Cara Merawat Dan Budidaya Ikan Splashing Tetra

Splashing Tetra (Copeina arnoldi), seperti kebanyakan tetra yang lebih mudah untuk dipelihara, tetapi perilaku perkembangbiakannya luar biasa. Ini akan kami jelaskan di dekat bagian akhir artikel ini.

Ikan cantik ini berasal dari Amerika Selatan, termasuk sungai Amazon dan lembah yang lebih rendah.  Mampu tumbuh dengan panjang sekitar 7 cm dan akan hidup selama 8 tahun.

Nama umum lainnya termasuk “Splash Tetra”, “Jumping Characin”, “Spraying Tetra”, “Arnolds Splashing Tetra” dan “Spraying Characin”. Beberapa nama ilmiah lain yang pernah digunakan untuk ikan ini adalah “Copeina arnoldi”, “Copeina callolepis”, “Copeina eigenmanni”, “Pyrrhulina filamentosa” dan “Pyrrhulina rachoviana”.

Harga Arnold’s Splashing Tetra

Ikan Copeina arnoldi, juga dikenal sebagai Arnold’s Splashing Tetra, adalah jenis ikan hias air tawar yang relatif jarang ditemukan di pasaran. Harga Ikan Copeina arnoldi bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan. Namun, harga rata-rata untuk Ikan Copeina arnoldi berkisar antara Rp.50.000 – Rp.100.000 per ekor. Beberapa jenis ikan Copeina arnoldi yang lebih langka atau unik dapat mencapai harga yang lebih tinggi. Selain itu, biaya tambahan seperti peralatan, makanan, dan perawatan kesehatan juga harus dipertimbangkan.

Ikan Copeina arnoldi adalah ikan yang cukup menarik untuk ditampilkan di akuarium. Ikan ini memiliki warna yang menarik, dengan perpaduan warna silver dan biru. Ikan Copeina arnoldi cocok untuk dijadikan ikan hias di akuarium air tawar. Ikan ini dapat hidup dengan baik dalam akuarium yang cukup besar dan diperlukan peralatan yang cukup lengkap seperti filter, heater, dll.

Cara Perawatan Ikan Splashing Tetra

Kawanan ikan Splash Tetra yang mulus dan indah bisa menjadi tambahan yang bagus untuk akuarium air lunak dan paludarium yang tenang dan penuh tanaman. Sementara ikan Splashing Tetra mungkin tidak berwarna flamboyan seperti beberapa spesies tetra, namun mereka memiliki perilaku perkembangbiakan yang benar-benar menarik untuk dilihat.

Di alam liar, Ikan Splash ditemukan di anak sungai blackwater kecil yang lamban dan saluran sungai yang tenang di luar saluran air utama, biasanya dengan banyak vegetasi yang menjorok. Mereka juga diketahui berpindah ke hutan yang tergenang selama musim hujan.

Ikan Splashing Tetra

Akuarium harus matang, gerakan air lembut dan Akuarium dilengkapi dengan kayu apung dan banyak tanaman hidup. Filtrasi gambut akan sangat bermanfaat. Idealnya Splash Tetra harus dipelihara dalam Akuarium dengan tingkat air yang jauh lebih rendah atau jenis paludarium yang diatur (lihat catatan tentang budidaya di bawah) dengan tanaman yang tumbuh dari air dengan daun menutupi permukaan air.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Ikan Cupang Di Akuarium

Setelan ini akan memungkinkan Splash Tetra untuk berperilaku secara alami saat siap untuk bertelur.Karena ikan ini adalah pelompat yang ulung, akuarium harus memiliki penutup yang rapat tanpa lubang keluar di mana peralatan dapat masuk ke dalam Akuarium (lubang dapat diblokir dengan potongan spons filter kasar).

Sebagai spesies ikan shoaling, Splash Tetra paling baik dipelihara dalam kelompok berukuran baik; minimal delapan spesimen dan 20+ ekor jauh lebih baik. Karena ukuran dewasanya yang relatif kecil, perawatan harus dilakukan saat mempertimbangkan teman seakuarium.

Splash Tetra mudah diintimidasi oleh ikan yang riuh dan tidak boleh ditempatkan dengan apa pun yang akan menganggap mereka sebagai camilan. Sahabat akuarium yang baik mencakup spesies ikan lele Corydoras yang lebih kecil, cichlid kerdil, ikan pensil, dan tetra blackwater kecil lainnya.

Kondisi Air

Habitat alami Splashing Tetra adalah sungai tropis yang hangat. Tidak seperti beberapa ikan di Amazon bagian atas yang kadang-kadang mengalami penurunan suhu, Splashing Tetra tidak dapat menahan suhu yang lebih rendah dengan baik. Splashing Tetra dapat dipelihara pada suhu 24 derajat C yang biasanya Kami rekomendasikan untuk akuarium campuran ikan tropis, tetapi ini adalah suhu terendah yang Kami sarankan untuk ikan jenis ini.

Ph netral cocok dan kekerasan air sedang tampaknya tidak membahayakan ikan ini.

Makanan Ikan Splashing Tetra

Makanan yang disukai Splashing Tetra adalah makanan hidup berukuran kecil, termasuk larva serangga air dan Daphnia. Mereka juga akan memakan sebagian besar makanan ikan akuarium normal dan cacing darah beku.

