Cara Memelihara Dan Budidaya Ikan Buenos Aires Tetra

Buenos Aires Tetra, Hemigrammus anisitsi atau Hemigrammus caudovittatus (sinonim kecil) berasal dari Amerika Selatan, di wilayah Buenos Aires Argentina termasuk Rio de la Plata. Ikan ini juga dilaporkan ada di Brasil dan Paraguay, termasuk di Rio Parana dan Rio Uruguay.

Buenos Aires berada di garis lintang 34, 35 Selatan. Jaraknya kira-kira sama dari Khatulistiwa, mulai dari Adelaide di Australia Selatan, Los Angeles di California, Charlotte di Carolina Utara, Aljazair di Aljazair, dan Auckland di Selandia Baru. Ini berarti Ikan Buenos Aires Tetra mampu bertahan pada suhu yang lebih rendah daripada kebanyakan ikan tetra yang berasal dari daerah tropis.

Rentang Hidup Buenos Aires Tetra

Rata-rata, masa hidup Buenos Aires Tetra adalah antara lima hingga delapan tahun.

Untuk membantu ikan Sobat Exotic mencapai batas atas rentang umur, Sobat Exotic harus memberikan perawatan yang optimal secara konsisten.

Seperti spesies ikan lainnya, ikan tetra ini dapat mengalami stres dan penyakit akibat kondisi hidup yang tidak memadai. Jika disimpan di akuarium yang tidak dirawat dengan baik, harapan hidup ikan ini akan jauh lebih pendek.

Ciri Fisik

Ikan Buenos Aires Tetras memiliki bentuk yang mirip dengan jenis ikan tetra lainnya. Namun, warna yang membedakan mereka.

Tubuh didominasi warna perak. Namun, garis tipis berwarna biru memanjang dari belakang tutup insang hingga ke sirip ekor. Dalam kondisi pencahayaan yang tepat, garis ini akan memancarkan spektrum warna yang berbeda.

Di pangkal sirip ekor, Sobat Exotic akan melihat tanda hitam berbentuk berlian, melebar ke garpu sirip ekor dan biasanya membentang hingga memenuhi garis tengah biru.

Sirip ekor, dada, dan dubur berwarna jingga kemerahan. Sedangkan sirip punggung biasanya transparan. Sobat Exotic mungkin melihat garis hitam atau merah pada beberapa jenis spesimen.

Info Pets Selanjutnya  Persiapan Akuarium Ikan Badut

Kondisi Air Yang Diperlukan

Tetra Buenos Aires jauh lebih fleksibel daripada kebanyakan ikan tetra. Mereka dapat hidup dengan suhu 15 derajat C  hingga 30 derajat C, pH dari 5,5-8,5, dan air lunak atau keras. Meski umumnya dipelihara sebagai ikan tropis, mereka akan bertahan hidup di akuarium yang tidak dipanaskan selama suhu ruangan tidak terlalu rendah.

Perhatikan bahwa aklimatisasi ke Akuarium yang tidak dipanaskan di musim hujan harus dilakukan dengan sangat lambat (selama beberapa minggu), tetapi tidak ada masalah dalam cuaca yang lebih hangat. Untuk Akuarium campuran ikan tropis termasuk ikan ini , Kami sarankan suhu 24 derajat C dan pH netral.

Makanan Ikan Buenos Aires Tetra

Buenos Aires Tetra akan memakan makanan ikan biasa. Mereka adalah Pemakan Tumbuhan dan jika tanaman hidup dimasukkan, mereka akan memakannya juga. Beberapa makanan nabati dapat disediakan untuk mereka. Kami menggunakan Duckweed sebagai sumber makanan nabati yang mudah tumbuh. Seperti kebanyakan ikan Buenos Aires Tetras menyukai makanan hidup seperti jentik nyamuk, daphnia dll. Mereka juga menyukai Cacing Darah beku.

Ikan ini tampaknya membutuhkan lebih banyak makanan daripada kebanyakan ikan dengan ukuran yang sama. Penting untuk berhati-hati agar tidak mencemari akuarium dengan memasukkan terlalu banyak makanan.

Harga

Harga Ikan Buenos Aires Tetra bervariasi tergantung pada jenis, ukuran, dan kondisi ikan. Namun, harga rata-rata untuk Ikan Buenos Aires Tetra berkisar antara Rp.2000 – Rp.4000 per ekor. Beberapa jenis ikan Buenos Aires Tetra yang lebih langka atau unik dapat mencapai harga yang lebih tinggi. Selain itu, biaya tambahan seperti peralatan, makanan, dan perawatan kesehatan juga harus dipertimbangkan.

