Cara Memelihara dan Budidaya Ikan Mas Koki

Tahukah sobat Exotic cara memelihara, perawatan dan budidaya Ikan Mas Koki? Ikan ini dapat hidup lebih dari 15 tahun jika berada di kondisi yang tepat, mereka bisa hidup lebih lama lagi tetapi kebanyakan dari mereka tidak pernah berhasil melewati tahun pertama! Jika sobat ingin Ikan Mas Koki berumur panjang dan sehat, sobat harus menyediakan lingkungan yang tepat.

Kesalahpahaman umum bahwa Ikan Mas Koki dapat hidup dalam toples kecil. Agar mereka bisa bertahan hidup untuk waktu yang lama, Sobat Exotic harus sering mengganti air dan membersihkan toples, ini cukup merepotkan dan tinggal di dalam mangkuk tidak terlalu menyenangkan jadi yang terbaik adalah memelihara ikan Sobat Exotic dalam akuarium dengan sistem filtrasi yang tepat.

Ukuran akuarium Sobat Exotic bergantung pada berapa banyak Ikan Mas Koki yang ingin dipelihara. Aturan praktis yang baik adalah mengalokasikan sekitar 26 liter air per-ekor ikan, jadi jika Sobat Exotic menginginkan 5 Ikan Mas Koki, akuarium berukuran 130 liter sangat direkomendasikan.

Lebih baik memelihara ikan di akuarium panjang yang memiliki banyak ruang permukaan udara karena Ikan Mas Koki menyukai lingkungan yang memiliki banyak oksigen di dalam airnya. Akuarium berbentuk segi enam yang tinggi tidak akan menjadi habitat terbaik untuk ikan ini.

Settingan Akuarium Ikan Mas Koki

ikan mas koki

Ikan Mas Koki suka air yang sedikit hangat, antara 22 dan 25 derajat celsius, Sobat Exotic harus memiliki termometer di dalam akuarium dan mengambil tindakan yang tepat jika suhu berada dibawah 22 derajat karena suhu yang lebih rendah dapat membuat ikan Sobat Exotic lebih rentan terhadap penyakit.

Ingatlah bahwa sebagian besar ikan tropis lainnya menyukai airnya yang dingin, jadi Sobat Exotic harus berhati-hati dengan ikan apa yang Sobat Exotic masukkan ke dalam akuarium bersama Ikan Mas Koki.

Sediakan akuarium Ikan Mas Koki dengan sistem filtrasi yang sesuai dengan ukuran akuarium. Jika Sobat Exotic memelihara Ikan Mas Koki berekor mewah, jangan gunakan sistem yang menyediakan arus terlalu deras karena dapat menyulitkan mereka untuk berenang. Sobat Exotic juga ingin memberikan penggantian air secara berkala sebagaimana seharusnya dengan akuarium ukuran apa pun.

Salah satu alasan utama ikan menjadi sakit adalah karena kualitas air yang buruk. Untuk menjaga Ikan Mas Koki Sobat Exotic tetap sehat, pastikan Sobat Exotic menyediakan filtrasi dan penggantian air, tetapi juga berhati-hatilah dengan kepadatan dan pemberian makan yang berlebihan.

Terlalu banyak ikan atau terlalu banyak makanan dan limbah yang membusuk akan menyebabkan air di akuarium Sobat Exotic menjadi racun bagi ikan.

Memelihara Ikan Mas Koki bisa menjadi hobi yang luar biasa dan dengan usaha minimal, Sobat Exotic bisa menggunakan akuarium dan menjaganya tetap berjalan lancar dengan ikan yang sehat.

Tips Memberi Makan Ikan Mas Koki

Apa makanan terbaik untuk Ikan Mas Koki?

Ikan Mas Koki membutuhkan makanan yang merupakan kombinasi dari karbohidrat dan vitamin untuk membantu mereka tumbuh dan melawan penyakit. Mereka sangat membutuhkan vitamin A agar warnanya terlihat cerah. Mereka memang membutuhkan protein tetapi hanya sekitar 10% agar bisa membentuk otot.

