Cara Memilih Antara Ikan Cardinal Tetra VS Neon Tetra

Cardinal tetra adalah ikan yang cantik karena warnanya yang merah cerah. Mereka sangat populer di kalangan pemelihara ikan. Namun sepupu mereka Neon tetra memiliki warna biru mengkilap dan mereka juga menarik. Jadi terkadang menjadi sulit bagi pemelihara ikan untuk membuat pilihan di antara kedua jenis ini.

Neon tetra adalah ikan yang murah dan kuat, ideal untuk penghobi pemula. Karena mereka memiliki temperamen yang baik, mereka cocok dipelihara pada akuarium komunal. Mereka hanya dapat tumbuh hingga 4 cm dan tidak memiliki kebiasaan makan apapun.

Cardinal tetra akan tumbuh hingga 6 Cm dan harganya lebih mahal karena proses budidaya di peternakan sangat sulit. Mereka perlu diimpor dari wilayah Amerika Selatan.

Karena neon tetra adalah ikan yang kuat, mereka dapat mentolerir variasi kondisi kehidupan. Jika ada perubahan besar pada suhu air atau tingkat pH, mereka akan berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan tersebut. Dari seluruh keluarga ikan tetra, neon tetra adalah yang paling tangguh. Di sisi lain, tetra Cardinal sangat sensitif terhadap kondisi air dan sedikit perubahan kondisi air dapat mempengaruhi mereka secara besar-besaran.

Baik cardinal tetra maupun neon tetra adalah ikan kawanan dan kebutuhan untuk hidup berkelompok. Ketika Sobat Exotic memutuskan untuk memelihara salah satu dari mereka, Sobat Exotic harus membeli satu kawanan minimal 20 ekor. Jika mereka dipelihara sendiri, mereka akan stres dan sakit dan bisa mati.

Kedua spesies ini dapat memakan semua jenis makanan yang diberikan kepada mereka. Mereka suka makan makanan hidup tetapi pada saat yang sama mereka bisa makan sayuran rebus dan makanan yang dipipihkan. Keduanya bisa memakan serangga kecil dan cacing yang ada di dalam air.

Awasi Proses Pembiakan

Namun kedua spesies ini suka tinggal di akuarium tingkat menengah. Jadi ketika Sobat Exotic memutuskan untuk memelihara keduanya dalam satu Akuarium, akan ada masalah. Meskipun akuarium Sobat Exotic berukuran besar, jika keduanya ingin menempati area tengah, maka akan terjadi masalah teritorial.

Selain itu, akan ada masalah selama masa pembiakan neon tetra. Telur mereka mungkin dimakan oleh tetra Cardinal. Jadi lebih baik memelihara hanya satu jenis dari mereka di akuarium.

Ini adalah keputusan yang sulit untuk dibuat. Namun, berikut adalah beberapa panduan untuk Sobat Exotic

  1. Jika anggaran dana Sobat Exotic terbatas, cardinal tetra terasa lebih mahal untuk Sobat Exotic. Jadi, Sobat Exotic harus membeli ikan neon tetra.
  2. Jika Sobat Exotic seorang pemula, akan sangat sulit bagi Sobat Exotic untuk selalu menjaga kondisi ideal air di dalam akuarium. Bahkan sedikit variasi dalam kondisi dapat melukai tetra Cardinal. Jadi, Sobat Exotic dapat memilih neon tetra sebagai permulaan. Nanti Sobat Exotic bisa memikirkan memelihara tetra Cardinal.
  3. Namun, jika Sobat Exotic memiliki pengalaman memelihara ikan dan ingin memamerkan akuarium Sobat Exotic kepada keluarga dan tamu, Sobat Exotic dapat memilih tetra Cardinal. Warna merah cerahnya yang indah akan bersinar dengan latar belakang substrat dan dekorasi yang sesuai.
Info Pets Selanjutnya  Tips Budidaya dan Memelihara Ikan Cardinal Tetra Yang Sehat

Tips Perawatan

Sulit untuk membiakkan neon tetra di peternakan tetapi hampir tidak mungkin bagi peternak berpengalaman untuk mencoba tetra Cardinal. Mempertimbangkan permintaan mereka yang besar, beberapa peternak berpengalaman mungkin mencoba menjual sesuatu yang akan mereka beri label sebagai ikan neon tetra atau cardinal tetra.