Ikan Buenos Aires Tetra adalah ikan yang cukup populer di kalangan hobbyis akuarium. Ikan ini memiliki warna yang menarik, dengan perpaduan warna silver dan biru. Ikan Buenos Aires Tetra cocok untuk dijadikan ikan hias di akuarium air tawar. Ikan ini dapat hidup dengan baik dalam akuarium yang cukup besar dan diperlukan peralatan yang cukup lengkap seperti filter, heater, dll.

Info Pets Selanjutnya  Cara Budidaya Ikan Pristella Tetra

Ikan Yang Cocok Dipelihara Bersama

Ikan Buenos Aires Tetra

Di luar ikan lain dari spesies yang sama, teman Akuarium Buenos Aires Tetra terbaik adalah ikan yang lebih besar atau berukuran serupa. Mereka tidak boleh dipelihara dengan ikan yang lebih kecil yang bisa mereka bully. Hal yang sama berlaku untuk ikan yang bergerak lambat dengan sirip panjang.

Mereka melakukannya dengan baik dengan Tetra besar lainnya. Banyak aquarist bahkan menggunakannya sebagai ikan dither untuk membantu Cichlid yang tidak agresif merasa sedikit lebih santai di dalam akuarium.

Buenos Aires Tetra adalah ikan bergerombol dan berkelompok delapan atau lebih kecil kemungkinannya untuk melakukan hal-hal buruk pada ikan lainnya. Mereka adalah ikan yang lebih agresif daripada kebanyakan tetra, jadi meskipun cocok dengan tetra yang lebih kuat, duri, Gurame, Danios, dll. Kami tidak merekomendasikannya sebagai pendamping untuk tetra yang lebih kecil seperti Neon Tetra, Cardinal Tetra atau ikan dengan sirip panjang seperti Siamese Fighting Fish, Guppy atau Endlers Guppies.

Sahabat yang cocok termasuk Rummy Nose Tetra, Harlequin Rasboras, Lemon Tetra, Black Widow Tetra, Emperor Tetra, Head and Tail Light Tetra, Glass Bloodfin Tetra, Zebra Danios, Glowlight Tetra dan White Cloud Mountain Minnows yang lebih besar Serta Lele Corydoras seperti Peppered Ikan lele.

Cara Budidaya Ikan Buenos Aires Tetra

Buenos Aires Tetra adalah salah satu spesies ikan yang mudah berkembang biak. Mereka adalah penebar telur yang produktif dan dapat bertelur sebanyak 3.000 telur sekaligus.

Jika Sobat Exotic ingin membudidayakan ikan ini, sebaiknya buat Akuarium Budidaya terpisah dengan air yang sedikit asam. Ini akan meminimalkan ancaman dari ikan lain di Akuarium kawanan. Gunakan filter spons untuk menjaga bayi ikan tetap aman dan tambahkan banyak tanaman kokoh agar telur menempel.

Info Pets Selanjutnya  Tips Memilih Ikan Koi Jepang Untuk Dibeli

Sobat Exotic dapat mengawinkan ikan secara berpasangan atau berkelompok. Setelah menambahkan ikan ke dalam Akuarium, kondisikan mereka dengan makanan hidup berkualitas tinggi. Betina akan mengandung banyak telur.

Biasanya ikan ini bertelur saat fajar. Saat mereka melakukannya, mereka akan meletakkan telurnya di tanaman.

Keluarkan ikan dewasa setelah proses pemijahan. Buenos Aires Tetras tidak menunjukkan naluri sebagai orang tua dan akan memakan bayinya saat menetas.

Pastikan untuk bertindak cepat. Telur hanya membutuhkan waktu sekitar 24 jam untuk menetas. Bayi-bayi itu akan hidup dari kantung telurnya selama sekitar empat hari sebelum mereka berenang bebas. Sobat Exotic kemudian dapat memberikan infusoria, spirulina bubuk, atau udang air asin.

Buenos Aires Tetra adalah ikan yang mudah berkembang biak. Mereka menghasilkan banyak telur, tetapi merupakan pemakan telur sehingga biasanya dipisahkan setelah pemijahan. Burayakh tumbuh dengan cepat dan segera mulai mendapatkan ketangguhan seperti induk mereka.