Di habitat aslinya, Ikan Mas Koki memakan tanaman. Mereka makan diet serat yang mencakup alga, rumput dan tanaman air di lingkungan alami. Syukurlah Sobat Exotic tidak perlu banyak berkeringat untuk memenuhi kebutuhan nutrisi yang setara karena Sobat Exotic bisa mendapatkannya dari toko hewan peliharaan terdekat.

Makanan olahan yang tersedia di toko hewan peliharaan ini meliputi:

Makanan serpihan

Ini adalah salah satu makanan Ikan Mas Koki yang tersedia secara umum, dibuat khusus untuk mereka dan terdiri dari udang air asin. Mudah dimakan oleh Ikan Mas Koki dan membantu menghindari penyakit yang sangat fatal yang disebut Penyakit Kantung Udara.

Makanan pelet

Ini juga merupakan makanan serpih dengan udang air asin tetapi dikemas sebagai pelet. Satu-satunya masalah dengan pelet adalah terkadang membengkak di perut Ikan Mas Koki dan membuatnya kehilangan keseimbangan. Inilah penyakit Air Bladder.

Makanan beku

Ini termasuk makanan hidup yang dibekukan. Memiliki kandungan seperti udang air asin beku, daphnia, cacing tubifex atau jentik nyamuk. Sobat Exotic harus memotong makanan ini sedikit demi sedikit dan memberi makan Ikan Mas Koki Sobat Exotic dengan tangan.

Sobat Exotic juga dapat memilih makanan beku-kering, yang meliputi Krill, plankton Pasifik, udang air asin, dan cacing darah.

Makanan buatan rumah

Jika Sobat Exotic benar-benar ingin membuat makanan untuk Ikan Mas Koki dan punya waktu, Sobat Exotic bisa melakukannya. Sobat Exotic akan menemukan bahwa favorit mereka adalah selada dan kacang polong. Ambil semua jenis selada, yang mudah dikunyah dan dicerna oleh Ikan Mas Koki. Cuci dan bilas selada dengan air hangat dan cukup jepit di dalam tangki dengan klip selada. Jangan memasak selada. Sedangkan untuk kacang polong, masak sampai lunak dan dinginkan.

Saat makan, kupas kulitnya dan tumbuk kacang polong di antara jari-jari Sobat Exotic dan masukkan ke dalam tangki. Pastikan kacang polong lunak atau Sobat Exotic bisa membuat Ikan Mas Koki kembung. Ikan Mas Koki menikmati makanan nabati dan itulah mengapa Sobat Exotic dapat melihat mereka dengan senang hati memakan selada Anacharis dan Romaine atau potongan mentimun dan zucchini.

Makanan hidup

Makanan hidup yang dapat dimakan Ikan Mas Koki dengan aman antara lain Daphnia, Brine Shrimp, Tubiflex worm, Meal worm, Wax worm, dan Blood worm.

Sajian istimewa untuk Ikan Mas Koki

Sobat Exotic bisa membuat “makanan gel” khusus untuk Ikan Mas Koki yang cukup mudah dilakukan. Ini dapat diberikan kepada Ikan Mas Koki bersama dengan makanan pokok sebagai suguhan sesekali. Sobat Exotic butuhkan: sebungkus gelatin tanpa rasa; nampan es batu kosong dan stoples 2,5 ons berisi makanan bayi dengan rasa sayuran seperti wortel, kacang polong, atau kacang hijau.

  1. Ambil ¼ gelas air dingin dalam panci kecil dan tuangkan isi bungkusan agar-agar ke dalam air dan aduk dengan api kecil sampai agar-agar larut.
  2. Tambahkan ¾ gelas air, aduk hingga tercampur rata.
  3. Tambahkan makanan bayi dan aduk rata.
  4. Sekarang tuangkan campuran ke dalam baki es batu dan biarkan dingin selama sekitar setengah jam.
  5. Dinginkan campuran selama beberapa jam sampai mengeras.

makanan ikan mas koki

Saat waktunya makan, cukup keluarkan kubus, potong menjadi potongan-potongan kecil dan berikan ke Ikan Mas Koki Sobat Exotic! Satu baki lebih dari cukup untuk dua Ikan Mas Koki berukuran 10 hingga 15 cm selama seminggu. Pastikan Sobat Exotic membuang sisa makanan setelah seminggu, karena ada baiknya memberi mereka makanan segar.

