Cara Memelihara Tarantula Untuk Pemula

Cara Memelihara Tarantula Untuk Pemula

Memiliki tarantula sebagai hewan peliharaan semakin umum saat ini, tetapi tidak semua spesies tarantula cocok untuk dipelihara. Sebagai pemula, bagaimana sobat Exotic mengetahui spesies apa yang cocok?

Dari lebih dari 850 spesies tarantula, hanya ada sepuluh yang bisa direkomendasikan untuk dipelihara pemula. Kali ini EMI akan membahas dasar Perawatan Tarantula sehingga sobat Exotic tahu apa yang harus dicari ketika memilih spesies yang akan dibeli.

5 Spesies Tarantula Yang Direkomendasikan Untuk Pemula

  • Brazilian Black (Grammostola pulchra) – berasal dari padang rumput Brasil, laba-laba ini sering dianggap sebagai spesies tarantula terbaik untuk pemula.
  • Mexican Red-Knee (Brachypelma smithi) – dinamai berdasarkan negara atau asalnya. Laba-laba yang agak jinak ini adalah pilihan bagus.
  • Curlyhair (Brachypelma albopilosum) – berasal dari Nicaragua dan Costa Rica, karapas berwarna coklat tua dan emas membuat laba-laba ini sangat indah untuk dilihat, kebutuhan perawatan yang mudah menjadikannya spesies yang tepat untuk pemula.
  • Chaco Golden Knee (Grammostola pulchripes) – laba-laba yang berukuran lumayan besar, cukup cantik.
  • Chilean rose tarantula, rose hair tarantula, Chilean fire tarantula atau Chilean red-haired tarantula (Grammostola rosea) – paling umum dipelihara, spesies ini hadir dalam dua variasi warna yang berbeda.

Masing-masing spesies yang disebutkan di atas dipilih karena kebutuhan perawatan yang mudah, temperamen yang jinak dan banyak dijual bebas.

Namun ada kebutuhan perawatan khusus untuk setiap jenis tarantula yang perlu sobat Exotic ketahui secara lebih rinci sebelum memutuskan membeli.

Cara Perawatan

  • Ukuran Kandang

Tubuh tarantula rata-rata berukuran 8 cm dengan kaki memanjang hingga 26 cm. Kandang harus berukuran empat kali panjang laba-laba. Habitat yang terlalu besar bisa menyebabkan tarantula menjadi stres.

Info Pets Selanjutnya  Membuat Habitat Kelomang

Hindari sinar matahari langsung karena sebagian besar laba-laba menghabiskan 80 persen waktunya disiang hari tanpa terlihat, lebih aktif pada malam hari.

Pastikan sobat Exotic meletakkan tarantula di wadah kaca atau plastik yang memiliki penutup aman dan berikan lubang ventilasi yang cukup. Kandang harus berukuran minimal 4 kali rentang kaki tarantula.

Jika ukuran kandang terlalu besar, tarantula tidak akan dapat melihat makanan atau mangsanya dengan mudah.

Lapisi kandang dengan substrat seperti sabut kelapa, gambut, vermikulit atau tanah. Ketebalan substrat sekitar 10 cm dan harus lembap.

Jika berniat memelihara tarantula yang tinggal di pohon, pastikan kandang cukup tinggi dan ada banyak cabang kayu dan ranting untuk dinaiki laba-laba.

Selalu berhati-hati saat menangani tarantula. Tarantula adalah makhluk yang sangat cepat sehingga sangat sulit untuk menangkapnya. Cara terbaik untuk mengambil laba-laba ini adalah dengan menggunakan wadah silinder kecil.

Begitu berada di tangan, sobat Exotic harus memperhatikan pergerakan laba-laba jika mereka bergerak maka perlu untuk terus berpindah tangan agar laba-laba tidak jatuh ke tanah. Jangan biarkan tarantula bergerak di sekitar tubuh karena ada kemungkinan besar sobat Exotic akan menindih laba-laba secara tidak sengaja, sehingga tarantula dapat menyengat sobat Exotic.

Jika disengat oleh laba-laba, oleskan sedikit spiritus sebagai antiseptik dan jangan menggaruk area tersebut. Jika sobat Exotic bereaksi terhadap gigitan selalu pastikan berkonsultasi dengan dokter untuk menentukan alergi.

  • Makanan Dan Minuman

Tarantula adalah hewan karnivora dan tidak terlalu menuntut dalam hal makanan, mereka dapat diberi makan serangga seperti belalang dan jangkrik. Sobat Exotic juga bisa memberi mereka makan kutu daun, ngengat, cacing tanah, ulat dan kecoak. Tapi, ingat bahwa makanan pokok mereka adalah jangkrik.

Info Pets Selanjutnya  Kura-Kura Common Snapping Turtle: Kalem Di Air, Galak Di Darat!

Tarantula dewasa juga bisa memakan tikus mencit dan kadal. Serangga hidup apa pun yang tidak dimakan laba-laba harus dikeluarkan dari kandang. 

Dalam seminggu tarantula hanya membutuhkan dua belalang kecil. Jika sobat Exotic memberi tarantula lebih banyak makanan daripada yang dibutuhkan, sobat mungkin akan terus melihat makanan di dalam akuarium selama beberapa minggu.

Sobat Exotic juga bisa menyediakan air dalam cawan kecil. Tarantula mungkin tidak meminum air yang sobat Exotic berikan kepada mereka karena tarantula mendapatkan cukup air dari mangsa yang mereka makan.

  • Setelan Suhu Kandang

Suhu kandang harus berkisar 24 derajat celsius. Jangan gunakan lampu pemanas untuk menaikkan suhu kandang. Jika laba-laba tarantula harus dipelihara dengan kelembapan tinggi, letakkan baki berisi air di dalam kandang dan semprotkan air mineral sekitar tiga kali dalam seminggu.

Jika syarat kelembaban rendah, maka peletakan baki air saja sudah cukup.

  • Perawatan Molting

Jika tarantula sedang berganti kulit (molting), jangan menyentuh atau bahkan memberinya makan. Masa molting biasanya berlangsung selama 2 minggu.

Tarantula betina telah bisa hidup hingga 35 tahun, tetapi jantan tidak seberuntung itu. Jantan mencapai kedewasaan seksual di usia 10 tahun dan mulai mencari pasangan.

Dalam setahun dia akan mati, baik karena perkawinan yang brutal, pertempuran atau usia tua.

Tarantula Bisa Menumbuhkan Anggota Tubuh Yang Rusak

Selama masa hidupnya, tarantula akan meluruhkan eksoskeleton saat tumbuh lebih besar. Ketika molting selesai, laba-laba tidak hanya akan mendapatkan tubuh dan bulu yang baru, tetapi juga kaki baru untuk menggantikan kaki yang mungkin telah hilang sejak molting terakhir. Saat dewasa, tarantula bisa melakukan molting hingga empat kali dalam setahun.

Info Pets Selanjutnya  Penyakit Umum Pada Ball Python Dan Cara Mengobatinya

 

Gwen

Top