Cara Membersihkan Akuarium Kura-Kura

Cara Membersihkan Akuarium Kura-Kura

Cara Membersihkan Akuarium Kura-Kura sebenarnya tidak sulit tetapi membutuhkan waktu. Kura-kura adalah reptil yang slebor, mereka makan, minum, berenang, buang air kecil dan buang air besar di air kolam yang sama. Semua kegiatan ini akan menghasilkan air kotor yang dapat menyebabkan penyakit.

Akuarium kura-kura yang kotor tidak hanya merusak pemandangan, tetapi juga menarik serangga dan bakteri. Oleh karena itu penting untuk menjaga kebersihan akuarium agar kura-kura dapat hidup di dalamnya dengan sehat.

Perlengkapan Membersihkan Akuarium Kura-Kura :

  1. tabung siphon plastik
  2. sarung tangan
  3. sikat gigi
  4. soda bikarbonat
  5. cuka putih
  6. kertas tisu

Setelah Semua Perlengkapan Tersedia, Sobat Exotic Bisa Mulai Membersihkan Dengan Cara:

  • Pindahkan kura-kura ke tempat lain. Sobat Exotic bisa letakan kedalam kontainer atau kolam. Pastikan suhu sekitar 23 derajat celsius. Disarankan untuk meletakkan kura-kura di dekat sobat sehingga bisa diperiksa dari waktu ke waktu.
  • Pasang tabung siphon plastik ke pompa air. Arahkan ujung selang yang lain ke wastafel, bak mandi, atau keluar jendela jika ingin menggunakan air untuk menyiram tanaman.

Cara Membersihkan Akuarium Kura-Kura

  • Saat pompa sedang mengosongkan akuarium kura-kura, lepaskan dekorasi, aksesori dan barang-barang lainnya dari dalam akuarium. Gunakan sikat gigi dan cuka putih untuk membersihkan dan membilasnya.
  • Jika sobat Exotic ingin menambahkan lebih banyak dekorasi, pastikan tidak memenuhi akuarium, sterilkan sebelum digunakan.
  • Untuk filter dan substrat, bilas dengan air hingga bersih. Pastikan tidak ada kotoran, lumut atau benda lain di dalam filter.
  • Gosok dinding akuarium dengan sikat gigi dan soda kue, terutama untuk noda air. Gunakan handuk kertas dan cuka putih di sekitar bagian dalam akuarium. Bersihkan dan bilas dengan bersih.
  • Setelah air di akuarium kosong, lepaskan tabung siphon dari pompa air. Bilas akuarium sekali lagi untuk menghilangkan sisa cuka dan soda kue. Biarkan air mengendap sebelum membuangnya. Lakukan proses ini setidaknya tiga kali. Jangan gunakan pembersih kaca industri karena dapat menyebabkan masalah kesehatan bagi kura-kura.
  • Saat akuarium sudah cukup bersih, sekarang tambahkan air tawar. Hubungkan tabung dengan keran dan isi akuarium dengan air. Saat akuarium sedang diisi, Sobat Exotic bisa memasukkan kembali aksesori ke dalam akuarium, atur ulang atau ubah tata letak akuarium.
Info Pets Selanjutnya  Tips Sebelum Membeli Hewan Di Jual Beli Dan Lelang Hewan Peliharaan

Catatan Tambahan

Seminggu sekali, ganti setidaknya 30% air di akuarium, singkirkan sisa makanan atau kotoran untuk menjaga air tetap bersih. Sebaiknya sobat Exotic memindahkan kura-kura ke akuarium terpisah saat memberi makan, sehingga tidak membuat kotor habitat. Akuarium kura-kura bisa dibersihkan setiap 60 hari sekali, jadi tidak terlalu merepotkan.

Setelan Akuarium Kura-kura Berbeda Dengan Ikan

Kandang kura-kura disebut sebagai habitat, salah satu kebutuhan vital hewan peliharaan. Ada dua jenis habitat yaitu dalam ruangan, disebut sebagai akuarium kura-kura dan kandang luar ruangan, sering kali berupa kolam taman. Meskipun kandang dalam ruangan memiliki kesamaan dengan akuarium ikan namun tidak sama. Pemelihara kura-kura pemula harus mengingat informasi ini.

