Cara Menentukan Jenis Kelamin Iguana

Cara Menentukan Jenis Kelamin Iguana

Sobat Exotic, ada banyak tips iguana yang tidak diketahui orang akan EMI sampaikan untuk sobat Exotic. Reptil ini banyak ditemukan di hutan tropis dan subtropis, di sepanjang pantai dan bahkan di gurun. Berbagai jenis iguana ditemukan di lokasi seperti Amerika Selatan, Kanada, Pulau Galapagos, Madagaskar, Kepulauan Karibia hingga kelepas pantai Afrika Timur dan Fiji.

Fakta lain adalah iguana merupakan bagian terbesar dari keluarga kadal. Mereka adalah reptil yang paling umum dan populer. Karakteristik seperti bertelur adalah ciri umum untuk reptil. Sifat berdarah dingin memungkinkan iguana beradaptasi dengan mudah dilingkungan.

Ada berbagai jenis spesies iguana yang berbeda dalam karakteristik, seperti ukuran, perilaku dan bahkan warna. Mereka adalah spesies yang terancam punah di alam liar. Iguana hijau dan iguana merah merupakan jenis yang banyak dipelihara pecinta reptil di Indonesia.

Memelihara Iguana

iguana

Masyarakat dunia percaya jika kepunahan spesies iguana dialam liar dapat dicegah dengan menjadikannya sebagai hewan peliharaan. Selain itu, perawatan iguana juga cukup mudah dengan mengetahui kebiasaan makan, habitat dan informasi lain yang berkaitan dengan pemeliharaan iguana.

Iguana adalah makhluk herbivora dan makanan mereka berupa buah-buahan, kuncup bunga dan daun muda. Ulat, jangkrik dan cacing sesekali memberikan tambahan protein untuk iguana. Sayuran hijau serta berbagai jenis buah-buahan adalah makanan pokok iguana.

Pertumbuhan iguana relatif cepat. Seekor iguana dapat memanjang hingga enam kali dari menetas dan tumbuh hingga seratus kali lebih berat dalam jangka waktu dua tahun.

Penting memastikan iguana peliharaan mendapatkan makanan dan air yang cukup serta ditempatkan di kandang yang sesuai dengan suhu yang tepat. Tingkat pertumbuhan iguana yang lambat seringkali merupakan akibat dari kandang dan makanan yang tidak tepat.

Info Pets Selanjutnya  Cara Mudah Budidaya Kura-Kura Hamiltonii

Cara Menentukan Jenis Kelamin

Ciri khas iguana jantan adalah adanya kantong lemak besar di bagian belakang kepala. Rahang mereka besar dan kokoh serta memiliki pori-pori femoralis yang lebih besar di bawah paha. Selain itu, kepala betina lebih kecil, tidak memiliki kantong besar lemak serta pori-pori femoralis kecil. Ciri-ciri pada iguana ini dapat membantu sobat Exotic untuk membedakan iguana jantan dan betina.

Perilaku kawin seperti ereksi duri yang ada di punggungnya serta anggukan kepala perilaku umum bagi pejantan. Iguana jantan biasanya bertindak agresif selama proses kawin.

Iguana betina cenderung menggali lubang bertelur di area yang menerima banyak sinar matahari. Betina kemudian menutupi telur dan membiarkannya sendiri. Telur-telur itu menetas karena suhu yang hangat. Semua telur iguana yang ada di sarang akan menetas secara bersamaan.

Tips Aman Menghadapi Iguana Yang Agresif

Iguana yang agresif dapat menyebabkan luka yang sangat serius bagi sobat Exotic. Penting untuk selalu berhati-hati di sekitar kadal besar ini. Bahkan Iguana yang biasanya jinak pun bisa membuat sobat merinding dalam sekejap. Artikel ini akan memberi informasi serta beberapa tips untuk menangani iguana yang agresif.

Mencakar

Iguana memiliki cakar yang sangat-sangat tajam. Mereka dapat menancapkanya kedalam kulit sobat dengan sangat mudah. Karena itu, yang terbaik adalah memotong cakar Iguana secara teratur. sobat juga dapat meletakkan beberapa permukaan kasar di dalam enklosur. Ini akan membantu menjaga kuku agar tidak tumbuh dengan cepat sehingga tidak perlu memotongnya terlalu sering.

Jika sobat Exotic tidak memotong kuku secara teratur, sobat harus menggunakan sepasang sarung tangan reptil berkualitas untuk dipakai saat menangani iguana. Sarung tangan reptil adalah invetasi terbaik untuk dibeli. Jika sobat Exotic tidak memiliki anggaran untuk membeli atau sedang bokek, sobat bisa mengunakan sepasang sarung tangan las yang bagus.

Info Pets Selanjutnya  Kura-Kura Brazil, Semua Informasi Perawatan Mereka

Menggigit

Metode serangan umum lainnya adalah menggigit. Iguana memiliki banyak gigi tajam. Jika seekor iguana mengigit dengan baik, akan sangat sulit untuk melepaskannya. Saat mencoba melepaskannya, Sobat Exotic juga dapat membuatnya kehilangan beberapa gigi. Sarung tangan reptil membantu mencegah gigitan.

Menyambukkan ekornya

Cambuk ekor juga merupakan serangan umum dari iguana yang agresif. Meskipun tidak akan menyebabkan banyak luka, ini bisa sangat menyakitkan. Namun akan menjadi cerita yang berbeda jika sobat Exotic terkena cambukan ekor pada bagian wajah atau mata secara khusus. Sobat bisa meminimalisir luka akibat cambuk ekor dengan cara mendekatkan diri ke arah iguana agar dia tidak bisa memanjangkan ekornya terlalu jauh.

Melompat

Juga merupakan serangan umum bagi iguana yang agresif untuk melompat ke arah sobat Exotic untuk serangan udara. Serangan lompat dapat membuat sobat Exotic dalam posisi terbuka untuk digigit atau dicakar. Iguana ini bisa melompat beberapa meter, jadi sobat harus menjaga jarak untuk mencegahnya.

 

Ivan S

Top