Cara Memelihara African Clawed Frog

Cara Memelihara African Clawed Frog

Apakah sobat Exotic ingin memelihara hewan peliharaan menarik dan unik yang berbeda dari apa pun yang dimiliki teman sobat? Jika menyukai katak, sobat mungkin ingin mempertimbangkan untuk membeli Katak African Clawed Frog (Xenopus laevis). Katak Cakar Afrika adalah pilihan yang baik untuk seseorang yang belum pernah memelihara amfibi sebelumnya karena perawatannya relatif mudah. Perlu diingat, mereka dapat dengan mudah hidup selama 15 tahun atau bahkan lebih, jadi pastikan sobat Exotic siap berkomitmen pada salah satu hewan ini sebelum melakukan pembelian.

Warna kulit African Clawed Frog nampak hijau atau abu-abu dan juga memiliki beberapa pola berbintik-bintik yang membantu berkamuflasi dari pemangsa. Di kedua sisi tubuh memiliki beberapa tanda jahitan yang sangat membantu saat melacak mangsa atau merasakan pemangsa yang mendekat.

Menyiapkan Kandang

Sebelum membawa pulang Katak Cakar Afrika, Sobat Exotic perlu memastikan bahwa kandang telah disiapkan dan siap untuk hewan peliharaan baru. Karena katak ini sangat besar, berukuran sekitar 10 hingga 15 cm, sobat perlu menggunakan akuarium berukuran besar. Paling tidak, Sobat Exotic harus memiliki akuarium 20 liter untuk setiap katak yang akan  dipelihara.

Katak African Clawed Frog adalah katak air tawar yang sepenuhnya akuatik. Artinya mereka membutuhkan akuarium yang diisi ke tingkat  kedalaman yang tepat. Perlu memperhatikan luas akuarium Katak Cakar Afrika agar mereka bisa berenang dengan bebas. Jangan gunakan kerikil kecil untuk substrat. Katak African Clawed Frog akan memakannya dan biasanya menyebabkan kematian.

Gunakan lapisan Tanaman Fluval dan Stratum Udang. Ini mendorong pertumbuhan tanaman dan tidak berbahaya jika tertelan oleh katak. Berbagai tanaman hidup akan menambah indah dan bisa juga sebagai nutrisi yang baik .

Info Pets Selanjutnya  Membeli Reptil Menjual Salmonella

african clawed frog

Karena katak adalah hewan air, Sobat Exotic juga perlu menaruh banyak air di habitatnya. Kedalaman air harus sekitar 30 cm. Dengan cara ini, hewan peliharaan Sobat Exotic akan dapat berenang dengan menyenangkan sekaligus dapat dengan mudah naik ke permukaan saat diperlukan. Namun, Sobat Exotic harus menyertakan substrat kerikil serta beberapa dekorasi seperti kayu, batu dan benda lain yang dapat digunakan katak kapan pun mereka ingin bersembunyi.

Sobat Exotic juga harus memastikan untuk menjaga suhu sekitar 20 hingga 22 derajat celcius yang seharusnya tidak terlalu sulit karena ini tentang suhu ruangan. Tidak seperti beberapa amfibi dan reptil lainnya, Sobat Exotic tidak perlu menggunakan pencahayaan khusus di dalam akuarium tetapi Sobat Exotic harus memastikan bahwa hewan peliharaan mendapatkan sekitar 12 jam gelap dan 12 jam terang setiap hari.

Katak African Clawed Frog Jantan biasanya lebih kecil dari betina. Mereka memiliki tubuh dan kaki yang ramping. Suara mereka saat memanggil katak betina akan terdengar seperti kicau jangkrik terendam air. Mereka tidak memiliki kloaka, benjolan di mana kaki bertemu. Ketika katak jantan mencapai kematangan seksual (sekitar 10 bulan), mereka memiliki pembalut hitam di lengan bawahnya.