Ikan akan lebih murah tetapi mungkin tidak menunjukkan warna cerahnya dan mungkin terlihat kusam dan tidak aktif. Seringkali, mereka mungkin mati segera setelah dibawa pulang. Jadi, Sobat Exotic harus berhati-hati saat membeli salah satu dari mereka.

Sobat Exotic harus berbicara secara rinci kepada penjaga toko ikan peliharaan dan jika mungkin konsultasikan dengan teman Sobat Exotic sebelum membeli.

Pesona Warna Ikan Cardinal Tetra dan Neon Tetra

Jika Sobat Exotic seorang pecinta akuarium dan ikan adalah kesukaan Sobat Exotic, maka Cardinal Tetra dan Neon Tetra akan menjadi dua ikan yang ingin Sobat Exotic pertimbangkan karena warnanya yang cerah akan memikat Akuarium Sobat Exotic saat mereka berubah dari warna tidak aktif menjadi cerah tergantung pada waktu. hari dan tingkat aktivitas.

Kedua ikan tersebut peka terhadap suhu air dan kadar asam dan karena kesamaan spesies, akan berkumpul bersama jika mereka tinggal di akuarium yang sama. Penting bagi kesehatan ikan agar Sobat Exotic memahami cara menyeimbangkan kondisi air di akuarium Sobat Exotic. Aquarists merekomendasikan akuarium dengan siklus penuh sebelum memperkenalkan ikan khusus ini.

Baik Cardinal Tetra dan Neon Tetra telah disalahartikan satu sama lain karena garis merah opalescent mereka. Cara terbaik untuk mengetahui perbedaan antara dua Tetra yang sangat mirip adalah panjang garisnya. Sementara garis Neon Tetra memanjang dari tengah tubuhnya ke ekor, garis Cardinal Tetra mencapai seluruh panjang tubuhnya.

Karakteristik

Sementara Neon Tetra menampilkan punggung biru pucat di atas perut sterling pucat dan garis biru prismatik yang membentang secara horizontal di sepanjang setiap sisi ikan yang juga memanjang di sepanjang tubuh. Ikan cantik ini memberikan ilusi perubahan warna saat tidak aktif di malam hari, mengubah warnanya menjadi perak dan kemudian mengaktifkan kembali warna opalescent mereka saat siang hari dan aktivitas mereka meningkat. Ikan ini juga benar-benar transparan, termasuk siripnya, kecuali tanda berwarna-warni.

Info Pets Selanjutnya  Trik Memelihara Dan Budidaya Ikan Tetra Paraguay

Cardinal Tetra, di sisi lain, bahkan lebih cerah dengan garis biru bercahaya yang sedikit lebih jelas dan garis merah yang ditemukan di bawahnya. Cardinal Tetra juga lebih sensitif daripada Neon Tetra dalam hal pemijahan. Neon Tetra memiliki lebih sedikit kesulitan untuk bertelur di penangkaran. Cardinal Tetra akan bertelur di penangkaran jika kondisinya tepat, tetapi sejauh ini hanya sedikit keberhasilan yang terlihat.

Baik Cardinal Tetra dan Neon Tetra membutuhkan tempat berlindung ketika mereka merasa terancam, jadi vegetasi harus tersedia dalam jumlah dan variasi dan kedua ikan harus dijaga agar tetap aman dengan tidak memeliharanya di Akuarium yang sama dengan ikan yang lebih besar dan lebih agresif yang mungkin melihatnya. sebagai santapan mereka selanjutnya. Menjaga Akuarium menyerupai habitat liarnya akan membuat ikan ini paling bahagia.

Tips Membesarkan Ikan Cardinal Tetra Yang Sehat

Cardinal tetra atau Paracheirodon axelrodi berasal dari Sungai Amazon. Cardinal adalah salah satu dari beberapa varietas ikan air tawar paling berwarna yang tersedia secara komersial. Mereka adalah anggota keluarga Characidae.