Info Pets Selanjutnya  Panduan Merawat Ikan Phantom Glass Catfish

Apa pun itu, Sobat Exotic akan menemukan bahwa Ikan Mas Koki bukanlah pemakan yang cerewet. Mereka memiliki beragam makanan untuk dipilih dan mereka bisa makan cukup banyak, yang perlu Sobat Exotic atur. Sobat Exotic harus ingat bahwa mereka adalah ikan beriklim tropis yang membutuhkan diet tinggi protein.

Ikan Mas Koki diklasifikasikan sebagai ikan air hangat dan biasanya perlu makan makanan yang tinggi protein. Yang mereka butuhkan adalah diet kaya protein dengan vitamin yang cukup.

Itulah mengapa pilihan terbaik untuk Goldfish adalah pelet apung atau serpihan yang dibuat khusus untuk Goldfish dan memiliki semua nutrisi yang diperlukan. Tanyakan penjual Ikan Mas Koki serta pemilik lainnya dan putuskan apa yang terbaik untuk Ikan Mas Koki tersebut.

Perawatan Kesehatan untuk Ikan Mas Koki

Sobat Exotic akan berpikir bahwa tidak adil jika makhluk sekecil itu yang memberi begitu banyak kegembiraan bisa jatuh sakit. Tetapi fakta kehidupan bahwa semua makhluk hidup rentan terhadap penyakit, infeksi dan penyakit dan pada akhirnya akan mati. Ikan Mas Koki juga merupakan spesies dengan masalah kesehatannya sendiri yang akan membuat Sobat Exotic merasa tidak berdaya.

Cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah membiasakan diri dengan masalah kesehatan umum yang dihadapi Ikan Mas Koki dan penyebab penyakitnya. Mengetahui jenis penyakit akan memberdayakan Sobat Exotic dengan pengetahuan untuk waspada terhadap gejala dan mengambil langkah yang tepat untuk menangani jika Sobat Exotic bisa.

Melalui penelitian selama berjam-jam, Exotic Market Indonesia  dapat menemukan jawaban atas beberapa pertanyaan paling penting yang telah mengganggu kita begitu lama. Pertanyaan-pertanyaan seperti:

  1. Mengapa Ikan Mas Koki tiba-tiba terbalik sebelum mati di kemudian hari?
    2. Mengapa Ikan Mas Koki terkadang saling serang?
    3. Apa sebenarnya pertumbuhan putih yang muncul di tubuh mereka, yang dikenal sebagai Ichtyopthirius(Ich), dan bagaimana cara mengobatinya?
    4. Ancaman kesehatan apa lagi yang dihadapi Ikan Mas Koki?
    5. Berapa banyak ikan yang dapat Sobat Exotic masukkan ke dalam tangki tanpa terlalu penuh?

Menjaga Kebersihan Akuarium

Sobat Exotic membersihkan rumah bukan? Nah, Sobat Exotic juga harus membersihkan akuarium Ikan Mas Koki dan ini jauh lebih sederhana! Membersihkan dan merawat akuarium Ikan Mas Koki adalah suatu keharusan karena jenis ikan ini sangat kotor. Bahkan kamar anak remaja akan lebih baik daripada akuarium Ikan Mas Koki yang dibiarkan sendiri selama seminggu.

akuarium ikan mas koki

Ikan Mas Koki adalah keturunan dari ikan pemakan bangkai dan itu membuat mereka menjadi pemakan bangkai juga. Mereka akan banyak makan, artinya akan menghasilkan banyak limbah ikan yang akan menurunkan kualitas air. Lebih dari perombakan total akuarium, Sobat Exotic harus sering melakukan pembersihan mingguan.

Bagaimana Sobat Exotic menggunakan siphon untuk membersihkan tangki Ikan Mas Koki?

Sobat Exotic perlu menggunakan siphon untuk membersihkan akuarium Ikan Mas Koki karena menyedot kotoran secara efisien, tidak mengganggu ikan dan mudah digunakan. Sangat penting untuk digunakan selama penggantian air parsial. Vakum kerikil akuarium yang khas adalah tabung lebar yang dipasang ke tabung siphon yang lebih sempit.

