Cara Menghindari Gigitan Ular Saat Pemberian Makan

Cara Menghindari Gigitan Ular Saat Pemberian Makan

Membahas ular peliharaan, sebagian besar gigitan ular terjadi selama sesi pemberian makan. Banyak kejadian ini berawal dari teknik pemberian makan yang tidak tepat.

Di antara penggemar reptil, ini sering diistilahkan Bloon Ngasih Makan (BNM). Biasanya, satu kejadian BNM sudah cukup untuk mengubah cara pemilik reptil dalam memberi makan ular peliharaan.

Cara Mudah Menghindari Gigitan Ular Saat Makan

Tongkat Penjepit Ular

Sobat Exotic, ada cara sederhana, sebenarnya ada banyak cara, namun yang paling mudah dan efektif untuk menghindari gigitan ular saat pemberian makan adalah dengan menggunakan tongkat pengait ular. Kata “kait” membuat beberapa pemilik ular peliharaan takut untuk menggunakan produk ini, tetapi sebenarnya aman.

Pada dasarnya, alat ini mirip tongkat golf dengan bagian melengkung di ujungnya, bukan driver atau putter. Sobat Exotic bisa membelinya di pameran reptil, membeli secara online atau membuatnya sendiri jika memiliki kemampuan teknik.

Cara lain untuk menghindari gigitan ular adalah dengan memilih ular peliharaan yang memiliki reputasi jinak dan enggan menyerang. Corn snake termasuk dalam kategori ini, seperti halnya ular ball python. Itu sebabnya kedua spesies ini termasuk ular paling populer di kalangan penghobi. Corn snake dan ball python yang sehat, tidak mau menggigit pemiliknya.

Banyak pemilik reptil memindahkan ular ke kotak terpisah atau kotak makan pada waktu pemberian makan. Mencegah bukaan pintu kandang tersangkut makanan, sehingga menggigit pemiliknya secara tidak sengaja. cara ini bisa sobat Exotic gunakan.

Kesalahan Pemberian Makan Yang Biasa Dilakukan

Ular menggunakan penglihatan, penciuman dan (kadang-kadang) suhu tubuh untuk mendeteksi mangsanya. Jika sobat Exotic memasukkan tangan ke dalam kandang ular setelah memegang hewan pengerat, ular peliharaan akan memiliki tiga indikator bahwa mangsa ada di dekatnya. Ular akan mencium bau hewan pengerat, mendeteksi panas tubuh dari tangan dan melihat pergerakan tangan sobat. Ini adalah kondisi utama untuk kesalahan Bloon Ngasih Makan (BNM).

Info Pets Selanjutnya  Cryptosporidiosis, Parasit Penyebab Diare Pada Reptil

Solusi yang EMI sarankan sangat sederhana dan hampir 100% efektif. Gunakan tongkat penjepit ular untuk mengangkat ular peliharaan dari kandangnya. Angkat dari bagian tengah tubuh untuk memberikan keseimbangan yang tepat. Setelah sobat Exotic mengangkat ular dengan tongkat penjepit, ular akan menyadari mereka tidak diberi makan dan akan dipegang. Kemudian sobat cukup menjangkau dengan tangan dan memegang ular seperti biasa.

Cara Mengatasi Gigitan Ular Beracun

Gigitan ular bukanlah sesuatu yang ingin dipikirkan siapa pun, kenyataannya sobat Exotic mungkin harus melakukannya jika digigit. Sebagian besar gigitan ular berbisa terjadi di India. Diperkirakan lebih dari 3 juta orang digigit ular setiap tahun.

Dari semua orang yang digigit ular berbisa, ada sebanyak 200.000 orang yang meninggal karena gigitan ular. Penyebab utama sebagian besar korban meninggal karena gigitan ular adalah kurangnya obat  anti venom yang tersedia. Kematian akibat gigitan ular lebih tinggi di negara-negara berkembang karena mereka biasanya tidak memiliki serum anti bisa, ketika ada orang-orang di negara yang menjadi korban gigitan ular.

Beberapa Hal Yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Digigit Ular

gigitan ular berbisa

Jika sobat Exotic digigit ular, lupakan semua informasi yang didapat dari menonton film, dalam keadaan apa pun sobat tidak boleh mencoba menyedot racunnya. Aksi ini hanya boleh dilakukan jika sobat mengisap racun pada bekas gigitan di tubuh sendiri. Jangan biarkan orang lain mencoba menyedot racun ditubuh sobat Exotic. Orang lain yang mengisap racun gigitan ular dari tubuh sobat Exotic, kemungkinan besar akan  terinfeksi.

Meskipun menyedot racun tidak terlalu berpengaruh karena jumlah racun yang bisa dihisap tidak sebanding dengan usaha. Sobat Exptic juga dapat mencoba menyedot racun menggunakan alat penghisap tetapi sama seperti mengisap secara manual, ini juga tidak terlalu bermanfaat.

Info Pets Selanjutnya  Ball Python Rewel Makan? Ini Strategi Pemberian Pakan

Jika mencoba untuk menyedot racun ditubuh sendiri, sobat Exotic dapat melakukannya tetapi tidak segera. sebelum mencoba mengisap racun apa pun, pertimbangkan untuk tetap tenang dan berbaring diam. Untuk menjaga ketenangan diri, ambil napas dalam-dalam. Tetap tenang akan memastikan bahwa racun tidak menyebar dengan sangat cepat dan tidak bergerak akan memastikan bahwa racun juga tidak menyebar. Ini adalah hal-hal yang harus dipertimbangkan sebelum mencoba menyedot racun apa pun.

 

Akbar

Top