Katak African Clawed Frog betina memiliki tubuh berbentuk buah pir dengan kaki yang gemuk. Mereka memiliki benjolan kecil di antara kaki mereka (kloaka) tempat telur dan kotoran keluar. Katak Cakar Afrika adalah spesies dimana betina menanggapi panggilan jantan. Mereka membuat panggilan rap lembut untuk penerimaan atau ritme lambat sebagai penolakan.

Makanan Katak African Clawed Frog

Katak African Clawed Frog tidak terlalu pilih-pilih makanan yang mau mereka makan. Bahkan mereka akan memakan berbagai macam serangga termasuk yang hidup maupun yang sudah mati. Banyak juga yang senang makan di atas kayu yang mengambang tetapi masih merupakan ide yang baik untuk memberi makan hewan peliharaan berbagai jenis makanan yang berbeda untuk memberinya diet yang seimbang. Beberapa pilihan bagus untuk hewan peliharaan sobat Exotic meliputi:

  1. Cacing darah
  2. Udang Air Asin
  3. Cacing tanah
  4. Ikan Guppy
  5. Cacing lilin
Info Pets Selanjutnya  Tips Membeli Amfibi Sebagai Hewan Peliharaan

Katak Cakar Afrika peliharaan bahkan mungkin memakan makanan kucing atau makanan anjing. Terlepas dari apa yang sobat Exotic berikan kepada hewan peliharaan, pastikan hanya memberi makan dengan jumlah makanan yang akan dimakan katak dalam 10 hingga 15 menit. Dengan cara ini, air tidak akan menjadi keruh dan kotor dengan sisa makanan yang tidak dimakan. Pada saat yang sama, penting untuk berhati-hati agar tidak memberi makan katak peliharaan secara berlebihan. Makan berlebihan lebih merupakan masalah seperti halnya kekurangan makan untuk hewan peliharaan, jadi kurangi jumlah makanan yang sobat Exotic berikan jika katak nampak mulai kelebihan berat badan.

Proses Pembiakan

Sejak lahir, Katak African Clawed Frog menjadi dewasa paling lama dalam 10-12 bulan. Selama musim kawin, katak ini bisa kawin di mana saja dan kapan saja. Padahal, mereka biasanya melakukannya saat akhir musim panas dan awal musim semi.

Ini terjadi paling banyak 4 kali per tahun dan dimulai dengan African Clawed Frog pejantan memanggil betina. Sobat Exotic mungkin tidak tahu, Katak Cakar Afrika tidak memiliki pita suara namun mereka tetap bersuara untuk mengesankan betina.

Betina berukuran dua kali lipat jantan, sama seperti spesies katak lainnya. Selain itu, mereka dapat bertelur lebih dari sekali per tahun, yang membantu menjaga populasi katak tetap hidup dan sehat. Lagipula, banyak bayi katak menjadi mangsa predator.

Betina dapat bertelur hingga ribuan telur sekaligus, namun banyak di antaranya yang tidak berhasil menetas karena berbagai faktor. Saat kecebong mengembangkan kaki, mereka akan keluar ke air dan keluar ke tepi sungai jika perlu.

Saat betina menerima jantan, perkawinan terjadi, biasanya pada malam hari di air yang tergenang. Seperti katak lainnya, Katak Cakar Afrika jantan mengencangkan kakinya di sekitar daerah panggul betina (amplexus) dan kemudian betina bertelur.

Info Pets Selanjutnya  Pelihara Dart Frog, Trend Koleksi Kodok Exotic

Setelah bertelur, pejantan membuahinya. Ada zat seperti agar-agar yang lengket pada telur, yang membantu telur menempel di permukaan apa pun, termasuk batu, bebatuan dan lainnya.

Paling lama dalam seminggu, telur katak akan menetas dan kecebong akan keluar, ingin berkeliaran di air. Bayi katak ini panjangnya hanya 2,5 cm, dan mereka tumbuh menjadi bentuk katak paling lama dalam enam atau delapan minggu.

Apalagi ini terjadi tanpa induk katak melakukan apapun. Telur-telur itu menetas dan bayi-bayi itu merawat diri mereka sendiri, sementara induknya sama sekali tidak ada.

 

Top