Dengan membersihkan kerikil setiap minggu, Sobat Exotic akan membuang banyak zat yang dapat menjadi racun bagi ikan selama jangka waktu tertentu.

Inilah cara Sobat Exotic memulai proses menyedot:

  • Letakkan ember di atas bangku rendah atau bahkan di lantai di depan tangki ikan, dan letakkan ujung vakum kerikil yang lebar di dalam akuarium.
  • Sekarang dengan lembut hisap ujung lainnya dan pegang di atas ember. Setelah Sobat Exotic merasakan air mengalir ke dalam tabung, biarkan mengalir ke ember. Berhati-hatilah untuk tidak menelan airnya tetapi meskipun Sobat Exotic melakukannya, itu tidak akan berbahaya.
  • Sekarang siphon telah dimulai, gunakan ujung yang lebih lebar untuk menyedot kotoran dan kotoran dari kerikil dan mengalir keluar dari tangki ke dalam ember.
  • Lewatkan penghisap debu ke semua kerikil dan terus lakukan sampai Sobat Exotic menghilangkan 10 hingga 15% air.
  • Jika kerikil tersangkut di penyedot debu, lepaskan kerikil dengan menyambungkan ujung tabung siphon yang lain dengan jari atau ibu jari Sobat Exotic.
  • Saat Sobat Exotic ingin menghentikan siphon, angkat saja kedua ujungnya di atas level tangki
  • Untuk menghentikan siphon, cukup naikkan salah satu ujung siphon di atas permukaan tangki ikan.

Ada vakum kerikil yang dapat dipasang ke keran tetapi ini berarti Sobat Exotic memasukkan kembali air keran langsung ke dalam tangki yang mungkin tidak baik untuk Ikan Mas Koki jika ada perbedaan suhu yang nyata. Sobat Exotic juga akan menambahkan semua bahan kimia yang ada di air keran tanpa membiarkan klorin menguap. Pilihan terbaik adalah menyimpan wadah berisi air tawar semalaman.

Pembersihan Mingguan

Membersihkan takuarium Sobat Exotic sangat penting untuk kesehatan Ikan Mas Koki. Padahal, baik tanaman maupun Ikan Mas Koki membutuhkan air yang segar, bersih, dan sehat untuk bertahan hidup. Yang perlu Sobat Exotic lakukan hanyalah menyisihkan sedikit waktu setiap minggunya untuk melakukan apa yang disebut dengan Ganti Air Parsial atau Ganti Air 10-15%.

Rutinitas mingguan ini tidak hanya akan membuat akuarium Sobat Exotic terlihat bagus dan bersih, tetapi juga akan menjaga Ikan Mas Koki tetap sehat. Pergantian air sebagian tidaklah merepotkan,  yang harus Sobat Exotic lakukan hanyalah mengikis alga, menyedot kerikil, dan mengganti air yang Sobat Exotic buang dengan air segar. Inilah yang perlu Sobat Exotic lakukan:

  1. Keluarkan ganggang di permukaan tangki dengan pengikis ganggang sebelum Sobat Exotic menyedot air.
  2. Seperti namanya, Sobat Exotic perlu membuang 10 hingga 15% air dari akuarium Sobat Exotic.
  3. Tidak perlu memindahkan ikan Sobat Exotic ke wadah terpisah.
  4. Saat Sobat Exotic mengeluarkan air, gunakan siphon untuk menghilangkan endapan yang berantakan di kerikil.
  5. Jika Sobat Exotic memiliki filter bawah kerikil, maka Sobat Exotic harus membersihkan kerikil selama penggantian air mingguan.
  6. Jangan keluarkan semua ornamen dan dekorasi dan gosok sampai bersih karena Sobat Exotic dapat menghancurkan beberapa bakteri menguntungkan yang sangat dibutuhkan yang berfungsi sebagai filter biologis alami.
  7. Sobat Exotic dapat membersihkan filter selama penggantian air mingguan tetapi jangan mengganti semua kartrid, spons, paket karbon, dll., karena ini dapat menghilangkan semua bakteri baik dan membahayakan ikan emas Sobat Exotic dalam jangka panjang
  8. Ingat juga untuk membilas media filter baru dengan air dingin yang mengalir sebelum memasukkannya ke dalam sistem.
  9. Setelah Sobat Exotic menyedot 10-15% air dan sebagian besar kotoran dan ganggang, saatnya mengganti jumlah air yang Sobat Exotic buang dengan air keran segar yang telah diklorinasi yang dibiarkan pada suhu kamar semalaman, dalam wadah bebas dari sisa sabun.
  10. Gunakan siphon untuk memindahkan air segar ke dalam tangki karena ini akan menjadi cara yang lembut untuk memasukkan kembali air dan tidak akan mengganggu tanaman dan kerikil. Sobat Exotic juga akan menumpahkan lebih sedikit!
  11. Pastikan air tawar memiliki suhu yang sama dengan air di dalam tangki. Sobat Exotic tidak bisa begitu saja mencelupkannya ke dalam air dingin karena Ikan Mas Koki bukanlah ikan tropis.
  12. Ingatlah untuk menyisakan ruang yang cukup antara bagian atas air dan tutup tangki agar Ikan Mas Koki mendapatkan cukup oksigen untuk bernapas.
Info Pets Selanjutnya  Mudah Merawat Dan Budidaya Ikan Black Phantom Tetra

Apa yang tidak dilakukan:

  • Jika Sobat Exotic melihat bahwa level di akuarium telah turun, jangan hanya menambahkan air untuk membuatnya kembali level. Ini berbahaya, karena Sobat Exotic tidak menghilangkan kotoran di dalam air. Sobat Exotic hanya menambahkan air tanpa menghilangkan kotoran sehingga membuat air menjadi lebih keras dan lebih sulit bagi Ikan Mas Koki untuk hidup. Jadi jangan menambahkan air ke atas tangki, lakukan penggantian air sebagian.
  • Jangan pernah menambahkan air langsung dari keran. Harap simpan wadah terpisah hanya untuk penggunaan akuarium dan biarkan air semalaman agar bahan kimia berbahaya dan klorin menguap.
  • Harap jangan melewatkan penggantian air mingguan karena jika tidak mengganti air sebagian, Sobat Exotic membiarkan penumpukan produk limbah seperti Nitrat yang tidak dihilangkan oleh filter, dan berkontribusi pada pertumbuhan alga.

Memilih Ikan Mas Koki Yang Tepat

Ikan Mas Koki adalah jenis ikan beriklim hangat yang dapat ditemukan di sungai, danau, dan kolam di seluruh Asia dan sebagian Eropa Timur. Namun, yang akan Sobat Exotic beli untuk akuarium Sobat Exotic telah dibesarkan di peternakan. Setelah Sobat Exotic memutuskan bahwa Ikan Mas Koki adalah yang tepat untuk Sobat Exotic – Sobat Exotic perlu menemukan jenis Ikan Mas Koki yang tepat.

cara memilih ikan mas koki

Luangkan waktu Sobat Exotic dan cari tahu lebih banyak, daripada hanya terburu-buru dan membeli Ikan Mas Koki pertama yang Sobat Exotic temukan di toko hewan peliharaan pertama yang di temui. Tentukan berapa banyak yang ingin Sobat beli.

Jika Sobat Exotic benar-benar menginginkan hanya satu Ikan Mas Koki, tolong pikirkan kembali masalah ini karena itu bisa membuat kesepian dan membosankan bagi seorang peliharaan tunggal di dalam akuarium.