Salah satu perbedaan paling penting antara keduanya adalah tingkat ketahanan air. Ikan adalah makhluk air yang bertahan hidup di air saja, sedangkan kura-kura membutuhkan tanah dan air. Oleh karena itu, akuarium ikan terisi penuh dengan air, sedangkan akuarium kura-kura hanya terisi setengahnya. Spesieskura-kura yang berbeda membutuhkan jumlah air yang tepat sesuai dengan ukurannya dan jumlah ini harus dihitung secara akurat dan diawasi dengan ketat. Kura-kura harus memiliki ketinggian air yang cukup untuk berenang tetapi kura-kura juga harus dapat berdiri di area air yang dangkal dan memiliki batu atau batang kayu untuk memanjat dan berjemur hingga kering.

Saat membeli akuarium kura-kura, pastikan sobat Exotic mempertimbangkan ukuran pertumbuhan kura-kura saat dewasa. Kura-kura biasanya tumbuh tiga sampai empat kali panjang bayi mereka saat mereka tumbuh dewasa. Oleh karena itu ukuran akuarium yang paling ideal untuk kura-kura peliharaan adalah tiga sampai empat kali panjang atau ukuran kura-kura terbesar. Lebar tangki harus dua kali lebih besar, dan tingginya idealnya 1,5 hingga dua kali panjangnya. Selanjutnya, pilih tangki yang tingginya 30 cm di atas titik tertinggi yang dapat dicapai kura-kura untuk mencegahnya memanjat dan melarikan diri.

Info Pets Selanjutnya  Apa Jenis Kadal Terbaik Untuk Dipelihara?

Saat membeli aksesoris akuarium kura-kura, pastikan kesejahteraan dan keselamatan kura-kura diutamakan. Jangan pernah mempertimbangkan untuk menempatkan batu kasar di akuarium, karena berpotensi melukai hewan peliharaan. Pilih batu halus sebagai gantinya. Batu yang ditemukan di pinggir jalan harus disterilkan sebelum dimasukkan ke dalam tangki. Semua aksesori lain yang dibeli di toko harus dibersihkan setiap minggu. Cara mudah untuk mematuhi jadwal pembersihan akuarium adalah dengan mengeluarkan dan mendisinfeksi aksesori saat mengganti air tangki.

Buat tempat yang lebih tinggi untuk memungkinkan kura-kura berjemur, baik dengan menumpuk batu halus atau kerikil di satu sisi akuarium kura-kura. Bahan lain yang digunakan untuk membuat atau mempercantik area berjemur ini adalah styrofoam(TM) atau gabus apung, untuk improvisasi jembatan atau rakit plastik. Sisi lain dari tangki harus digunakan untuk lubang berenang.

Sistem filtrasi yang tepat juga merupakan kebutuhan. Alat ini memastikan bahwa kebersihan dan sanitasi akuarium tetap terjaga demi kesehatan hewan peliharaan. Filter yang ideal adalah sistem rendam di dalam air. Sistem filtrasi submersible ini menggunakan busa sebagai sarana penyaringan. Bilas busa menggunakan air dingin dan bersih setiap minggu.

Pembelian dan pengaturan akuarium adalah tugas terpenting bagi pemelihara kura-kura pemula. Pastikan bahwa sebelum sobat Exotic membeli kura-kura peliharaan sudah menyiapkan tempat tinggal yang layak. Ingat, habitat terbaik kura-kura adalah yang memenuhi kebutuhan sehari-hari. Kura-kura membutuhkan ruang, tanah, tanaman, makanan, air dan kontrol suhu yang tepat untuk memastikan hidup yang panjang dan sehat.

Akbar

Info Pets Selanjutnya  Cara Menentukan Jenis Kelamin Iguana
Top