Cardinal tetra dan neon tetra terlihat sangat mirip. Namun ada perbedaan halus dalam tanda tubuh yang dapat digunakan untuk membedakan mereka satu sama lain. Cardinal memiliki garis atau pita merah yang memanjang dari kepala hingga pangkal ekornya.

Neon tetra memiliki pita yang sama tetapi dimulai di tengah tubuh dan berjalan kembali ke ekor daripada memanjang ke seluruh panjang tubuh. Palet warna cardinal tetra cenderung sedikit lebih cerah daripada neon tetra. Cardinal dewasa sedikit lebih besar dari neon.

Cardinal mencapai sekitar 6 cm panjangnya. Meskipun jenis ikannya lebih kecil, Cardinal membutuhkan ruang yang luas untuk berenang. Mereka tidak cocok untuk kondisi hidup yang sempit. Mereka adalah perenang Akuarium menengah dan lebih menyukai lingkungan renang yang lebih panjang daripada yang lebih tinggi. Ini menjadikannya kandidat yang sempurna untuk akuarium panjang yang dipasang di dinding.

Cardinal bersifat jinak. Mereka hidup dengan baik di lingkungan komunitas tanpa ada spesies yang lebih agresif. Mereka adalah ikan shoaling. Menambahkan beberapa ekor ke Akuarium ikan Sobat Exotic akan membantu meniru perilaku mereka di habitat aslinya. Cardinal tidak berkembang sebagai ikan soliter. Dalam kondisi ideal, Sobat Exotic dapat mengharapkan Cardinal Sobat Exotic memiliki masa hidup delapan tahun.

Info Pets Selanjutnya  Cara Merawat Dan Budidaya Ikan Splashing Tetra

Seperti semua ikan asli Sungai Amazon, tetra Cardinal tumbuh paling baik di air yang lembut dan sedikit asam. Tingkat pH 6,8 adalah premium. Toko Aquarium menjual pendingin air khusus untuk jenis ikan Amazon. Fungsi Cardinal paling baik dalam suhu air berkisar antara 24°C.

Mereka adalah ikan omnivora. Tidak perlu khawatir dengan produk pakan ikan khusus saat beternak tetra. Serpihan pelet ikan tropis air tawar apa pun bisa digunakan

Trik Budidaya Ikan Tetra

Sulit untuk membedakan laki-laki dari perempuan. Mereka identik dalam warna. Tubuh betina cenderung sedikit lebih bulat saat mengandung telur.

Cardinal akan bertelur di peternakan. Mereka kemungkinan besar berkembang biak di malam hari atau di Akuarium yang remang-remang. Cardinal tetra adalah penyebar telur. Mereka menyebarkan telurnya. Seperti semua tetra, Cardinal akan memakan telurnya.

Cara yang baik untuk mencegah hal ini terjadi adalah dengan menambahkan lapisan kelereng ke dasar Akuarium ikan Sobat Exotic. Telur akan lolos ke dasar di mana mereka akan aman sampai waktu penetasan.

Berikut adalah beberapa tip praktis untuk diikuti jika Sobat Exotic berniat membiakkan tetra.Pelihara mereka di Akuarium budidaya terpisah yang dilengkapi dengan tanaman terapung. Mereka tidak akan berkembang biak di air alkali yang keras.

Sobat Exotic dapat menyaring air menggunakan gambut atau menambahkan lapisan tipis ke substrat Sobat Exotic untuk meniru kondisi kawin yang sempurna. Pastikan gambut tidak mengandung bahan kimia tambahan.

Setelah mereka bertelur, keluarkan ikan dewasa dari Akuarium penangkaran. Cardinal tetra menetas dalam waktu sekitar 24 jam. Begitu menetas, mereka bisa diberi makan makanan cair, infusoria, atau rotifera.

Keduanya sudah tersedia di toko khusus ikan. Benih yang lebih besar akan berkembang dengan sedikit kuning telur rebus yang dijalankan melalui food processor. Telur bubuk juga bisa digunakan.

Pemeliharaan akuarium adalah hobi yang menyenangkan dan bermanfaat. Perawatan ikan akuarium air tawar adalah cara termudah dan paling ekonomis untuk memasuki bidang kepemilikan akuarium.