Setelah Sobat Exotic memikirkannya, berikut adalah beberapa hal yang harus diingat:

  • Pilih toko hewan peliharaan yang tepat. Tanyakan kepada orang-orang yang Sobat Exotic kenal yang merupakan pemelihara ikan yang berkomitmen untuk penjual Ikan Mas Koki terkenal. Mereka adalah orang-orang yang peduli dan memiliki pengetahuan profesional tentang budidaya dan pemeliharaan Ikan Mas Koki.
  • Lihat apakah mereka memberikan jaminan ikan yang layak. Saat Sobat Exotic memasuki toko, lihat sekeliling semua tangki. Pastikan akuarium tidak terlalu penuh dengan ikan. Lihat apakah semua jenis ikan dilempar bersama dalam satu tangki atau perawatan dilakukan untuk memisahkan berbagai spesies. Carilah ikan terapung yang mati. Ikan mati bisa menyebarkan infeksi ke ikan lain.
  • Tanyakan Penjual Ikan Mas Koki. Jika penjual mengklaim bahwa Ikan Mas Koki itu diimpor, cari tahu dari negara mana mereka berasal dan kapan mereka tiba. Tanyakan padanya apakah prosedur karantina yang benar telah diadopsi sebelum menjual Ikan Mas Koki. Jika mereka dibiakkan, cari tahu kapan mereka dibiakkan dan bagaimana ikan itu dipelihara sampai sekarang seperti dalam jenis obat apa yang telah digunakan dan untuk berapa lama. Cari tahu apakah penjual telah menggunakan garam di dalam air.
  • Amati bagaimana ikan berenang. Ini adalah ukuran yang baik untuk mengidentifikasi ikan yang sehat. Seekor ikan harus aktif, berenang dengan mudah dan bergaya, dan dengan rasa ingin tahu melihat-lihat sudut dan sudut. Pilih Ikan Mas Koki yang terlihat aktif dan tidak goyah atau miring ke satu sisi atau hanya diam di dasar. Ketuk tangki dan lihat bagaimana reaksi Ikan Mas Koki. Seekor ikan yang reaksinya lambat mungkin adalah ikan yang sakit. Pastikan ia tidak membuka mulutnya terlalu banyak untuk menghirup udara, karena ini bisa menjadi indikasi adanya masalah pada insangnya.
  • Periksa sirip. Pastikan sirip punggung lurus dan berdiri. Punggung Ikan Mas Koki harus mulus, tanpa tonjolan yang tidak sedap. Periksa juga apakah semua sirip sehat, rata dan tidak busuk atau rusak. Secara keseluruhan, Ikan Mas Koki harus memiliki sirip punggung (kecuali Ikan Mas Koki tanpa sirip punggung), sirip dada yang memanjang ke samping, dua sirip dubur atau satu tepat di tengah. Berhati-hatilah dengan Ikan Mas Koki yang hanya memiliki satu sirip dubur yang agak miring ke satu sisi. Ini bisa berarti sirip dubur lainnya tumbuh ke dalam dan bisa berakibat fatal bagi Ikan Mas Koki.
  • Periksa penampilan. Pastikan Sobat Exotic memperhatikan Ikan Mas Koki yang Sobat Exotic pilih secara menyeluruh. Perhatikan bahwa ikan memiliki bentuk simetris yang bagus dan pastikan mereka tidak memiliki kepala yang besar dibandingkan dengan tubuhnya. Sebaiknya rasakan ikan untuk memeriksa apakah kulitnya terlalu berlendir atau terlalu kering, tetapi setidaknya pastikan kulitnya bebas dari bintik-bintik dan tonjolan aneh serta insangnya berwarna merah. Seharusnya tidak ada kemerahan di daerah anus dan pastinya tidak ada yang menonjol atau bocor. Bagian luar mulut harus bebas dari kemerahan dan benang putih serta mata bebas dari flek putih.
  • Tangkap mereka dengan benar. Saat Sobat Exotic membeli Ikan Mas Koki, Sobat Exotic harus memasukkannya ke dalam kantong plastik yang ada di mana-mana, tetapi lakukan dengan hati-hati. Pastikan penjual menyisakan ruang yang cukup di bagian atas untuk oksigen dan jumlah air yang tepat. Jumlah air yang tepat adalah yang menutupi ikan. Jangan izinkan penjual menambahkan obat atau tetes atau apa pun.

Cara Mengetahui Jenis Kelamin Ikan Mas Koki

Bagaimana Sobat Exotic bisa tahu apakah Ikan Mas Koki jantan atau betina? Sobat Exotic mungkin ingin tahu karena Sobat Exotic ingin membiakkannya, atau memberi mereka nama yang tepat sebelum Claw menjadi induk Ikan Mas Koki!

