Cara Merawat Ikan Badut

Ikan badut adalah ikan air asin, oleh karena itu mereka membutuhkan perawatan lebih dari ikan mas koki, tetapi setelah persyaratan dasarnya terpenuhi, mereka akan menjadi peliharaan yang bagus untuk akuarium air asin milik Sobat Exotic. Tidak seperti beberapa spesies ikan air asin, ikan badut cukup mudah diberi makan, cukup tahan terhadap penyakit dan dapat mentolerir kondisi air yang kurang ideal.

Ikan kecil yang lucu ini dapat memberikan kebahagiaan selama bertahun-tahun dengan persyaratan yang tepat. Meskipun ada banyak spesies ikan badut yang berbeda, spesies yang paling populer sejauh ini adalah Amphiprion Ocellaris, yang dipopulerkan karena film Disney  berjudul Finding Nemo.

Ocellaris False perculas seperti yang disebut umumnya mudah dipelihara dibandingkan ikan air asin lainnya. Ukuran Akuarium minimum yang disarankan adalah akuarium 100 Liter.

Jumlah penguapan terkecil akan mendistorsi salinitas dan jika lampu penghangat dibiarkan terlalu lama, suhu air dapat naik ke tingkat yang tidak aman. Akuarium berukuran 100 Liter jauh lebih stabil dan ini adalah jumlah minimum mutlak yang EMI rekomendasikan untuk sepasang ikan badut dan beberapa invertebrata lainnya. Meski tidak gesit, perenang jarak jauh memang membutuhkan ruang yang luas untuk berenang dan bergerak.

Jika membeli akuarium pertama Sobat Exotic, akuarium yang lebih lebar akan lebih sesuai dengan kebutuhan ikan badut daripada akuarium yang tinggi dan sempit. Mereka juga membutuhkan filtrasi yang tepat yang akan mencakup, setidaknya filter daya gantung dan powerhead tambahan untuk sirkulasi udara.

Semua ikan air asin berasal dari laut, dan di laut ada arus. Sebagian besar ikan air asin yang dipelihara di akuarium berasal dari terumbu dangkal yang arusnya relatif kuat. Di akuarium, arusnya tidak perlu sekuat di lautan, tetapi filter daya gantung (seperti Aquaclear) bekerja dengan baik.

Pengaturan Akuarium

Ada banyak ruang di filter ini untuk filtrasi mekanis dan biologis. Powerhead tambahan menyediakan pergerakan air yang diperlukan untuk menjaga tingkat oksigen terlarut pada tingkat yang dapat diterima, dan menyediakan arus yang dibutuhkan ikan badut. Untuk Akuarium 100 Liter, filter gantung  dan powerhead tekanan rendah volume tinggi (hvlp) adalah kombinasi yang memadai.

Info Pets Selanjutnya  Cara Memilih Dan Membeli Ikan Hias Yang Sehat

Sedangkan untuk penerangan, ikan air asin pada umumnya tidak memiliki persyaratan penerangan khusus. Semakin sedikit cahaya yang mereka miliki, seperti lampu neon, semakin sedikit alga yang tumbuh di kaca dan dekorasi. Tentu saja pencahayaan khusus bisa digunakan, tapi itu tidak perlu.

akuarium ikan badut

Kompak listrik dan halida logam mengeluarkan banyak panas, dan jika digunakan akan memanaskan air di dalam Akuarium secara mubazir. Dalam Akuarium seperti ini, jika hanya memelihara ikan, kisaran suhu yang dapat diterima adalah 26 derajat C. Jika suhu di atas 30 derajat selama satu atau dua hari, mereka tidak akan mati. Meskipun kontak yang terlalu lama di atas 30 derajat C dapat berdampak negatif pada ikan badut serta ikan lain di dalam akuarium. Lebih dari 31 derajat untuk waktu yang lama benar-benar tidak baik untuk ikan Sobat Exotic. Aman, simpan Akuarium pada suhu 26 derajat C.

Jika Sobat Exotic tinggal di daerah yang sangat panas di musim kemarau, jangan menunggu, belilah pendingin untuk Akuarium Sobat Exotic sebelum musim kemarau. Sobat Exotic akan menyelamatkan diri Sobat Exotic sendiri dan ikan peliharaan dari stres dan kecemasan yang tidak semestinya.

Sebaliknya, jika area tempat tinggal Sobat Exotic menjadi dingin di musim hujan, belilah pemanas untuk Akuarium Sobat Exotic. Untuk Akuarium 20 galon, saya sarankan menggunakan pemanas submersible 75-100 watt dengan termostat otomatis yang disetel pada 78 derajat.

Jadi, menampung sepasang ikan badut membutuhkan Akuarium berukuran 15-20 galon, filter, powerhead tambahan, lampu, dan pendingin/pemanas. Memiliki semua peralatan yang tepat akan membuat Sobat Exotic berada di jalur menuju karier pemelihara ikan air asin yang sukses.

