Cara Memilih Leopard Gecko Yang Sehat

Cara Memilih Leopard Gecko Yang Sehat

Jika sobat Exotic telah memikirkan dan memutuskan bahwa Leopard Gecko adalah hewan peliharaan yang akan dibeli, sobat harus memilih dengan hati-hati dan baru memasuki proses pembelian setelah sobat mengetahui beberapa hal berikut.

Salah satu faktor penentu adalah warna dan pola Leopard Gecko yang diinginkan. Sobat Exotic harus memilih corak yang sesuai dengan selera pribadi. Leopard Gecko bisa hidup lama, jadi pilihlah warna yang enak dilihat. Sobat juga perlu tahu mengenai cara merawat Leopard Gecko. Sobat perlu lebih tahu mengenai jenis makanan apa yang harus diberi, kapan perlu diberi makan dan bagaimana perilakunya. Kandang Leopard Gecko harus sudah siap digunakan saat mereka sampai.

Karena itu sobat Exotic harus mulai mencari toko hewan peliharaan yang berhubungan dengan penjualan reptil. Banyak toko hewan peliharaan yang menjual Leopard Gecko dan ada juga peternak khusus yang membiakkan leopard gecko untuk dengan warna dan pola tertentu.

Sobat Exotic dapat menemukan semua informasi yang dibutuhkan tentang membeli dan merawat Leopard Gecko dari berbagai forum facebook yang sering dikunjungi oleh pemilik maupun breeder Leopard Gecko. Reptil seperti Leopard Gecko memiliki kebutuhan yang berbeda dari hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, jadi pastikan sobat mengetahui semua informasi penting sebelum membeli Leopard Gecko sebagai peliharaan baru.

Ketika sobat Exotic benar-benar ingin membeli Leopard Gecko dan ingin memilih peliharaan yang sehat. Kiat-kiat berikut dapat membantu memastikan bahwa Leopard Gecko yang dipilih dalam kondisi sehat :

  • Sobat Exotic harus mencari Leopard Gecko yang lincah dan waspada. Jika Leopard Gecko berlari dan bersembunyi saat sobat mendekati kandangnya, ini sebenarnya pertanda baik. Leopard Gecko yang nampak tidak keberatan saat di dekati kemungkinan besar sedang sakit.
  • Leopard Gecko yang sehat harus memiliki kulit yang berkilau dan tampak sehat. Jika kulit mereka terlihat kusam atau memiliki sisa-sisa kulit tua yang seharusnya dihilangkan, mungkin kondisi kesehatannya sedang tidak baik dan tidak dirawat dengan benar.
Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Kura-Kura Red Foot Tortoise

leopard gecko

  • Pastikan Leopard Gecko yang hendak dibeli tidak memiliki anggota tubuh yang patah atau lemah atau tanda-tanda cedera lainnya. Jika Leopard Gecko terlihat memiliki luka yang tampaknya belum sembuh atau ekor yang hilang dan tidak menunjukkan tanda-tanda pertumbuhan kembali, ini adalah indikator bahwa kesehatannya buruk dan sobat Exotic harus memilih Leopard Gecko lain untuk dibeli.
  • Periksa tanda-tanda keberadaan parasit. Salah satu parasit paling umum yang menyerang Leopard Gecko secara umum bermanifestasi sebagai bintik-bintik merah pada kulit, terutama di sekitar pangkal kaki, leher, sekitar mata dan sekitar dubur.
  • Leopard Gecko yang cukup makan adalah tokek yang sehat, jadi pastikan setiap Leopard Gecko yang ingin dibeli tidak memiliki tulang panggul yang menonjol, ini adalah tanda malnutrisi atau bisa jadi merupakan gejala awal dari penyakit Metabolic bone disease (MBD).

Cara Mendeteksi Masalah Kesehatan Leopard Gecko

Leopard Gecko adalah hewan peliharaan yang luar biasa untuk dipelihara, mereka kecil dan mudah dirawat. Gecko tidak memiliki banyak persyaratan perawatan dan bahkan dapat dibiarkan sendiri selama berhari-hari tanpa perhatian pemiliknya. Dan bahkan jika ditempatkan di ruang kerja, tidak mengganggu siapa pun, leopard gecko hanya diam di kandangnya dan tidak mengeluarkan bau busuk juga.

Gecko ini juga tersedia dalam berbagai warna dan pola yang luas dan tersedia di toko hewan peliharaan di mana saja. Mereka juga murah dan tidak membutuhkan banyak ruang di dalam rumah. Terlebih lagi, leopard gecko memiliki rentang hidup yang panjang jika diberi nutrisi dan perawatan yang tepat.

Bukan hal yang aneh bagi gecko untuk hidup selama lima belas hingga dua puluh tahun. Sayangnya, terlepas dari perawatan, diet yang tepat dan habitat yang bersih, penyakit masih dapat memengaruhi hewan peliharaan Anda. Hal terbaik yang harus dilakukan ketika masalah kesehatan muncul adalah menghubungi dokter hewan yang berpengalaman dengan reptil dan hewan peliharaan eksotis lainnya. Lebih baik lagi yang terbaik adalah menghubungi salah satu bahkan sebelum masalah atau penyakit mungkin terjadi.

Info Pets Selanjutnya  Apa Jenis Kadal Terbaik Untuk Dipelihara?

Masalah gecko yang paling umum adalah penyumbatan saluran pencernaan yang biasanya terjadi ketika mereka menelan sesuatu yang tidak mudah dicerna. Obstruksi ini dapat berupa pasir, kerikil atau substrat yang mungkin telah dikonsumsi. Saat dimakan bisa menghalangi aliran di usus dan bisa berakibat fatal. Cara terbaik untuk menghindari hal ini adalah dengan menggunakan substrat halus yang dapat dengan mudah dilewati setiap kali tertelan.

Selain itu, masalah leopard gecko difokuskan pada kekurangan kalsium. Jika mereka tidak mendapatkan cukup kalsium dalam makanan mereka, kecenderungannya adalah memakan substrat dengan harapan mendapatkan kalsium yang mereka butuhkan. Terlalu banyak konsumsi dapat menyebabkan penyumbatan.

Infeksi mulut

Infeksi mulut juga bisa menjadi salah satu masalah bagi gecko. Ini biasanya hasil dari perkelahian di antara mereka, kandang yang kotor atau mungkin luka yang didapat secara tidak sengaja. Pembengkakan mungkin mulai terlihat di sekitar mulut gecko yang merupakan tanda infeksi. Atasi masalah ini dengan membersihkan kandang setiap hari dan mungkin menggunakan antibiotik oral.

Habitat gecko yang terlalu dingin untuk waktu yang lama dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Ini terlihat ketika gelembung lendir hidung menjadi terlihat dan kesulitan bernafas terjadi. Perbaiki masalah ini dengan meningkatkan suhu kandang.

Tidak dapat dipungkiri bahwa leopard gecko memiliki kecenderungan untuk saling berkelahi dan dapat menyebabkan luka. Untuk menghambat pertarungan, tempatkan tidak lebih dari satu gecko jantan di dalam satu kandang. Mencampur  jantan dengan betina diperbolehkan asalkan diberi tempat persembunyian yang cukup, satu untuk masing-masing.

Melihat satu leopard gecko lebih sering bersembunyi  daripada yang lain, merupakan tanda adanya masalah yang perlu diperhatikan. Jika ini terjadi, pindahkan gecko tersebut ke kandang lain. leopard gecko lain mungkin menggertaknya yang merupakan salah satu masalah gecko yang umum.

Info Pets Selanjutnya  Perbedaan 6 Jenis Iguana

 

Top