Berikut adalah beberapa petunjuk yang dapat membantu Sobat Exotic memilah ikan mas koki jantan dan betina:

  • Ikan Mas Koki betina sedikit lebih besar dari ikan jantan dan terlihat lebih berat di bagian perut saat penuh dengan telur.
  • Ikan Mas Koki Jantan mengembangkan bintik-bintik putih pada insang dan dada mereka yang disebut “tuberkel berkembang biak” selama waktu pemijahan.
  • Laki-laki memiliki tonjolan garis tengah di bagian bawahnya mulai dari belakang sirip perut dan berakhir di lubang ventilasi. Fitur ini bisa tidak ada atau lebih kecil pada wanita.
  • Jantan memiliki perut yang kencang sedangkan betina; area antara sirip perut dan sirip dubur lebih lentur.
  • Ikan Mas Koki jantan memiliki dada yang lebih panjang dan runcing serta sinar sirip yang kaku, sedangkan Ikan Mas Koki betina memiliki dada yang lebih bulat dan sinar sirip depan yang lebih pendek dan halus.
  • Ikan Mas Koki jantan memiliki lubang dubur yang lebih kecil dan lebih lonjong serta sirip dubur yang tidak setebal Ikan Mas Koki betina yang memiliki lubang dubur lebih besar dan bulat dengan sedikit menonjol. Sirip dubur juga lebih tebal.
  • Waktu pemijahan adalah waktu yang paling mudah untuk membedakan anak laki-laki dari anak perempuan. Pembukaan betina akan terlihat lebih besar dan lebih bengkak saat telur mulai matang. Dia akan terlihat besar dan lebih berat. Karena ikan bereproduksi melalui pembuahan eksternal, Sobat Exotic dapat melihat saat jantan siap dengan tuberkel pembiakan putih dan Sobat Exotic benar-benar dapat mendorong keluar sperma melalui bukaan perutnya dengan menggerakkan jari lembut di sepanjang sisi tubuhnya.
  • Ada satu lagi yang jelas, tetapi butuh waktu lama untuk menentukan ikan mana yang jantan dan betina. Cari tahu siapa yang mengejar siapa, yang mengejar adalah laki-laki dan yang dikejar dan lelah adalah perempuan! Ini adalah kecenderungan alami Ikan Mas Koki jantan untuk mengejar dan menyenggol bagian belakang betina.
Info Pets Selanjutnya  Tips Perawatan dan Budidaya Ikan Neon Tetra

Cara Budidaya Ikan Mas Koki

Ini bukanlah tugas yang mudah. Membutuhkan banyak kesabaran, banyak ruang di dalam akuarium dan tidak banyak menghabiskan uang. Budidaya ikan mas koki sangat menguntungkan.

beternak ikan mas koki

Berikut cara memulainya:

  1. Tentukan jenisnya: Sobat Exotic juga harus memutuskan sebelumnya jenis Ikan Mas Koki yang ingin Sobat Exotic kembangkan. Idealnya, jika Sobat Exotic seorang pemula, Sobat Exotic harus memutuskan untuk membudidayakan ikan jenis ekor tunggal yang berkualitas baik seperti komet.
  2. Pasangkan dan pilih breed: Sobat Exotic harus memilih Ikan Mas Koki berkualitas tinggi untuk membiakkan Ikan Mas Koki berkualitas tinggi. Ikan Mas Koki yang Sobat Exotic pilih harus berumur minimal dua tahun. Ikan Mas Koki koki yang berkualitas baik akan dinilai berdasarkan sirip, bentuk tubuh, ukuran dan warnanya. Mereka harus setidaknya 15 cm atau lebih besar dan sangat sehat. Lebih baik mengawinkan dengan ikan yang lebih tua karena ikan yang lebih muda mungkin menghasilkan telur yang cacat dan tidak subur.
  3. Ikan Mas Koki koki betina yang ideal berat di bagian belakang, menonjol di bagian kiri tubuhnya dan area anusnya lunak.
  4. Ikan Mas Koki jantan yang ideal akan menjadi pengejar yang hebat dan harus ada tuberkel berkembang biak di insang dan sirip dada.
  5. Mulailah dengan lima ekor betina dan 2 ekor jantan.