Harga Ikan Clownfish

Harga ikan clownfish bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan tersebut. Harga rata-rata untuk ikan clownfish berkisar antara Rp.1.000.000 hingga Rp.4.000.000 tetapi harga dapat mencapai puluhan juta rupiah untuk jenis yang langka atau yang memiliki warna yang unik. Harga juga dapat berbeda berdasarkan tempat dan waktu pembelian.

Info Pets Selanjutnya  Persiapan Akuarium Ikan Badut

Panduan Memelihara Ikan Badut di Akuarium Laut

Dalam hal ikan laut yang populer, ikan badut Ocellaris (Amphiprion Ocellaris) adalah rajanya. Namanya sama dengan Percula Clownfish (Amphiprion Percula), karena mereka terlihat sangat mirip bagi kebanyakan orang. Baik badut ocellaris dan percula adalah duta besar hobi akuarium laut.

Kebanyakan orang mungkin mengira ini karena film animasi hit, Finding Nemo. Mereka tidak menyadari ikan badut ini sudah populer sebelum filmnya dirilis.

Ikan badut ocellaris adalah raja dalam hobi ini. Mereka banyak dikumpulkan dari habitat aslinya di Asia Tenggara, mereka adalah ikan laut hias paling banyak saat ini. Pergilah ke toko hewan peliharaan air asin dan Sobat Exotic akan menemukan setidaknya satu ocellaris di sana untuk dijual.

Mereka juga banyak dibiakkan di penangkaran dengan harga ocellaris yang dibesarkan di Akuarium sedikit lebih tinggi daripada spesimen yang ditangkap dari alam.

Ikan badut Ocellaris seluruhnya berwarna oranye dengan tiga pita putih (digariskan dengan warna hitam) di sekitar kepala, badan, dan di dekat ekornya. Bagi mata yang tidak terlatih, ocellaris dan percula terlihat persis sama. Namun keduanya sedikit berbeda secara fisik.

Ikan badut Percula memiliki 10 duri punggung sedangkan ocellaris memiliki 11. Untungnya, ada metode yang lebih mudah untuk membedakannya. Ikan badut Percula memiliki garis hitam yang lebih tebal dan lebih menonjol sedangkan yang di ocelaris selalu tipis.

Salah satu ikan laut termurah yang bisa Sobat Exotic beli, dengan spesimen seharga Rp.500.000,-. Beberapa ratus ribu lebih mahal dapat membeli spesimen yang dibesarkan di Akuarium. Jangan pernah membeli spesimen tangkapan liar karena yang dibesarkan di Akuarium umumnya lebih kuat dan lebih cocok untuk akuarium.

Info Pets Selanjutnya  Cara Budidaya Dan Perawatan Ikan Glowlight Tetra

Ikan Badut Ocellaris juga dikenal sebagai ikan anemon badut palsu dan badut percula palsu. Mereka disebut ikan anemon karena mereka berbagi simbiosis dengan anemon. Mereka telah menemukan cara untuk melepaskan diri dari sengatan kuat anemon, diperkirakan mereka memiliki lapisan lendir di tubuh mereka yang membodohi anemon dengan berpikir tidak ada apa-apa di sana. Anemon tidak diperlukan meskipun ikan badut membutuhkannya di alam liar.

Memilih Pasangan Ikan Badut

Ikan badut ini rukun dengan berbagai macam teman seakuarium. Namun, mereka tidak rukun dengan spesies ikan badut lainnya, terutama yang di luar spesiesnya. Ada tiga cara yang bisa Sobat Exotic ambil saat mencari pasangan:

* Beli pasangan yang sudah dikawinkan

* Beli yang sudah besar dan yang kecil, perkenalkan mereka bersama dan doakan mereka berpasangan

* Beli dua yang kecil dan gabungkan, akhirnya yang satu akan mendominasi yang lain dan menjadi betina, berpasangan dalam prosesnya

Kami tidak dapat memberikan jaminan bahwa opsi 2 atau 3 akan berfungsi 100% setiap saat.

Mencapai panjang maksimal 7 Cm, mereka dianggap sebagai ikan kecil. Semua ikan badut memiliki sifat teritorial, yang berarti mereka biasanya berada di sekitar wilayah mereka (area kecil) hampir sepanjang waktu. Wilayah mereka bisa berupa apa saja mulai dari tumpukan batu hingga anemon. Karang jamur akan dihuni oleh ocellaris ketika anemon tidak tersedia. Mereka dapat ditempatkan di akuarium 100 Liter karena perilaku ini.

Ikan ini sangat mudah diberi makan karena mereka akan memakan apa saja. Meskipun mereka adalah omnivora di alam liar, mereka mengonsumsi makanan berbahan dasar daging dan alga di akuarium. Berbagai macam makanan harus diberikan.

Secara keseluruhan, ikan badut ocellaris adalah ikan tangguh yang merupakan pilihan tepat baik untuk pemula maupun penghobi berpengalaman.