Teman Akuarium Yang Cocok

Splashing Tetra senang dengan ikan kecil damai lainnya seperti Neon Tetra, Cardinal Tetra, Green Neon Tetra, White Cloud Mountain Minnows, Cherry Barbs, Penguin Tetra, Pristella Tetra, dan Glowlight Tetra. Mereka mungkin juga akan baik-baik saja dengan Ikan Petarung Siam.

Info Pets Selanjutnya  Trik Memelihara Dan Budidaya Ikan Tetra Paraguay

Kami akan sedikit lebih berhati-hati dalam menempatkan mereka dengan ikan yang sedikit lebih agresif seperti Red Eye Tetra, Silvertip Tetra, Gold Barbs, Rummy Nose Tetra, Scissortail Rasboras, Lemon Tetra, Emperor Tetra, Head and Tail Light Tetra, Glass Bloodfin Tetra, Swordtails , Platies, Mollies, Zebra Danios, Black Widow Tetra, Rosy Barbs, Tiger Barbs, Paraguay Tetra, Buenos Aires Tetra, Colombian Tetra; meskipun ini mungkin baik-baik saja dengan Splashing Tetra.

Cara Membedakan Jenis Kelamin

Jantan tumbuh sedikit lebih besar dari betina. Betina, saat dalam kondisi kawin, lebih montok daripada jantan. Beberapa orang percaya bahwa mereka dapat melihat telur yang dikandung betina meskipun Kami sendiri belum pernah melihatnya.

Cara Budidaya Ikan Splashing Tetra

Cara yang menarik untuk dilihat  bagi banyak pemelihara ikan adalah di mana ikan Splashing Tetra berkembang-biak. Seperti yang telah disebutkan di atas, Akuarium penangkaran harus memiliki tingkat air yang lebih rendah dengan banyak pertumbuhan tanaman yang menggantung di atas permukaan air, karena pada pertumbuhan yang muncul inilah Splash Tetra akan bertelur.

Airnya harus sangat lembut ( < 8 dH) dan sedikit asam. Ketika Splashing Tetra siap untuk berkembang biak, pejantan akan mencari tempat pemijahan yang cocok dengan berulang kali melompat keluar dari air sampai dia menemukan area yang sesuai.

Pejantan Splashing Tetra kemudian akan menuju betina yang sudah matang, mengejarnya ke arah yang dipilih yaitu lokasi pemijahan Pasangan akan melompat dari air bersama-sama, disatukan oleh sirip perutnya dan akan mendarat di lokasi pemijahan (biasanya di bagian bawah daun tetapi kadang-kadang di atas tumpukan tanah jika vegetasi yang sesuai tidak dapat ditemukan) di mana 10 -50 butir telur akan dikeluarkan oleh betina dan segera dibuahi oleh jantan.

Proses ini akan diulangi beberapa kali hingga antara 250 dan 300 butir telur telah dikeluarkan. Betina kemudian tidak mengambil bagian lebih lanjut dalam merawat telur. Namun, jantan ikan Splashing Tetra dengan penuh perhatian dan sesekali cenderung menjaga telur dengan mengibaskan ekornya dan memercikkan air ke atasnya agar tetap lembab. Jika telur telah dikeluarkan di lebih dari satu lokasi, cukup menakjubkan, jantan akan memercikkannya secara berurutan. Di sela-sela kunjungannya untuk melembabkan telur, jantan Splashing Tetra akan bersembunyi di antara tumbuh-tumbuhan terdekat.

Info Pets Selanjutnya  Merawat Ikan Ekor Pedang

Setelah sekitar 36 jam, telur akan menetas dan burayak akan jatuh ke dalam air dan pada saat ini pengasuhan induk Splashing Tetra berhenti. Ikan Splashing Tetra dewasa tidak secara aktif memangsa yang muda, tetapi beberapa aquarist suka memindahkan ikan yang dewasa ke Akuarium terpisah untuk memastikan lebih banyak burayak bertahan hidup. Benih akan mulai makan setelah 2 hari, setelah kantung kuning telurnya terserap. Berikan mereka infusoria, nauplii brineshrimp dan cacing mikro.

Perilaku Berkembang-biak

Dalam akuarium yang ditanami banyak, benih ikan dalam jumlah yang baik harus bertahan hingga dewasa.

Perilaku berkembang biak dari Splashing Tetra sangat luar biasa. Mereka bahkan tidak bertelur di dalam air. Sepasang Splashing Tetra akan bersama di bawah vegetasi yang memiliki daun beberapa sentimeter di atas permukaan air. Setelah siap, mereka akan melompat ke atas daun, bertahan selama beberapa detik. Betina bertelur sementara jantan membuahinya. Ikan turun. Ini diulangi sampai betina telah bertelur. Telur Splashing Tetra bisa sampai 300 butir meskipun biasanya kurang dari jumlah ini.

Jantan akan mengusir betina dan selama satu setengah hari berikutnya jantan secara teratur memercikkan telur ke daun, menjaganya tetap lembab. Telur menetas dan bayinya tersapu oleh cipratan air dan dengan cepat menemukan tempat persembunyian di antara tanaman di dalam air.

Jika Sobat Exotic dapat menyiapkan Akuarium budidaya yang agak khusus, dengan banyak tanaman, termasuk tanaman dengan daun berukuran besar keluar dari air, ikan ini siap dibiakkan.

Bayinya kecil dan akan makan infusoria (protozoa) pada awalnya. Pasokan makanan hidup kecil yang baik merupakan faktor utama dalam membesarkan burayak Splashing Tetra dengan sukses. Burayak ini akan segera menjadi cukup besar untuk memakan Daphnia yang disaring.