuk menghilangkan kotoran, aerasi untuk menambah oksigen ke dalam air dan perawatan serta pemeliharaan rutin.

Jangan biarkan hal ini membuat Sobat Exotic kesal, merawat kolam bisa sama bermanfaatnya dengan berkebun, karena Sobat Exotic menambahkan fitur lanskap, tanaman kolam, dan, tentu saja, menambah koleksi ikan Koi Sobat Exotic.

Jenis Koi kecil tertentu mungkin hanya berharga beberapa puluh ribu rupiah saja, tetapi varietas dan ukuran yang lebih langka dapat berharga ratusan, bahkan jutaan rupiah. Untuk mengimbangi biaya, pemilik terkadang menjual ikan ekstra yang mereka pelihara setelah tumbuh lebih besar.

Secara umum Koi muda lebih murah daripada yang lebih dewasa. Koi tidak menjadi dewasa sampai mereka berusia sekitar sepuluh tahun, jadi Sobat Exotic punya banyak waktu untuk melihat perkembangannya.

Komitmen Jangka Panjang

Hal lain yang perlu dipertimbangkan adalah umur koi. Ikan Koi tertua yang tercatat hidup hingga 400 tahun tetapi umur rata-rata adalah 60 hingga 95 tahun. Menempatkan ikan mas khusus ini di atas daftar hewan yangmampu  hidup paling lama, bersama kura-kura, sturgeon dan macaw biru-kuning. Jadi bersiaplah untuk perawatan jangka panjang!

Info Pets Selanjutnya  Tips Membuat Kolam Koi

Beli Ikan Koi

Keindahan ikan Koi terletak pada mutasi bentuk dan warnanya. Bagian dari kenikmatan memulai hobi ikan Koi adalah melihat ikannya terlebih dahulu. Seperti kebanyakan hal, kecantikan ada di mata yang melihatnya. Temukan peternak atau toko ikan peliharaan yang menjual berbagai varietas ikan Koi yang layak, sehingga Sobat Exotic memiliki banyak pilihan.

Yang terbaik adalah tidak berinvestasi dalam koleksi Sobat Exotic sekaligus. Membeli secara perlahan, Sobat Exotic tidak hanya akan belajar secara bertahap tentang varietas yang Sobat Exotic sukai, tetapi ada kepuasan tertentu untuk memilih dan membeli ikan yang tepat, jadi mengapa tidak memperpanjang kesenangannya?

Perhatikan ikan dengan cermat untuk melihat apakah mereka terlihat sehat. Koi harus berenang dengan bebas dan tanpa kerusakan fisik yang terlihat. Pastikan tidak ada lubang atau borok pada sisik, tulang punggung bengkok, sirip hilang, insang tidak menutup rata dan sebagainya. Mereka harus makan dengan baik dan terlihat seolah-olah bernapas dengan normal.

Harga Koi

Harga aneka jenis ikan koi bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan tersebut. Beberapa jenis ikan koi yang populer dan harganya cenderung lebih murah dibanding jenis lainnya adalah:

  1. Ikan koi standar: Harga rata-rata untuk ikan koi standar berkisar antara Rp,.300.000 hingga Rp.600.000, tergantung pada ukuran dan kualitas ikan.
  2. Ikan koi Showa: Harga rata-rata untuk ikan koi Showa berkisar antara Rp.800.000 hingga Rp.2.000.000, tergantung pada ukuran dan kualitas ikan.
  3. Ikan koi Kohaku: Harga rata-rata untuk ikan koi Kohaku berkisar antara Rp.800.000 hingga Rp.3.000.000, tergantung pada ukuran dan kualitas ikan.
  4. Ikan koi Sanke: Harga rata-rata untuk ikan koi Sanke berkisar antara Rp.800.000 hingga Rp.3.000.000, tergantung pada ukuran dan kualitas ikan.
  5. Ikan koi Asagi: Harga rata-rata untuk ikan koi Asagi berkisar antara Rp.800.000 hingga Rp.3.000.000, tergantung pada ukuran dan kualitas ikan.

Namun, harga dapat lebih tinggi jika ikan tersebut adalah spesimen yang sangat langka atau memiliki warna yang sangat indah. Harga juga dapat berbeda berdasarkan tempat dan waktu pembelian.

Info Pets Selanjutnya  Mengenal Aneka Warna Ikan Koi Untuk Pemula

Tempat Membeli Ikan Koi

Jangan terburu-buru dalam proses ini. Luangkan waktu Sobat Exotic untuk menemukan penjual Koi yang bagus di daerah Sobat Exotic. Carilah tempat yang bersih dan ikannya tidak terlalu ramai. Tanyakan kepada pemilik toko dari mana asal ikan, varietasnya, jika ada pengaturan khusus untuk memeliharanya. Tidak apa-apa membeli ikan secara online tetapi tanyakan bagaimana mereka akan mengirim ikan dan rekam jejak apa yang penjual miliki dalam hal ini.

