Cara Memelihara Kura-Kura Semi Akuatik

Cara Memelihara Kura-Kura Semi Akuatik

Jika sobat Exotic tertarik untuk memelihara kura-kura di rumah, ada banyak jenis yang bisa dipilih, termasuk yang dapat hidup di habitat kering atau yang membutuhkan habitat basah.

Apa pun jenis kura-kura peliharaan yang dipilih, sobat Exotic harus tahu bagaimana merawat dan apa saja yang dibutuhkan untuk merawat kura-kura di rumah.

Salah satu hal pertama dan terpenting yang harus dipertimbangkan ketika mencari kura-kura peliharaan adalah apakah sobat Exotic menginginkan kura-kura air atau kura-kura darat yang hidup di habitat kering.

Jika memilih kura-kura air sebagai hewan peliharaan, Sobat Exotic harus memiliki perlengkapan perawatan kura-kura yang tepat di rumah.

Tips Memelihara Kura-Kura Semi Akuatik

  • Kura-kura air (Turtle) umumnya memiliki cangkang yang lebih lembut dan berwarna lebih terang dibandingkan dengan kura-kura darat (Tortoise). Ini membantu kura-kura untuk tetap berada di air tanpa tenggelam dan berenang lebih cepat dan lebih lincah daripada tortoise.
  • Turtle memiliki warna dan corak yang berbeda pada cangkangnya, untuk menunjukkan jenis kura-kura dan dari mana mereka berasal.
Memelihara Kura-Kura Semi Akuatik
  • Pastikan sobat Exotic menyediakan habitat yang cocok untuk mereka, mencakup area untuk berenang dan tempat berjemur dengan banyak sinar matahari (atau gunakan lampu UV).
  • Suhu habitat perlu diatur dengan seksama. Air kolam harus lebih dingin daripada area habitat lainnya.
  • Anda juga harus ingat bahwa kura-kura air, seperti kebanyakan jenis kura-kura lain yang dijadikan hewan peliharaan, memiliki rentang hidup yang panjang; beberapa jenis kura-kura mampu hidup selama beberapa puluh tahun bahkan ada yang dapat hidup hingga seratus tahun!
  • Kura-kura rentan terhadap berbagai penyakit jadi pastikan untuk mencatat setiap perubahan dalam perilaku mereka. Berikan perhatian khusus pada kondisi cangkang, karena ini merupakan indikator jika ada yang salah dengan kura-kura sobat Exotic.
Info Pets Selanjutnya  Mengenal Penyu Belimbing Yang Hampir Punah

Tips Tambahan Dalam Memelihara Kura-kura

Kura-kura tidak boleh dipandang sebagai hal baru saat sobat Exotic memutuskan untuk memeliharanya. Dengan umur yang cukup panjang, makhluk lucu ini bisa menjadi bagian dari keluarga selama beberapa generasi.

Turtle yang populer adalah kura-kura Red Eared Slider, meskipun banyak bentuk dan jenis kura-kura lain yang bisa dipelihara. Tanpa pembatasan dan ruang untuk tumbuh, turtle RES akhirnya diabaikan sampai negara paman Sam melarang penjualan kura-kura berukuran kurang dari 5 cm pada tahun 1970.

Kura-kura peliharaan membutuhkan pencahayaan yang tepat, akuarium yang besar dan pembersihan rutin yang tidak disadari oleh banyak pemilik kura-kura pemula, bahkan sampai saat ini. Kura-kura jarang bertahan hidup di tempat yang penuh sesak, diabaikan dan stres selama berjam-jam perjalanan transportasi pengiriman.

Anak-anak berisiko terinfeksi bakteri Salmonella yang dibawa oleh kura-kura peliharaan. Sebagian besar pemilik peliharaan tidak menyadari bahwa beberapa jenis kura-kura air dapat tumbuh hingga 40 CM, membutuhkan ruang yang memadai dan kondisi higienis.

Lampu  UVA dan UVB diperlukan untuk menerangi akuarium kura-kura peliharaan, tanpanya lampu ini, hewan peliharaan berisiko terkena penyakit tulang metabolik. Suhu yang tepat pada siang hari 24 derajat (C) dan suhu malam hari 20 derajat (C) diperlukan untuk memungkinkan kura-kura peliharaan aktif. Akuarium harus dibersihkan secara berkala karena bisa sangat kotor.

Turtle Selalu Lapar

Membawa kura-kura untuk dipamerkan kepada teman dan tamu bisa berbahaya. Sebagai reptil, mereka berdarah dingin dan rentan terhadap perubahan suhu. Vegetasi di dalam tangki harus tidak beracun karena kura-kura memiliki kecenderungan untuk memakannya. Kura-kura adalah pemakan yang rakus, memberi mereka makan di dalam kandang akan membantu memantau makanan mereka serta menahan kotoran.

Info Pets Selanjutnya  Memelihara Kura-Kura Darat , 5 Poin Yang Harus Diketahui Sebelum Membeli

Kura-kura hardy seperti Red Eared Sliders, Mud Turtles, Musk Turtles dan Cooters baik untuk dipelihara oleh pemula sedangkan jenis softshell dan snapping turtle yang sulit, agresif, lebih besar tidak direkomendasikan sebagai hewan peliharaan. Kura-kura membutuhkan banyak perhatian. Hal ini membuat mereka lebih ramah dan sumber kesenangan bagi keluarga.

Pemilik kura-kura mungkin ingin mencoba dan menciptakan lingkungan yang sehat untuk kura-kura mereka, seperti menyiapkan kandang kura-kura. Untuk mencoba dan membantu kura-kura peliharaan berhibernasi, beberapa pemilik telah mencoba mendinginkan, yang bisa berakibat fatal saat listrik mati secara tiba-tiba atau naiknya suhu saat tidur mereka terganggu. Jika kura-kura peliharaan dipelihara di dalam ruangan, lakukan hibernasi.

Kura-kura peliharaan bisa menjadi hadiah yang fantastis untuk anak-anak. Namun orang tua yang sibuk bekerja atau mengurus rumah akan mendapati anak-anak mereka mengabaikan hewan peliharaan ini setelah eforia awal mereda, mengingat dibutuhkan perhatian besar dan pembersihan secara terus-menerus.

Ivan S

 

Top