Cara Merawat Bearded Dragon

Cara Merawat Bearded Dragon

Walaupun secara alami mereka memiliki fisik yang kuat namun cara merawat bearded dragon tidak boleh diabaikan. Hewan peliharaan ini dapat hidup hingga 19 tahun jika sobat Exotic benar-benar fokus memberikan perawatan yang tepat.

7 Spesies Bearded Dragon

Ada tujuh spesies bearded dragon yang diakui oleh para ilmuwan. Ketujuh spesies tersebut termasuk dalam famili Agamidae, Genus Pogona dan berasal dari Australia. Mari kita lihat masing-masing spesies dan ciri-ciri yang membedakan mereka satu sama lain.

Nama Umum : Central, Yellow-Headed, Inland Beardie

Habitat Alami : Australia Tengah, Juga ditemukan di sebagian besar negara bagian lain

Ukuran : panjang 60 cm

Karakteristik : Berukuran paling besar dari semua spesies dan paling umum dipelihara. Vitticeps yang dibiakkan secara selektif dapat ditemukan dalam berbagai pilihan warna mulai dari putih, oranye, kuning dan merah.

  • Pogona henrylawsoni

Nama Umum : Pygmy, Black Soil, Lawson’s, Rankin’s Beardie

Habitat Alami : Queensland, Wilayah Utara Australia

Ukuran : 30 cm

Karakteristik : Dinamai sama dengan penulis dan penyair terkenal Australia Henry Lawson. Berwarna coklat muda dan memiliki janggut yang jauh lebih kecil daripada kebanyakan kerabatnya.

  • Pogona barbata

Nama Umum: Timur, Beardie Umum

Habitat Alami : Pantai Australia Timur, selatan Semenanjung Cape York

Ukuran: 60 cm

Karakteristik : Spesies pertama yang ditemukan oleh para ilmuwan pada akhir tahun 1820-an. Biasanya berwarna abu-abu/coklat/hitam yang sangat gelap.

  • Pogona mitchelli

Nama Umum : Mitchell’s, Northwest Beardie

Habitat Alami : Wilayah Utara Australia Barat

Ukuran : 20 cm

Karakteristik : Kepala berbentuk kerucut yang unik.

  • Pogona mikrolepidota

Nama Umum : Kimberly, Drysdale Beardie

Habitat Alami : Australia Utara di Dataran Tinggi Kimberly secara eksklusif

Ukuran: 30 cm

Karakteristik/Fakta: Sisik dan duri yang kurang terlihat dibandingkan spesies lain dengan makanan yang hampir seluruhnya terdiri dari serangga.

  • Pogona nullarbor
Info Pets Selanjutnya  Cara Memelihara Kura-Kura Semi Akuatik

Nama Umum : Nullabor, Banded Beardie

Habitat Alami : Australia Selatan

Ukuran: 30 cm

Karakteristik : Garis putih menonjol di bagian punggung dan ekor. Spesies langka ini ditemukan dalam lokasi geografis yang sangat kecil. Spesies ini saat ini jarang ditemukan dalam perdagangan hewan peliharaan.

  • Pogona minima

Nama Umum : Beardie Barat

Habitat Alami : Australia Barat

Ukuran: 50 cm

Karakteristik : Tubuhnya ramping dengan ekor dan kaki yang lebih panjang dibandingkan kadal Pogona lainnya.

Cara Merawat Bearded Dragon

Hewan peliharaan ini adalah hewan yang gemar makan, bearded dragon membutuhkan banyak sinar matahari sepanjang hidup agar mampu menyerap asupan vitamin dan kalsium. Inilah alasan utama mengapa sobat Exotic harus menyediakan lampu UVA dan UVB sebagai ganti sinar matahari alami.

Cara Merawat Bearded Dragon

Selain pengaturan pencahayaan di kandang, makanan yang tepat adalah faktor yang penting untuk merawat bearded dragon. Selalu ingat untuk mencampur vitamin dan kalsium ke dalam makanan mereka. Penyakit pengeroposan tulang (Metabolic Bone Disease) dapat terjadi dan penyakit tak terduga lainnya yang berhubungan dengan tulang karena kekurangan Kalsium, Fosfor dan Vitamin D.

Penting untuk menyediakan habitat kandang yang bersih, untuk mencegah parasit tumbuh di kandang dan masuk ke makanan bearded dragon. Jika hewan peliharaan terkena penyakit yang disebabkan parasit, sobat Exotic akan melihat beberapa gejala seperti penurunan berat badan. Jika kebetulan mengalami masalah ini, sebaiknya sobat Exotic membawa reptil peliharaan ke klinik dokter hewan terdekat untuk diperiksa lebih lanjut.

Sekarang sobat Exotic telah mengetahui cara dasar merawat bearded dragon, jika ingin lebih memahami, sobat selalu dapat mengunjungi klinik dokter hewan terdekat untuk informasi lebih lanjut.

Ivan

Info Pets Selanjutnya  Merawat Kura-Kura Darat Di Luar Ruangan
Top