Waktu Untuk Berkembang-Biak Ikan Mas Koki

Inilah rencana waktu untuk membudidayakan Ikan Mas Koki

  • Selama musim hujan, Sobat Exotic harus memberi makan ikan dan membantu mereka membangun bobot tubuh yang cukup untuk bertahan dan siap untuk bertelur. Pada bulan Oktober atau November, ikan Sobat Exotic akan membutuhkan lebih sedikit makanan dan inilah saatnya untuk tidak hanya membersihkan ikan tetapi juga memisahkan jantan dari betina.
  • Membersihkan ikan: Solusi yang Sobat Exotic butuhkan untuk membersihkan ikan adalah satu takaran Terramycin, 80 tetes Formaldehyde, dan 6 tetes tembaga sulfat dalam empat galon air. Solusinya harus pada suhu yang tepat dan ikan harus mendapatkan oksigen yang cukup untuk bernafas. Biarkan Ikan Mas Koki tetap berada dalam larutan ini selama 20 menit dan kemudian pindahkan ke wadah terpisah berisi air bersih saat Sobat Exotic menyiapkan tangki pemijahan.
  • Pastikan Sobat Exotic menjadikan akuarium baru sebagai area pemijahan alami dengan tumbuhan alami yang lebat, serat buatan atau kain pel pemijahan dan serabut kelapa, semua bahan yang dapat menerima bibit. Ikan Mas Koki membutuhkan alat peraga seperti itu untuk pemijahan.
  • Ukuran akuarium pemijahan: Sobat Exotic memerlukan setidaknya yang dapat menampung 200 liter air.
  • Setelah ikan bersih dan akuarium juga bersih, jangan memberi makan ikan apa pun selama dua bulan ke depan kecuali sejumlah makanan hidup seperti larva serangga, cacing, dan udang air asin. Persiapan ini akan membantu betina berkembang sehat dan jantan mampu membuahi telur.
  • Jika musim hujan  terlalu dingin di daerah Sobat Exotic, Sobat Exotic dapat mempertimbangkan untuk menggunakan pemanas.
  • Perhatikan Ikan Mas Koki jantan mengembangkan tuberkel berkembang biak yang terlihat seperti jerawat putih di penutup insang dan sirip dada.
  • Awasi betina menjadi lebih bulat tubuhnya karena penuh telur.

Bagaimana Sobat Exotic Melihat Pemijahan Ikan Mas Koki?

  1. Pemijahan biasanya terjadi pada dini hari.
  2. Warna semua Ikan Mas Koki akan terlihat lebih cerah dari sebelumnya.
  3. Ikan akan berkelompok saat berenang.
  4. Jantan akan mengejar betina secara acak.
  5. Akhirnya pejantan aktif membidik satu betina tertentu dan mengejarnya lebih dari sebelumnya.
  6. Pengejaran akan semakin intensif dengan jantan yang semakin agresif dan mendorong Ikan Mas Koki betina sampai dia mengeluarkan telurnya.
  7. Saat telur keluar, pejantan akan membuahinya.
  8. Telur akan jatuh melalui air, mendarat di tanaman. Mereka tinggal di tempat yang sama sampai menetas.
  9. Pemijahan dapat dimulai lagi setelah beberapa hari istirahat.

Catatan: Ikan Mas Koki akan memakan telurnya. Dari 100.000 telur yang dikeluarkan dalam satu sesi pemijahan, hampir tidak ada yang tersisa jika induk ikan tidak dikeluarkan. Jadi begitu telur dikeluarkan, pindahkan induknya kembali ke akuarium lain.

Harga

Harga ikan mas koki bervariasi tergantung pada ukuran, kualitas, dan jenisnya. Beberapa jenis ikan mas koki dapat dijual seharga sekitar Rp. 20.000 – Rp. 50.000 per ekor, sementara jenis ikan mas koki yang lebih langka dan berkualitas tinggi dapat dijual seharga lebih dari Rp. 100.000 per ekor. Namun juga perlu diperhatikan biaya transportasi dan pengiriman yang dibutuhkan untuk mendapatkan ikan mas koki.

EMI