Waktu Terbaik Untuk Membeli Koi

Pastikan kolam Sobat Exotic sudah siap, diuji dan dibuat sebelum membeli ikan Sobat Exotic. Plus, mungkin sebaiknya hindari bulan November atau Desember saat membeli ikan hias untuk pertama kalinya jika daerah tempat tinggal Sobat Exotic mengalami musim hujan yang keras dan Sobat Exotic tidak memiliki kolam berpemanas atau taman air.

Tidak ada dua Koi yang sama dan merawat ikan Sobat Exotic, menyaksikan mereka tumbuh menjadi hewan peliharaan yang besar dan indah akan memberi Sobat Exotic kepuasan yang luar biasa. Jika Sobat Exotic memulai hobi Sobat Exotic dengan cara yang benar, dengan pandangan ke depan dan perencanaan yang tepat, Sobat Exotic pasti akan menikmati ikan koi selama bertahun-tahun yang akan datang.

Varietas Ikan Koi

Jauh di tahun 1810-an ketika orang Jepang mulai membudidayakan Ikan Koi, mereka hanya memiliki satu atau dua warna saja. Koi dimulai dari mutasi ikan mas sehingga awalnya sangat terbatas. Kemudian ketika popularitas Koi meledak dan semakin banyak orang mulai membiakkannya, lambat laun variasi pola dan warna mulai berkembang.

Koi sekarang hadir dalam warna dan pola pelangi termasuk Koi merah, kuning, hitam, biru, hijau dan putih.

Untuk dengan mudah mengenali berbagai varietas Ikan Koi, Sobat Exotic memerlukan pemahaman dasar tentang klasifikasi berbagai Koi. Ada standar yang berbeda untuk setiap varietas tetapi sejumlah keragaman biasanya dapat diterima. Pasangan menonjol sebagai varietas paling populer. Kahaku Koi adalah salah satu varietas yang paling populer. Hikarimono atau Ogon Koi adalah varietas populer lainnya.

Info Pets Selanjutnya  Ikan Discus - Cara Memelihara, Merawat Dan Budidaya

Nama Hikarimono berarti satu warna metalik. Jadi Ikan Koi ini semuanya satu warna tapi dengan tampilan metalik. Mereka biasanya muncul sebagai Yamabuki Ogon atau kuning dan putih atau perak dan disebut sebagai Platinum Ogon.

Terlepas dari warna atau varietasnya, koi harus memiliki warna yang sama dari kepala hingga ujung siripnya. Sirip yang lebih besar di Ogon Koi mengimbangi warna polos untuk tampilan yang lebih baik.

Jenis yang Unik dan populer di dunia Koi adalah White Koi atau Platinum Ogon yang tubuhnya tampak bersinar seperti kilau logam mulia. Pertama kali muncul pada tahun 1953, Ikan Koi yang unik dan glamor ini mungkin disilangkan dengan Kigoi atau Nezu abu-abu-perak (dari kata Jepang “tikus” atau nezumi) Ogon.

Mereka menjadi sangat populer karena mudah dirawat, kuat dan tumbuh sangat cepat. Menonjol dan mudah terlihat di air keruh, mereka adalah pilihan sempurna untuk kolam yang keruh. Nezu, Orenji dan Fuji Koi adalah varietas lain dari Ogon Koi.

Platinum Ogon sering dikawinkan dengan sisik Ginrin. Sisik Ginrin membuatnya tampak lebih berkilau dan sangat berbeda dari sisik yang terlihat pada logam atau “Hikarimono”. Sisik Ginrin memiliki kilau metalik yang sangat reflektif di seluruh atau sebagian besar sisik. Ini menciptakan efek berkilau seperti potongan berlian.

Untuk memenuhi syarat sebagai Ginrin, koi harus memiliki lebih banyak sisik ini daripada yang dapat dihitung saat berenang melewati penonton. Minimum sisik yang diterima adalah sekitar 20.

Variasi pola dan warna yang sangat banyak menjadi faktor kunci bagi penggemar Koi untuk mengisi kolam mereka dengan Ikan Koi. Melihat langsung dari atas adalah cara terbaik untuk melihat Koi dengan segala kemegahannya. Sisi atas Koi memiliki sebagian besar pigmen warna. Dalam pertunjukan Ikan Koi di Asia, Koi selalu dilihat dari atas di kolam bundar.